Hana Misteria Journal: Week 3

December 07, 2020

Day 1

Hari ini hari terakhir di bulan November, ga kerasa sudah mau masuk ke bulan Desember saja. Hari ini bunga Hana Misteria mekar dua. Cukup memberikan perasaan bahagia sebagai penutup di bulan November ini.

Hari ini gw masih belum cukup 'rajin' untuk membuat larutan pembasmi kutu putihnya. Jadi ya masih ada masalah dengan si kutu...

Day 2

Hari pertama di Desember ini, Hana Misteria kembali berbunga dua. Tanah Hana Misteria pagi ini masih basah. Dari kemaren memang cuaca mendung. Jadi gw ga sirem dulu deh si Hana. Terus gw ada cabut tiga daun jelek dan kutu putihnya pun masih kelihatan sama gw. Satu-dua ekor gitu sih.

Akhirnya gw putuskan untuk buat larutan pencuci piring dengan takaran setengah sendok makan cairan pencuci piring (s*nlight) diaduk dengan air 1,5 liter. Tentu saja gw pakai botol a*ua bekas yang 1,5lt buat bikin cairan ini. Setelah jadi, gw tuang sekitar 3-4 tutup botol larutan ke tanah Hana Misteria. Semoga saja dengan ini kutu-kutunya pada minggat!

Oh ya, mulai hari ini gw coba ambil fotonya konsisten dengan posisinya, supaya bisa kelihatan perubahan yang dialami oleh Hana Misteria.

Day 3

Hari ini gw siram larutan lebih banyak, sekitar 7 tutup botol. Habis masih kelihatan kutunya. Yang kelihatan sama mata gw sih ada dua kutu, tapi gatau deh aslinya ada berapa. Selain disiram larutan, gw juga siram pakai air sampai airnya ngocor keluar dari pot. Ga gitu banyak sih disiramnya, cukup sampai air netes dari pot gitu.

Daun kuning peyot juga gw cabut tiga hari ini. Total sudah enam daun jelek yang dicabut. Hmm. 🙄 Tapi Hana Misteria masih berbunga hari ini. Mekar dua bunga. Terus gw lihat juga mulai banyak kuncup-kuncup bunga di ujung-ujung batang Hana Misteria. Semoga berbunga lebat ya kamu.

Selain Hana Misteria yang berbunga, Wijay (Wijaya Kusuma) juga mulai memunculkan kuncup-kuncup bunga. Ada tiga kuncup yang kelihatan oleh mata gw. Wah-wah, jarang-jarang nih si Wijay mekar. Terakhir kapan ya hmm 🤔

Lalu, Hana Misteria Junior sepertinya mulai memunculkan daun kecil! Kelihatan ga? Mesti jeli sih matanya untuk melihat daun kecil Hana Misteria Junior 😂

Malam hari ini hujan. Mulai masuk musim penghujan nih. Si Hana Misteria bisa kekurangan sinar matahari nih 😣

Day 4

Pagi ini hujan rintik-rintik tapi cukup lumayan juga karena beranda gw jadi basah. Jadi hari ini Hana Misteria ga disiram air dulu deh. Cuma kuberi cipratan air saja. Foto ini diambil sekitar pukul 6 pagi. Ga ada tanda-tanda akan adanya bunga yang mekar. Eh tapi pas gw cek Hana Misteria pas cuaca mulai cerah, sekitar jam 9 pagi kali, ternyata mekar satu bunga! 

Berbeda dengan Hana Misteria yang bunganya ga mekar saat diambilnya foto tersebut, tiga bunga Wijay si ratu malam mekar!!! Sungguh cantik. Padahal biasanya untuk menikmati kecantikan bunga Wijay tuh sekitar tengah malam, mulainya dari jam 11 malam. Tapi pagi-pagi jam 6, gw masih kedapatan melihat cantiknya bungan Wijay. So happy 😍

Terus siang-siang bunga Wijay kuncup kembali dan akan layu atau malah copot deh. Sudah mekarnya lama, bisa dinikmatinya cuma sebentar. Gemas deh sama si Wijay! Ga bisa mekar bunganya lamaan gitu...

Oh ya, hari ini Hana Misteria Junior menyembulkan dua daun kueciiill. Wah wah semoga makin tumbuh sehat dan tinggi ya kamu! 😘

Day 5

Hari ini bunga Hana Misteria mekar tiga! Yeay!! Terus gw periksa lagi tuh apakah masih ada daun jelek dan kutu putihnya. Eh ternyata masih ada!!! Huh! Sebaaal 😤

Hari ini gw cabut lima daun jelek. Ya ampun total sudah dicabut 11 daun jelek yang dicabut minggu ini!! 😰

Terus si kutu putih juga masih berkeliaran di tanah Hana Misteria, jadi gw kasih lima tutup botol larutan deh. Aduh ayolah cepat minggat kamu kutu putih!!!

Karena tanah Hana Misteria juga masih basah, gw absen lagi deh siram Hana Misteria hari ini. Cuma ciprat-cipratin air ke daun-daunnya saja. Berarti sudah dua harian nih Hana Misteria ga minum air.

Hal yang bikin bahagia lainnya adalah dua daun muda Hana Misteria Junior lebih kelihatan dibanding tanggal 2 Desember 2020. Uwaaaa semoga makin besar ya kamu Hana Misteria Junior!!


