This is The Way

May 05, 2021

Buat yang suka nonton The Mandalorian pasti ga asing deh dengan kalimat “this is the way”. Yak kalimat ini memang jadi ciri khas para Mandalorian gitu. Macam kalimat may the force be with you di film Starwars. Tapi artinya sendiri apa sih?

Kalimat this is the way pertama kali diucapin pas si Mando (karakter utama) ke hideout para Mandalorian untuk nempa Beskar dijadiin armor-nya. Si penempa yang juga Mandalorian nanya dua pertanyaan, “Have you ever removed your helmet? Has it ever been removed by others?” Kalo di-translate jadi “Apakah pernah topeng lo dilepas? Pernah ga topeng lo dilepas sama orang lain?” Si Mando pun menjawab tidak dan ditimpalin “this is the way” oleh si penempa diikuti oleh Mandalorian lainnya yang juga bilang "this is the way"

Kao liat dari konteks itu, this is the way itu kaya semacam cara hidup para Mandalorian. Tapi di sini gw bukan mau bahas series The Mandalorian bung. Gw mau bahas tentang jalan hidup karena terpikat sama mantra this is the way ini.

Ngomongin soal jalan hidup, tentunya banyak banget faktor yang mempengaruhi jalan hidup seseorang. Lingkungan tempat dia lahir, budaya, agama yang dianut, ekonomi, dan masih banyak faktor lainnya. Kaya si Mando yang sebenernya bukan keturunan Mandalorian asli karena sebetulnya dia hanyalah yatim piatu yang diselamatkan dan dibesarkan oleh Mandalorian. Jadilah dia besar menjadi seorang Mandalorian juga. Gitulah jalan hidup. Dari kecil gimana kita diasuh hingga besarnya kita akan jadi seperti orang yang sudah besarkan kita. Ga asing dong ya dengan peribahasa buah ga jatuh jauh dari pohonnya. Yak gitulah kita ketika menjadi dewasa. Tapi tentu kita bisa mengubah jalan hidup kita menjadi lebih baik daripada orang tua kita. Eh tapi peribahasa buah ga jatuh jauh dari pohonnya ini punya makna berbeda sama this is the way. Jangan disamain. 🤭

Kok ya bahasannya kaya berat ya? Bukan mau bahas yang berat-berat gitu sih. Sekali lagi gw bilang kalo gw tuh terpikat aja sama mantra this is the way ini. Pas diucapin juga kaya keren gitu kan?? Hahaha 🤣 Selain keren pas diucapin tapi maknanya dalem. Kaya lo musti hidup sesuai aturan-aturan Mandalorian. Aturan itu di antaranya, lo ga boleh lepas topeng lo. Kalo lo lepas berarti lo ga berhak untuk pake topeng lo lagi. Padahal ciri khas Mandalorian adalah pake topeng karena wajahnya ga boleh diketahui orang lain. Atau aturan soal jalan hidup yang harus sembunyi-sembunyi dan melawan Empire.

Dipikir-pikir jalan hidup yang dipilih Mandalorian itu keras loh. Harus hidup tersembunyi gitu. Identitasnya ga diketahui. Bahkan nama aja ga diketahui publik. Orang-orang manggil dia Mando yang merupakan singkatan dari Mandalorian. Nama aslinya? Cuma dia, orang yang besarinnya, dan Tuhan yang tahu. Gw aja lupa-lupa inget nama asli si Mando. Kayanya cuma pernah disebut sekali deh di satu episode. Hmmm... 🙄

Kembali lagi ke kehidupan nyata, this is the way apa yang lo jalanin?? Apakah kehidupan keras kaya Mandalorian?? Hidup harus sembunyi-sembunyiin identitas? Atau lo memilih untuk gimana caranya supaya diri lo terkenal? Apapun yang lo pilih, inget jangan keluar jalur dari aturan/norma/apapun itu yang lo pegang (tentunya yang baik yak). Karena pada akhirnya ketika lo menghembuskan nafas terakhir dan bertemu dengan sang Hakim Agung, lo harus mempertanggungjawabkan hidup lo di dunia. (✿◡‿◡)

This is the way

23 comments:

  1. Kak Frisca, aku juga baru aja nulis tentang this is the way. Kok bisa samaan sih? Hihihi. Tapi aku nulis nya based on mantra nya Naruto, jalan ninjaku 😁 ternyata film mandolarian juga sama Yaaa ada mantra yang artinya sama yaitu jalan hidup.

