ODOP 0.1

March 10, 2021

Tak terasa aku berhasil juga menjalani ODOP 0.1 seminggu kemarin. Apa sih ODOP 0.1? ODOP sendiri singkatan dari One Day One Post yang berarti satu hari satu pos *yeee itu mah Bahasa Indonesianya bukan artinya 🤣 Tunggu jangan gaplok saya dulu. Intinya sih setiap hari kita menuliskan satu pos dan dipublikasikan. Jadi setiap hari tayang satu tulisan di blog. Awalnya aku ragu bisa melakukan ini. Tau sendiri kan aku mana pernah nulis tiap hari. Sebulan bisa tayang empat tulisan saja sudah syukur. Eh ini tiba-tiba mau ikutan ODOP 0.1 😆 Tapi tak kusangka aku bisa melaluinya.

Rahul, selaku penggagas dari ODOP 0.1 ini mengajak kami yang partisipasi untuk menuliskan evaluasi dari ODOP 0.1 kemarin. Uda kaya evaluasi penanggung jawab di himpunan gitu yak. Hehehe. Yah biar secara formal ODOP 0.1 ini resmi selesai gitu yaak. 🥳 Oke tanpa banyak cing cong, mari aku mulai evaluasi ODOP 0.1.

Apakah ODOP hal yang baru bagiku?

Mengenal istilah ODOP sendiri sih sudah lama. Karena suka seliweran di jagat Instagram soal ODOP. Tapi buatku ini adalah hal yang baru. Mana pernah ya aku nulis konsisten seminggu full. Kemarin saat ikutan 15 Days Writing Challenge saja ada bolosnya. Ga full nulis 15 hari. 🤣 Jadi bisa dikatakan ini pertama kalinya buatku melakukan ODOP! Yeay 🥳 

Kesulitan ga melakukan ODOP?

Karena menulis selama tujuh hari saja, aku sendiri tidak begitu kesulitan karena sudah nyicil nulisnya dari hari Sabtu. Padahal mulainya di hari Senin 😆 Tapi sempat tuh cukup lelah nulis saat tema Kronik Masa Sekolah. Panjang banget ceu tulisanku. Jadi aku nulisnya sampai dua hari gitu. 🤣 Tapi masih on schedule sih tayangnya. Waktu nulis tema ini, aku sempat yang "Aduh panjang banget!! Tapi belom kelar ceritanya. Ah sudahlah! Cerita masa SMA dicepetin aja!!" Terus aku niat sampai buka hard disk untuk cari foto-foto masa sekolah. Proses ini juga nih yang bikin aku lama ngerjain tema Kronik Masa Sekolah ini. Jangan lupa baca yaak ceritaku!! #maksa

Proses nulisnya gimana?

Untuk tema hari pertama, aku sudah mulai nulis tuh di hari Sabtu siang. Aku kerjainnya lewat HP di tempat kerja Kibo. Terus tinggal bikin grafik buat posnya gitu deh. Pos hari pertama itu bisa dibilang sudah kelar di hari Sabtu. Terus hari Minggu aku kerjain buat hari kedua. Tapi baru draft-nya saja sama mulai desain-desain grafiknya. Di hari Seninnya, saat aku publish pos hari pertama, aku lanjut kerjain tulisan hari kedua. Nah pas hari Selasanya, aku tinggal tambahin gambar sama di-publish deh. Terus sore habis kerja, aku mulai ngerjain tulisan untuk hari ketiga dengan tema Game yang Dimainkan di HP. Hari Rabu sore, aku tinggal bikin gambar dan tambahin ke tulisan terus dipos deh sorenya sehabis kerja. Again habis ngepos, aku nulis tulisan untuk besok. Jadi ga keteteran sama sekali.

Nah baru dah tuh di hari Rabu sore itu, tulisanku soal Kronik Masa Sekolah ini belum kelar!!! Aku baru lanjutin lagi di hari Kamis sorenya. Jadi di hari Kamis ini aku cukup cepat-cepat ngerjainnya karena kan sudah harus cepat diselesaikan dan ditayangkan biar aku ada waktu untuk maen ngerjain yang laen. #plak Untung saja selesai juga tulisan untuk hari Kamis. Tapi aku ga sempat ngerjain tulisan untuk hari Jumat. Jadi tulisan hari Jumat dengan tema Hal yang Membuat Mood Baik Lagi baru kukerjakan sore harinya. Bisa diliat kan tulisannya jadi lebih pendek. Soalnya emang uda ga tau mao nulis apa lagi dan waktu nulisnya juga ga banyak karena mao dipake buat maen 🤪

