Rest in Peace

May 21, 2021
Rest in Peace

Kemaren sore gw mendapati kalo Choky sudah mati. Syok! 😱 Bahkan sempet merasa ga percaya. Eh tapi jangan panik dulu. Bukan Choky Sitohang ya guys. Kalo doi sih masih hidup kok.

Choky ini adalah anjing peliharan di rumah. Anjing berjenis mini pom. Bulunya coklat lebat yang membuatnya diberi nama Choky. Waktu kecil Choky ini pernah jatuh sehingga kaki belakangnya sakit yang membuatnya tak begitu bisa melompat dan lincah berlari. Akhir-akhir ini matanya suka sakit. Sepertinya infeksi. Bahkan pernah gw mendapati hidungnya terluka entah karena apa. Tapi terakhir kali aku main dengannya, Choky dalam keadaan baik.

Kalau boleh bilang, sebetulnya gw ga begitu mengurus Choky. Gw cuma bagian main dan sayang-sayang dia aja. πŸ™Š Yang mengurusnya itu mama mertua karena memang Choky ini milik mama mertua. Tapi pernah satu kali gw memandikan Choky. Bulunya yang basah membuat bentuk badan Choky yang mungil terlihat. Padahal kalau bulunya kering, tubung Choky tuh kaya buntelan bulu gitu. Ngembang.

Choky mati bukan karena umur. Sepertinya umurnya masih belasan tahun tapi belum sampai renta. Ga seperti Chelsea. Anjing betina berjenis Maltis yang sudah lebih dulu mati. Kalau Chelsea bisa lah disebut nenek-nenek karena memang umurnya yang sudah sangat tua sehingga Chelsea pun mati karena memang sudah umurnya. Gw sedikit menitikkan air mata saat mengetahui Chelsea tiada.

Cerita yang mana dulu ya?

Gw ceritain kisah Chelsea dulu deh. Boleh dong ya? Boleh dong karena ini kan blog gw. Jadi gw bisa ngatur sesuka gw. #plak. Maapp jangan marah. ✌

Chelsea termasuk golongan anjing bertubuh kecil. Meski sudah dewasa, ukuran tubuhnya sebesar paha gw deh. Chelsea berbulu putih tapi ga ngembang kaya Choky. Bulu-bulu Chelsea panjang dan halus. Dia sungguh anteng dan kalem. Kegemarannya itu dielus dan nempel-nempel. Jadi kalo gw lagi main sama dia, dia tu seneng banget bermanja-manja sama gw. Minta dielus teruus. Lain sama si Choky yang sungguh enerjik. Menggonggong terus dan ga suka dibelai.

Chelsea akan menyalak kalo si Choky ngajak Chelsea kawin. Somehow meski Chelsea dan Choky ini selalu bersama, Chelsea tak kunjung hamil. Mr. Q bilang si Choky ini bodoh tak pernah bisa ngawinin Chelsea. Gw rasa karena umur yang terpaut jauh jadi Chelsea ga suka Choky. Habis tiap mau dikawainin, Chelsea ngomel-ngomel dan berlari menjauh. Chelsea menganggap Choky sebagai anak kali? Entahlah karena gw ga paham bahasa mereka. πŸ™„ Atau bisa juga karena Chelsea sudah menopause? Apakah anjing menopause?? Gw pun ga tau hahaha.

Chelsea mati dengan damai. Saat gw sekeluarga pulang dari beribadah, mama mertua menemukan jasadnya sudah terbujur kaku dengan lalat-lalat terbang disekelilingnya. Mama mertua cerita kalau sebelum kami pergi beribadah, si Chelsea tuh kaya say goodbye gitu ke mama mertua. Beberapa hari sebelumnya Chelsea selalu diam tiduran, lemah tak berdaya. Makan juga ga mau sampai mama mertua harus menyuapinya supaya makan. Tapi hari itu, hari saat kematian Chelsea, dia mau makan dan terlihat bersemangat. Ternyata saat kami pulang, dia sudah mati. Gw, Lili, dan mama mertua pun bersedih sesaat karena kepergian Chelsea.

