Jalan-Jalan ke Bandung: Floating Market

November 27, 2020

Melanjutkan cerita jalan-jalan gw setelah explore De'Ranch Lembang, gw dan keluarga pun memutuskan untuk makan siang (yang kelewatan siangnya) di Floating Market. Suami bilang sih di Floating Market ini makanannya lebih banyak ketimbang di De'Ranch Lembang. Terus yang jualnya di atas perahu kecil. Makanya disebut Floating Market. Hmm sounds interesting.

Baca Juga: Jalan-Jalan ke De'Ranch Lembang

Again, seumur-umur gw tinggal di Bandung, ga pernah sekali pun mampir ke sini. Padahal suami sudah pernah cuma jajan tahu crispy jauh-jauh ke Floating Market bareng kakak kelas saat dulu masih kuliah. Ajaib emang mereka, cuma jajan tahu aja sampe ke Floating Market. 😅😅

Dari De'Ranch, kami masih harus naik lagi dan belok ke suatu persimpangan gitu untuk mencapai Floating Market. Nanti ada papan petunjuknya kalau sudah dekat. Setibanya di Floating market, parkiran masih tersedia dan ga begitu ramai mobil yang parkir. Kami beli tiket langsung pas masuk ke area Floating Market. Jadi ditagih pas masih di dalam mobil gitu. Harga tiket Floating Market Rp 30.000. Harga tiket ini sudah termasuk voucher minum yang bisa ditukarkan di gerbang masuk Floating Market.

Pilihan minum di sini lebih banyak ketimbang di De'Ranch Lembang. Di Floating Market, kita bisa pilih mau minuman panas maupun dingin. Buat yang panas, pilihannya ada Milo, Choco latte, Coffee latte, dan Lemon Tea (kalo gw ga salah inget). Sedangkan buat minuman yang dingin pilihannya lebih sedikit. Mau Lemon Tea atau apa ya satu lagi. Hmmm. Udah dikit, tapi gw lupa 😅 Yang jelas gw pilih es Lemon Tea karena pengen yang segar-segar. Suami pilih hot Milo. Adek dan mama pilih Choco Latte.

Eitss sebelum masuk nuker voucher minuman, kita diharapkan untuk cuci tangan dulu di tempat yang disediakan. Cuma ada dua tempat cuci tangan di luar gerbang. Untuk nyalain airnya, injak pedal pakai kaki. Jadi tangan ga kotor karena musti pegang tutup keran gitu. Udah canggih juga ini tempat cuci tangannya. Meski dibuat secara sederhana sih.

Peta Floating Market Lembang

Perut gw keroncongan sangat saat masuk ke sini dan gw langsung minta suamik buat anterin ke arah Floating Market alias area dijualnya berbagai makanan. Untuk mencapai ke situ, gw melewati area Kyotoku. Di sini buat foto ala-ala pergi ke Jepang bisa nih. Banyak lampion-lampion Jepang, serta gate-gate merah khas temple Jepang di sini. Bisa sewa kimono juga dan naik perahu naga gitu di sini.

Skip soal itu, karena gw udah keroncongan, jadi langsung cuuuss jalan cepat menuju ke Floating Market. Eh sebenarnya lewatin Resto juga gitu. Tapi kata suamik, bukan yang itu tapi ada lebih ke dalam lagi buat jajan-jajan dengan penjual berada di atas perahu kecil.

Sesampainya di area itu...Huwaaaaa unik bener itu yang jual masak di atas perahu. Goyang-goyang gitu jadinya kalau ada temannya yang keluar atau masuk ke dalam perahu. Tabung gas juga pada ngambang-ngambang di air gitu jadinya. Ga bahaya ya tabung gas ngambang di air? *berpikir keras* 🤔

Bisa dibilang yang jualan ini tuh bentuknya kaya huruf L. Jadi gw kelilingin tuh dari ujung ke ujung untuk cek ada jualan apa saja. Mama sudah nentuin mau makan soto mie (25k) dan langsung pesan deh itu. Gw akhirnya memutuskan untuk beli Mie Godhog Jawa (25k). Suami belinya lumpia basah (15k) dan tahu gejrot (20k), serta adek gw beli batagor (15k). Sistem pembayaran di sini tuh musti tuker dulu uang tunai ke token pembayaran gitu. Jadi kalau bisa tentuin saja mau makan apa saja, terus tukar deh uangnya sejumlah uang yang ingin dibelanjakan. Soalnya ga bisa refund. Token yang tersisa dibawa pulang untuk nanti pas ke Floating Market bisa dipakai kembali.

