Studio Ghibli Tag

October 16, 2020

Totoro - Studio Ghibli

Pas namu di blog Two Cappuccinos A Day, ada post soal Studio Ghibli Tag. Aku yang sebagai pencinta Totoro, tentu langsung kepo sama post itu and turns out tentang pertanyaan-pertanyaan seputar Studio Ghibli and me gitu. Terus aku jadi pengen ikutan kak Eya buat bikin Studio Ghibli Tag di blogku. Here it goes!

Note:
Foto di atas itu hadiah dari adik iparku si L. Lucu banget kan bantal Totoronya?! Bantal totoro ini jadi selingkuhan temanku saat bobo di malam hari. Hehehe 😆😆😆

Which Studio Ghibli movie was your first?

Pertama kali aku diracunin soal Studio Ghibli sama si Q itu ya film My Neighbor Totoro alias Tonari no Totoro! Selain ceritanya yang menggemaskan dan karakter Totoro yang imoet, aku pun terpukau sama animasinya. Q bilang Totoro ini adalah film animasi yang dibuat di tahun 80an. Alamak aku belom lahir. Tapi hei coba lihat! Grafiknya kaga kalah sama film Toy Story 1 kan?! 

FYI, Tonari no Totoro ini merupakan film tahun 1988. 

Tonari no Totoro - Sumber: kumparan

Which one is your favorite movie?

Sumber: Nikkei Asian Review

Hayo bisa nebak itu cuplikan film apa?? 😁😁😁

Aku suka banget sama film itu. Dari ceritanya, gambarnya, lagunya, ah aku terpikat! Aku juga suka adegan sedikit romansa dari Chihiro dan Haku. Terus apalagi adegan saat Kaonashi (No Face) ngintilin Chihiro. Ucuuuu bangeett. Eh tapi udahannya jadi sangar. 😣

Which movie do you like the least?

Hampir semua film Studio Ghibli tuh berkesan buatku dan aku suka. Tapi kalau disuruh milih, mungkin aku kurang suka dengan cerita Porco Rosso. Agak bingung sama ceritanya.

Porco Rosso - Sumber: Arya's Journey

Which movie would you recommend to someone who has never saw a Ghibli movie?

Hmm ini sih tergantung sama orang yang akan aku rekomendasiin. Kalau dia suka yang unyu-unyu, tentu saja akan kurekomendasikan Tonari no Totoro!! Tapi kalau suka cerita mendalam dan sarat akan makna hidup, aku bakal rekomendasiin Grave of The Fireflies deh. Asli ini aku ambyaar banget nonton ini!! Bahkan si Q yang ga pernah nangis saat nonton film tuh bisa ambyar juga nonton ini!

Grave of The Fireflies - Sumber: IMDb

Do you like all Studio Ghibli movie or do you prefer Hayao Miyazaki?

Cencu saja semuanya!!! Ga salah orang bilang Studio Ghibli ini tuh layaknya Disney. Kalau Disney kan animasi favorit versi Barat. Nah Ghibli ini animasi favorit versi Timur. Huehehe.

Studio Ghibli - Sumber: disney fandom

Have you seen all the Studio Ghibli movie?

Beluuum. Filmnya yang 2006, berjudul Tales from Earthsea. 


Which one is your favorite character of all movies?

Totoroooo!!!! Aduh Toroto tuh imut bangeeettt. Meski ada berita horor tentang Totoro yang mengatakan bahwa Totoro adalah dewa kematian. Terus yang bisa lihat dia berarti sudah mati. Tetap saja aku suka sama Totoro 😆

Ghibli VS Disney?

Ghibli! Entah mengapa aku tuh lebih amaze sama grafik dari animasi Studio Ghibli. Terus ceritanya juga bukan cerita ecek-ecek. Slalu sarat akan cinta lingkungan dan jaga lingkungan gitu. Apalagi di film Nausica of The Valey of The Wind. Kayanya kalau anak-anak dari kecil nonton film-film Ghibli, pas gede diharapkan bisa sayang lingkungan dan jaga lingkungan. Amin.

