Kursus Mengemudi di Karawang

January 17, 2019
Tempat Kursus Mengemudi di Karawang
Aku rasa tempat kursus mengemudi di Karawang yang cukup tersohor itu adalah Cepat Tepat. Kenapa aku bisa bilang begini? Habis apabila aku cerita ke orang-orang di sekitarku bahwa aku sedang ikut kursus mengemudi di Karawang, pasti mereka langsung nyaut begini:
Les di Cepat Tepat ya?
Padahal kan ada banyak ya tempat kursus mengemudi alias les nyetir di Karawang. Tapi entah mengapa, nama Cepat Tepat lah yang langsung terlintas di benak mereka. Hihi. Hal ini menunjukkan juga bahwa Cepat Tepat memang tempat les nyetir terkenal di Karawang, ya khususnya untuk orang-orang sekitarku sih. Tapi, waktu aku ketikan kata kunci "Kursus Mengemudi Karawang", yang muncul di pencarian Google pertama kali bukan Cepat Tepat loh! Malahan hasil nomor satunya adalah Tasya Kursus Stir Mobil. Kukira si Cepat Tepat ini yang nomor satu, ternyata bukan saudara-saudara.

Kalau mau les mengemudi di Karawang, enaknya pilih tempat kurus mengemudi yang mana?

Kalau ditanya begitu, mungkin aku bagi sedikit pengalamanku saat les stir mobil di Karawang juga kuulas satu tempat les mengemudi lain yang kutahu ya. Sekalian juga aku review dan bandingkan juga dua tempat les nyetir yang aku pilihkan ini.

Cepat Tepat

Aku kursus mengemudi di Cepat Tepat tahun 2011, saat aku belum lama selesai Ujian Nasional SMA. Kan sudah cukup umur dan kupikir sudah saatnya nih aku les mengemudi supaya aku bisa menyetir mobil sendiri. Aku lupa biaya kursus mengemudi di Cepat Tepat itu berapa. Kalau tidak salah ingat sih sekitar Rp 600.000 deh kalau mau dibarengi dengan pembuatan SIM. Ah atau berapa ya. Aku benar-benar lupa biayanya. Yang jelas sih kalau mau sama bikin SIM itu biayanya jauh lebih mahal. Bisa 2x lipatnya kalau aku tidak salah ingat. Jadi saat aku konsultasi dengan papa, papa bilang tidak usahlah bikin SIM lewat Cepat Tepat. Nanti saja urus SIM sendiri. Oke baik. Terus perlu dicatat juga ya biaya yang kusebutkan di atas itu adalah biaya seingatku di tahun 2011. Kalau sekarang, entah deh berapa biayanya. Maklum uda ga les di sana lagi kan. Hehe.

Belajar di Cepat Tepat ini tidak private ya. Karena akan dibarengi dengan murid lain. Maksimal 3 murid lah sekali jalan. Hitungannya bukan per jam, tapi per KM. Jadi rutenya tuh murid 1 nyetir mobil dari Cepat Tepat sampe pos A (daerah Klari gitu kalau aku ga salah ingat), dari situ gantian dengan murid 2. Dia nyetir sampe pos B (daerah mepet-mepet Rengas Dengklok deh), nah terakhir si murid 3 dari pos B kembali lagi ke Cepat Tepat. Jujur ya karena ganti-gantian gini, rugi waktuku karena nunggu 2 orang pengemudi lain. Pernah beberapa kali aku kebelet pipis karena lama di jalan. Makanya aku harus selalu pipis dulu sebelum kursus mengemudi biar ga kebelet pipis di jalan. Ah tapi karena dingin, tetap saja aku jadi pengen pipis. Huft.

Oh ya, di Cepat Tepat ini bisa pilih mau kursus dengan mobil manual atau matic. Lalu pilih juga mau ber-AC atau tidak. Tapi kalau kursus mengemudi mobil matic sih otomatis ber-AC karena saat itu mobil matic di Cepat Tepat hanya ada yang ber-AC. Aku sendiri sih pilihnya mobil manual dan ber-AC. Mobil manualnya sendiri adalah mobil Xenia. Pengajarku saat itu ada dua orang. Maksudku bukan dalam satu mobil ada dua orang ya. Tapi di hari A pengajarnya adalah X. Di hari berikutnya pengajarnya si Y. Ganti-ganti aja antara dua orang itu. Kalau mobil sih selalu Xenia.