Suamik sih pas nyampe, langsung tuker uang Rp 100.000 karena pasti habis deh buat berempat uang seratus ribu ini. Dan memang terbukti, di kloter pertama pembelian, sudah habis terpakai uang seratus ribu untuk beli 5 macam makanan.

Karena adek dan suami cuma makan camilan gitu, mereka pun berencana belanja kembali. Di kloter kedua ini, dibelilah ketan bakar (25k), sosis jumbo (25k), pisang goreng (25k), dan tahu kripsi (25k). Habis sudah seratus ribu lagi buat kami makan sampe kekeyangan. 😅😅😅

Review dikit soal makanannya, gw suka sama mie godhog Jawa. Aduh entah mengapa gw doyan, tapi suamik dan adek sih kaga doyan. Biasa aja gitu. Lumpia basahnya sih lumayan lah. Tapi agak mahal sih buat harga segitu. Hmm namanya juga di tempat wisata, biasa harganya jadi lebih mahal. Rasa tahu gejrotnya juga gw kurang suka. Entah mengapa tahu gejrot di Bandung tuh rasa tahunya sedikit pahit. Gw lebih baik jajan tahu gejrot di Jakarta sih, lebih enak aja tahunya buat gw. Terus suamik salah beli tahu krispi!! Gila potongan tahunya supeeeerr tipis. Tepungnya aja yang banyak 😆 Padahal suamik tuh inget kalau ada tahu krispi yang enak di sini sampe beli dua kali dan memang di sini ada dua penjual tahu krispi. Terus dia salah beli tahunya. 😅

Buat ketan bakarnya sih endul. Ada dua pilihan cocolan, oncom dan kacang. Dua-duanya enak. Gw yang makan ini dalam kondisi kenyang aja masih merasa ini enak. Lalu pisang gorengnya juga enak. Kami pesan yang rasa keju gula aren. Endul jugaa dimakan saat hangat-hangat. Buat sosis jumbonya sih sama tuh zonk kaya tahu krispi. 😅 Soalnya sosisnya ngumpet sungguh dalam di dalam balutan tepung goreng. Rasa tepungnya kurang enak. Kalau sosisnya sih ya biasa layaknya sosis pada umumnya. Lebih baik beli sosis bakar langsung deh ketimbang ini. Hihihi.

Usai makan kenyang, saatnya puter-puter buat nurunin makanan. Kami ke arah Outbound. Di sini ada panahan juga. Pengen coba lagi di sini tapi ga jadi. Kami memiilih untuk pergi ke arah Miniatur Kereta Api. Buat masuk sini ternyata musti bayar tiket lagi, jadi kami cuma lihat bagian depannya saja. Terus di sebelahnya ada Chinese Garden. Berfoto-foto ria dulu di sini sebentar baru lanjut jalan ke Rainbow Garden.

Bagus deh area Rainbow Garden ini. Ada berbagai jenis bunga yang mekar, warna-warni sungguh cantik. Buat yang suka alam (bunga), pasti suka deh lihat pemandangan di sini. Spot foto di sini juga banyak. Puas-puasin saja dah foto di area ini. Hehe. Ditambah udara yang sejuk. Bikin betah jalan-jalan di sini. Eh tapi kalau hujan jadi ga seru lagi jalan ke sini. Soalnya open kan. Kalau hujan lebat berabe dah jadinya. 😅

Waktu sudah makin sore, kami pun ga bisa berlama-lama di sini. Jadi setelah puterin semua Rainbow Garden, terus kami pun keluar dari Floating Market. Pergi kembali ke arah Bandung Kota untuk beli oleh-oleh sejenak.

Untuk perjalanan pulang dari sini, kami ga pakai rute jalan Lembang saat pergi tadi. Ikutin Google Maps, eh kami dibawa ke jalan kecil gitu dan ada satu tanjakan curaaaaam banget. Dalam mobil kami tegang karena gas sudah diinjak pol tapi mobilnya ga kuat nanjak!!! 😨 Sampai jadi ikutan nahan nafas dong gw. Terus berpikiran buat turun dari mobil. Tapi pada akhirnya berhasil juga melewati tanjakan curam itu. Memang salah pakai mobil sih. Toyota Sienta ga cocok guys buat melaju di jalanan tanjakan curam begitu. 😅 Tapi memang sih pas mau nanjak itu dalam kondisi pelan-pelan gitu, ga langsung ancang-ancang tancap gas. Jadi aja ga kuat nanjak. Yasudahlah, yang penting berhasil nanjak. 😁