Nausica of The Valey of The Wind - Sumber: pinterest

Do you owns any BluRay discs or DVDs?

Aku pribadi sih kaga punya. Semuanya film Ghibli yang kutonton tuh di-provide sama si Q. HAHAHA. Si Q yang punya DVD-nya. Jadi karena milik suami milik istri juga, bisa dibilang punya yak?! 😝

What is so special about Studio Ghibli movies, which is different from other anime movies?

Film Ghibli itu dibuat dari gambaran tangan per layer gitu. Makanya grafik film Tonari no Totoro di tahun 1988 ini kaga kalah sama grafik animasi di tahun 2000an. Soalnya setiap scene dibuat pake cinta sih. 💕

Saat aku ke museum Ghibli dan menyaksikan cara pembuatan animasinya, serta merasakan sendiri gimana muterin setiap gambar supaya jadi bergerak, rasanya tuh... Gilaaa buat bikin satu scene sang tokoh sedang loncat aja butuh beberapa gambar. Satu film, tentu banyak banget dong gambarnya! Eh tapi sekarang kayanya uda ga pake gambar tangan lagi deh. Tapi sudah masuk ke digital. Hmm. Yah tapi pemilihan pewarnaan gambarnya tuh bagus bangettt! Sungguh kerasa magic-nya dari pilihan warnanya. Kaya lukisan kalau aku boleh bilang.

Alasan lain kenapa dia spesial dari anime lain karena jalan ceritanya yang totemo sugoine (keren pake banget)! Coba saja kalian tonton setiap movie hits dari Studio Ghibli (Spirited Away, Princess Mononoke, Nausica of the Valey of the Wind, Grave of the Fireflies). Jalan ceritanya tuh ngena banget dah! Dan akhir dari ceritanya tuh bukan yang ketebak gitu. Kalau kaya disney princess kan ceritanya si princess ini struggle with something and after face that trouble, live happily ever after. Uda ketebak gitu ya si cantik ntar sama si pangeran. Nah kalo di Studio Ghibli, kaga ketebak dia bakalan hidup bahagia ga ya di akhirnya... Bikin tegangnya dapet. Kaya berharap, duh semoga si kharakter utama hidup bahagia dong!!

Nah itu dia 10 pertanyaan terkait Studio Ghibli!! Kalau ada yang mau buat post Studio Ghibli Tag juga monggo yaak! Ini aja aku ikutin kak Eya buat Studio Ghibli Tag hehehe~

33 comments:

  1. Aku pernah mendengar studio Ghibli sih, kalo ngga salah waktu membaca artikel film spirited away yang jadi box office. Memang studio Jepang ini tidak kalah dari Disney.

    Cuma bedanya kalo film Disney itu gampang ditebak ending-nya, kalo bikinan studio Ghibli agak susah.

    Ternyata selain Spirited Away dan totoro, masih banyak lagi film lainnya karya Ghibli ya, mbak Frisca sepertinya penggemar karya studio ini, tahu semua filmnya. 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biasanya orang-orang kenal Studio Ghibli dari film Totoro kalo engga Spirited Away hehe

      Iya kan mas Agus! Ending dari film Ghibli tuh suka ga ketebak. Hehehe

      Iya aku penggemarnya Studio Ghiblii hehe Itu pun aku nontonnya marathon gitu sebelum pergi ke pameran Ghibli yang pernah diadain di Jakarta beberapa tahun lalu. Biar lebih enak aja pas ke pameran uda tau itu semua icon apaa hehehe

      Delete
    2. Oh ternyata Ghibli pernah mengadakan pameran di Jakarta juga ya mbak. Kalo aku belum pernah ke pameran film langsung, sukanya nonton filmnya saja.😃

      Delete
    3. Iya pernah dan aku happy banget bisa diadain di Jakarta! Hehe Memang jarang-jarang bisa diadain pameran film gitu... Hehe