Saat itu aku ikut kursus tidak sendirian. Temanku si M dan si A juga ikutan kursus mengemudi. Lalu adikku si O juga ikut les. Jadi kalau pergi kursus tuh kami janjian. Supaya nanti di dalam mobil tidak ada stranger. Hehehe. Kan agak gimana juga gitu ya kalau ada stranger di dalam mobil dan melihat cara mengemudi kita yang buruk.

Satu kali kursus itu terdiri dari 20 kali pertemuan. Untuk jadwalnya harus diatur terlebih dahulu supaya tidak nunggu lama di Cepat Tepat. Dari 20 kali pertemuan itu, 4 kali pertemuan khusus latihan parkir. Latihan parkir ini sekitar 1 jam. Lokasi latihan parkir ini di tanah kosong dekat RS Dewi Sri. Saat itu aku cuma 2 kali latihan parkir deh. Tidak selesai karena apa ya. Entah karena tidak ada jadwal yang pas atau aku sudah keburu harus pergi meninggalkan Karawang ya...Hmm...

Pengajar di sana sih cukup baik ya mengajarkan. Cuma yang aku rasakan kalau kita ga kasih uang rokok, perlakuan dia tuh jadi kurang baik ke kita. Dia akan baikin murid yang suka kasih uang rokok. Jadi pilih-pilih gitu. Hahaha. Tapi gatau deh pengajar sekarang gimana.

Buat mobilnya sendiri, kopling dari Xenia itu sangat ringan. Diinjak dikit juga uda masuk tuh koplingnya. Beda banget sama mobil Honda Stream si papa. Pas aku coba mengemudi mobil Stream papa, buset koplingnya keras banget bro! Pasti deh aku mati mesin saat starter. Padahal selama mengemudi tuh engga mati mesin pas starter. Papa bilang sih mungkin karena kopling di sana sudah dimodifikasi, makanya jadi lebih ringan. Hmm ga tau deh.

Hasil dari kursus mengemudi ini belum sanggup membuat aku dipercaya papa untuk mengemudikan mobilnya. Papa bilang aku masih harus les mengemudi lagi. Huft sedih.

Tasya Stir

Tempat Kursus Mengemudi Tasya Stir
Tempat kursus mengemudi mobil di Karawang yang kedua adalah Tasya Stir. Seperti yang kusebutkan di awal, Tasya Stir mobil ini menduduki peringkat satu pencarian Google. Kok bisa ya? Sini-sini aku kasih tau kenapa bisa jadi nomor satu.

Sebelumnya, mari kenal Tasya Stir lebih dalam dulu. Kalau kata pepatah kan ga kenal maka tak saying. Jadi kenalan dulu yok!
Tasya Stir ini punya dua cabang, yang satu di Johar Lamaran dan yang satunya di Klari. Wah mantap bener ya punya dua cabang begini. Biasanya kan cuma ada satu tempat doang. Jadi kalau lagi full yang belajar, kita ga bisa seenak udel kita buat ngajuin jadwal. Kalau ada dua tempat gini kan berarti resource baik itu pengajar maupun mobilnya juga ada banyak. At least kalau ramai, bisa ketampung semua deh pelajar-pelajar yang les nyetir di sana.

Kalau mau les di Tasya Stir, cukup kontak via WA ke nomor +62 899-1152-055 untuk Tasya Stir Johar Lamaran. Sedangkan untuk Tasya Stir Klari bisa kontak via WA ke nomor +62 812-1352-9775. Nanti kita tinggal bilang saja mau paket yang mana dan transfer uang lesnya. Setelah itu mulai deh atur jadwal mau les kapan. Untuk informasi lengkapnya, bisa lihat di gambar ya.
 

FYI, kalau bayar cash keras (ceileh udah kaya beli rumah aja pakai cash keras), kita ga perlu bayar biaya pendaftaran Rp 50.000 lagi. Terus kita juga bisa dapetin promo yang berlaku kalau langsung bayar full di hari pertama les.

Jadi, apa nih yang bikin Tasya Stir menduduki peringat satu?

1.   Belajar dengan Sistem Private
Jadi di Tasya Stir ini kita akan belajar mengemudi secara privat alias satu mobil satu siswa. Beda dengan di Cepat Tepat yang dalam satu mobil bisa berisi 3 siswa. Kalau privat begini, tentu lebih nyaman dong ya. Ga gugup dilihat siswa-siswa lain yang lagi les juga.

