Cara Dapat Uang dari Nulis Blog dengan Google AdSense

April 12, 2019
Cara dapat uang dari nulis blog?? Emangnya bisa dapat uang dari nulis blog? Ah pertanyaan itu tentunya dapat dijawab dengan "YES", bisa loh dapat uang dari menulis blog. Buat para blogger yang sudah lama berkecimpung dengan dunia blog pasti tahu akan hal ini. Gimana caranya dapat uang dari nulis blog doang??

Buatku sih dengan menggunakan Google AdSense. Fitur iklan di Google yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger untuk menghasilkan sedikit tambahan uang. Ya kubilang sedikit, karena emang dapet uangnya sedikit cik. Tapi tetap aja itu uang toh? Seperti peribahasa, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Ya itulah yang aku percayai dengan memasang Google AdSense pada blogku.

Jadi gimana caranya?

Cara yang kutempuh untuk bisa menghasilkan uang dari blogku ini adalah dengan melihat pada pengaturan blogger-ku dan klik pada menu earnings/penghasilan:

Awalnya sih aku iseng-iseng pencet menu earnings ini. Habis kan pengen dong bisa dapat uang dari nulis blog sajaa..Jadilah aku pencet menu earnings tersebut dan tick "Yes" pada pertanyaan "show ads on blog". Kalau dalam Bahasa Indonesia, pertanyaannya jadi "Tampilkan iklan pada blog". Langsung saja diklik pilihan "Ya" saudara-saudara.

Setelah itu di bawahnya akan ada pengaturan tampilan iklan pada blog. Pilihannya ada 3, yaitu:
  1. menampilkan iklan di bawah pos dan di samping pos;
  2. menampilkan iklan di bawah pos; atau
  3. menampilkan iklan pada samping pos.
Aku sih pilihnya yang pertama ya, jadi iklannya muncul di samping, maupun di bawah posku. Kemudian untuk mengatur tampilan iklan dalam versi website, kita musti mengunjungi menu Layout/ Tata Letak.


Pada bagian yang ingin kalian masuki iklan, klik saja "Add a Gadget" kemudian pilih AdSense. Kalau aku, kupilih supaya iklan tampil di sebelah kanan atas pada posku. Jadi kuatur demikian deh.

Nah gampang kan cara nampilin Google AdSense di blog kita?

Ini salah satu pos tentang cara memasang iklan di blog yang cukup bagus juga buat dibaca. Bisa langsung saja klik ke sini.

Untuk kasus tertentu, ada juga pengaturan blog yang ga ada menu "Earnings" sepertiku. Hal ini karena blog Anda belum terkoneksi dengan Google AdSense. Oleh sebab itu, Anda harus daftar terlebih dahulu di Google AdSense dan memasukkan ID Akun blog Anda ke Google AdSense.

Tentunya ada syarat-syarat blog Anda bisa terdaftar dalam Google AdSense ini karena Google ga sembarangan juga ngasih duitnya. Syarat-syaratnya bisa kalian baca sendiri di sini.

Ingat ya, buat di Indonesia, para blogger harus mencapai nilai Rp 1.300.000 dulu baru bisa dicairkan uangnya. Terus jangan juga kalian sengaja ngeklik-ngeklik iklan di blog kalian supaya bisa dapat duitnya cepat. Nanti bakal dihukum loh sama Google. Bisa dengan cara pengurangan uang yang sudah masuk ke deposit kita gitu deh salah satunya. Parahnya ya nanti kita ga bisa masang iklan di blog kita lagi. Jadi cara terbaik, ya sering bikin pos menarik, sering blog walking supaya banyak juga blogger lain yang mampir ke blog kita, juga dengan berdoa supaya viewer makin banyak. Hehe

Happy Blogging!

No comments:

Powered by Blogger.