      Delete
  2. my favorite is spirited away ! but totoro is too cute ! aaaa between these two.. so hard to choose

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha why not choose them both?? 😆

      Delete
  3. Oh Ghibli tu versi timur ya kak,beda jauh sama Disney versi barat ya kak Pris, Jadi pengen nyobain nonton, sumpah saya belum pernah kak, cuma tau nya Disney aja. Dari kecil emang hobi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dari kecil aku pun dicekokinnya film-film Disney. Mengenal Studio Ghibli itu saat kuliah dulu hehe
      Terus langsung kesemsem dan nyantol di hati. Kalo disney tuh aku merasa B aja gitu ehehe

      Delete
  4. Ghibli kayanya hits banget ya, walaupun aku seneng anime tapi tontonanku semuanya disponsorin sama temen-temen SMA, atau gak Naruto hasil diracunin kakak sepupu, jadi wawasanku soal anime bisa dibilang minim. Tapi dari cuplikan-cuplikan gambarnya aku kaya familiar banget, entah aku lihat di pinterest atau dimana, aku nggak yakin.
    Soal grafik, aku akuin keliatan mulus banget apalagi menilik kalau animasi tersebut dibuat di tahun 80an. Dibanding Disney, feelnya beda, animasi jepang itu suasana yang dihadirkan jauh lebih dekat sama kita. Kalau Disney itu buatku identik sama dongeng dongeng, sesuatu yang indah dan fantasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Pinterest sudah pasti banyak berseliweran soal Studio Ghibli hehehe Soalnya cukup banyak juga penggemarnya huehehe

      Aku setuju sama pendapatnya. Kalau Disney kaya di negeri dongeng gitu ya... Kalau Ghibli lebih ke kehidupan sehari-hari gitu...Meski memang fantasi juga karena ada kan cerita Ponyo si anak ikan yang berubah jadi manusia haha Cuma ceritanya pun berasa kehidupan sehari-hari gituuu
      Kadang-kadang ceritah Ghibli tuh dark jugaaa. Seperti Spirited Away, ceritanya tuh dark menurutku...

      Delete
  5. Menarik Pik postnya, jadi kangen main2 ke Ghibli Exibition lagi.. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mei ikutan bikin! HAHAHA

      Iyaa jadi pengen main ke pamerannya lagi yaak >.<

      Delete
  6. Grave of the Fireflies memang ambyar banget dah, Ci 😭
    Aku udah nonton beberapa kali dan tetap aja nangis pas endingnya dimana sang adik meninggal 😭 pas keingat adegan itu aja, aku jadi ingin nangis lagi 😭😭😭 benar-benar kisah ini mengiris-iris hati saat menonton.

    Kalau Totoro sih, sepertinya kesukaan banyak orang sebab lucuuuu apalagi gif yang Cici pasang, itu gemas sekali si Totoro 🙈

    Spirited Away juga bagus :D anime Ghibli terakhir yang aku tonton itu kalau nggak salah berjudul "pocco" yang ikan koi berteman dengan manusia. Ini juga bagus dan mengharukan 😂

    Aku setuju kalau dibilang anime Ghibli bagus-bagus, penuh dengan makna dan endingnya nggak ketebak. Bahkan, effort dalam menciptakan sebuah karya aja besar sekaliii. Menurut adikku yang jurusan desain, animasi di anime Poco masih ada yang digambar pakai tangan padahal itu anime dirilis tahun 2006 *kalau nggak salah. Jadi makin merasa salut dengan orang-orang dibalik sebuah karya animasi Ghibli 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu menyayat hati yaa...masih kecil, uda harus berjuang hidup karena korban perang... Permen dalem kalengnya suka dijual loooh! Aku pernah nemu dijual di Riau Junction, Bandung. Terus beli karena efek nonton ini hahaha

      Iya gemas ya Totoronyaa! Hehehe 😆

      Pocco? Maksudmu Ponyo? Ponyo..Ponyo..Ponyo sakana no ko..🎶 Jadi nyanyi hehe

      Karena digambar pakai tangan per layer gitu, grafiknya jadi kaya lukisan ya! Sungguh cantiiik...

