PONGO N4 30 Days Challenge

November 13, 2020
Photo created by freepik - www.freepik.com

Hai hai!! Kembali lagi dengan gw dan tantangan selama 30 hari berbahasa Jepang. Kalian tentu sudah tahu kan dulu gw pernah juga ikutan tantangan macam ini di bulan Juli lalu?? *berharap pada baca pos gw sebelumnya*

Baca: 30 Days Mission Complete

Gw dapet beasiswa sebesar 75% untuk biaya course N4 dan 30 days challenge N4. Tentunya kesempatan diskon 75% ini ga gw lewatkan dan gw cus langsung daftar ke N4 sebelum kadaluarsa diskonnya. Enaknya, gw bisa request mau mulai di bulan apa. Terus teman-teman seperjuangan di N5 dulu pada masuk di bulan November. Tanpa ba bi bu, gw juga ikutan daftar buat bulan November!!! 😎

Kenapa ga langsung saja di bulan Agustus?? Karena gw ingin jeda dulu sehabis menyelesaikan misi 30 hari N5. Pengen review ulang materi N5. Pas jalanin misi tuh jujur aja gw tuh kaya diseret gituu loh. Harus cepetan kelarin tiap babnya! Alhasil ga semua materi terserap sempurna.

Eh pas di Agustus dan September, gw tetap belajar ulang tapi dengan pace yang lebih lambat ketimbang saat challenge diikut. HAHAHA. Ampun bang! 😆 Jadi sejujurnya bisa dibilang review materi N5 gw itu baru sampai bab 8 dari 26 bab. DOENG! 😱

Tapi apa daya, sudah masuk di bulan November. Awal-awal hari, gw tuh merasa bodo amat dah apa gw kaga ikutan aja ya challenge di bulan November ini. Terus beberapa hari pun berlalu dan tiba-tiba ramai di grup 30 days N5 yang membahas N4. Dari situ, gw tau ternyata challenge N4 itu baru mulai di tanggal 16 November. Tapi ada pre-training 5 hari dari tanggal 9 November 2020.

Gw jadi 'kecebur' lagi deh. Masuk ke grup WA 30 days N4 di akhir-akhir. Mepet sama tanggal pre-training 1. Terus jadilah gw terpacu kembali untuk belajar N4... Bagus sih, tapi gw kaya tertampar gitu dengan kata-kata William-先生 di pre-training 5 hari ini:

"Tentunya kamu ga mau bicara dengan orang yang ga bisa N5 kan? N5 aja ga bisa, ngapain kamu ikut N4 challenge ini!"

Wadooow! Gimana ini?! Gw ga bisa N5!!!! 😱😱😱 Pura-pura bisa aja. 👺

Untuk N4 30 days challenge ini akan diajarkan oleh Kiki-先生. Kali ini sistemnya lain sama N5. Dulu kan seminggu live Zoom 3 kali di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Buat N4 ini, live cuma satu kali dalam seminggu. Tapi ada tugas jawab pertanyaan Kiki-先生 pakai Voice Message (VN). VN saudara-saudara!! Gw seumur-umur kaga pernah pakai fitur VN yang ada di WA!!! Eh terus 2 harian ini gw tiap malem VN di grup WA N4 30 days challenge. Tentunya VN dalam 日本語 (nihongo alias Bahasa Jepang).

Dari VN-VN teman, keliatan tuh mana yang ngomongnya sudah lancar dan mana yang masih belum (contohnya gw). Gw masih pakai tata bahasa formal. Ga biasa aja pakai tata bahasa biasa alias futsukei. Entah mengapa lebih susah buat gw terapkan. 🤓 *Sok formal*

Mulai Senin besok, tanggal 16 November 2020, challenge 30 hari ini akan dimulai. Aduh gw ga siapppp. Tapi disiap-siapin aja deh. Yang penting buat gw, ikut kepacu taat jadwal yang sudah gw buat dan ga putus-putus belajar Bahasa Jepang tiap hari! Suatu saat gw akan bisa lancar Bahasa Jepang! Yosh!!!

8 comments:

  1. Woooowww plok plok plok kasih semangat buat mba Frisca, semoga lancar challenge-nya mba 😍

    Mungkin bisa sambil lihat Nihonggo Mantapu hahahahaha sebab saya sering lihat Jerome bicara bahasa Jepang. By the way mba Frisca kalau di Jepang itu levelnya dari N5 ke N1 ya berarti yang tertinggi? Hehehe, dapat ilmu baru jadinya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin kak Eno! Makasih semangatnyaa 😍😍

      Wuiih kak Eno suka ngikutin youtubenya Jerome ya ternyata... Aku cuma pernah sekali sih nonton channel dia dan emang dia cukup ramai diperbincangkan kalau berhubungan soal Bahasa Jepang. Soalnya doi sudah N1 kan dan sekarang di sana jadi duta sesuatu seingetku

      Iya kak Eno. Level paling rendah itu N5, ini pelajaran buat anak TK di Jepang. N4 setingkat di atasnya N5, buat anak SD hingga SMP kali yaa
      N3 tuh uda semakin sulit lagiiii
      Rata-rata orang dewasa Jepang tuh sampai di N2 dan N3. Sedangkan N1 itu buat profesor atau yang kuliah-kuliah gituu dan ga semua orang Jepangnya sendiri menguasai N1 Bahasa Jepang
      Itu sih setauku kak

      Delete
  2. you taking n4? omg good luck!!!! make sure u remember keigo ! good luck! i am taking n3 next July because This december covid so i dont want to be rush

    ReplyDelete
    Replies
    1. はい、今日はN4を勉強しています. ありがとうね.

      Woa good luck Atie!!!

      Delete
  3. Wah, akhirnya Ci Frisca meneruskan perjuangan ke N4 ya! Semangat Cici 💪🏻🔥
    Cici pasti bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia! Aku lanjut karena ada dapet beasiswanyaaa HAHAH kalo ga ada diskon course itu kayanya belum tentu lanjut deeh. Soalnya N5 nya juga masih.... ecek-ecek gituuu
      Banyak lupanyaa 😩😩😩

      Delete
  4. Wahh pasti 30days challengenya udah dimulai pas aku ngetik komen ini, semangat terus kak. BTW N5 N4 itu maksudnya apa ya?
    Aku dari dulu pengen banget belajar Bahasa Jepang, tapi kalo otodidak kayanya susah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih hehe
      Ini hari kedua misi 30 harinya. Huhuhu Baru hari kedua tapi mental uda ciut banget ini 😭😭😭

      N5 N4 itu adalah tingkatan pembelajaran Bahasa Jepang. Untuk Bahasa Jepang paling dasar adalah N5 dan paling tingginya itu N1. Kalau N5 itu Bahasa Jepang yang dipelajarin sama anak-anak TK di Jepang. Lanjut ke N4 itu mungkin anak SD-SMP kali yaa. Terus berlanjut sampai ke N1. Tapi ga semua orang Jepang belajar sampai N1 sih karena yang pakai N1 ini tuh profesor atau anak kuliahan gitu...

      Bisa kok otodidak! Cobain pake duolingo deh. Tiap hari jangan putus mainin itu. Ntr lama-lama jadi hafal sendiri tuh sama kosakata dalam Bahasa Jepang. Cuma memang untuk grammar, agak sulit belajar dari Duolingo. Tapi masih bisa juga sih hehehe
      Ikutan PONGO ini juga ga mahal kok kaya les di lembaga bahasa gituuu. Masih affordable harganya hehe

      Delete

Powered by Blogger.