Hana Misteria Journal: Week 2

Day 3

Mohon maaf gw lupa foto Day 1 hingga Day 3 di Week 2 ini. Jadi langsung saja yak gw ceritain di hari ketiga di Week 2 Hana Misteria bersama gw. Hari ini tuh gw syoookkk! Soalnya pas lagi nyirem Hana Misteria, dia JATOH!! OMG!!!! 😱😱😱 Salah gw juga sih sebenarnya karena meletakan doi terlalu ke pinggir gituuu. Jadi potnya ternyata oleng pas disiram dan bugh! jatuuh deehhh.. Tanahnya berhamburan dan gw harus beresin semua tanahnya masuk kembali ke dalam pot. Alhasil berantakan deh tanahnya ke mana-mana. Uda mana tanahnya basah kan. Jadi nemplok-nemplok ke daunnya. Yasudahlah. Mau gimana lagi... Teruuus selain insiden jatuhnya si Hana Misteria, tiga harian ini bunga Hana Misteria kaga mekar sama sekali 😭

Day 4

Yeay! Pagi ini Hana Misteria kembali berbunga. Meski cuma dua bunga saja yang mekar, tapi cukup mengobati rasa sedihku yang kemarin habis insiden jatuh serta ga berbunga sama sekali. Mungkin Hana Misteria ingin menghiburku karena merasa bersalah sudah bikin dia jatuh?? 😭

Daun-daun warna kuning jelek masih saja bermunculan. Kayaknya tiap hari ada saja deh yang kuning jelek. Jadi gw langsung cabut-cabutin saja biar Hana Misteria tetap tumbuh sehat. Hari ini gw ukur tinggi Hana Misteria pake aplikasi measure bawaan iPhone. Kira-kira tinggi Hana Misteria dari tanah tuh sekitar 18 cm. Lumayan lah ya.

Terus gw perhatikan, arah tumbuh daun-daun Hana Misteria ini tuh mengikuti arah matahari. Jadi suka gw puter-puter posisinya tiap hari biar ga panjang ke satu sisi.

Pada pos sebelumnya kan gw cerita kalau Hana Misteria ini unik. Uniknya karena waktu sore hingga malam hari tuh Hana Misteria akan kuncup. Bukan cuma bunganya saja yang kuncup, tapi daunnya juga pada tidur. Ini penampakan Hana Misteria pada malam hari. Ga malam juga sih, karena gw foto pada jam 18.30 WIB.

Baca Juga: Hana Misteria Journal Week 1

Kalau lagi kuncup gini, kelihatan deh arah daunnya Hana Misteria. Lihat kan dia lebih ke arah kanan gitu. Ya karena memang mataharinya dari arah situ. Jadi daunnya menghadap ke kanan gitu.

Day 5

Hari ini Hana Misteria cuma mekar satu bunga saja. Tidak begitu mekar bunganya. Tapi ga apa, namanya hidup, kadang ada masa senang dan kadang ada masa sedih. Ceileh sok bijak banget ya gw. 😅 Tapi gw perhatikan, di bagian bawah sudah bermunculan daun-daun muda. 😁 Eh tapi kutu kueciiil berwarna putih yang gw ceritain pada Week 1 tuh masih suka kelihatan. Gw sudah tanya ke ibuk penjualnya, katanya sih bikin cairan dari sabun cuci piring satu sendok makan dilarutkan dengan air tiga liter. Terus semprotkan deh ke tanamannya biar kutu-kutu pada minggat. Cuma gw belum sempat bikin cairan itu nih. Padahal harusnya segera ya, biar pada pergi itu kutu-kutu putih!!

Terus tunas-tunas bunga baru sudah mulai bermunculan kembali. Kelihatan ga di foto? Dan satu lagi yang menarik perhatian gw. Ada satu batang yang numbuhnya ke bawah gitu. Padahal yang lainnya kalau pagi kan berdiri ke atas gitu kan. Eh dia malah agak turun gitu (lihat foto kanan bawah). Kalau malam, lebih kelihatan lagi deh kalau dia tuh agak turun gitu.

Oh ya, karena kemarin hujan besar, gw ga begitu siram banyak hari ini. Takut kebanyakan air. Gw cek juga tanahnya masih basah. Si ibuk juga bilang coba kurangin frekuensi penyiramannya biar daun kuning jeleknya ga banyak muncul.

Terus sebetulnya di Week 1 itu ada satu batang yang patah. Batang kecil sih dan cuma ada satu daun yang nemplok di batang itu. Gw putuskan untuk tanem dia lagi di pot berisi Wijaya Kusuma. Sebelum ditanam, gw biarkan dulu dua harian di luar biar ujungnya agak kering. Baru setelah itu gw tanam di pot Wijaya Kusuma. Sepertinya sih dia masih bisa bertahan hidup dan agaknya sedikit tumbuh tunas. Semoga saja kamu tumbuh ya nak.

