Friday, September 11, 2015

Bahagia Itu Sederhana

Cerita kali ini sedikit nostalgia.....
Waktu gw semester 6 saat berkuliah di kampus Gajah, gw kena DBD saat masa-masa lagi Ujian Akhir Semester (UAS). Lucunya, yang kena DBD tu bukan cuma gw aja! Tapi Mr. Kibo dan sohibku, Annisa Ayu juga kena DBD! Haha..Yep! Kami bertiga tuh emang sering belajar bareng buat menghadapi ujian Operation Research II. Tanpa disadari, si nyamuk nakal menggigit kita bertiga..jadilah bertiga bed rest dulu dan ikut ujian susulan --"
Nah, kalo mereka berdua dirawat di RS, gw dirawat di rumah tercinta di Karawang. Hebat ga tuh...Padahal sempet loh trombositnya menginjak 20...wele-wele...tapi puji Tuhan, aku masih diberi kesempatan untuk kembali sehat! ^^
Akh, tapi bukan itu yang mau diceritain!!!

Ceritanyaa loncat ke bulan Desember 2014...
Tepat di hari Natal, gw kena demam!!! Sumpeh padahal kan mau Natalan :(
Jadinya kerjaan gw tidur de..abis badan lemes dan kepala pening. Puji Tuhan gw ga kena DBD lagi. Tapi besoknya, gw masih demam. Besti-besti gw, Devi dan Elis, ngejenguk ke rumah! Seneng banget de!! Awalnya kan mereka emang ngajak kumpul-kumpul soalnya kan emang lagi di Karawang semua, cuma gw ga bisa ikut karna lagi demam. Ekh gataunya mereka bedua nongol ke rumah! Kita jadi bisa tetep kumpul-kumpul d!
Bahagia itu emang sederhana, yaitu dengan mempunyai sahabat-sahabat yang ada buat loe di saat lo lagi sakit :)
Hadiah dari Devi dan Elsye

Penampakan Mereka Berdua ^^

Thursday, August 27, 2015

Tingkat Akhir di ITB - Akhirnya Aku Jadi Sarjana!!!!

Yeaaaay!
Setelah perjuangan panjang bersemayam dalam simulator driving akhirnya membuahkan hasil juga :")
Tepat sehari setelah hari kemerdekaan tanah air ini, gw melalui sidang untuk menjadi sarjana teknik. Nah gini nih ceritanya sampe gw bisa sidang
.
.
.
.
Hari itu hari Minggu, gw kirim draft lengkap gw ke dosen pembimbing tercinta. Besokannya gw beranikan diri mengirim pesan singkat untuk menginfokan ke dosen pembimbing kalo gw uda kirim draft lengkap gw kemarin, sekalian gw juga infoin temen sebimbingan gw, Aqcaya, juga udah ngirim draft dia. Sembari harap-harap cemas, berharap Ibu dosen pembimbing (dosbing) cepat melihat draft gw, Bu dosbing akhirnya membalas pesan singkat gw! Yes!
Bu dosbing bilang kalo lagi dibaca dulu..oke gw bersabar de nungguin feed back dari Ibu.
.
.
.
Tak beberapa lama, akhirnya Ibu mengirimkan kembali surel berisikan banyak revisi.
Oke gw cepat-cepat melakukan revisi itu biar cepat selesai semua ini!!!
Hari ke-3 gw sedang melakukan revisi...
gw dapet pesan singkat dari Bu dosbing nanyain sesuatu, gw kasih jawaban...dan ga ada angin ga ada ujan karena gw juga ga nanyain kapan gw sidang, Bu dosbing bilang gini"minggu depan sidang ya...siapkan ppt"
DEG
Antara senang dan kaget...gw senyum-senyum dapet info ini!
Huaaa revisi belom kelaaaar..ppt boro-boro...
Langsung dah gw kebut nyelesein revisi...
.
.
.
.
empat harian gw nyelesein revisi dari Bu dosbing, gw kirim lagi deh by surel ke Bu dosbing.
Trus gw mulai nyicil bikin ppt, minta-minta ke temen yang uda sidang ppt sidangnya kaya gimana...buat referensi,,hehe
Jumat, 14 Agustus 2015, hari anniv gw yang ke-30?
ekh bukan itu tapi yang mau gw ceritain hahaha...
jadi hari itu gw beranikan kembali nanya ke Ibu dosbing tentang kira-kira kapan gw bisa masukin draft ke TU. Gw kirim pesannya pagi-pagi...trus dapat balasa siang jam 12, isinya "bisa ketemu sebelum jam 1 di TU?"
Gw ga liat hp karna lagi makan siang, sampe di LRSKE, gw baca pesan itu....buru-buru gw ke TU buat ketemu Bu dosbing.
Sesampainya di TU, gw liat Bu dosbing lagi ngobrol ama bu dosen yang lain sembari makan siang...yauda gw nungguin aja di TU...
mendekati jam 1 siang, Bu dosbing ada jadwal nguji sidang anak 2010...trus Bu dosbing jalan menuju ruang seminar sembari ngobrol ama gw...dan ngasi tau
"Saya udah jadwalin kamu sidang hari Selasa sore, kamu revisiannya dikasi highlight ga biar saya tau bagian mana yang kamu ubah?"
"Oh saya ga bikin highlight-nya" (dalam hati kaget bakal sidang hari Selasa)
"Kamu bisa ga bikin highlight-nya sekarang?saya di sini sampe jam 4 sore"
"Oh iya Bu bisa, kalau begitu saya ke lab buat bikin highlight-nya"
"Oke saya tunggu ya"