    Btw iihh aku belum nonton dong mandalorian, kebanyakan nonton drakor 😂 tapi berkat artikel ini aku jadi kepooo kan? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bisa sehati gitu yak kita!!! 🤣🤣🤣

      ayo ayo ditonton! seru koook hehe

      Delete
    2. aku baru nonton dong eps 1, masih belum paham, wkwkwkwk. btw ganti template euy, hihihihi

      Delete
    3. iya awal-awal ga jelas emang tapi seru kok diikutinnya hehehe

      liat kak eka pake template baru aku jadi keikut hahaha
      pengen dibikin lebih cakep aja
      cuma masih kendala nihhh. Jarak antar paragraf jadi ilang aneh banget hahaha

      Delete
  2. Wadduuh berat juga ditanya "this is the way" versiku apa😂 Pulang-pulang dari blog mbak Frisca langsung mikirin tentang hidup, wkwkwkw🤣

    Btw series ini nonton dimana mbaaak? Termasuk series jadul atau barukah? Wkwk aku kudet sekalih😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha maapin jadi mikir berat yaaak 😆😆😆

      Nontonnya di Disney+
      Ini masih baru koook hehe
      Uda season 2 sih hehe
      Tapi belom lama muncul seriesnya hehe

      Delete
    2. what? ada season 2 nya? panjang dong, wkwkwkwk tapi terusin ah biar baru eps 1, hihihihi

      Delete
    3. hahah iya uda sampe season 2
      tapi per seasonnya dikit kok. Ga kaya drakor yang min 16 episode satu season hahaa
      ada tokoh yang gemesinnya kak ekaaa hihih

      Delete
  3. Kak Friska...udah lama juga aku gak ninggalin jejak disini. Aku suka tulisanmu ini kak!! Kadang dari film yang bahkan itu fiksi kita bisa nemuin hal-hal menarik yang bisa dikaitkan sama kehidupan nyata ya, kayak si Mando itu. Dan berkat pembahasan This is the way yang kak Friska bahas berhasil membuatku merenung hahaha

    Kayaknya aku tertarik sama seriesnya kak, judulnya The Mandolarian yaa? Ini genrenya apa kak? Fantasy? Sci-fi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Reka 🥰
      Wah makasih loh likenya *dikira instagram kali 🤪
      Tapi bikin moodku jadi naikkk hehehe
      Iya dari kalimat simple aja bisa bikin merenung yaak hehehe
      Jadi hasil renungannya apa nig?😁

      Iya the mandalorian, series yang masih satu cerita dengan Star Wars. Tapi ini kisahnya sesudah keruntuhan Empire yaak. Eh tau Star Wars kan??
      Kalo ditanya genre apa, ini sci-fi action hehe
      Meski aku ga ngikutin Star Wars, tapi aku suka nonton ini. Fyi aku nonton star wars itu baru movie yang pertama tapi ngantuk di tengah jalan wkwkwk jadi bisa dibilang ga gitu ngikutin

      Delete
    2. Hehe sama-sama kak Friska 😁
      Tau kak star wars tapi aku gak pernah nonton wkwkwkw..tapi kayaknya si Mando ini keren ya, dari outfit yang dia pake terkesan gagah misterius gitu, walau gak tau muka dan watak aslinya seperti apa 😆

      Delete
    3. iyaa keren si Mandooo haahaa. Mukanya cuma ditampilin 1 episode doang diaaa 🤣 Kasian ya yang meranin si Mando, jadi ga terkenal mukanya hahaha... Tapi pemainnya uda sering main di movie2 kecee.
      Suaranya dia di sini enak didenger deh. Meski kaya robot gitu tapi suka aja denger suaranya 😍

      Delete
  4. Hhhmmm kenapa aku jadi terdiam..? Wkwkk 😂😂😂
    Wait2. Ini Mandalorian yg ada si makhluk kecil ijo gemesin itu kan ya Mba? Aku belum nnton soalnya.. belum nemu jadwal yg pas... *ceiillahh sok sibuk lu bay!"