Berbeda sekali dengan kematian Chelsea yang damai. Aku syok banget saat mengetahui kematian Choky. Betapa tidak. Kalau lihat dari umur, umur Choky belum setua itu. Ga seperti Chelsea yang benar-benar sudah tua.

Pagi itu kadang Choky sedang dibersihkan oleh mama. Jangan bayangkan kandang kerangkeng karna rupa kandang Choky ini seperti pagar kecil yang membentuk lingkaran abstrak. Intinya si Choky ini dikelilingi oleh pagar-pagar itu supaya ga berlarian liar di halaman rumah. Karena dibersihkan itulah mama mengeluarkan Choky dari kandang supaya Choky ga kebasahan kena semprot air. Setelah kandang bersih, mama pun memanggil Choky sambil menyediakan semangkuk dog food untuknya. Biasanya mama akan memasukkan Choky kembali ketika area kandang sudah bersih. Tapi si Choky ga kunjung nyamperin mama sehingga mama pun melanjutkan pekerjaan lain, yaitu menyiram tanaman.

Siang hari papa mertua hendak pergi membeli roti bersama dua keponakanku yang masih kecil-kecil. Papa memanaskan mobil dan sudah siap mengeluarkan mobil. Tapi papa merasakan hal ganjil karena saat mengeluarkan mobil dari garasi, papa merasa seperti melindas batu bata. Papa pikir ban kempes karena sudah melindas batu bata. Saat dicek, papa menemukan muntahan sosis di kolong mobil. Ternyata oh ternyata yang dilindas papa itu adalah mayat Choky yang sudah mengeras. 😱😱😱

Kenapa mengeras? Dugaan kami semua Choky sudah memakan sosis beracun yang mama letakan di pojokan untuk membunuh tikus! Waktu kematian Choky kuprediksi di pagi hari saat dia memakan sosis beracun tikus itu. Papa bilang tubuh Choky sungguh keras. Niat awal mau pergi beli roti pun dibatalkan dan papa menguburkan Choky di halaman rumah. Lokasinya dekat dengan kubur Chelsea. Seusai menguburkan Choky, tiba-tiba hujan lebat turun out of nowhere. Cuma sebentar. Seolah langit menangis menyaksikan Choky dikuburkan.

Gw saat itu masih belum mengetahuinya karena papa ga menceritakannya sama sekali. Gw baru sadar sore hari ketika Mr. Q menanyakan keberadaan Choky. Gw pun bingung karena Choky ga mungkin hilang. Wong dia biasanya diem di kandangnya. Usut punya usut, akhirnya diberitahukanlah oleh papa kejadian sebenarnya. Syok!!! Mama pun ga habis pikir kenapa si Choky bisa-bisanya makan sosis beracun yang ada di pojokan itu. Hiks. Hikmah dari peristiwa ini, awasi anak-anak kecil jangan sampai mereka makan makanan yang diracun tikus. 😫

Kini Choky dan Chelsea sudah mati. Rest in peace ya kalian πŸ˜‡ Goodbye, friend πŸ™‹πŸ»‍♀️

35 comments:

  1. Turut berduka Mba Fris. πŸ₯Ί
    Ya ampunn. Sedih banget pasti. Memang bner ya salah satu resiko yg harus kita terima ketika memutuskan untuk adopsi hewan peliharaan adalah harus siap ketika waktu mereka tiba untuk pergi selamanya.. I know how you feel mba.. mereka tuh udah seperti keluarga kita sendiri.

    Baca ini aku jadi ingat Chiko. Salah satu dari 3 Ikan Koi hasil pemberian Teman yg sudah aku rawat lebih dari 7 bulan yang mati karena sakit. Sedihnya sih, karena pengobatan dia nggak maksimal karena pas dia sakit, aku pun sakit.

    Terus..

    Waktu pas ke PIK kemarin Si Pie anjingnya Andre juga lagi sakit pas itu. Biasanya kan dia paling nggak bisa diam kalau lihat orang asing masuk kerumah dan selalu menggonggong keras. Ehh ini dia lemes, diam aja, malah sampe iba saya lihatnya.

