Buy Insurance

November 06, 2020
Business photo created by katemangostar - www.freepik.com 

Hayo siapa yang di umur yang masih 20an sudah aware akan asuransi? Gw pribadi mulai dijelasin sama agen asuransi tuh pas masih kuliah dulu. Sebabnya terpancing posting seorang teman di FB yang menawarkan kerja part-time. Gw pikir bisa sambi-sambi gitu, kulliah dibarengi cari uang juga. Mayan kan nambah uang jajan kala itu. Eh pas ketemu sama si teman yang 'memberi' kerja, ternyata doi menjelaskan soal asuransi. Zonk pikir gw saat itu. 😂😂😂

Kenapa gw bilang zonk? Soalnya gw diminta untuk cari orang yang mau masuk asuransi. Nah kalau bisa bawa orang yang mau beli asuransi, gw akan diberikan uang komisi. Wadow. Gw ga bisa nawar-nawarin kaya gitu ke orang-orang yang gw kenal. Then pertemuan itu pun cuma sampai di situ saja. Saat dijelaskan sih gw cuma 'iya-iya' saja tanpa gw lakukan marketing asuransi tersebut.

Beberapa tahun berlalu. Gw pun lulus kuliah dan mulai bekerja. Asuransi dalam benak gw masih menjadi hal yang ga perlu-perlu amat. Selain katanya beli asuransi tuh sama kaya didoain cepat mati supaya uang pertanggungan dari asuransi jiwanya cair dan bisa dimanfaatkan si ahli waris, juga beli asuransi di umur yang masih muda tuh seperti buang-buang uang saja. Chance untuk terkena sakit dan berakhir dirawat di rumah sakit kan sangat kecil apabila masih muda. Jadi saat itu gw ga pernah kepikiran sekalipun untuk beli asuransi.

Kedua kali gw dikenalkan dengan asuransi adalah karena gw bantuin temen kantor gw karena doi baru banget masuk jadi agen asuransi. Nah doi (sebut saja M) tuh dituntut supaya clossing sama atasannya. Seengganya ngajak orang buat ketemuan dijelasin asuransi gitu deh. Gw pun bantuin doi dengan coba denger dulu penjelasan mereka. Kali ini bendera asuransi yang dibawa itu berbeda dengan asuransi yang dikenalkan saat gw di kampus dulu. Nah dari penjelasan atasan temen kantor gw ini, iya atasannya, soalnya temen kantor gw kan baru jadi agen, jadi dia ga bisa jelasin banyak. Hahaha. Jadi tuh gw mulai baca-baca ilustrasi yang diberikan. Gw pun 'hampir' mau beli asuransinya. Tapi gw ingat kalau pacar sohib gw tuh agen asuransi juga dan dia sudah lebih lama jadi agen asuransi ketimbang si M. Terus brand asuransinya juga beda sama temen kantor gw, jadilah gw hubungin sohib gw supaya gw bisa dijelasin ilustrasi asuransi oleh pacarnya.

Di hari pertemuan, ternyata sohib gw yang lain juga ingin ikutan denger penjelasan soal asuransi ini. Jadilah kami berempat ketemuan. Gw, 2 sohib gw, dan 1 pacar sohib gw. Penjelasan dari pacar sohib gw ini (sebut saja E) sungguh bagus. Membuka mata gw bahwa asuransi itu ga seburuk yang orang-orang bilang. Termasuk orang tua gw pun menganggap asuransi tu nipu doang. Tau sendiri kan kadang tuh yang uda masuk asuransi cuma karena kasian sama agennya. Jadi biasanya asal beli tanpa tau manfaat yang diterima tuh apa.

Namun penjelasan bagus dari E ini belum cukup membuat gw memutuskan untuk beli asuransi. Mau sih, cuma saat itu gw merasa berat juga bayar asuransi tiap bulannya dengan gaji gw yang minim saat itu. Willingness to buy -nya sudah ada, tapi kemampuan belinya belum ada. 😂 Eh tapi E pun nawarin gw dengan pertanyaan menarik macam "Mau ga lu dibayarin asuransinya?" Dan dia pun menjelaskan 'caranya' mendapat asuransi berkat dibayarin orang dengan sistem bisnis dari asuransi tempat doi bekerja.

