Wednesday, January 3, 2018

Journal: Plan With Me 2018

Tahun Baru, Jurnal Baru~
Jadi gw pun menyiapkan layout-layout untuk memasuki tahun 2018 dalam jurnal baru gw yang gw beli di Pappan Lukis. Cerita tentang jurnal baru gw itu bisa dibaca di sini.
Oke ga usah berlama-lama, gw jabarkan satu per satu layout yang gw buat untuk membuka tahun 2018 ini~

1. Keys

"KEYS" ini merupakan kata kunci atau legenda dari simbol-simbol yang gw gunakan dalam jurnal.
Keys - Halaman 1
Gw pun menambahkan keterangan kalau-kalau jurnal gw hilang, orang yang menemukan bisa menghubungi gw melalui surel (e-mail) dan mengembalikannya pada gw. Ya semoga saja jurnal gw tidak hilang ya.  Lalu untuk mempercantik layout keys ini, gw menambahkan sticker dari FulFil_ID. Kalau kalian sudah pernah membaca pos gw berjudul "Unboxing FulFil_ID Giveaway" pasti kalian tahu kalau sticker tersebut merupakan salah satu dari hadiah giveaway FulFil_ID tersebut.

2. Index

Lanjut ke halaman selanjutnya ada Index alias daftar isi gitu~
Index - Halaman 2
Nah untuk index gw memberikan slot 4 halaman. Pada jurnal sebelumnya juga gw buat 4 halaman, tapi ternyata cuma digunakan 2 halaman. Maklum jurnal yang lama cuma untuk 6 bulan saja. Jadi index tidak begitu banyak terisi. Nah karena jurnal baru gw ini gw persiapkan untuk satu tahun gw isi, jadi gw kasih slot 4 halaman untuk index.
Layout-nya sendiri bisa dilihat pada foto di atas. Gw membuat space untuk nomor halaman terlebih dahulu baru kemudian isinya pada area di sebelah kanannya. Masih sama seperti jurnal gw yang lama. Untuk hiasanya sendiri, gw bikin doodle tentang buku dan alat tulis gitu di area judul. Inspirasi menggambar doodle buku dan pensil sendiri gw dapat dari Pinterest. Jujur gw kesulitan untuk membuat tumpukan buku. Sumpah ini susah banget  jadinya gw cuma bikin buku yang terbuka saja deh. Menyerah dengan gambar tumpukan buku. Huhuhu

3. Future Log 2018

Bagian ini merupakan sneak peak untuk melihat agenda selama setahun bakal ngapain aja.
Future Log 2018 - Halaman 6
Kalau di jurnal yang lama gw buat hanya dalam satu halaman. Kali ini gw buat dalam dua halaman. Biar bisa lebih leluasa diisi dan tidak padat. Gw membagi kalender ke dalam dua bagian. Januari hingga Juli pada bagian atas dan Juli hingga Desember pada bagian bawah. Di bawah masing-masing bulan gw beri slot untuk mengisikan keterangan. Warna merah menandakan hari libur, warna jingga berarti hari ulang tahun, warna pink yang menandakan event bahagia seperti pernikahan dan anniversary, dan terakhir warna turquoise yang berarti trip alias hari saat gw jalan-jalan.
Sebagai hiasan, gw menggunakan washi tape yang gw tempelkan pada bagian atas dan bawah. Terlihat seperti amplop surat ya.  Gw suka dengan motif dari washi tape ini. Tekstur dari washi tape-nya juga oke dan lem perekatannya juga mantap. Gw beli lewat Shopee di toko Pinkabulous. Nama barangnya Masking Tape Bentoto House / Selotip Unik / Selotip Lucu. Harganya Rp 17.200 dapat tiga washi tape. Murah kan?

