Hana Misteria Journal: Week 1

Gw pengen bikin jurnal khusus nih buat succulent baru gw, si Portulaca Hana Misteria. Namanya keren tenan ye? Tapi pas gw beli ni taneman, entah mengapa sependengarannya gw, si ibuk penjual nyebut tanaman ini dengan nama "viniocis" Entah karena logat sunda yang f atau v dibaca p, gw mendengarnya agak ga bener gitu. Gw googling dengan kata "viniocis" di google buat cari-cari tahu harga pasaran pun ga ketemu gambar tanaman ini. Jadinya mau ga mau gw menimbang kira-kira harga yang diberikan si ibuk penjual untuk satu tanaman berdiameter 12 cm ini masuk akal atau engga. Akhirnya setelah bergalau ria, gw pun beli jugak. Udah kepicut gimana atuh 😄

Karena penasaran dengan sebutannya di dunia maya tuh apa. Akhirnya gw niat sampe search with picture gitu. Jadi gw foto tuh taneman, terus gw bakal nemu clue deh tentang nama tanaman ini. Ini gw lakuin setelah gw boyong pulang ni tanaman. Abisnya gw search pakai kata kunci "viniocis" salah, "piniocis" juga salah, "finiosis" pun salah. Jadi bingung kan gw?! Padahal kepo akan cara perawatan, cara penyiraman, de el el de el el tentang ni taneman. Kaya kepo ke gebetan gitu dah ceritanya. Ya meski sebenarnya sudah dikasih tau juga sama si ibuk penjual tentang cara perawatannya. Tapi teuteup aja ane penasaran. 😆

FYI, gw cari nama ni taneman di internet dengan cara gw buka aplikasi Pinterest di ponsel gw, terus gw capture foto ni taneman depan muka gw (eh ga persis depan muka yak, entar susah fotonya kalo depan muka pisan). Nah terus ketemu kan tuh foto-foto dengan rupa yang sama dengan foto ni taneman. Ketemu deh sebuah artikel yang menyebutkan bahwa ni taneman namanya Portulaca Hana Misteria.

Day 1

Pertama kali gw beli Hana Misteria ini, memang sudah ada 3 bunga berwarna pink yang mekar. Gw kepincut pun karena selain warna daunnya yang unik, succulent ini pun bisa berbunga meriah begitu. Jarang-jarang kan succulent ada bunganya macem begini. Mendiang succulent gw yang lama tuh dua-duanya kaga berbunga sama sekali. Jadi pas lihat Hana Misteria sudah berbunga tiga, gw pun jadi pengen punya ini tanaman.

Portulaca Hana Misteria ini adalah tanaman yang unik. Kalau mulai sore, dia akan kelelahan. Terus bobok deh daunnya. Bunga-bunganya pun langsung pada kuncup di sore hari. Makanya kadang orang menyebutnya bunga jam sembilan karena memang biasanya mekar cuma sampai jam 9 pagi saja. Beda sama tetangganya si Wijaya Kusuma yang mekar di tengah malam dan kuncup di pagi hari sekitar jam 7 pagi.

Day 3

Hari ketiga, betapa senangnya gw pas buka pintu beranda melihat Hana Misteria milik gw berbunga lebat. Dari sebelumnya cuma mekar tiga bunga, kini mekar delapan bunga. Cantik ya!

Day 4

Di hari keempat Hana Misteria bersama gw, dia kembali berbunga lebat. Kini mekar 10 bunga guys! Senengnyaaa...

Day 5

Gw mulai sedikit panik nih. Gw menemukan salah satu daunnya berwarna kuning jelek. Pas gw sentuh, lembek-lembek gimana gitu. Pokoknya kaya busuk gitu deh. Sampai hari ini, gw masih rutin siram Hana Misteria sampai airnya keluar dari pot. Waktu siram di sore hari, kadang bisa ngaret sampe jam 7 malam. Hmm apakah ini tanda-tanda kebusukan?! Aduh jangan dong. Dua tetuanya mati juga karena busuk. 😭😭😭

Gw langsung saja WA si ibuk penjual. Si ibuk sih bilangnya itu biasa. Kalau ada daun yang jelek, cabut saja. Supaya ga ganggu pertumbuhannya. Hmm oke buk saya percaya. Terus si ibuk pun bilang supaya siram di pagi hari. Jadilah hari ini ga gw siram dulu sorenya karena esok harinya baru akan gw siram.