wuuuuzzz...
lari gw ke lab buru-buru buat nge-highlight draft gw. Sebelumnya gw lagi nyelesein ppt sampe bagian analisis...gw tinggalin dulu deh buat bikin highlight.
Setelah jadi, gw bingung mesti di-print apa kirim by surel....
yauda gw beraniin nanya Ibu lewat pesan elektronik kira-kira mau dikirim lewat suret ga ya...
fiuuh untungnya ibunya super baikk...boleh dikirim lewat surel..
oke send!
trus gw pikir yauda tuh ya....
ekh ternyata langsung dapet pesan singkat yang isinya feedback dari revisi-revisi yang uda gw buat..
yauda tuh langsung gw kerjain apa yang Ibu saranin..sembari ngerjain,,dapet telpon dari nomer Bandung yang ga gw kenal...
"Hallo"
"Hallo, ini Frisca ya? Anak bimbingannya Bu Ari?"
"Oh iya, ini siapa?"
"Ini mba Reni. Kamu uda dijadwalin buat sidang hari Selasa kan ya. Kira-kira bisa kumpulin draft-nya sekarang?"
(buset kumpulin sekarang?!)
"Oh iya mba ini saya mau nge-print."
"Kira-kira jam setengah 3 bisa dikumpul?"
"Oh jam setengah 3 ya. Iya mba bisa"
"Oke ditunggu ya"
"Iya, Makasih Mba"
tut...tut..tut...

My God!!!
Saat itu jam 3 kurang 15 menit....dan gw masi ngetik revisinya sedikittt....
untung ada tukang nge-print yang bisa kirim file by e-mail!
Yap itu fasilitas yang dikasi sama jasa print di Salman,..kirim aja ke antocidaun@gmail,com trus kasi ketentuan mau cetak kaya gimana..sesampainya di sana...file bisa sudah selesai dicetak,,ato sedang dicetak...
oke gw tulis ketentuan cetaknya gimana trus SEND
ekh si bodoh,,,gw lupa ngelampirin file-nya hahaha...
gw kirim lagi de!
Nah abis itu, gw langsung jalan cepet ke Salman.
.
.
.
Sampe di Salman gw ketemu Andi dan Annis
Si Andi juga lagi nyetak draft dia karena dia juga sama kaya gw...hari Selasa sidang!
Tapi dia uda mau kelar tu urusan cetak mencetaknya..nah gw...
masi in progress!
.
.
.
Akhirnya kelar juga tuh satu draft dicetak..ekh tapi ngacoo!
Masa bab 5 dan bab 6 nya di halaman genap!
Trus ga rapi banget lagi lampirannya gagara gw kasi ketentuan cetaknya jangan bolak balik buat bagian lampiran...
hhh..
karena nasi uda jadi bubur..dan kepepet waktu juga
ga bisa de gw minta cetak ulang...
yauda tu ya yang penting gw bisa kumpulin ke TU
.
.
.
jam 15.15 WIB
OMG baru kelar!!!
lari-lari de gw ke gedung TI
.
.
.
jam 15.40 WIB
sambil bercucuran keringat dan terengah-engah, gw kumpulin draft-nya ke mba Reni sambil nanya
"Mba boleh ga hari Selasa pagi saya ganti isi draft-nya"
"Oh boleh"
"Trus boleh saya minta lagi form pengajuan sidangnya?Yang punya saya ilang"
(diberikan form)
"Kalau saya kumpulin ininya nanti gapapa juga mba?"
"Iya gapapa"
"Makasih mba"