4. Year in Pixels

Year in Pixels ini merupakan gambaran selama satu tahun dari hari-hari yang kita lewati.
Year in Pixels - Halaman 8
Ada dua versi sih. Ada orang yang membuatnya sebagai mood dalam satu tahun dan ada juga orang yang menggambarkan respon kita dalam menghadapi hari-hari. Gw sendiri memilih versi yang kedua. Oleh sebab itu legenda yang gw buat itu terbagi menjadi lima bagian.
  • Warna merah : great day
  • Warna jingga : good day
  • Warna hijau   : ok day
  • Warna biru    : sad day
  • Warna ungu   : angry day
Gw itu orang yang merasa hari-hari gw lewati dengan biasa-biasa saja. Ya sesekali ada yang menyenangkan dan biasa saja. Jarang rasanya gw merasa menjalani hari yang menyedihkan ataupun gw seharian marah-marah. Jadi gw pikir lima jenis itu sudah cukup buat gw. Saat gw browsing mencari ide dalam membuat year in pixels layout, tak jarang gw menemukan orang yang membuat legendanya sampai 8 atau bahkan 10 jenis. Biasanya yang banyak itu karena mereka menggambarkan mood gitu. Tapi gw ga bisa pakai legenda mood karena mood gw akan happy-happy saja. Jadi percuma menurut gw kalau pakai mood sebagai pilihannya hahaha~

5. Period Tracker

Sesuai namanya, layout ini digunakan untuk mencatat kapan si bulan datang dan berapa lama durasi kedatangan si bulan.

Period Tracker - Halaman 9
Untuk layout period tracker ini, gw menamakannya Shark Week. Gw mengikuti layout dari Pinterest. Menurut gw layout ini super cute!! Sebagai legenda, gw menggunakan dua tipe. Pertama itu tingkat banyaknya darah yang keluar. Upss kok kesannya jadi jorok dan menjijikan gini ya. Yaudah semoga aja yang baca cewe-cewe  Tapi kalau cowo, yauda buat pengetahuan aja ya. Haha

Lalu legenda yang kedua itu jenis sakit yang muncul kala masa datang bulan. Kalau gw sih yang dirasain ya cuma sakit kepala dan keram perut. Jadi gw pun cuma menggunakan dua item itu saja. Kalau terjadi, ya gw tinggal menuliskan kode dari sakitnya itu dalam kotak yang sesuai.

6. Movie to Watch

Movie to watch layout digunakan untuk mencatat judul-judul movie atau film yang kita tonton selama 2018.
Movie to Watch - Halaman 10
Ide layout dari movie to watch ini juga gw dapatkan dari Pinterest. Kreatif sekali bukan orang yang menciptakan layout seperti ini. Gw suka sekali dengan layout ini. Nonton film kan biasanya makan pop corn dan minum cola. Jadi pop corn yang berhamburan keluar itu cocok banget jadi layout untuk movie to watch menurut gw. Membuatnya pun mudah loh. Tidak sulit dan simple. Untuk pewarnaan merah pada bungkus pop corn-nya gw menggunakan Neo Color I Caran d'ache.

7. Book I've read

Terakhir, book I've read layout ini gw gunakan untuk mencatat buku-buku apa saja yang sudah gw baca selama tahun 2018 ini.
Book I've Read - Halaman 11
Dan lagi-lagi, layout ini gw tiru dari Pinterest. Beneran deh. Pinterest itu sumber ide-ide untuk menghiasin jurnal gw. Banyak banget layout cute-cute bertebaran di Pinterest. Kalau di Pinterest sih orang yang membuat layout ini menggambar ketebalan buku yang tipis-tipis. Jadi semakin banyak deh jumlah buku yang ada dalam lemari buku. Nah berhubung gw tidak begitu sering baca buku. Jadi gw sengaja menggambarnya tebal-tebal. Selain biar kelihatan pintar baca buku tebal-tebal #eh, juga supaya jumlah buku yang gw baca itu tidak banyak-banyak. Jadi nanti kan lemari buku gw ini terisi penuh oleh buku-buku yang sudah ada judulnya. Kalau belum ada judulnya kan jadi kurang chick gitu.

Oke sekian ulasan layout untuk menemani hari-hariku melewati satu tahun. Gw sengaja tidak membuat resolution atau goals layout karena gw ga pernah bikin resolusi. ahahaha AMPAS banget ya gw. Mungkin nanti tahun depan akan ada layout untuk resolusi gw? Ya siapa tahu. Hihihi

No comments:

Post a Comment