Belajar Bahasa Jepang dengan Duolingo

April 11, 2019
Dari sejak jaman sekolah dulu aku sudah suka dengan Jepang. Padahal Jepang ini penjajah kejam tanah air ya. Tapi gimana dong...aku suka dengan hal-hal tentang Jepang karena suka baca manga (まんが) alias komik Jepang. Cita-citaku saat SMP tuh ya pengen pergi ke negeri sakura itu. Puji Tuhan kesampean.. >.<

Nah ga cuma sampe situ aja, aku juga niat untuk mempelajari Bahasa Jepang. Bahkan ayahku sampai membelikanku buku untuk belajar Bahasa Jepang loh...yang pada akhirnya kupelajari untuk menghafal hiragana dan katakana. Emang cuma niat aja ya, pelaksanaannya nihil! Eh ga nihil-nihil amat kok, at least aku sudah lumayan dalam menghafal hiragana.

Hiragana adalah daftar suku kata Jepang dan merupakan salah satu komponen dalam sistem penulisan Bahasa Jepang, beserta dengan katakana, kanji, dan untuk beberapa kasus romaji (Latin Script) (dalam Wikipedia). Hiragana berarti "ordinary" atau "simple". And yes, menghafal hiragana itu ga sesulit katakana apalagi kanji.

Oke balik lagi ke soal belajar Bahasa Jepang. Semenjak disibukkan oleh tugas-tugas sekolah dan berlanjut ke bangku kuliah, aku sudah lama tidak mempelajari Bahasa Jepang. Paling-paling untuk kata-kata yang umum sih masih bisa kuingat seperti わたし は フリスカ です, atau あなた gitu. Untuk tulisan わたし は フリスカ です terutama, so pasti kuingat karena setiap kali aku ujian di bangku SMA, aku pasti akan menuliskan hal tersebut di halaman paling belakang lembar jawabanku. Itung-itung ngapalin tulisan Jepang gitu. Hehe. Tapi pas kuliah udah ga kulakukan itu lagi...boro-boro sempet, bisa nyelesaiin ujiannya dalam waktu yang diberikan aja udah syukur....Kalo jaman SMA sih aku termasuk yang cepet nyelesein soal-soal ujian. Makanya karena ga boleh keluar sebelum waktu habis, aku suka nulis-nulis itu di akhir lembar jawabanku. Iseng ya. Hehe.

Ah kan jadi ngelantur ke mana-mana lagi. Maaf mudah terdistraksi pikiran ini. #plak. Oke, jadi untuk belajar Bahasa Jepang kembali, aku menggunakan aplikasi Duolingo namanya. Bisa diakses di play store maupun app store. Kaya gini nih icon-nya:


Awalnya aku pakai Duolingo ini untuk belajar Bahasa Prancis. Maklum saat pertama kali install, Bahasa Jepang belum ada nih course-nya. Eh pas liat-liat course buat mempelajari bahasa yang lain, ternyata Bahasa Jepang sudah ada dalam applikasi Duolingo ini. Makin seneng deh pake Duolingo untuk belajar Bahasa Jepang.


Nah saat pertama kali masuk course, tentunya cuma bisa pencet Hiragana 1 karena harus level up dulu untuk bisa lanjut mempelajari hal yang lain. Tapi buat yang udah expert sih bisa lakukan test supaya bisa ngebuka semua course yang ada. Ga semua sih, paling 10 courses gitu. Berhubung aku ini newbie, aku mempelajarinya satu per satu dan sekarang aku sudah level 89 dong dengan 9438 XP dalam mempelajari Bahasa Jepang ini. Mantap ga tuh??

Habisnya asik banget belajar Bahasa Jepang ini lewat Duolingo. Interaktif gitu loh. Jadi kan aku mudah buat belajarnya. Terus setiap hari ada batasan XP yang harus kukejar supaya aku ga lose streak gitu deh. Makanya tiap hari aku pasti rutin buka Duolingo ini untuk belajar Bahasa Jepang.

Kalian lihat kan masih ada icon yang berwarna abu-abu, itu tandanya aku belum bisa mempelajari course tersebut. Supaya bisa ke course itu, aku harus menyelesaikan course tentang Direction 2. Tapi aku lagi males nih...makin ke bawah makin susah cuy belajarnyaa... iyalaaaah. Terus karena saat ini aku belajarnya malam-malam, aku pengen cepet-cepet selesein gitu biar bisa cepet bobo. Makanya yang kupelajari lagi-lagi course yang mudah-mudah aja. Jadi yang bawah-bawah ga dibuka-buka. Dasar pemalas.


Kalau klik icon bendera Jepang di pojok kiri atas, akan muncul tuh bahasa-bahasa apa saja yang kupelajari. Saat ini sih aku sudah mencoba belajar Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Bahasa Perancis, dan Bahasa High Valyrian. Iya High Valyrian, bahasa yang digunakan Daenerys di series Game of Throne. Tapi yang rutin kupelajari sih ya Bahasa Jepang. Bahasa Perancis juga udah lumayan sih kebuka 10 courses, yang menandakan aku cukup rutin belajar Bahsa Perancis dahulu.