Nih aku kasih perbandingan foto Hana Misteria Junir di tanggal 27 November 2020. Kelihatan kan nyembul daun muda kecil dua buah.

Day 6

Kemarin tuh hujan teruuuss! Jadi Hana Misteria kekurangan sinar matahari. Bahkan tanahnya pun masih basah dong padahal sudah dua hari ga disiram. Jadi hari ini pun tetap absen dari penyiraman. Gw takut aja kalau kebanyakan air nanti malah busuk. 😔

Masalah daun jelek pun masih ada, hari ini dicabut dua. Total sudah 13 daun jelek yang dicabut. Weleh-weleh. Terus yang reseknya, si kutu putih pun masih kelihatan sama gw! Dua yang kelihatan sama gw. Astaga gimana sih hilanginnya?! Mungkin gw harus bersabar dan rutinin kasih larutan pencuci piring kali ya. Sesuatu memang ga ada yang instan. Sudah 5 hari dikasih larutan tapi tetap saja si kutu bertahan. Kaga mau ngungsi doi. Betah bener.

Hari ini Hana Misteria ga berbunga nih...


Meski begitu, banyak kuncup-kuncup bunga kelihatan di beberapa ujung batang Hana Misteria. Hmm Kapan kamu berbunga lebat lagi ya? Daun-daun muda nan kecil pun mulai bermunculan di beberapa batang Hana Misteria. Sebagaii pengganti lara karena minggu ini sudah banyak daun jelek yang dicabut. 😞

Hana Misteria Junior juga nampaknya tumbuh dengan baik. Daun muda kecilnya sudah mulai sedikit membesar ketimbang kemarin.

Hari ini gw beli tanah. Ceileh kaya orang kaya gitu yak beli tanah. Padahal cuma tanah sebanyak 3 kg. 😝 Gw pesan khusus tanah siap pakai untuk succulent ataupun kaktus. Menurut penjual sih campuran tanahnya bagus ya buat succulent. Selain beli tanah, gw beli pot berdiameter 17 cm dan 15 cm. Kenapa beli tanah? Soalnya gw mau pindahin Hana Misteria Junior ke pot tersendiri. Selama ini kan dia ngontrak di lahannya Wijay. Sedangkan karakteristik Wijay tuh lain dengan Hana Misteria Junior. Wijay kurang suka dengan air. Jadi tanahnya ga boleh terlalu basah. Pernah gw siram sampai airnya ngocor keluar dari pot, besokannya beberapa daun Wijay menguning 😨Bahkan beberapa hari kemudia daun yang menguning tersebut kering dan harus gw pangkas sebelum membuat daun yang lain ga sehat. Sedangkan Hana Misteria ga boleh sampai sekering itu tanahnya. Harus dijaga tetap basah. Serba salah kan jadinya. Makanya gw berinisiatif beliin rumah baru buat Hana Misteria Junior. Apalagi dia sudah menetaskan dua daun baru kan. Pertanda kalau dia memang bertumbuh.

Day 7

Hari terakhir di minggu ini, Hana Misteria tidak berbunga. Astagaaa. Karena kurang sinar matahari, daunnya banyak yang menguning hari ini. Terus pas jam 8an gw cek, posisinya masih sedikit 'bobok'. Tidak tumbuh tegak seperti hari-hari biasanya. Bahkan gw harus mencabut delapan daun dong!!! 😱 Aduuh *nyut* Botak dah lama-lama kalau banyak dicabutin begini. Si ibuk penjual udah wanti-wanti supaya Hana Misteria dijemur. Ya tapi gimana mendung buk cuacanya. Ga ada sinar mataharinya. Huhuhu.

Hari ini pun gw kasih larutan cairan pencuci piring sebanyak 8 tutup botol. Gw perhatikan sih sudah ga kelihatan si kutu putih. Puji Tuhan, semoga beneran sudah minggat si kutu putih!!!

Di Week 3 ini, paling banyak 3 bunga saja yang mekar. Lalu masalah daun jelek dan kutu putih pun masih terjadi. Tapi bedanya dengan minggu lalu, di minggu ini sudah diberikan larutan cairan pencuci piring untuk membasmi kutu putih. Meski sepertinya baru kelihatan efeknya di hari ke-7. Total daun jelek yang dicabut dari Hana Misteria pun sebanyak 21 daun. 😱 Cukup banyak yak. Tapi terobati dengan tumbuhnya daun-daun muda yang bermunculan pada batang-batang Hana Misteria.

Daun muda yang jeleknya itu pun selalu ada di bagian bawah batang. Jadi bukan kuning di ujung batang. Gw berasumsi, mungkin karena memang umur kali, sudah musti dicabut. Atau ya karena cuaca nih yang hujan dan mendung terus minggu ini. Bahkan penyiraman ga gitu gw lakukan tiap hari.

Kabar baik lain di minggu ini, bunga Wijay mekar tiga dan Hana Misteria Junior menetaskan dua daun muda. 😍

4 comments:

  1. love love love! u make me want to plant a sunflower!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaa sunflower also beautiful! Go go plat it!! 🥰

      Delete
  2. Oh bisa ya guna larutan cairan pencuci piring untuk menghilangkan kutu putih..

    Bunganya cantik skali mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes Cik, ibu penjual tanamannya yang beri tahu tips itu. Hehe

      Terima kasih Cik 😄😄

      Delete

Powered by Blogger.