Again hal itu menarik hati gw. Tapi lagi-lagi gw merasa "Ah gw tuh ga bisa jualan asuransi. Marketing itu suatu hal yang sulit buat gw." Pertemuan tersebut pun tidak membuahkan hasil bagi E. So sorry. Tapi E ini sudah menabur benih ke dalam pikiran gw akan asuransi. Suatu saat mungkin akan bertumbuh. FYI, gw bahkan sudah banding-bandingin ilustrasi asuransi dari M dengan bendera berinisial M juga dan si E ini dengan bendera asuransi berinisial A. Namun pada akhirnya tetap saja gw ga beli asuransi.

Sampai satu waktu, gw diajak buat makan bareng sama seorang rekan kerja yang sudah resign. Dia sih cuma bilang ingin ketemuan aja bentar dan sekalian lewat kosan gw saat itu. Gw pun dengan polosnya mengiyakan saja ajakan doi. Ya itung-itung ketemu teman kerja kan dan doi udah banyak bantuin gw di tempat kerja.

Pas ketemuan itu, kembali terulang kejadian seperti gw ketemu temen kampus gw dulu, serta pertemuan gw dengan E dulu. Gw dijelasin soal asuransi. Hihihi. You know what?? Mereka bertiga itu dari satu bendera yang sama. Uwoow. Sudah 4 orang nih agen asuransi berbeda yang approach gw. Tapi lagi-lagi gw tolak dengan halus. Meski sebenarnya temen kantor gw ini tuh ga ngajak masuk asuransinya sih. Tapi lebih ke ikut dalam sistem bisnisnya yang mirip dengan MLM dalam benak gw.

Kali kelima gw mendapatkan penjelasan soal asuransi adalah saat calon suami gw berencana beli asuransi untuk dirinya. Saat itu dia tuh ngajak gw buat dengerin aja dulu. While dia akhirnya beli asuransi, gw saat itu masih belum beli. Cuma denger-denger aja karena sebenarnya agen asuransi yang dia temui tuh satu bendera dengan temen kantor gw, si M. Jadi sebenarnya ilustrasi dari asuransi tersebut pun gw sudah punya. Lagi-lagi gw ga beli asuransi. HAHAHA.

Sungguh butuh waktu yang lama buat gw jadi beli asuransi. Akhirnya setelah nikah dan punya gaji yang cukup mumpuni, gw memutuskan untuk beli asuransi. Kenapa akhirnya gw beli? Gw sadar kalau asuransi ini layaknya payung yang melindungi diri di kala hujan. Daripada basah kuyub karena hujan, lebih baik ada payung yang melindungi kan? Intinya sih buat proteksi diri gw kalau jatuh sakit dan berakhir masuk rumah sakit supaya pengeluaran tak terduga karena itu bisa ditekan.

Satu tahun berlalu, gw sudah satu tahun bayar premi asuransi. Suami pun ingatin lagi kalau mama gw belom punya asuransi. Sebenarnya mama dulu sudah pernah beli asuransi. Tapi agen asuransinya ga menjelaskan fungsi asuransi dengan baik. Melainkan mengiming-iming kalau beli asuransi bisa dapat untung besar. Jadi beli asuransi tuh buat investasi, padahal fungsi asuransi sebenarnya kan untuk proteksi. Investasinya tuh semacam bonus saja. Nah karena dikecewakan oleh agen asuransi lama, mama jadi enggan untuk beli asuransi.

Gw yakinin terus mama supaya masuk asuransi lagi. Apalagi pas papa sakit kan sedikit banyak uang asuransi cukup membantu biaya pengobatan papa. Ya meski asuransi yang papa beli sebetulnya kurang bagus sih karena nilai UP (Uang Pertanggungan) yang lebih kecil daripada total premi yang papa bayarkan. Namun tetap saja UP dari asuransi papa cukup membantu biaya rumah sakit.