      Delete
  7. mantep.,.
    mampir jg gan.,.
    https://lixmedia.blogspot.com/
    https://arabitzone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. Film Ghibli pertama yang saya tonton itu Spirited Away, salah satu film Ghibli yang sering direkomensasikan. Meski suka filmnya, saya belum nonton banyak film Ghibli. Terakhir, nonton Princea Mononoke pas SMA. Duh, sudah hampir tiga tahun.

    Kayaknya hampir semua film Ghibli ada di Netflix. Kalau ada waktu dan energi lebih, kayaknya saya akan marathon semua atau beberapa yang cukup membekas dikepala saya. My Neighbor Totoro, salah satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang film Ghibli sudah masuk Netflix. Jadi ga gitu susah lagiii..Terus pas ada pameran Ghibli di Jakarta, filmnya diputar di CGV loooh

      Delete
  9. Jujurnya aku ga ngikutin cartoon Ghibli ini mba, dan belum pernah nonton 1pun. Padahal kartunnya diputer aku udh lahir itu hahahahahha.

    Makanya pas ke Jepang, aku jg ga masukin Ghibli studio dalam itin, Krn ga prnh ngikutin juga. Dan anak2ku jg ga tau movie ini. Mungkin ada bgsnya aku tonton dr skr, Krn setelah pandemi selesai, aku bakal ke Jepang lagi :D. Kalo teracuni Ghibli dr skr, mungkin pas ke Jepang aku bakal tertarik utk ke studionya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ke Museum Ghibli, harus beli tiket jauh-jauh hari kak Fanny! Karena setauku tuh sering sold out hehe
      Eh tapi gtw ya kalau sekarang karena pandemi...Mungkin jadi lebih gampang untuk beli tiketnya hehe

      Delete
  10. Yang jadi favorit-nya mba Frisca itu judulnya Spirited Away, bukan?
    Saya bukan fans Studio Ghibli sih, tapi tau beberapa karena kayaknya nasionalisme orang Jepang bikin mereka lebih cinta Ghibli daripada Disney
    Beberapa yang sempat nonton Grave of The Fireflies, Kiki's Delivery Service, Spirited Away, sama The Castle in The Sky. Yang Totoro malah belum pernah nonton ^^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeees betul!!! Judulnya adalah Spirited Away hehehe

      Waaah Totoronya malah belum nonton ya kak hehehe Ayo-ayo ditonton Totoronya
      #racun

      Delete
  11. Bantal Totoronga gemees bangeeett Kak Friscaaa 💕

    Ah, bener banget Ghibli tuh sering bawa issue lingkungan ke filmnya! Princess Mononoke juga kan, nyeritain manusia serakah ngerusak hutan :((

    Ya ampun Grave of Fireflies itu film yang ga berani aku tonton ulaang 😭 parah banget nonton itu sampe sesak gara-gara nangis terus 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa gemass sekaliiii 🥰🥰

      Iya kan kak Eyaa
      Kaya slalu nyelipin cinta lingkungan gituuu biar para penonton sadar untuk jaga lingkungan

      Iyaa ituu aku pun sesak napas karena nangisnya tu bener2 sampe sesegukan bangettt
      Sungguh mengoyak hati ya kak

      Delete
  12. OMGGGG!!! Saya suka Ghibliiiii ~

    Sampai sekarang masih sering dengarkan scoring musiknya. Enak-enak banget melodinya. Cocok untuk relaks sambil minum teh dan makan snack hahahaha :))