trus gw liat ada Bu dosbing di TU dan gw langsung minta TTD-nya
"kamu ke mana aja? Baru minta ttd sekarang? Baru tadi saya kirim pesan ke kamu."
"Oh iya Bu, tadi saya abis nge-print"
(Bu dosbing tanda tangan)
"Saya ga baca lagi ya draft-nya. I trust you loh ya."
"Oh iya Bu, makasih Bu" (garuk-garuk kepala)
"Sidangnya saya jadwalin jam setengah 3 sore."
"Baik, Bu"
"Buat latian sidangnya sama temen-temen aja ya. Saya ga bisa..tapi kalo kamu mau kirim ppt-nya buat saya cek, kirim aja lewat e-mail."
"Baik Bu"
"Ok, Good luck ya!"
"Terima kasih Bu"
.
.
.
kembali ke lab..terduduk lemas...cape abis lari-lari dan masih keringetan...
oke gw mesti cepet nyelein ppt-nya...
hari itu, Adnan, salah satu asisten LRSKE akan sidang jam 17.00 WIB.
Gw bantuin dia dulu de buat notulensi sidang.
Jam 18.30-an sidangnya selesai.
Gw pulang dijemput aa tercinta trus makan sate padang di Plesiran.
Gw critain d kalo gw bakal sidang hari Selasa jam 15.30 WIB.
Trus sampe di kos, gw selesein ppt gw. Oia, gw juga uda minjem kunci ruang seminar RSKE buat dipake latihan sidang. Gw juga minta bantuan temen-temen buat bantuin latihan sidang hari Sabtunya.
.
.
.
Sabtu, 15 Agustus 2015
Ternyata banyak yang berhalangan hadir, jadinya dibantuin ama Mr. Kibo dan Evan aja
Tapi pertanyaan-pertanyaan dari mereka menohok banget buat gw karena gw ga bisa jawab :(
.
.
.
Senin, 17 Agustus 2015
Nah gw juga minta hari Senin buat dibantuin latihan sidang lagi
Hari itu banyak yang bantuin gw latihan sidang!
Dan banyak saran buat ppt gw biar lebih bagus dan saran gimana gw mesti jawab..
Makasih banyak teman-teman TI-MRI-ku tercinta
.
.
.
Jeng! Jeng! Jeng!
Selasa, 18 Agustus 2015
Sumpah sepanjang hari Sabtu sampe Selasa gw tegang dan sakit perut tiap inget bakal mau sidang.
Akhirnya hari-H tiba juga
Sebelum gw, ada Andi yang sidang. Wah pas gw ngeliat ke ruang sidang Andi, gw sakit perut. Uda d gw ga nonton dan menunggu harap-harap cemas.
dan jam 15.30 WIB tibalah waktunya gw disidang...
deg deg deg
gemeter tangan gw megang mouse yang gamau nyala-nyala
akhirnya gw pencet-pencet arah panah aja d buat ganti slide.
dan gw mulailah presentasi sidang setelah Bu dosbing membuka sidang. Setelah itu, tibalah saatnya gw diuji.
Terima kasih Tuhan!
flow saat dosen penguji nanya tuh bagus..ga aneh-aneh..ya meski ada pertanyaan yang ga bisa gw jawab.....
.
.
.
Finally!
Gw LULUS! YEAAAY!!!

Foto sama Mr. Kibo

Sunday, May 31, 2015

Tugas Akhir, Hantu bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Semester 7
Pertama kali bersentuhan dengan yang namanya Tugas Akhir (TA) alias SKRIPSI....

Minggu Pertama
Wah dosen mata kuliah TA 1 sudah mulai menugaskan untuk memikirkan topik TA dan cari dosen pembimbing!

Minggu Kedua
Puji Tuhan bisa jadi asisten Lab, jadi dapet arahan sama beberapa dosen Lab buat milih dosen pembimbing beserta topik-topik TA yang siap dipilih. Alhasil diputuskanlah untuk mengambil topik Hubungan Kepribadian Tipe A/B dengan Risky Driving Behavior. Topik ini bukan gw sendiri yang mikirin, tapi gw pilih dari list topik TA yang diberikan oleh salah satu dosen Lab.

Minggu Ketiga hingga Awal November 2014
Jemari sudah mulai mengetik bab 1 dan sedikit menyentuh bab 2, meski disibukkan oleh tugas-tugas kuliah dan tugas praktikum (PLO) yang menggila itu!

November 2014
Selesai juga dengan bab 3 dan proposal siap dikirimkan melalui surel ke dosen pembimbing dan dosen TA 1. Karena kedua dosen tidak mengharuskan untuk mempresentasikan proposal tersebut, keluarlah nilai TA 1-ku dengan nilai yang baik. :) Thanks God.

