Pergantian Tahun - Kilas Balik 2021

January 03, 2022

Sudah dua kali bikin pos kilas balik... Mulai dirutinin deh wkwkw. Setaun sekali ini... ๐Ÿ˜

Mari semedi dulu dan mengingat sudah ngapain aja gw di tahun 2021??? Pssttt, sebenernya sih ga perlu semedi, gw cukup buka jurnal gw aja terus liat kegiatan gw selama setahun. Wkwkw.

Here we go....

Sumber: freepik

Vaksinasi Covid-19

Akhirnya, setelah penantian dan riset panjang selama setahun... Indonesia akhirnya memulai vaksinasi Covid-19. Gw pun mulai vaksinasi Covid-19 gw pertama kali itu di akhir April 2021. Vaksin yang gw dapatkan adalah Sinovac. Karena Sinovac, jadi vaksin keduanya itu di akhir Mei 2021. Puji Tuhan gw dan keluarga semuanya sudah vaksin semua. Sampai saat gelombang Covid kedua mulai puncak-puncaknya di Juni-Juli, mama dan Flo kena Covid-19. Puji Tuhan gejala yang mereka alami tidak parah dan bisa sembuh. Mereka juga sudah vaksin Covid-19 dua kali. Adik dan kakak Mr. Q serta pasangan juga kena Covid-19. Puji Tuhan mereka pun bisa melalui Covid-19 dan sudah sehat kembali hingga kini.

Gw juga bersyukur kepada Tuhan karena memberikan kesehatan pada gw dan keluarga gw di rumah ini... Sakit yang gw alami di tahun 2021 paling hanya radang tenggorokan karena makan cabe atau ga pilek karena memang kurang tidur. Sungguh-sungguh bersyukur buat kesehatan yang diberikan.

R.I.P

Sayangnya... papi (angkat) karena ga mau vaksin, terserang Covid-19 dan mengalami gejala yang parah sampai pada akhirnya dipanggil Tuhan. Gw cukup kaget dan khawatir saat dapat kabar bahwa papi kena Covid-19 dan memang kondisinya saat itu sudah mengkhawatirkan karena sudah sesak nafas. Sampai akhirnya beliau ga mau dirawat di RS dan memilih pulang. Pada saat itulah beliau menghembuskan nafas terakhirnya di kasur kamarnya. Memang keinginan papi juga sih yang ga mau meninggal di RS, tapi mau meninggal di rumah...

Kabar duka juga terdengar dari keluarga tanteku... ga lama setelah mama tanteku meninggal karena sakit kanker, adiknya dipanggil Tuhan juga karena terpapar Covid-19 dan belum vaksin. Memang vaksin itu cukup berpengaruh dalam menghadapi penyakit Covid-19 ini. Jadi buat temen-temen yang sampai detik ini belum vaksin, sebaiknya sih segera vaksin supaya tubuh bisa lebih kebal terhadap virus Covid-19 tersebut.

Kabar duka terakhir, gw dan keluarga harus merelakan kepergian Choky, sahabat berkaki empat kami. Matinya cukup mengenaskan pulak. ๐Ÿ˜ญ Tapi kini kepergian Choky telah digantikan oleh Leo dan Miso yang selalu energik mengonggong kalau ada orang lewat....

New Life Style

Karena mama dan Flo kena Covid-19, gw pun memutuskan untuk mengubah pola hidup gw yang berantakan dan semakin membuat gw gendut, menjadi pola hidup yang lebih sehat dan membuat gw jadi langsing. ๐Ÿ˜†

Puji Tuhan gw masih cukup konsisten dengan selalu minum perasan lemon di pagi hari dan minum vitamin hingga kini. Meski memang uang yang dikeluarkan juga jadi lebih ekstra... Tau sendiri kan lemon tuh ga mureehhh ๐Ÿ˜ฃ Apalagi harga vitamin huhuhu. Tapi daripada bayar RS karena sakit kan ye.. Harganya lebih mahal lagi! Mending gw mencegah daripada mengobati... Teman-teman ada yang ubah pola hidup juga ga nih?? 

Jalan-Jalan

Di tahun 2020 lebih banyak kegiatan di rumah aja. Beda sama tahun 2021 yang jadi lebih berani untuk pergi-pergi keluar. Tentunya dengan menjalankan prokes yang benar ya guys. Setelah dapat vaksin, gw sekeluarga jalan-jalan ke pantai Carita. Kami menginap 2 malam di Pantai Mutiara Cottage. Belum sempat gw buat posnya. Pan-kapan ya gw tulis. Tapi ga janji. ๐Ÿ˜ Sebetulnya jalan-jalan ini pun cukup dadakan. Tapi emang dasar ya, kalo yang dadakan tuh selalu jadi...

