Series Review: Memories of Alhambra (2018)

April 09, 2019


Memories of Alhambra (2018)
Sumber: IMDb

Sutradara
:
Penulis
:
TV
:
tvN
Jenis Film
:
Romance, Drama
Total Episode
:
16 episode
Tanggal Rilis
:
1 Desember 2018 – 20 Januari 2019

Cast

Sumber: asianwiki

Sinopsis Memories of Alhambra (2018)

Yoo Jin Woo (Hyun Bin) adalah seorang CEO dari perusahaan investasi. Dia memiliki sense yang baik dalam hal kerjaannya dan memiliki spirit yang kuat dalam berpetualang dan memiliki keinginan tinggi untuk menang. Istilah gaulnya mah AMBIS (ambisius). Yoo Jin Woo sedang melalui waktu yang berat secara emosi karena hal-hal seperti pengkhianatan oleh temannya sendiri. Dia mengunjungi Granada, Spayol, untuk urusan bisnis dan menginap di hostel tua yang dikelola oleh Jung Hee Ju (Park Shin Hye). Di sana, Yoo Jin Woo terlibat dalam peristiwa yang aneh.

Review Memories of Alhambra (2018)

Sejujurnya aku cukup ketinggalan untuk nonton drama korea Memories of Alhambra ini. Aku tahu adikku sudah menonton drama ini, tapi somehow aku tidak begitu tertarik buat nonton. Sampai akhirnya aku baca review dari blog temanku soal drama korea ini. Akhirnya aku pun tertarik juga buat nonton. Apalagi ada Hyun Bin dan Park Shin Hye yang main sebagai tokoh utama dalam Memories of Alhambra ini. Bikin makin tertarik kan jadinya.

Curhat dikit, aku suka sama Hyun Bin karena nonton drama korea Secret Garden, sedangkan untuk drama korea yang dibintangi Park Shin Hye sih aku cukup sering menontonnya, seperti You're Beautiful, The Heirs, Pinocchio, dan Doctors. Makanya ketika Memories of Alhambra dibintangi oleh Hyun Bin dan Park Shin Hye, aku cukup excited dibuatnya. Cuma sayang, mengapa di cover drama Memories of Alhambra ini wajah ganteng Hyun Bin sangat berbeda??? Aku ga mengenali si tokoh pria di poster itu Hyun Bin loh! Aneh banget jadi kaya yang tuaaaa banget...sayang sekali...

Episode pertama aku sudah dibuat suka buat ngikutin episode selanjutnya. Soalnya membicarakan tentang game AR gitu. Terus aku menemukan hal menarik juga dari satu cuplikan berikut:


Apa hayo yang aku temukan??? Yak! Tulisan "RAMEN GRATIS". Aku langsung ngeh gitu loh pas ada Bahasa Indonesia. Uwooow jadi tamu Hostel Bonita ini ada juga orang Indonesia ya? Hehehe.

To be honest, aku kurang suka sih sama alur Memories of Alhambra ini. Alurnya lambat. Banget. Untuk dapetin adegan yang klimaks gitu nge-shoot-nya tuh kaya sinetron gitu, liat-liatan antar tokoh yang diganti-ganti kameranya buat nyorot masing-masing tokoh secara close up. Adegan itu bisa 1 menit kali. Makanya aku sering nge-skip adegan yang cuma liat-liatan atau nangis doang gitu. Habis bisa 1 menit sis! Buang-buang waktu aja kan, padahal emosinya ga dapet gitu, malah bikin aku berkata dalam hati "Apaan dah gini doang adegannya lama bener." Di episode akhir malah adegan nangisnya Jung Hee Ju bisa sampe satu lagu dong. Gila ga tuh?! Terus ending Memories of Alhambra ini kurang memenuhi ekspektasi. Gantung. Entah mengapa lagi-lagi film yang ditulis oleh Song Jae Jung ini cuma membuatku penasaran di awal tapi makin ke belakang tuh makin ga menarik jalan ceritanya.

Baca juga: Series Review: W - Two Worlds (2016)

Somehow di film ini juga ada Kim Eui Sung sebagai pemeran antagonis di sini. Aku langsung ngeh dia pasti tokoh jahat karena di drama korea W - Two Worlds dia juga jadi antagonisnya gitu. Aku kurang suka deh sama acting beliau. Maaf ya. Sebenarnya mimik wajah jahatnya udah dapet buat tokoh jahat. Tapi gimana ya, peran villain-nya kurang aja gitu buat aku. #apadah