Semester 8
Setelah bersenang-senang ria bersama teman seangkatan mengikuti "kuliah kerja" di 3 kota (Surabaya-Bali-Malang), kembalilah gw ke dunia nyata.....TA!
Di semester 8 ini, gw mengambil 2 mata kuliah tambahan, jadi masih ada kewajiban untuk ke kampus meski cuma sehari, yaitu hari Selasa!
Jam 9-12 untuk kuliah Ergonomi Makro dengan dosen Pak Iftikar Z. Sutalaksana.
Jam 1-4 untuk kuliha Manajemen Pemasaran dengan dosen Bu Hasrini Sari.
Super sekali kan jadwalnya...bisa pas gitu! Hahaha... :D

Minggu Pertama
Menjalani perkuliahan tanpa memikirkan TA

Minggu Ketiga
Mulai ditanyai dosen pembimbing bagaimana kelanjutan TA-nya. Oh no!!!
Tapi makasih banyak Bu atas perhatiannya..kalau tidak ditanya..bisa-bisa ditelantarkan! Hahaha...
Hasil bimbingan, keluarlah serentetan kerjaan..yaitu dengan melakukan pencarian kuesioner tipe kepribadian. Gw mulai kaya anak Psikologi, nyariin kuesioner kaya gitu...hahaa

Maret 2015
Setelah mengubek-ngubek dunia maya dan buku di perpus...di saat-saat terakhir sebelum bimbingan, ketemu juga kuesioner yang cocok! Glazer Stress Control Life-style Questionnaire. Setelah dapat, dosbing meminta untuk melakukan back translate kuesioner itu! Terima kasih kepada kedua sohibku Devi Tania Ulitha dan Michael Ingga Gunawan untuk kontribusinya dalam pengerjaan TA-ku, yaitu melakukan translate ke dalam bahasa Indonesia. Tapi, tidak cukup sampai di situ, gw masih harus cari native Inggris...pusing dong..siapa coba bule yang bisa Indo yang gw kenal??? Dan ternyata..gw inget kalo sodara gw dari kecil uda di Australia. Gw kontak dia via BBM...dan tadaaaa jadi de...
Setelah diskusi lagi sama dosbing, kuesioner tipe kepribadian yang versi Indo tersebut siap disebar!

April 2015
Wah...mulai de hari-hari gw di simulator! Dari pertama belajar simulator sama Kak Shofi dan asik sendiri nyetir mobil di simulator. Hahaha...Juga saat-saat gw merasa udah cape ngejelasin hal yang sama berulang-ulang ke responden tentang cara menggunakan simulator tersebut.

Mei 2015
Gila! Gw mulai gila!
Susah banget nyariin responden dengan tipe kepribadian B!! Sampe detik ini, 31 Mei 2015, responden tipe B gw baru 3 orang!!!! Padahal butuh 30 orang responden :(
Akhirnya gw curhat deh ke dosbing kalo susah bener nyari yang B. Uda segala cara dilakuin...sebarin kuesioner di berbagai media sosial seperti FB dan Line.. Bujuk-bujuk kenalan buat nyebarin kuesioner....bahkan sampe datengin himpunan-himpunan anak SR ITB buat nyebarin tu kuesioner!!! Tetap sajaa...nihil :(

Dan tepat hari ini, gw baru disentil sama khotbah pendeta tadi pagi....seharusnya gw punya iman dan kharakter seperti Abraham yang selalu tanya sama Tuhan harus pilih yang mana...gw malah kaya Lot yang nentuin aja sendiri jalan yang gw pilih! Hasilnya??? Oke gw sekarang lagi kena musibah kaya Lot yang kena musibah karena kota tempat tinggalnya diserang dan harta bendanya dirampas juga ditawan pula!
Akibat kesoktauan gw...jadinya begini de....dan gw terpuruk, mulai terkena virus malas.... Untung ga sampai terpuruk ke jurang dalam..Tuhan masih mengingatkan gw akan tanggung jawab gw ini melalui orang-orang yang ada di sekitar gw! Thanks again God :)
Ya bisa dibilang, TA ini uda kaya hantu buat mahasiswa tingkat akhir kaya gw! Bangun tidur,,,mulai stress mikirin TA gmn....lagi nunggu makan...kepikiran lagi...sampe mau berangkat tidur juga kepikiran...dia selalu aja menghantui hidup gw! Ya meski bisa sesaat dilupakan..tapi tetap aja hati ga tenang!
Satu hal lagi yang gw dapatkan hari ini, jangan cuma kerjanya mikirin aja...tapi harus take action! Eksekusinyaaa yang penting, bukan niatnya...dan selama bulan Mei yang gw lalui ini...gw cuma niatnya aja ngerjain...tapi ga disentuh-sentuh...satu kata pun ga gw ketik buat nambah sesuatu di TA gw...gw cuma berkutat sama data yang ga kunjung didapat....dan gw juga ga ngerti gimana ngolahnya! Untuk itu, gw udah mulai bertekad dan mulai menggumulkan terus TA ini.....Tapi beneran bukan tekad doang....gw juga harus mulai eksekusi TA gw! Oleh sebab itu....sudah dulu ya!