Meski asik belajar Bahasa Jepang dengan Duolingo, tapi masih ada beberapa kekurangan nih. Contohnya saja nih ya, aku suka disalahin gitu karena tidak sesuai dengan terjemahannya. Ah belibet amat jelasinnya. Gini nih. Misal di satu soal aku disuru menerjemahkan tulisan jepang berikut ke Bahasa Inggris. Oia, belajarnya Bahasa Inggris sebagai mother tongue ya, ga bisa tuh pake Bahasa Indonesia, ga ada course-nya. Nah misal aku tulis terjemahannya adalah "She watches movie" dan aku pasti akan disalahin karena kurang kata hubung the atau a. Jadi aku harus benar-benar lengkap gitu nulisnya jadi "She watches the movie" atau "She watches a movie". Baru deh akan dianggap betul. Huhuhu.

Terus kekurangannya lagi, saat sudah menekan tombol next buat ngeliat hasil jawaban kita bener atau engga, Duolingo tuh cuma menampilkan tulisannya saja gitu. Ga disebutin lagi kalimat dalam Bahasa Jepangnya. Menurutku sih harusnya bisa dibunyikan juga dalam Bahasa Jepangnya. Jadi bisa listening gitu kan. Lewat Duolingo kayanya lebih pas buat reading gitu deh. Buat listening-nya masih kurang.

Terus buat cara penulisan pun ga dikasih tau. Makanya kalau di Duolingo ini kita ga akan bisa jago writing deh. Lebih fokus supaya bisa baca gitu...Kekurangan lainnya adalah misal soalnya itu dalam Bahasa Inggris, masing-masing kata itu bisa dipencet untuk melihat apa Bahasa Jepang untuk kata tersebut. Tapi kadang ada kata yang ditampilkan dalam huruf kanji. Ga bisa lah aku menuliskan Bahasa Jepangnya....tau Bahasa Jepangnya aja engga, begimana baca kanji-nya kan?? FYI, ketika harus menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Jepang, Duolingo akan langsung mengubah keyboard yang digunakan ke dalam keyboard Bahasa Jepang. Jadi nanti yang keluar ya huruf-huruf Jepang gitu. Bisa hiragana, katakana, maupun kanji. Buat pengguna Apple sepertiku sih begitu ya prakteknya. Daaan aku juga memang sudah mengunduh keyboard Bahasa Jepang. Mungkin karena itu juga kali ya si Duolingo langsung mengubah keyboard-ku jadi keyboard Bahasa Jepang.

Secara keseluruhan sih, aku senang menggunakan Duolingo untuk mempelajari Bahasa Jepang. Ingat ya, ga cuma Bahasa Jepang, tapi ada juga bahasa-bahasa lainnya yang bisa kalian pelajari. Fitur lain Duolingo adalah club. Jadi kita bisa join club atau membuat klub untuk orang-orang yang sedang mempelajari bahasa yang sama dengan yang kita pelajari. Seru kan jadi belajarnya ga sendirian lagi??

Lalu ada juga badge-badge gitu sebagai tanda kalau kita sudah menyelesaikan (accomplish) tugas-tugas yang ditetapkan Duolingo. Jadi makin semangat buat belajar bahasanya deh!!

Jadi, kalian tertarik juga ga untuk belajar Bahasa Jepang dengan Duolingo?? Aku bukan lagi endorse loh. Tapi ini pure ulasanku karena aku benar-benar terbantu dengan aplikasi ini supaya aku bisa belajar Bahasa Jepang. Gratis juga pula!? Mantap toh?

6 comments:

  1. Wow menarik, pik. dulu g pernah install juga tuh buat belajar bahasa korea. tp diinstall aja gk pernah dipake wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw bener2 belom sempet buka appsnya??? Cobain deh, seru kok belajarnya ^^

      Delete
  2. Mending max in level course awal dulu apa fokus maju ke depan buka semua nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah berhubung aku tuh pake duolingo sebelum ada level-level dalam tiap coursenya, jadi aku selalu maju teruuus sampai course selanjutnya bisa dibuka. Eh terus akhirnya Duolingo update aplikasinya gitu jadi dalam satu course itu ada 5 level. Yang kalau uda sampai level 5, warna coursenya jadi kuning emas ituuu. Nah sejak berubah jadi gitu, aku mantepin dulu sampe dia jadi kuning emas, baru ke next course. Intinya sih aku pengen mantep di course yang ada sebelum lanjut ke course selanjutnya hehe

      ところで, 読んでくれてありがとう!! 🥰

      Delete
  3. Min, numpang nanya. Buat soal yang cuman muncul 4 kotak dan ada gambar "suara" di atasny, itu digimanain ya? Soal di hiraga satu dan 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dipilih kotak yang sesuai dengan suaranya kak.
      Biasanya buat bantu kita ngapalin bentuk hiragana tersebut.
      Misal soalnya "yasai"
      nah kita disuruh pilih gambar sayuran dari 4 kotak gambar yang tersedia. Karena arti dari Yasai sendiri adalah vegetables alias sayuran dalam Bahasa Indonesia.

      Semoga membantu

      Ganbarimasu!!!

      Delete

Powered by Blogger.