Kisah cintanya juga kurang dapet. Chemistry Park Shin Hye sama Hyun Bin ga sebagus Ha Ji Won sama Hyun Bin di Secret Garden. Padahal aku berharap bisa kayak gitu chemistry romance-nya. Aaah...sayang sekali. Habis di alur buat dapetin feel kalo Jung Hee Ju dan Yoo Jin Woo ini tuh terasa dipaksakan. Masa tiba-tiba jadi suka? Mungkin maksudnya Hee Ju jadi jatuh cinta karena Jin Woo udah baik banget sama keluarga Hee Ju kali ya? Tapi gimana ya...pembawaan cinta berseminya tuh ga dapet buatku. Soalnya titik berat film ini kan ke pencarian Se Ju dan tentang game AR bikinan Se Ju. Terus saat ada adegan nangis kehilangannya gitu tuh ga dapet loh. Aku ga sampai nangis, malah ga nangis sama sekali saat menonton seluruh episode drama ini. Masih dapet feel sedihnya saat nonton W- Two Worlds deh. Seperti yang kubilang sebelumnya, mungkin karena kebanyakan dalam drama ini tuh nyeritain misteri di balik games AR-nya. Jadi ya gitu, emosi penonton which is emosiku tidak sampai dikocok-kocok kaya nonton Another Miss Oh. Wah gela sih kalo Another Miss Oh tiap episode aku dibikin nangis. Ngenesnya dapet banget coy!

Terus acting dari Chanyeol juga sebenarnya kurang dapet sih. Nerd-nya programmer belom bisa diperankan dengan baik kalau menurut opiniku.

Baca juga: Series Review: Another Miss Oh atau Oh Hae Young Again (2016)

Aku juga menemukan keanehan dalam series Memories of Alhambra ini. Ponsel Jung Hee Ju itu tiba-tiba ganti. Kayanya kru film lupa deh ngeganti ponselnya Hee Ju. Maklum setting tempatnya kan beda negara. Saat sedang main di Granada kan mereka syuting untuk episode awal dan episode tengah-tengah gitu, jadi loncatnya jauh banget pasti. Ga sesuai alurnya. Makanya ada keanehan di situ.

HP saat di Korea
HP saat di Granada
Jadi ceritanya tuh Hee Ju sedang mengemudi dan mendapat telepon dari Jin Woo. Ponsel Hee Ju saat itu berwarna putih kan? Terus kan doi terbang ke Granada buat ketemu sama Jin Woo, eh ponselnya tiba-tiba jadi warna hitam. Daebak. Doi ganti hp secepat itu??

Secara keseluruhan, aku cukup menikmati adegan film yang menampilkan saat pemain sedang memainkan game. Sudut pandang yang diambil kamera bagus lah. Penonton jadi berasa ikutan main gitu. Tapi mungkin karena isi film ini terlalu berat ke pengungkapan misteri dalam game, jadi aspek lainnya kurang gitu. #banyakmaunya

Kayanya kalau dijadikan novel bakalan lebih menarik deh daripada dijadiin film. Soalnya kan kalo berupa novel pembaca tuh punya imajinasi masing-masing saat membayangkan adegan demi adegan. Saat di film tuh adegan-adegannya kurang bisa tersampaikan dengan baik, terutama adegan jatuh cintanya ya. Rasanya kan dipaksakan tiba-tiba suka aja gitu tanpa sebab.

Aku kasih bintang 7 dari 10 buat drama Memories of Alhambra ini. Cukup menarik karena setting film di Granada jadinya kan bisa ngeliat kaya apa Granada itu. Terus efek-efek dalam film juga bagus kok. Tokoh-tokoh NPC-nya juga "didandani" dengan bagus. Terutama buat NPC di Granada. Ciamik banget deh. Satu hal yang bikin aku suka ya saat episode-episode awal. Seru banget ngikutinnya. Apalagi saat Jin Woo dikejar-kejar musuhnya. Wah, aku dibuat tegang. Adegan itu satu-satunya yang bikin emosiku terpancing. Cuma sayangnya itu, makin ke belakang tuh emosiku dibuat datar-datar aja. Ga greget. Ya karena alur ceritanya terlalu lambat kali ya. Itu lagi itu lagi. Jadi kan bosen.

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐ (7/10)

8 comments:

  1. Iya setuju pik, buat romance nya gak gereget sama sekali. Apa mungkin memang krn fokus penulisnya tuh di topik tentang game AR nya itu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaaann...sepertinya emang dibuat condong ke gamenya gitu. Tapi kan sayaang jadinya, artis yang main uda ganteng dan cantik gitu..romancenya mustinya dapet jugaaa hahaha

      Delete
  2. Btw gratis itu bahasa latin ternyata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia?! maklum di Indo suka pakai kata gratis. Jadi kukira itu buat orang Indo juga hehehe :)

      Delete
  3. babang hyun bin, kirain gak suka maen di kdrama , doyannya film doang, tapi setelah nonton ini, ngerti saya kenapa si babang mau main kdrama. ceritanya ga melulu soal cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sialnya penekanannya ke Game AR gitu. Keren yaa gamesnya! Haha

      Delete
    2. aduh typo! maksudku "soalnya" bukan "sialnya" hahaha

      Delete
  4. Keren ulasannya,..
    Jika bersedia kunjungi balik blog download drama saya www.veritika.asia

    ReplyDelete

Powered by Blogger.