Hari Sabtu karena libur, aku ngerjain di HP (biasanya nulis di laptop) untuk tulisan hari itu dengan tema Apa yang Dilakukan Saat Sendirian di Rumah? Ngerjain ini di tempat kerja Kibo karena tiap Sabtu aku pasti ngikut ke sana. Karena ga buka laptop, nulisnya di HP deh. Terus bikin gambarnya juga dari HP. Sorenya aku pos deh. Tulisannya juga pendek karena memang virus males sudah mulai mengintip di balik pintu. 😖

Hari terakhir ODOP 0.1, aku mulai nulis pagi-pagi sambil sarapan. Terus temanya Mimpi Teraneh. Jadi isi tulisannya fresh from the oven gitu tentang mimpi semalam. Untung saja tu mimpi aneh nongol malem-malem. Mungkin karena sebelum tidur aku kepikiran soal ini kali ya. Jadi mimpi malam itu aneh deh 🤣 Overall, aku tidak begitu kesulitan sih ngikut ODOP 0.1 ini. Semangat nulis terus meski di hari Sabtu mulai sedikit kendor. Hehe.

Impresi baca tulisan partisipan lain dengan tema yang sama seperti apa?

Seruuuuu dan seneng bacanya. Seperti yang Rahul bilang, seperti sharing session. Ibaratnya kaya lagi kongkow bersama gitu di meja Kafe MM. Terus kita saling bercengkrama tentang tujuh tema. Aku keliling ke semua blog partisipan untuk baca tulisan mereka. Seru dan menyenangkan!! Eh tapi di dua hari terakhir ODOP 0.1 itu aku belum sempat kunjungin semua blog sih. Nanti aku akan mampir kok karena penasaran dengan ceritanya. 😁😁😁

Apakah melihat hal yang menarik dari kisah partisipan lain?

Tentu dong!! Aku ketawa-ketawa dan senyum-senyum tiap baca tulisan mereka. Terus jadi semakin mengenal pribadi masing-masing penulis. Jujur saja aku baru mengenal Syifana si Marsholic dan Sella si adek manis yang suka bikin fanfic. Berkat ODOP 0.1 ini dan aku baca semua tulisan partisipan, aku jadi lebih mengenal mereka. Serasa teman dekat tapi hanya kenal di dunia blog. ^^

Apakah masih tertarik mengikuti ODOP?

もちろんです! Tentu saja. Tapi aku lebih memilih ODOP selama tujuh hari saja. Kalau dilakukan 30 hari full sepertinya aku ga sanggup karena aku perlu main game rehat menulis juga!!! 😆 Ini saja setelah usai ODOP 0.1, aku jadi malas nulis dan misuh-misuh di dunia blog. laaaaah. Hanya beberapa hari kok. Makanya di hari Rabu ini aku kembali nulis. Tenang, kalian akan tetap aku gangguin di dunia blog. Jangan bosan mampir ke blog ini ya!! #maksa 😆😆😆

👹👹👹

Akhir kata, terima kasih untuk ODOP 0.1. Terima kasih juga untuk kawan-kawan yang sudi mampir di blogku ini. Aku akan kembali saat ODOP-ODOP lain ada. Buat kalian yang mao ikutan semacam ODOP ini, ayo ramaikan dengan nongkrong di Kafe MM! Mana tau kalian yang akan gagasin ODOP 0.2 kan??? Hehehe

26 comments:

  1. Sama seperti kak Frisca, saya juga ngga begitu keteteran sama sekali. Apalagi kemarin punya banyak waktu luang di rumah. Tiga hari sebelumnya, saya sudah ngerjain dua pos. Setiap pos, pasti sudah beres dua-tiga hari sebelumnya, jadi aman. Tinggal ngedit dan masukin gambar. Cuma agak bingung pada tema terakhir dari kak Eya, untungnya dapat wangsit juga kayak kak Frisca. Ha ha ha.

    Setelah tujuh hari kemarin, sebenarnya saya tertarik pengen nyoba yang 30 hari. Ha ha ha. Kemarin kayaknya ngga terlalu berasa.