Masuk asuransi di usia yang sudah tua itu sebetulnya bikin premi jadi mahaal. Meski begitu, tetap saja kita bisa cari kesepakatan dengan agen asuransi pilihan untuk menyesuaikan budget bayar premi bulanan dengan benefit yang tetap membantu. At least untuk cover biaya rumah sakit saat sakit, lalu UP saat sakit kritis, serta untuk jiwanya. Kenapa jiwa penting? UP dari jiwa itu bisa bantu untuk pengeluaran rumah duka serta pemakaman. FYI, biaya rumah duka dan pemakaman itu ga sedikit. Apalagi itu kan kaya pengeluaran yang mau ga mau harus dikeluarkan gitu. Jadi kadang kala ada yang memanfaatkan momen itu supaya kasih harga super mahal. Nah dari UP jiwa ini, jadi ada uang buat cover hal itu. Eh tapi lain cerita kalau punya pemakaman keluarga/kuburan di belakang rumah ya. Kalau pemakaman macam San Diego Hill, satu meter tanahnya sudah puluhan juta kali. Hmm. 🙄

Tips Beli Asuransi

Sebetulnya asuransi itu ada banyak jenisnya. Kalau buat orang pribadi menurut gw sih penting buat punya asuransi kesehatan (untuk cover hospital) dan asuransi jiwa (biar ga memberatkan keluarga kalau meninggal nanti). Ya jiwa bisa optional sih, tergantung kebutuhan masing-masing. Tapi penting dimiliki oleh kepala keluarga menurut gw. Amit-amit nih sebuah keluarga ayah ibu dua anak, terus di umur yang masih kepala 3, sang bapak wafat. Istri ga bekerja. Terus biaya dari mana kan buat kehidupan keluarga yang ditinggalkan nanti. Kalau si bapak sudah punya asuransi jiwa, lumayan kan UP buat si ibu dan dua anaknya melanjutkan hidup. Ga yang 'plek' ga ada duit gitu loh. Tapi ini sebetulnya tergantung kebutuhan masing-masing. Bidang mana yang mau diproteksi semisal kita mengalami kerugian.

Tips beli asuransi kesehatan dari gw tuh yang penting biaya kamar rumah sakitnya anti inflasi. Kalau yang model paflon kaya punya papa, di sepuluh tahun yang lalu saat papa beli, harga kamar rumah sakit masih sekitar 400rb. Nah sekarang, harga kamar rumah sakit bisa satu juta! Kalau asuransinya masih tradisional yang ada limit harga per kamarnya, sisa biaya rumah sakitnya tetap harus kita yang tanggung. Jadi lebih baik tuh asuransi yang membayarkan sesuai tagihan rumah sakit. Berapapun biayanya. Gw udah ga pusing lagi kan soal biaya tambahan yang lewat dari limit.

Tips beli asuransi lain dari gw, pilih agen asuransi yang terpercaya. Bukan karena "ah kasian dia masih saudara" terlebih lagi karena diiming-imingi investasi dengan bunga tinggi. Pilih agen asuransi yang memang berdedikasi. Cek sudah berapa banyak klaim asuransi yang dia tangani. Dengarkan bagaimana penjelasan dia. Tanya sebanyak-banyaknya. Kalau ga ngerti, tanya. Minta jelasin sejelas-jelasnya. Jangan kaya beli kucing dalam karung. Kita harus ngerti asuransi yang dibeli tuh gunanya apa nanti. Karena asuransi ini kan untuk long term, bukan cuma bayar satu dua bulan punya.