    And thankfully, sekarang Ghibli ada di Netflix, jadi bisa tonton ulang beberapa yang paling saya suka. Terima kasih sudah bahas Ghibli, mbaaaa. Jadi penasaran mau menonton beberapa judul yang mba bahas di atas :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata kak Eno juga suka Ghiblii?!! 😲
      Tos kak! hehe

      Iya lagu-lagunya tuh relaxing bangeet yaa! Cocok buat bersantai atau buat belajar. Buat nemenin pas kerja juga bisa hehehe

      Iy Ghibli sudah masuk Netflix sekarang. Ayo ditonton kak! Hehehe

      Delete
  13. Sebagai penggemar anime in general, Ghibli itu spt pemberhentian yg nyaman dan aman. Terutama setelah kenyang nonton anime dg tema rada2 mindf*ck🤪

    Sudah nonton semua besutan studio ini dan ngerasa sedih waktu Miyazaki Hayao memutuskan pensiun tapi untung muncul lagi🤩

    Totoro memang maskot menggemaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Noa nonton apa tuh yang temanya mindf*ck? 😂

      Wiw sudah nonton semua?! Mantap kali kak hehe...Iya dia sempet mutusin pensiun yaak huhuhu

      Betull totoro menggemaskan sekalii

      Delete
    2. Neon Genesis Evangelion. Jangan nonton kalau nggak kuat...
      Iya so far sih udah semua ya dari Nausicaa sampai Marnie...nggak tahu kalau muncul baru lagi.

      Btw info aja kalo suka model2 Ghibli coba nonton karya studio Ponoc. Mirip2 karena yang diriin keluaran Ghibli

      Delete
    3. Wadoow kayanya super dark gitu yaa

      Ada lagi yang baru setelah Marnie deh pas aku googling, The Red Turtle. Aku pun belom nonton yang ini

      Ah aku tau Studio Ponoc. Orang-orang yang memperkenalkan Ghibli sama aku sudah infoin filmnya Studio Ponoc ini. Malah suami beli paper theaternya film Mary and the Witch's Flower. Aku pun sempet nonton ini pas main ke rumah kakak ipar. Tapi ga selesai nontonnya karena cuma selewat2 doang hehe

      Delete
    4. Mindblowing sih...psychological theme nya banyak.

      Oh The Red Turtle udah nonton sebeluk Marnie malah 😆 bisa kebalik gitu..dia kan kyk kerjasama begitu dg studio lain jadi ceritanya agak "beda".

      Sdh ada satu lagi keluaran Ponoc Modest Heroes. Itu so Ghibli abis 🙄😙

      Delete
    5. Iya yang the Red Turtle agak lain gitu ya dari cerita Ghibli biasanya. Gambarnya juga ga sih? Cuma aku belum nonton jg sih huahahaha

      Wiiiw uda keluar lagi ya karya yang barunyaa! Ntr nyari ah hehe Makasih infonya Kak ^^

      Delete
  14. Hai, my first time main ke sini dan aku langsung suka dengan post Ghibli. Aku juga penggemarnya Ghibli dan suka dengan jalan cerita tiap film-nya yang kudu diresapi dengan nonton berkali-kali. Tapi bagian Graves of the Fireflights aku nggak mau nonton lagi, sediiiih. Tapi film itu gila, meski sepanjang cerita sedih terus tapi ada sisi indah dari kesedihan itu sendiri.

    Duh, jadi pengen nonton film Ghibli lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo! Terima kasih sudah berkunjung 🙋 Eh sama-sama fansnya Ghibli nihh hehehe. Iya betul. Jalan ceritanya kudu diresapi duluuu. Malah sebetulnya ceritanya tuh ga bisa diikutin sama anak-anak. Soalnya butuh pemahaman mendalam. Anak-anak bisa si nonton, tapi paling menikmati gambarnya saja hehehe

      Iyaa meski ceritanya sedih pisan, tetep ada hal yang membahagiakannya juga yaaa. Terutama saat bertemu kembali dengan adeknya..

      Ayo ditonton lagi kak! Hehe

      Delete

Powered by Blogger.