    Sekali lagi, terimakasih kak Frisca sudah mengikuti ODOP 0.1 ini. Terimakasih juga sudah berbagi hal menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooh mantap banget Rahul! Berarti hari Jumat sudah kelar 2 pos ya 💪🏼💪🏼💪🏼

      Haha iya bingung ya yg soal mimpi teraneh. Terus aku uda pernah ceritain juga di blog kan beberapa. Jadi pas nulis tuh bener2 bingung mau nulis apa haha eh untung malemnya mimpi aneh 😂

      Wiih mantaap
      Aku cukup 7 hari aja 🤣🤣🤣 cape nulis tiap harinyaaaa hahaha

      Sama-sama Rahul. Ditunggu ODOP 0.3 nya deh (yang 0.2 rehat dulu) 😂

      Delete
  2. Wah kereenn! Saya pikir emang ODOP itu ga perlu 1 bulan full wkkwkw kan lama-lama bosen gitu, atau dalam 1 bulan bisa aja bentrok dengan kegiatan lain..

    kalau saya semi-odop aja udah cukup baik dan merupakan suatu pencapaian wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku ga sanggup deh buat nulis satu bulan full. Kan waktuku ga dipake buat ngeblog doang 🙈🙈🙈

      Ayo kal Andie join ODOP 0.2 hehehe

      Delete
    2. Kalo 1 bulan full, kayaknya sih berat banget mas hahaha
      1 bulan full, aku ingat jadi kayak di IG. biasanya event itu ada di bulan Januari setiap awal tahun.. banyak temen2 ku yg ikutan, tapi aku tidak.. :D

      Delete
    3. Dodo ayo ikutan ODOP selanjutnyaa hihih
      Kalo sebulan pun aku ga ikutan. Pesimis bisa selesai hahaha

      Delete
  3. Ini bacain evaluasi kalian ngerasa kayak guru lagi menilai hasil makalah lho wkwkwk

    Sebagai pembaca ODOP season pertama, jujur aku hepiiii sekali. Aku kayak ikut dibawa masuk ke dalam cerita kalian masing-masing, apalagi tema masa-masa sekolah. Aselik, seneng banget bacain cerita kalian itu! XD

    Semoga ke depannya nggak kapok yaa untuk ikutan kembali hihi tetap semangat menulis dan berbagi yaa 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aku pun ga nyangka ada evaluasi segala 🤣🤣 Rahul yang cetusin ide evaluasi juga... hehehe

      Ci Jane ikutan juga ODOP nya hehehe

      Delete
  4. Selamat mba Frisca, udah menyelesaikan ODOP kali ini. Aku bacain semuanya, walaupun SR doang. Hehehe... Mau meninggalkan jejak, nggak sempat mulu... huhu

    Kemarin itu akhirnya memilih mundur, karena ini nulis 1m1c aja kadang-kadang bolos. Butuh effort sangat besar buat ODOP. Ide sih adaaa aja, tapi eksekusinya sering mentok di tengah karena kecepatan mengetik kita jauh lebih lambat dari pada kecepatan otak berpikir. Lagi ngetik A, otaknya udah di O, dari C sampe N malah lupa. Hahaha

    Alibi doang sih itu benernya... aslinya mager aja... 🤣

    Mungkin nanti saat sudah cukup niat bakal nyobain ODOP.
    *berdoa semoga ada lagi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Hicha 😁

      Hihih gpp kak Hicha. Nanti ODOP berikutnya coba aja. Biasa karena ada temannya, jadi memacu untuk semangat nulisnya juga ^^

      Ada sih kak ODOP selanjutnya. Cuma tunggu tanggal main ato inisiatornya di Kafe MM hehe

      Delete
  5. Mas Rahul ide nya brilian ya, aku yakin kalo ODOP sebulan full banyak yang ngga kuat karena terlalu panjang, kalo cuma seminggu mungkin masih bisa terjangkau dan juga dicicil, kalo banyak waktu luang bikin dua post sekaligus atau bahkan tiga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sejujurnya bukan dibuat seminggu sih mas Agus. Awalnya tuh mao ODOP sesuai jumlah orang yang ikut. Eh yang ikut ada 7 orang. Pas dibuat seminggu hehehe
      Aku uda khawatir juga tuh bakalan lama ODOPnya, untung cuma seminggu. Soalnya kalo sebulan gitu ya aku kayanya ga sanggup juga hahahah

      Delete
  6. Mba Friscaaaa, seru baca evaluasi versi mba Frisca 😍

    Bahkan evaluasi kita bertujuh bisa beda-beda isinya yaaaaa 😂 Wk. By the way, saya mengikuti banget kisah sekolah mba Frisca, sampai masih ingat sekarang, especially about sekolah Y dan kisah para anak SD yang terus menerus lihat anak SMA 😆

    Semoga nanti kita bisa lanjut ODOP 2.0, mba.
    So excited, asal jangan banyak-banyak 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Jawabannya bisa beda-beda ya tiap orang untuk tiap pertanyaan hihihi