Selain jalan-jalan ke Carita, gw juga sempat staycation bersama 9 sekawan. Tapi kami mewajibkan untuk antigen sebelum nginap demi keamanan bersama... Maklum ada krucil-krucil kan. Jadi kami lakukan swap antigen semuanya supaya ga terjadi hal tak diinginkan seusai staycation ini. Nah karena staycation ini, dimulailah pembicaraan untuk menghadiri pernikahan salah satu sohib kami di Solo. Awalnya gw ragu buat pergi ke Solo. Tapi akhirnya karena pergi bareng-bareng lewat jalur darat, jadilah gw ikut hadir ke Solo. Tentunya sebelum pergi juga kami lakukan swap antigen kembali...

Gw ke Solo di bulan November, pergi rame-rame gitu 3 mobil dengan teman-teman. Ga konvoi sih. Tapi kami ketemu di hotel yang sudah dipesankan oleh sahabat kami yang menikah di sana. Seru deh jalan-jalan bareng temen-temen gini. Sudah lamaaa juga ga jalan-jalan bareng sahabat. Kayanya terakhir kali itu saat kami pergi ke Belitung dan itu sudah sangat-sangat-sangat lamaa....

Selain pergi ke Solo, gw dan Mr. Q juga pergi ke Cirebon yang lagi-lagi untuk menghadiri pernikahan sahabat kami berdua. Kali ini ragunya cuma sedikit karena Mr. Q itu jadi best man. Awalnya kalau gw ga bisa, ya Mr. Q mau ga mau pergi sendiri. Tapi akhirnya gw pun ikut jadi kami pergi berdua dan sayangnya saat kami berangkat ada terjadi kecelakaan di tol Jakarta-Cikampek sehingga kami harus terjebak dalam perjalanan selama 6 jam. Akhirnya gw masuk angin karenanya. Jadilah gw ga bisa makan malam dengan baik saat sampai di Cirebon. ๐Ÿ˜ญ Padahal makanannya enak-enak. Tapi apa daya badan ga mau menerima. ๐Ÿ˜ฅ

Meet Troofers

Setelah beberapa kawan Troofers merengek-rengek untuk diadakan pertemuan semacam outing. Akhirnya pak pimpinan pun memutuskan untuk mengadakan "Rapat Kerja" (raker) yang dibalut dengan suasana staycation di Cikreteg, Bogor. Raker ini dihadiri oleh para jejeran manajerial gitu. Jadi ga semua Troofers hadir di sini. Tapi cukup lumayan membuat happy karena akhirnya kami bisa bertemu fisik. Hehe. Tentunya kami diwajibkan untuk PCR dulu sebelum bisa ikutan raker ini.

Terus karena Desember kemarin Transfez menginjak dua tahun. (yes gw kerja di Transfez guys), diadakan gathering gitu di salah satu cafe Jakarta Selatan. Nah buat yang ini seluruh Troofers diundang buat datang. Tapi tentu saja prokes harus jalan dan sebelum datang, kami diwajibkan untuk swap antigen terlebih dahulu. Puji Tuhan kami semua negatif. Semoga Transfez makin berkembang ke depannya. Amin. #Grow2gether. ๐Ÿ˜‡

Watashi No Niwa

Tahun lalu kan gw memutuskan untuk adopt plant dan hasilnya??? Dari satu pot tanaman Portulaca Hana Misteria, kini gw sudah menelurkan 7 pot (kira-kira) anakannya. Memang sih bentukannya ga sebagus saat beli. Tapi lumayan lah ya jadi berkembang banyak. Cuma sayangnya kondisi tanaman mint yang gw rawat kini hanya tinggal satu pot saja. Padahal awalnya gw menelurkan banyak anakannya juga. Terus makin ke sini makin males rawat mint. Jadi yasudahlah... Satu pot cukup hahaha