Day 6

Hari ini Hana Misteria kembali berbunga satu. Gw coba foto tampak atas, terlihat berantakan yak batang-batangnya. Gw jadi googling cara pangkas tanaman biar terlihat berisi dan rapi aja gitu. Kalau ada yang punya tips cara potongnya, info-info yak! Hehe..

Soal larutan pencuci piring, gw masih belum buat sampai detik ini. 😅 Dasar pemalas...

Hari ini gw kembali siram Hana Misteria. Apalagi kan Minggu pagi gw ga di rumah, jadi dia ga dapat air. Jadi mau ga mau gw siram dulu buat cadangan air si Hana Misteria esoknya. Daripada kekeringan kan??

Begitulah jurnal Week 2 dari Hana Misteria. Di Week 2 ini Hana Misteria ga banyak berbunga seperti Week 1. Terus gw rasa Hana Misteria mulai tumbuh lebih panjang sih. Apa ini cuma perasaan gw saja ya? Hmmm... Masalah kutu kecil putih dan daun kuning jelek masih ada di Week 2 ini. Malah pas hari Minggu malam gw cek, daunnya ada beberapa yang kering. Gw maklum sih karena paginya kaga disiram. Jadi dia kekeringan deh. Tanahnya saja kering. 😅

6 comments:

  1. Eh ternyata pas kuncup pun dia masih tetap cantik yaaa... Gemas banget kelihatan arah batang-batangnya gitu 💕

    Ayoo Frisca segera dibuat cairannya buat membuktikan apakah daun kuning jelek dan kutu-kutu putih bakal segera pergi ahaha. Seru juga baca jurnal perkembangan tanaman gini deeh 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo kuncup gitu kaya terompet bentuknya ya 😅

      Iya niiih besok siang deh kucoba bikin cairannya! Terus diciprat-cipratin ke tanemannya (maklum ga punya semprotan, jadi ciprat2 aja) 😅😅

      Daun kuning jelek sih prediksiku karena kebanyakan air. Makanya ga mau setiap hari siram biar ga banyak daun kuning jelek. Nah kalo si kutu ini nih basminya mao dicoba pake resep si ibuk penjual hehe...
      Baca jurnal ini berasa lagi pratikum biologi ga si kak? ahaha Catetin setiap hari dia numbuhnya gimana terus di akhir kasih kesimpulan 😆

      Delete
  2. Daun kuning kayaknya karena banyak air mba, jadi membusuk gitu, tapi bisa jadi karena yang lain juga. Cuma kalau tanaman di rumah biasa menguning kalau nggak karena sudah mati pasti karena busuk 🤣 Wk. By the way semangat buat cairannya mba biar para kutu putih segera pergi selamanya 😆

    Oh dan semoga minggu depan lebih banyak bunga mekar, mba 😍💕🌸

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa prediksiku juga gitu kak Eno. Sepertinya kebanyakan dikasih air. Makanya si Ibuk juga bilang coba siramnya jangan tiap hari... Minggu ini sedang di-treatment seperti itu hehe

      Yaaaah kalo uda busuk tuh rasanya sediiihhh >.< Seperti dua succulent pendahulu Hana Misteria ini.. Dua-duanya mati karena busuk 😭

      Iya kak, cairannya sudah dibuat tadi siang dan sudah dipakein ke Hana Misteria, semoga saja kutu-kutu pada minggat!

      Amiiinn kak Eno!!! Kalau mekarnya banyak, bisa berarti dia tumbuh sehat kan?? 🌼🌼🌼

      Delete
  3. Ci, tanamannya lucu banget pas lagi kuncup. Pas lihat fotonya, aku kira dia mati, eh pas scroll ke bawah ternyata dia lagi posisi nguncup toh hahaha lucu!
    Sehat-sehat ya Hanaaa~ berbunga yang banyak dan berkembangbiak yang banyak! Btw, diajak ngobrol Ci biar makin subur 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaahah disangka mati ya. Eh tapi iya sih karena tidur gituu, terus keliatan jelek juga kan.... Ga heran disangka mati. Makanya pas sebelum jadi beli, si Ibuk penjual uda ngasih tau kalau tanaman ini unik. Jangan kaget pas sore-sore dia tidur hehehe Makanya aku ga heran juga kalo sore dia pada "bobo"

      iya Lia makasih yaaak! Lia juga sehat-sehat dan moodnya selalu seperti bunga yang bermekaran hehehe

      Ngomong sama taneman sengaruh itu ya buat pertumbuhannya? 😅 Eh tapi aku suka ajak ngobrol juga sih hahaha

      Delete

Hmmm I think ...

Follow Me

Instagram

Labels

Blog Archive