      Ahahaha ampun ya kak masih SD uda liatin anak SMA >.< Kelakuan masa kecil hihihi aku pun masih ingat, betapa berdebarnya dan sakit perutnya pas ngumpet di kamar teman kakak hihii Padahal mamanya ga galak gimana. Tapi tetep takut aja ya hahahaha

      Iya semoga bisa lanjut hihihi Setuju. Kalo kebanyakan, nanti pos2 lainnya ga sempat dibuat jadinyaa hahaha

      Delete
  7. Ciii, aku juga ngalamin lelah abis nulis ODOP kemarin 🤣 biarpun lelah, aku tetap senang bisa menulis setiap hari. Cuma jadi keteteran dalam balas komentar dan BW-nya gitu lho 😂. Maklum, namanya juga pemula di ODOP jadi masih keteteran ngadepinnya 😂 terus mood jadi down juga gara-gara keteteran ini, makanya baru mulai BW lagi ke blog teman-teman 😂
    Semoga nanti kalau ada ODOP 0.2 aku udah lebih siap tempur wkwk
    Thank you for sharing selama ODOP 0.1 ini Ciii 😍 seru euy baca cerita-cerita Cici, apalagi cerita kronik masa sekolahnya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lia kan sempat jatuh sakit
      Pasti itu juga bikin ga bisa nulis kaan dan makin keteteraaan
      Tapi kamu luar biasa tetap full publish tiap hari 👍🏻

      Thank you juga Lia untuk cerita2 dunia perinya hihihihi

      Delete
  8. Suka lihat tantangan ODOP bahkan ada yang 30 hari...Keren menurutku kak 😀

    ReplyDelete
  9. me trying to kekalkan 1 day 3 post but muriiiii ! hahaa

    ReplyDelete
  10. Friiis seru banget bacain review ODOP kamu ahaha... Seru yaa kemarin, aku juga ga nyangka bisa nulis selama 7 hari full ga pake bolos walaupun keteteran balesin komen sama blogwalking 😂 Blogwalking udah beres sekarang, semoga ga ada yang ketinggalan ahaha, tinggal nyicil bales komennya yang belum 🙈

    Bener yaa dipikir kita pas banget waktu itu orangnya ada 7, jadinya pas seminggu. Bener juga kalau 30 hari belum tentu sanggup, mikirnya itu kadang suka lama dan gimana cara nulis biar ga bosenin soalnya tiap hari nulis kaan?

    Dan bener kata kamu Fris, kayak berasa tambah akrab sama temen-temen yang ikutan ODOP ini, padahal kita kenalnya juga sebatas dari cerita dan komen-komenan yaa... sungguh kekuatan blogging tuh ✨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Eya. Tiap orang review ODOP-nya lain-lain yak hihihihi

      Iya bisa pas 7 orang jadi 7 hari hhihi
      Kalo 30 hari pun aku akan melipir dan nyimak aja. Belum berani ngikut karena musti ada yang ditulis juga selain tema dari ODOP hahaha

      Ajaib ya kak Eya. Berasa dekat dan akrab padahal baru kenal 🤣🤣

      Delete
  11. Selamat ya teh, udah berhasil menyelesaikan ODOP pertama ini 😍😍 Aku seumur2 blm pernh berani sama tangangan yg hrs nulis tiap hari. Stok energi n konsistensinya ga cukup 😅

    Btw, setuju sama mba frisca yg ngerasa posting bareng ini rasanya kaya kongkow bersama n saling cerita dg pengalaman masing2. Jd seru bgd pas bacanya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun kak Thessa 😄😄😄 Ini aku coba ikut juga karena 7 hari aja sih kak Thessa 😆 Kalo sebulan juga aku ga mao ikut. Hahaha

      Iya kak kaya lagi sharing session di Kafe gituu hehehe

      Ayo kak Thessa nanti ikutan juga heheheh

      Delete
  12. Kemarin pas mas Rahul ngadain ini pertama kali.. sempet ada rasa pengen gabung. Tapi udah sawan dluan karena banyak trial yg bakal dilakuin di tmpat kerja. Jadi, yaudah cuma bisa jadi tim hore2..

    Seru2 Mba Frischa.. semoga ada ODOP 2 jadi saya bisa ikutann juga.. tapi kalau banyak2 hhmmm 😙😙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga loh yang mau ikutan ODOP 2 tapi ga tau siapa yang mau jadi inisiatornya hahaha Coba aja Bayu jadi inisiator hihihi

      Delete

Powered by Blogger.