2.   Fasilitas Mobil Nyaman
Mobil yang digunakan untuk les mengemudi di Tasya Stir itu tipe mobil manual dan tentunya sudah ber-AC. Tipe mobil manual karena kalau mau bisa nyetir mobil, ya harus bisa nyetir yang manual dong ya. Kalau matic sih gampang. Tinggal gas rem aja kaya main bom-bom car. Yang manual ini justru yang lebih sulit. Iya toh?

3.   Bisa Antar Jemput dari rumah
Widih! Enak nih ga perlu repot-repot pergi ke tempat les nyetirnya. Tinggal telpon atau WA aja ke Tasya Stir, langsung bisa dijemput buat latihan mengemudi mobil.

4.   Waktu Les Nyetir Fleksibel
Buat les nyetir, ya meski cuma 1-2 jam kan tetep aja ya harus luangkan waktu. Nah di Tasya Stir ini kita bisa janjian mau les kapan. Jadi ga saklek harus dateng di jadwal yang diberikan. Dengan begitu kan kita ga mungkin skip pelajaran lesnya. Lebih untung dong jadinya. Yang menariknya lagi, kita bisa les di hari Sabtu/Minggu pada malam hari. Buat orang kerja kan susah ya luangkan waktu di hari kerja. Nah kalau di Tasya Stir, weekend pun bisa buat les nyetir.

5.   Pengajar Profesional
Instruktur atau pengajar di Tasya Stir ini merupakan pengajar yang profesional. Mereka mengerti betul cara mengajarkan mengemudi kepada para siswanya. Kalau pengajarnya enak, tentu kita sebagai siswa akan lebih cepat bisa dong.

6.   Materi Pengajaran yang Bagus
Namanya juga mengemudi mobil. Kalau mau bisa, harus belajar berbagai macam keadaan saat mengemudi mobil. Nah di Tasya Stir ini materi yang diajarkannya beragam, dari mulai oper gigi berhenti, belok kiri atau belok kanan, memberhentikan mobil mendadak, menyalip mobil, tanjakan/turunan (ini nih yang susah buatku), dan parkir (ini juga materi yang sampai saat ini masih belum bisa-bisa amat kukuasai). Terus yang bikin bedanya, di Tasya Stir itu para siswanya akan diberikan latihan ujian dan terakhir evaluasi. Jadi si siswa bisa tau pelajaran mana nih yang harus lebih ditingkatkan lagi.

7.   Bisa Dapat Sertifikat
Kalau les di Tasya Stir, para siswa yang telah menyelesaikan kursus bisa mendapatkan sertifikat mengemudi loh. Dengan biaya tambahan Rp 50.000, kita bisa dengan bangga memamerkan sertifikat tersebut ke orang tua atau kerabat sebagai bukti kalau kita lulus sekolah mengemudi. Hehehe. Sertifikat ini juga kan bisa sebagai dokumen pendukung bagi yang cari kerja sebagai pengemudi. Bikin recruiter lebih yakin gitu sama kita.

8.   Bisa Dibantu Dalam Pembuatan SIM
Udah jadi rahasia umum kan kalau bikin SIM tanpa *piiiipp* itu susahnya minta ampun. Kita harus ujian tulis dan belum lagi ujian prakteknya yang seringkali bikin kita gagal berkali-kali dalam menerima SIM. Tasya bisa bantuin kita nih untuk membuat SIM dengan biaya yang lebih murah. Mantap kan?!

Melihat delapan alasan Tasya Stir sebagai les mengemudi di peringkat satu bikin aku pengen coba les lagi buat memahirkan teknik mengemudiku deh. Maklum aku saat ini juga masih belum lancar di materi tanjakan/turunan, serta parkir di area basement yang biasanya sempit dan penuh tiang-tiang itu.

Yak itulah tempat kursus mengemudi di Karawang yang aku tahu. Kalau ada yang mau tanya-tanya, langsung saja komen ya! Doakan aku ya supaya lancar mengemudi mobil biar bisa gantiin papa nyetir. Hehe.


26 comments:

  1. Kalau bikin SIM sendiri dites ngemudiin mobilnya gak pik? Apa langsung dtg bawa dokumen2 aja kayak bikin paspor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mei dites. Dokumen yang dibawa paling fotokopi KTP 4 lembar.