6 comments:

  1. UUUUU ada siapa tuuuh, cantik bangettt sihhh 😆

    By the way, saya pernah dengar soal floating market waktu ke Bandung jaman dulu, tapi belum sempat mampir ke sana, ya abis nggak ada yang mau diajak ke sana 😂 Ternyata dalamnya seru yah, jadi ingat floating market di Thailand. Makanannya juga lumayan affordable meski porsinya kadang nggak sesuai harga 🙈

    By the way, saya pernah makan tahu gejrot di Bandung mba, dan rasanya menurut saya memang nggak begitu mantap compare to tahu gejrot Jakarta. Soalnya jaman sekolah dulu hobi makan tahu gejrot, jadi sangat yakin kalau tahu Jakarta lebih enak 😂 Too bad di Bali nggak ada yang jual *jiah jadi curhat* 🤪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ehhh ada bunga cantiiik kak Enooo 😆😆

      Yaaah kok pada ga mao si kak? Lebih milih ke tempat lain yang lebih seru ya? hehehe
      Aku malah ga pernah ke floating market Thailand. Eh tapi ingetnya yang kasih makan ikan gituu di perahuuu katanya sih itu ikan dewa hmmm apakah itu floating market ya? Aku ga begitu ingat karena saat ke sana, aku masih SD 😅

      IYA KAN KAK ENO?! #ngegas
      Rasa tahunya lain. Aku juga jaman sekolah dulu di Karawang sering jajan tahu gejrot dan enaaak rasa tahunya. Mantap laa. Pas cobain di Bandung..lah kok gini rasanya yaak. Pait-pait gimana gituu

      Wa iya ya di Bali ga ada yang jual?? Tapi kuliner Bali banyak yang endul juga sih kak hihihi Aku penasaran sama sup kepala ikan di daerah Nusa Dua. Katanya enak banget tapi aku belum pernah kesampaian cobain itu. Mungkin nanti kapan2 kalo ke Bali lagi >.<

      Delete
  2. Kenapa Cici belum pernah ke sini sebelumnya? Wkwkwk. Hampir tiap kali aku ke Bandung suka mampir ke sini, tapi biarpun begitu, makanannya malah nggak ada yang bisa aku rekomendasikan 🤣. Yang aku ingat, kapal yang paling ramai sih kapal mamang sate 🤭

    Nah, jalan pintas menuju/keluar dari Floating Market yang Cici sebutkan itu kayaknya aku tahu karena pernah lewatin juga pas pergi dan pulang. Benar-benar bikin jantungan karena curam banget 🤣 aku juga sampai tahan nafas padahal kayaknya nggak ngaruh apa-apa seandainya kita bernafaspun tapi semacam reflek karena tegang ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAH ga tau nih Lia kenapa ya...Hmmm mungkin karena kaga ada yang ngajakin ke sini 😭😭😭 Makanya kaga pernah deh main-main di tempat wisata Lembang.
      Wah masa sih Lia??? Mi Jawanya enak kokkk! Juga pisang gorengnya enak...

      Oh Lia lewat situ juga ya? Sebenernya tanjakan curamnya tuh cuma satu. Dan itu bener-bener sampai mobilnya kaga bisa nanjaaak. wkwkw Iyaa aneh ya. Reflek nahan nafas padahal kaga berpengaruh apa2 😅

      Delete
  3. Aku belum pernah ke floating market samasekali hahahahha. Padahal ntah udah berapa kali ke Bandung. Mungkin bisa jadi Krn mikirnya ini pasti rameee deh, kayak tempat wisata bdg lainnya. Makanya aku males. Dari dulu sebelum Corona, aku udh ga terlalu suka Ama tempat wisata yg terlalu crowded mba.

    Jd intiny, makanan di sana ada yg enak, ada yg biasa ajalah yaaaa :D. Memang sih, kalo udh ke tempat wisata gini ga usah ngarep makanan bakal outstanding :D. Krn yg dijual pasti suasana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku ke sana sih engga rame. Meski pas di De'Ranch tuh uda dibilangin sama bapak-bapak kalo Floating Market penuh sesak. Eh nyatanya pas nyampe sana, ga rame. Biasa-biasa aja. Malah sepi pas di Rainbow Gardennya. Tempat makannya lumayan ramai tapi bukan yang penuh bangettt. Nyari tempat duduk masih banyak lah...

      Iya makanannya ada yang biasa aja ada yang enak.... Betul makan di sini tuh ngarah suasananya aja haha...

      Delete

Powered by Blogger.