    Soalnya biasanya saya sebal sama dia karena sering di gonggongin terus berasa maling. Udah mana perawakannya agak seram macam anjing polisi... tapi syukurlah skrang dia udah sembuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muka lu kaya maling soalnya Bay. Wkwk

      Delete
    2. @Bayu

      Makasih Bayu πŸ™πŸ™

      Betul. Kalo mau adopsi, harus siap juga dengan kepergian mereka yang lebih cepat. 😭

      Wait. Chiko? Aku baru nemu loh nama ikan koi Chiko Bay. Mao ikut sedih aku jadi ketawa dulu denger namanya *maaf* ✌ Habis Chiko itu biasanya nama untuk anjing kecil gituu heheh
      Kasian ya Chiko. Ikan kalo sakit tuh gimana obatinnya sih Bay? Aku pernah pelihara ikan biasanya suka pada kebalik gitu tanda mati. Sedih liatnya. Kayanya ga cocok piara ikan aku tuhhh 😫

      Anjing jenis apakah itu?? Apakah German Shepherd? Cakep tuh.. Tapi serem emang karena anjing besar dan gonggongannya sungguh kencang. Aku pernah ke rumah sodara yang punya golden retriever besar dan berusaha megang pundakku sambil menggonggong! OMEJI kaget aku soalnya doi kan besar yaaa hahaha

      Kalo sudah lemes gitu sedih juga ya liatnya. Soalnya kan biasa energik dan mau ajak main gituuu...

      @Andrew
      hahahaha jaat uga dikata maling 🀣🀣 Mungkin si Pie suka sama Bayu dan pengen ajak maiiin Bayuu jadi digonggongin hahaha

      Delete
    3. Iyahh Chiko.. haha 🀣🀣 lucu ya namanya. Jarang2 ada orang melihara Ikan dikasih nama soalnya.. hoho.

      Obatinnya kadang aku pakai daun ketapang. Kalau sakitnya parah aku pke obat yg dibeli di toko ikan.. ikannya dipisah juga di tempat lain. Biasanya ikan yg sakit tanda2nya berenangnya di dasar dan menyendiri..

      Aku kurang tahu sama nama jenis anjing.. Tapi kalau dilihat2 lagi anjingnya lebih mirip sama serigala gitu mba. Haha.. 🀣

      Dlu sebelum corona melanda di Indo. Setiap kesana anjingnya selalu bersiap mau nerkam gtu. Wkwk. Tapi dia ngerti pas dibilang NO sama si Andre. Langsung diam di tempat tapi terus2an ngegonggong.. beda banget reaksinya kalau ke Toni yg adem ayem.. 🀣🀣 I dont know why.

      Delete
    4. lucuu... uda jarang ada yang kasih nama ikan, eh ini sekalinya dikasih nama, namanya Chiko 🀣

      daun ketapang? baru pernah denger akuu... Hoo gitu treatmentnya tohh.. Semoga ikan-ikan mas Bayu sehat selalu yaa biar ga dikarantina sendirian...

      oh yang kaya serigala mungkin husky?? German Shepherd juga sih mirip

      wiiih anjingnya sudah nurut yaa! mantap2.

      Eh tapi kenapa cuma ke Bayu? Jangan-jangan bayu ada aroma makanan? hahaha

      Delete
    5. Hahaha 🀣 berikut Kian, Kiko, Dory, Andrew dan Toni juga... 🀣🀣 Aminn semoga mereka selalu sehat meskipun kolamnya kecil...

      Tadi pas aku cek.. iyah kaya model husky gtu. Serem pokoknya Mba.. wkwk 🀣
      Katanya sih dipelihara dari kecil. Skrang udah gede se srigala itu. Kayanya malah udah nikah juga. Cuma Induk sama anaknya di urus orang lain.

      Nah itu.. aku juga bingung Mba 🀣. Mngkin si Doi ngeliatnya aku kaya daging fresh yg siap di santappp.

      Delete
    6. Loooh ada yang dikasih nama Andrew dan Toni juga??? hahaha lucu ngebanyangin yang namanya Andrew dan Toni berwujud ikan koi hehehe

      Hahaha ga serem kali Bayu.. Tapi cakep dan garang gituuu kalo Husky. Cuma tricky tuh miara yang jenis itu. Habitat aslinya kan di area dingin. Jadi kalo tinggal di cuaca panas gini kasian doi. Bulu-bulunya rontoookk...