Oia, di hari kelima ini pun gw menemukan kalau ada beberapa daun yang bolong. Bahkan malah ada yang seperti dimakan serangga gitu. Hmmm. Cobaan apa lagi ini ya Tuhan???

Day 6

Hari keenam, ini saatnya gw siram di pagi hari. Jadi gw sudah ga siram di sore malam hari lagi. Terus rasa khawatir gw tergantikan dengan rasa senang karena pagi ini bunganya mekar banyak lagi. Ada sembilan bunga yang kembali mekar. Huft. Semoga kamu tumbuh dengan baik ya nak.

Tapi minusnya nih, si daun kuning jelek tetap saja muncul. Gw cabut tiga daun ada kali. Seperti hidup, kadang ada yang jelek dan kadang ada yang baiknya. Jadi gw aminkan saja memang terkadang hal-hal jelek hadir mengganggu pertumbuhan hidup. Jadi yang jelek itu tinggal dibersihkan saja. Hmm. Bijak sekali ya kamu?!

Hal buruk kedua selain beberapa daunnya yang menguning jelek. Muncul kutu kueciil sekali warnanya putih. Jalannya lincah kayak semut. Tapi ukurannya lebih kecil lagi daripada semut merah kecil. Gw googling tentang kutu putih. Yang keluar bikin gw jijik. Tapi tanda-tandanya sih bukan kaya terserang kutu putih. Yauda jadinya yang gw lakukan cuma bunuh itu hewan putih kalau keliatan di mata gw. Kira-kira ada yang tau ga itu apaan?? Apakah dia tersangka yang makan daun si Hana Misteria gw ini?!!

Buat kalian yang baca pos ini dan memang ahlinya dalam hal tanem menanem. Boleh yak bagi tips-tipsnya ke gw. Hehehe. Gw juga berencana untuk stek batang Hana Misteria gw ini supaya berkembang biak banyak menghiasi balkon kamar gw. Tapi ga tau sih cara steknya bagaimana yang baik.

Sekian update tentang Hana Misteria week 1. Sampai ketemu di week-week selanjutnya (kalo ada). 😆

14 comments:

  1. Friss, ini tanaman yang kamu beli di Bandung itu yaa? Terus aku jadi penasaran dong nama tanaman ini sebetulnya apa. Aku ketik "tanaman vinoci" di Google yang keluar gambar panci semua wkwkwk terus coba google lagi kayaknya namanya tanaman Vinca bukan sih? Kalau diliat gambarnya sih mirip-mirip.

    Eniwei, seneng bangettt bunganya mekar dengan indahnyaa 😍 jadi pengen pelihara tanaman berbunga juga, liatnya cantik banget. Tumbuhnya juga mayan cepat yaa, dalam dua hari banyak yang mekar :D

    Pengalaman kamu mirip sama aku dalam mengurus tanaman sirih gading nih. Kemarin itu daunnya beberapa layu dan lembek, aku langsung panik juga. Nanya temenku yang ngadoin tanaman ini, dia bilang juga cabut aja, disiram dan dijemur sebentar. Untungnya besok si tanaman udah kembali segar. Kayaknya sih gara-gara waktu itu mendung terus, jadinya nggak dapet sinar matahari layu deh hiks. Terus sempet ada cacing juga dong! Aku jijik banget lihatnya 🤣

    Sehat-sehat yaa buat si Hana! Semoga berbunga lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ciii yang kubeli di Bandung Minggu kemaren hehehe. Namanya Portulaca Hana Misteria ci 🤣🤣🤣 saking kerennya, disangka itu nama aku yang kasih ya ci? hihihi

      Iyaa tapi kalo dicabut melulu kan sedih ya ntr botak hahaha Iya ci bener. Tanaman ini juga butuh sinar matahari maksimal hahaha kemaren ni kan emang mendung-mendung gitu. Ga panasss. jadi ya gitu daaah hahaha

      Hayok ciii piara juga! Harga tanaman ini kaga mahal kok. Uda segede gitu harganya sekitar 30rban kok hehehe

      Ehhh kalo ada cacing bukannya bagus??? Tanahnya kan jadi gembuur? Atau engga? hahah setauku cacing sih bukan hama

      Iya ciii makasiiih! Sehat-sehat juga buat sirih gading cici heheh
      Hari ini dia uda mekar lagii setelah ga mekar sama sekali kemarin hehehe

      Delete
  2. so pretty... love the color of the flower

    ReplyDelete
  3. Cantik banget kaakk, btw aku pernah liat bunga serupa, kalau di tempatku sih namanya 'Krokot'. Bedanya di daunnya sih, kalau bunga yang aku maksud daunnya full hijau. Keliatannya sih dia juga gampang perawatannya kak.