      Delete
  2. kalo pemula itu belajar nya apa aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemula itu kan 12 kali pertemuan. Sebenarnya sama aja kaya paket lancar. Cuma bedanya ada 4 kali evaluasi tambahan untuk lebih bikin mahir soal materi-materi yang kita kurang.
      Intinya sih ada 7 materi wajib (berarti 7 kali pertemuan nih) yang isinya soal pengenalan panel dan etika berkendara, belajar di track lurus dan pengenalan rambu lalu lintas, track belokan, track tanjakan, track macet, parkir. Itu aja sih. Terus hari terakhirnya evaluasi soal materi yang kita kurang. Kalo aku kan kurang di tanjakan sama parkir, jadi pas hari terakhir praktekin soal itu lagi. Kalo pemula karena ada evaluasi 5x, jadi bisa praktekin di 5 pertemuan gitu terkait materi yang kurangnya.

      Delete
  3. Kalo sekalian sim berarti bayar lagi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sama SIM ada biaya tambahannya lagi ^^

      Delete
  4. Itu kalo misalanya nabrak dan mobilnya ada lecet yg tanggungjawab siswa apa si perusahaan lesnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yang ini aku kurang tahu. Coba tanya aja langsung ke tempat lesnya kali ya. Karena tempat les kan beda-beda aturannya. Tapi selama aku ngeles sih ga pernah tuh sampai nabrak. Soalnya kan ada pelatih yang siap siaga ngerem dsb kalau semisal kita akan menabrak.

      Delete
  5. Halo Mbak Frisca,

    Wah Mbak dari Karawang juga? Aku dari TK sampai SMA di Karawang.. :) Kembaranku dulu lesnya di Cepat Tepat juga, sayangnya aku gak sempat les nyetir karena waktunya gak pas terus hehehe.

    Salam,
    Amalina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Kak Amalina,

      Eh ketemu orang Karawan gjuga hehe. Sekarang di mana kak?

      Waah punya kembaran??? Identik kak? Hehe Suka seneng liat orang kembar. Hehe ๐Ÿ˜„

      Yaah jadwal ga pas ya..Tapi sekarang apa sudah bisa nyetir? Hehe

      Delete
  6. untuk harga nya brpa ya min? sampe lancar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga untuk les di Tasya bisa dilihat di foto kak.

      Paket pemula mulai dari 850rb, paket lancar mulai dari 750, dan paket mahir mulai dari 650rb.

      Itu maksudnya paket mahir bukan berarti sampai mahir ya. Tapi untuk orang yang sekiranya sudah lancar, tinggal dimahirkan kembali gitu.. Makanya jam lesnya pun cuma 6 jam yang berarti 6 kali pertemuan saja.

      Sampai lancarnya itu tergantung dari masing-masing pribadi. Kalau seusai les dan di rumah latihan sendiri, bisa lebih cepet bisa dan lancar kan... Hehe

      Delete
  7. untuk harga brapa ya mn?

    ReplyDelete
  8. ulasannya sangat menarik...terima ksih

    ReplyDelete
  9. langkah-langkah pendaftarannya nggak ribet ya kak. waktunya juga bisa disesuaikan.
    tinggal fokus aja sama pelatihannya. ah jadi pengen belajar nyetir akutu, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk kak belajar nyetirr! Biar bisa ke mana-mana ga bergantung sama orang hehehe

      Delete
  10. Pengen ikutan belajar nyetir si, tapi belum ada mobil, mubadzir engga ya kira2... Hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mubadzir kok. Aku sendiri juga belom punya mobil sendirii. Sama halnya kaya belajar berenang atau naik sepeda. Sekali belajar, ilmunya ga langsung lupa kan? Namun kalo pas disuruh naik sepeda dari waktu lama, butuh penyesuaian lagi gitu kan? Tapi ga lupa tekniknya hehe

      Delete
  11. Bermanfaat sekali kak tulisannya. terimakasih. Mohon doanya ya kak supaya saya bisa segera punya mobil hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak! Seneng kalo bisa bermanfaat buat kakaknya ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ

      Amiiiin biar bisa nerapin skill nyetirnya ya! hehehe

      Delete
  12. Makasih reviewnya ka, jadi bisa mempertimbangkan lagi buat kursus stir , btw aku di karawang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kak. Senang bisa membantu ^^

      Delete
  13. Ulasannya bagus, tapi ga seimbang kak. Yang CT ulasannya simple, tapi yang T dibahas 8 ulasan. Salim ti Telukjambe ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun Bang Dede sudah mampir di blog saya. Iya ulasan tentang Tasya lebih banyak karena tau infonya lebih banyak juga hehe ๐Ÿ™๐Ÿ™

      Delete

Powered by Blogger.