      Hahaha bisa jadi Bayu... Ingin disantap karena menggiurkan ya #eh ✌

      Delete
    7. Wahh pelanggaran ini. Masa nama kita dipakai buat nama ikan. Wk!

      Izin klarifikasi ya. Bukan Husky (ribet pasti ya pelihara ini di Indo). Tapi jenis Shepperd.

      Delete
    8. Wkwkwkw Andre dan Toni punya kembaran berwujud ikan koi πŸ˜‚

      Hooo bener berarti di awal. Yang anjing polisi ituu hahaha
      Biasa yang pelihara husky tuh kaya punya kamar khusus si husky yang pake AC πŸ˜‚
      Biar bulu kaga rontok

      Delete
  2. Turut berduka Mba Fris. Saya malah masih belum bisa ngebayangim semisal waktu Anjing
    saya sudah habis di Dunia ini. Tapi saya sadar betul kalau waktu itu pasti akan tiba.

    Sedih banget ya Mba Fris. Berrti Choky murni karena nggak sengaja makan sosis beracun ya? Kasihan banget dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Andrew πŸ™πŸ™
      Pas anjing peliharaan pergi untuk selamanya memang tak bisa terbayangkan Dre. Bahkan ga usah dibayangin deh haha Sekarang tiap aku ke halaman, berasa sepi gitu karena biasanya suka ada Choky yang menggonggong riang menyambutku untuk bermain bersama atau sekedar menyambut tanganku yang mengelusnya :"(

      Iya Choky murni mati karena makan sosis beracun. Yaaah mau gimana lagi.. Cuma bisa nerima kepergian Choky yang tragis...

      Delete
  3. this is such a sad new... huhuhuhuhuhu RIP

    ReplyDelete
  4. Kehilangan peliharaan kesayangan itu bikin nyesek, ya...
    Apalagi kalau matinya karena lepas dari pengawasan kita. Huhu.
    Turut berduka cita ya, mba Frisca. Yakin, dah, Choky sama Chelsea udah lari2an di alam sana πŸ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Hicha Huhuhu Ga sangka banget Choky makan sosis beracun huhuhu
      Makasih ya kak Hicha πŸ™πŸ™πŸ™

      Delete
  5. Sedih banget Chocky meninggal, kebayang deh sedih nya gimana. Aku agak trauma punya hewan peliharaan, habis seringnya mati without reason gitu. Mungkin karena sakit terus telat ke dokter atau kena virus mematikan. Seringnya tuh sambil nguburin sambil nangis aku, saking sedihnya. Mau ga sedih gimana, sehari hari praktis ditemenin kucing kesayangan.

    Sekarang aku melihat satu kucing aja, si Kiki. Dan aku biarin liar, jadi dia pulang kali minta makan dan butuh dimanja aja, hahahaha. Tapi dia jadi strong dan gak gampang sakit

    Rest in peace chocky

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risiko punya hewan peliharaan memang gitu kak Eka. Harus siap dengan kepergian mereka yang kadang suka tiba-tiba...

      Kucing liar somehow lebih strong ya kak Eka karena kerasnya hidup di jalanan...

      Makasih ya kak Eka πŸ™πŸ™

      Delete
  6. Wah, turut berduka cita ya mbak, anjing kesayangannya tutup usia :( Jadi teringat saar kucing-kucing aku mati zaman aku masih remaja dulu. Sampai dibuat kuburannya kayak manusia hehehe. Saking sayangnya, ada doa2nya juga lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak Nurul πŸ™πŸ™πŸ™

      wow dibuat peti mayatnya gitu kak Nurul?