    Happy sama hobi barunya yaahhh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mirip sama krokot jugaaa masih satu bangsa deeeh...

      bukan hobby baru juga sih..Soalnya sudah punya tanaman palem dan wijaya kusuma yang tiap hari juga ditengok.. terus sekarang nambah satu deh si Hana Misteria ehehe

      Delete
  4. Wow bunganya cantik kayak mbak Frisca, cuma sayangnya tidak disebutkan harganya.😂

    Ternyata was-was juga ya rawat tanaman kalo harganya lumayan, soalnya kalo mati kan sayang. Cuma lihat bunganya bagus itu sudah senang, tambah hari tambah banyak yang mekar.

    Semoga saja tanamannya makin bagus ya, biar mbak Frisca ngga was-was terus.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeee, bisa aja nih mas Agus! Jadi malu aku 😝
      harganya tidak seperti janda bolong kok mas Agus yang sampai berjuta-juta. Ini cuma 30ribuan saja hehe Aku juga ga sanggup beli mehong-mehong ntar mati sediiih aja gituukk 😫😫😫

      Amiiin mas Agus!! Smoga bisa berkembang biak yang banyak nih setelah aku coba stek batanng nantiii!! hehehe

      Delete
  5. Cantik bangeeet Friscaa tanamannya. Namanya pun cantik banget Hana Misteria. Suka banget lihatnya pas bunga-bunganya mekar banyak 💕 Btw udah ditanyain lagi kah ke ibu yang jualnya kenapa si daun-daun kuning basah muncul terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak Eya ga berpikir nama Hana Misteria itu aku yang namain kan?? 🙈🙈 Soalnya Hana Misteria itu memang nama tanaman ini kak eheheh

      Iyaaa seneng banget dari pas beli cuma tiga bunga yang mekar, eh tahu-tahu ada sepuluh bunga yang mekar. Sejauh ini sih bunga terbanyak itu cuma sepuluh haha

      Nah belum tuuuh kak Eya... Besok pagi deh aku coba tanyain lagi ke ibuk penjualnya hehe

      Delete
  6. Waaah seru bangettt mba Frisca 🤣

    Saya jadi ikut deg-degan waktu baca ada daun yang menguning tiba-tiba 😆 By the way, seru lho post ini, jadi penasaran next-nya akan bagaimana nasib si Hana Misteria 😍

    Sayang saya nggak paham bebungaan dan tanaman, meski di rumah ada banyak, tapi semua yang urus mba saya, jadi saya hanya kebagian menikmatinya saja 🙈 hahahaha. Tapi kata si mba, itu normal kalau misal ada daun yang menguning. Semoga baby plant mba Frisca bisa tumbuh sehat, yaaaah 😍💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pengen buat semacam log perkembangan si Hana Misteria hehehe Berhubung belom punya anak, jadi aku ceritain 'anak' ku sekarang ini 🤣🤣

      Iya sih beberapa orang bilang itu normal kalo ada yang kuning. Tinggal dipangkasin aja tiap ada daun yang jeleknya biar tumbuh sehat. Makasih tips dari mbanya kak Eno yak huehehe

      Amiiin kak!! 🥰

      Delete
  7. Cakep banget tanamannya, aku juga jadi ingin punya, Ci 🤣🤣
    Memang ya kalau merawat tanaman dan saat menemukan daun yang layu, langsung panik dan sedih karena khawatir tanamannya akan mati huhuhu, tapi saat lihat tanamannya mekar dan berbunga lebat, hati senangggg sekali tiap lihat 😍😍
    Btw, aku nggak punya pengalaman lama dalam merawat succulent karena waktu itu aku punya succulent dan mati dalam 3 hari 🤣. Sekarang punyanya hanya sirih gading, lidah mertua sama monstera obliqua yang semuanya masih sehat-sehat tapi mereka mah nggak berbunga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Lia! Ayok ditambah tanamannyaa hehehe
      Iyaa kalau merawat tanaman, serem-serem gimana gituu kalau ada yang aneh-aneh.. Pas liat mekar banyak, hati senang.. hehehe

      Ehhhh kok bisa cuma 3 hari Lia?? Kenapaa?
      Widiiwww itu tanaman-tanaman yang lagi hits sekarang ini Lia!! Yang jual bisa puluan hingga jutaaan 😆

      Delete

Follow Me

Instagram

Labels

Blog Archive