    Anyway, tulisan yg bagus Mba Fris..
    Dan benar setiap orang memiliki hak untuk menntukan jalan yg cocok buat diri mereka.. akhir2 ini juga sering ngobrol sama sensei ttg kata2 ungkapan bahasa jepang yg maknanya deep banget kaya Setsunai, Gaman, Yugen, Ikigai.. hahah 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ya?? 😂😂😂

      iya betul2, si yoda ciliiik hehehe

      makasih loh Bayuuu jadi malu ~( ̄▽ ̄)~
      wah yang aku tau ikigai kayanya pernah dibahas sama blogger juga gituuu tapi aku lupa maknanya wkwkkw

      oia, kiriman dari Bayu uda mendarat siang tadi. Kaget banget aku Bayuuu sama gambarnyaaa hihihi bikin seyum lebaarr... Makasih looooh yaaa

      Delete
    2. Terdiam karena mikir mba.. haha 🤣🤣

      Ikigai itu artinya.. wait tak googling dlu.. haha 😅 artinya The Purpose of Life.. hehe

      Syukur dehh kalau udah nympe.. haha.. aku mikirnya udh nyasar dluan 🤣🤣 sama2 mba 😅.

      Delete
    3. Hasil mikirnya gmn tuh? 😏

      Hoo gituuu... deep yaaa

      Iya nyampe dengan selamaaat hehe paketku uda nyampe juga kah?

      Delete
    4. This is the way pokokmen mba 🤣🤣. Karena terkadang aku yh mikir hidupku kok berat amat yak.. wkwk ! Tapi lagi tak coba jalani sambil dinyanyiin.. syalalal yeyeye 🤣 biar nggk ribeet.

      Iyahh sudah smpeeee mba.. udah abis malah satu toples yg cruchy buat buka tadi..

      Delete
    5. Mba Fris dikirimin gambar apa sama Bayu mba? Kemarin sewaktu saya disana, sempat ngeliat sketsa tangan lagi pose ✌. Tapi belum ada kepalanya, baru gambar tangan sama jarinya saja 🤣.

      Terus pas lihat halaman about me Mba Fris. Gaya fotonya sama2 lagi peace juga. jadi penasaran saya sama gambarnya. Wk!

      Kalau Mandalorian film kesukaan saya juga. Sama WandaVision, mba sudah nonton?? Dan kalimat ini memang mengudara banget ya. Hampir di setiap scene pasti ada.

      Delete
    6. Iya dre gambarnya ambil pose aku yang ada di about me. Aseli aku tercengang. Detil bener Bayu bikinnya. Ntr aku mau bikin tulisan itu buat pamerin karya bayu... cuma ntr deh 😂 Lagi riweuh rapiin pos lama 🙈

      WandaVision aku malah belom nonton. Cuma sekilas-sekilas ajaa wkwkw iya kalimatnya kece banget ga siig? This is the way

      Delete
    7. Meskipun saya benci mengakuinya. Ahah. Tapi setuju mba. Saya malah bingung. Padahal pas lagi bikin sketsa kelihatan banget acak2annya. Banyak garis yg keluar sama nggak jelas gtu apa yg mau digambar.

      Tapi pas udah jadi. Terkejut saya. Hahah! Duh, anaknya kalau baca ini pasti terbang.

      WandaVision kebnyakan orang2 pada berhenti di episode pertama karena agak berbeda, malah jatuhnya kaya film lawak. Iya nggak mba? Soalnya saya kaya gtu. Tapi pas dipaksain di episode 3 pertama. Jadi ngerti ohh ternyata gitu..

      Delete
  5. @Bayu
    hahaha this is the way yaa 🤣 Iya jalanin dengan hati bersyukur niscaya Tuhan juga liat dan kasih hal baik. Kalo kata lagu mah kau tak akan menduga bahwa hari indah butuh waktu untuk datang :)

    @andrew
    namanya juga sketsa dree pasti acak kadut dulu. Tapi pas uda diwarnain...beuh mantap!!!
    Pegangin Bayunya dre sebelum terbang!! 🤣

    Aku emang ga tertarik ngikutin dre wwkwk Waktu itu nonton sekilas pas bagian si Vision uda tau kalo dunia dia itu bikinan haha Dan dia berusaha keluar dari dunia itu haha
    bagian itu seru sih tapi aku ga lanjut lagi wkwkw

    ReplyDelete
  6. Mandalorian, asli baru denger juga nih, penasaran pengen nonton.
    ngebayangin review-annya mba Friska di kehidupan nyata, kalau hidup harus selalu bertopeng untuk nenyembunyikan identitasnya lama lama apa ga pegel ya.
    capek juga kalau aku sendiri misalnya hidup harus "bertopeng" seperti itu ya
    dan lingkup sosialnya mungkin hanya dari "sesama" nya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah pasti ka Ainun. Mau makan aja musti sendirian wkwkwk
      kalo engga gimana lepas topengnya ya kan?? 🤣

      Mandalorian ini tuh kaya lone wolf gitu kak Ainun... Ga terlalu banyak bersosialisasi haha

      Delete

Powered by Blogger.