      Delete
  7. Hix turut berdukacita kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. doumo arigatou - makasih banyak ya kak Evan yang baik hati πŸ™πŸ™πŸ™ Kuy BG lagi abis lu sertifikasi hahaha

      Delete
  8. Turut berduka ya mba Friska, saya pernah ngalamin itu beberapa kali, ngalamin ditinggl pergi hewan peliharaan kesayangan jadi sedikit banyak tau gimana rasanya. Iya sih gimana ngga kaget soalnya si Choky meninggal karena makan sosis beracun itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kak Ilham πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
      Kak Ilham pelihara apa aja sampe ngalamin beberapa kali?
      Aku ngalaminnya 3x deh sama ikan yang dulu pernah dipelihara pernah mati juga

      Tragis siiih si Choky mati keracunan πŸ₯² uda gitu kelindes pulak huhu

      Delete
    2. Kalo ikan mah saya dari dulu mba dan udah ga keitung sampe beberapa kali

      Delete
    3. waaadoowww sedih ugaa ampe beberapa kali ikannya mati :(

      Delete
  9. Kak Friskaaaaaaa, aku ikutan sedih bacanya 😭. Aku turut berduka cita ya, Kaaaaak. Mudah-mudahan si Chelsea dan Choky bahagia di alam sana. πŸ™πŸ½

    Btw kematian hewan peliharaan bisa bikin kita sedih banget. Soalnya kita-kita udah menganggap mereka sebagai anak atau adek sendiri saking sayangnya 😭. Btw aku juga pelihara hewan di rumah. Dulu aku pernah lihat sakaratul mautnya kucing kecilku. Aku cuma bisa nangis lihatin dia tersiksa, tapi gak bisa berbuat apa-apa. Sedih banget rasanya 😭. Dan kayaknya sih meninggalnya gara-gara keracunan juga. Soalnya dia muntah terus menerus sampai meninggalnya. Cuma kena racunnya di mana aku gak tau. Di rumahku sendiri gak pernah pasang racun tikus soalnya. Mungkin pas si kucing kecil main di rumah tetangga.. 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kak Roem πŸ™πŸ™πŸ™

      wadoooww. Kak roem pasti lebih nyesek dari aku soalnya ngeliat sakaratul mautnya. Terus muntah-muntah keracunan pulaa huhuhu sedih banget pastinya ya.
      Aku bersyukur sih ga liat sakaratul maut Chelsea maupun Choky. Kalo liat, bisa kebayang-bayang terus jadinyaaa...

      Delete
  10. suka sedih klo baca tentang hewan peliharaan entah kucing atau anjing mati
    apalagi kalau mengenaskan huhu
    aku masih ingat kelinciku dulu mati karena aku lupa jemur terus di lapangan huhu

    turut berduka cita mbak semoga choky tenang di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaahh kak Ikrom 😭😭😭 Nyesek ya kak pas tau si kelinci uda mati kejemuurr huhuhu
      Aku turut berdukacita buat kelinci kak Ikrom juga ya 😒

      Delete
  11. aku sedih bacanya
    turut berduka mbak, apalagi choky dan chelsea juga lama banget tinggal serumah ya, udah berasa kayak deket banget gitu
    kalau aku berada di posisi mbak frisca, pasti akan merasa kehilangan juga

    jadi keinget hewan peliharaan waktu kecil, kelinci, aku sendiri lupa karna apa matinya. maklum masih SD nggak paham juga waktu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kak Ainun πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
      Iya sekarang berasa sepi ga ada suara merekaa lagi di rumah πŸ₯²

      Kalau punya hewan peliharaan emang harus siap ditinggal lebih cepet ya kak ainun πŸ˜”

      Delete
  12. Aku nggak tau kenapa kalau pas kesini pasti lagi ada cerita sedih,

    Feel the sadness too,
    (╥﹏╥)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa iya ya? Ini pun aku shock karena choky matinya ngedadak efek keracunan huhuhu

      Thank you yaa πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ

      Delete
  13. Duuuh liat foto mereka berdua, lgs sedih mba :(. Apalagi kalo kepergiannya mendadak yaaa. Ga ada persiapan, udh hrs pisah .. itu lebih sakit sih.

    Ga pernah tega kalo binatang peliharaan kita meninggal gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ngedadak bangettt
      Sungguh ga nyangka
      Tapi mau gimana lagi
      Sudah takdirnya begitu 😒

      Delete

Powered by Blogger.