Pertanyaan penting lagi menurut gw nih, tanya ke si agen asuransinya, dia bakal bantu urusin ga kalau semisal masuk rumah sakit. Dia akan dampingin kalian ga untuk urus administrasi klaim rumah sakit. Soalnya pas papa sakit itu, agen asuransi papa cuma bimbing via telpon. Segala urusan administrasi di rumah sakit tuh gw yang urus. Gw kan bukan agen asuransi ya, gw mana ngerti apa-apa aja yang musti diurus. Hal ini bikin gw bolak-balik ke administrasi rumah sakit supaya klaim asuransinya bisa cair. Uda mana gw lelah jagain papa di rumah sakit, eh musti dipusingin juga sama urus klaim asuransi. It's really suck! Jadi menurut gw tuh peran agen asuransi sangat penting. Dia yang tau produk, dia juga yang tau celah apa saja atau surat apa saja yang bantu supaya klaim asuransi bisa cair. Jangan kaya gw tuh, karena cuma masalah tanggal ttd dokter yang beda dengan tanggal diagnosis, berakhir asuransinya kaga bisa cair. Huft.

Mungkin segini dulu cuap-cuap gw tentang asuransi. Pengalaman dengan asuransi yang paling kerasa sih saat papa sakit. Makanya dari situ gw merasa penting banget punya asuransi. Lebih baik dari umur masih muda karena premi yang dibayar tuh masih murah. 😁

Temen-temen sendiri ngerasa penting ga beli asuransi?

12 comments:

  1. insurance is a saving for our sick self! its so important right.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya sebelum ketemu agen asuransinya, mending siapin list pertanyaan dulu kali ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa siapin dulu aja semua pertanyaan, ntr biasa pas uda ketemu tuh, jadi tambah banyak pertanyaan baru karena istilah-istilah asuransi tuh kadang njilmet wkwkw
      Pahami juga produk-produk yang dia tawarin fungsinya apa. Kalau agen yang baik itu, bukan gembar-gemborin investasinya. Tapi dia tau proteksi macam apa yang baik buat kita dan tentunya dengan kantong kita juga. Ga mau dong beli asuransi yang memberatkan budget bulanan kita? Hehe

      Delete
  3. Punya asuransi kesehatan menurutku penting sekali Ci. Zaman sekarang karena ada BPJS, satu keluargaku jadi asuransi kesehatannya adalah BPJS, sebab harga preminya lebih terjangkau dan aku udah melihat sendiri bagaimana BPJS benar-benar bermanfaat sekali saat kita sakit. Beberapa kali ada anggota keluarga yang sakit dan sampai harus opname, semua biaya ditanggung oleh BPJS yang sebulannya nggak sampai 100rb/orang untuk preminya. Tapi, aku kurang tahu kalau BPJS apakah bisa diklaim dana yang ada setelah sang empunya meninggal, layaknya asuransi pada umumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah Lia, kalau BPJS itu asuransi kesehatan. Jadi kalau ada yang meninggal, ga ada uang yang cair. Lalu untuk penyakit kritis gitu, ga ada uang cairnya juga. Masuk RS-nya pun harus RS tertentu aja. Kalau kanker gitu bisa ga dapet kamar Lia kalau pasien BPJS. Lebih susah gitu buat dapet penanganannya buat pasien yang sakit kritis.
      Kalau rawat jalan sih, misal berobat buat batuk pilek doang, BPJS sungguh membantu karena uda ga perlu bayar lagi. Tapi again, itu pun berobatnya di klinik atau puskesmas dengan obat generik.
      Makanya kalau buat asuransi orang tua, yang rentan akan sakit kritis, aku ga percaya sama BPJS. Saat papaku kena kanker, ga mungkin kan aku nunggu kamar pasien kanker di RS rujukan BPJS, sedang papa tuh uda merintih kesakitan banget. Jadi BPJS ga membantu dalam kondisi kaya gitu.

      Delete
  4. Pentiiiiiiing laaah :). Aku dan suami punya asuransi masing2, selain yg dr kantor yaaa. Asuransi buat kami itu proteksi , buat anak2 juga, jdi kalo sampe terjadi apa2 dengan aku dan suami yg doyan bgt traveling ini, anak2 udh terjamin hidupnya sampe selesai kuliah. Ga usah ngarepin keuntungan deh dr asuransi. Kalo mau cari untung sih, aku fokus di saham dan investasi lain. Bukan lwt asuransi.

    Banyak yg bilang memang asuransi itu menipu. Krn pas mereka break, nilainya malah LBH kecil dr premi yg udh dibayar. Laaah gimana ga rugi kalo break nya pas baru 5 tahunan... Itu kliatan bgt agennya ga ngejalanin apa2 ke nasabah.

    Agen yg skr ini handle rekening asuransi ku dan suami, juga sangat helpful mba. Semua detil dijelasin dan ttp bantu saat ada masalah. Itu kenapa aku setia pake produk asuransi dia :). Aku semept pake asuransi lain, oleh agen yg lain. Tp aku ga suka attitude nya. Akhirnya aku pilih kluar, walo rugi. Biarlah, buatku agen itu penting. Refleksi dari produk yg mereka jual soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh kak Fanny, kalau sering jalan-jalan kan risiko kecelakaan tinggi yaa. Ternyata kak Fanny orang yang sudah aware akan asuransi juga hehhee

      Aku setuju juga! Agen itu penting buatku juga. Soalnya kan dia yang lebih ngerti produk dan 'celah' untuk bisa cairin asuransinya. Kalau dia acuh dan ga mau bantu urusin claim tuh malesin bangett yaaak! Kan kita bayar (komisi) ke dia jugaaa.. Tapi dia gamao bantuin sih sama aja dengan gabuut huhuu

      Delete
  5. Asuransi bukan barang aneh buatku, mengingat pas aku bongkar-bongkar dokumen aku nemu dokumen pas ibu sempet daftarin asuransi buat aku (since ayahku udah gak ada sebelum aku lahir), walopun akhirnya gak dilanjuttin dan dananya gatau ke mana. Dari situ aku agak ngeh kalau fungsi asuransi bisa buat ngecover biaya pendidikan juga.
    Cuma buat diri sendiri, aku masih belum pengen masuk ke situ. Tapi karna baca ini jadi pengen ngulik lebih jauh lagi, walaupun belum pengen, tapi at least kalau lumayan tahu nanti pas butuh pun gak seberapa kebingugan dan nggak keblinger pas dijelasin agen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sendiri butuh perjalanan panjang sampai akhirnya beli asuransi hahaha
      coba aja dulu dengerin agen asuransi ngejelasin produknya. Dari situ kan sedikit-sedikit jadi paham produk asuransi ada apa saja. Minta ilustrasi dari beberapa agen.. Minta doang kan kaga salah...Urusan beli atau engganya belakangan. Tunggu sampai cocok, baik cocok sama agen, sama asuransinya, dan yang paling penting cocok sama kantong hehehe

      Delete
  6. Penting banget menurut saya mba, asuransi itu pentinggg biar kita nggak perlu pusing saat sakit pun nggak perlu membebani pasangan dan orang lain. Jadi pasangan bisa fokus rawat kita, dan kerja nggak pakai muter otak semisal dana darurat lagi nggak ada 😁 Hehehehhe.

    Cuma memang di Indonesia, asuransi lebih dikenal sebagai tipu-tipuan gara-gara ulah oknum yang akhirnya merugikan segala pihak. Ehyu, seharian para agen ini harus bisa jelaskan dengan detail ke nasabah biar nasabah nggak merasa rugi dan jadi menyesal. Jadi seperti yang mba Frisca bilang, pelajari dulu sebelum pilih asuransinya dan cari agen yang tepat 🙈

    Menurut saya peran agen ini besar soalnya, kalau kita ketemu yang salah, kita akan menyesal ke belakang. So, jangan pilih hanya karena nggak enak sama teman / saudara. Masa nyawa dan kesehatan kita dipertaruhkan demi rasa nggak enak (?) 😂

    Nice post, mbaaa. Thanks for sharing 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuuh kata kak Eno. Masa nyawa dan kesehatan dipertaruhkan demi rasa nggak enak yaa.

      Makasih juga kak Eno ^^

      Delete

Powered by Blogger.