Nah kalau kondisi lidah buaya. Awalnya satu pot, kini sudah ada 8 anakan pot. Malah sudah beranak lagi!!! Gw harus siapin pot-pot baru nih buat para cucu. Hihihi. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Terus mau update dikit soal succulent yang diberikan oleh kak Eka. Gw ga pandai merawat succulent memang... Jadi yang bertahan hidup cuma ada 3 tanaman saja dari 6 jenis tanaman yang diberikan. ๐Ÿ˜ฃ Eh tapi dari satu succulent yang entah itu namanya apa... Gw berhasil bikin anakannya gitu... Hingga kini sih satu anakan tumbuh subur jadi besar gituu... Terus sisanya karena di pot kecil.. Piyik-piyik gitu jadinya. Hehe. Puji Tuhan masih hidup ya saudara-saudara. ๐Ÿ˜† Buat Portulaca yang kak Eka kasih juga masih tumbuh... Merambat gitu sekarang jadinya... panjang-panjang ke tanah. Wkwkw. Maklum gw telat buat pruning-nya. Jadi aja keburu kepanjangan. Tapi berbunga banyak guys. ^^

Waaah lumayan juga ya kegiatan gw di tahun 2021 ini. Mulai lebih berani untuk ketemu-ketemu teman dan saudara-saudara... Mungkin karena sudah vaksin juga kali ya.. Jadi lebih berani buat keluar rumah... Kalau teman-teman gimana nih? Apa kegiatan yang paling berkesan di 2021? Bagaimana kilas balik 2021-nya?

14 comments:

  1. Pertama aku turut berduka atas kepergian Papi Mba fris dan Chocky ya ..
    Semoga beliau ditempatkan di tempat terbaik di sisi Tuhan. Amin

    Btw aku bacanya jadi ikutan seru. Apalagi pas tahu Mba Fris ke Carita... Aku udah lama banget nggk kesana. Terakhir tuh tahun 2020 itupun nggak ke caritanya alias ke Curug yg belokannya persis di sebelah hotel mutiara Carita itu.

    Ngomongin soal merawat Pohon. Setujuuu kalau Ngerawat pohon tuh susah emng ya mba. Aku kemarin udah seneng banget Tanaman Lavenderku berhasil revive setelah layu.. tapi setelah beberapa minggu malah layu lagi dan makin parah.. aku nggk tahu knapa bisa beini. Wkwkw. Akhirnya skrang jadi lebih banyakin tanaman kuping gajah karena mudah perawatannya. Hihi sama aglonema..

    Kalau aku tahun 2021.. yah walaupun cukup terpukul karena harus kehilangan Bapak. Tapi harus ekstra bersyukur karena setelah itu aku dapet banyak banget pertolongan buat bisa bangkit lagi. salah satunya pertolongan dari Mba Fris dan teman2 yang lainnya juga.. duh apalah aku tanpa kalian.. tsahh ๐Ÿ˜‚ terimakasih ya Mba.

    Menjelang akhir tahun juga sempat kena Covid. Awalnya aku kira gejalanya nggak bakal parah. Tapi ternyata cukup parah waktu itu. Karena benar2 nafas udah satu dua.. malah sewaktu ada disisi yang sulit banget nafas aku sempat mikir ttg kematian mba. Jujur aku takut, dan nangis pas itu. Tapi sekali lagi bersyukur banget karena Tuhan masih kasih aku kesempatan kedua.. ๐Ÿ˜‡ *duhh nginget ini jadi bocor lagi.. ehehe

    Ya semoga di Tahun yang baru ini, semuanya termasuk kita bisa menjadi versi yang lebih baik lagi.. Amin..

    Sehat dan sukses selalu Mba Fris..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bayu ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ Aku juga turut berduka untuk ayah Bayu...

      Ayo Bayu bikin ginian jugaaak hehehe Biar ada ringkasan 2021 uda ngapain aja wkwkwk

      Padahal Bayu ke Carita selemparan batu doang ya? ๐Ÿ˜œ Ayo ayo main ke Carita lagi hehee

      Wah aku malah baru tau ada curug deket situuu! Kirain cuma ada pantai doang wkkwkw

      Iya... ngurus taneman tuh susah-susah gampang... Yang diekspek bakal tumbuh sehat.. Eh bisa tiba-tiba mati. Huhuhu Jadi pada akhirnya rawat yang gampang perawatannya aja ya Bayu wkwwkwk

      Aku juga makasih ke Bayu... Bisa kenal Bayu jadi lebih berwarna hidup ini hehehe

      Duuuh ikut sedih ngebayangin di posisi Bayu saat itu... Untung sekarang masa kritis itu sudah terlalui dan sudah kembali sehat ya. Pasti sekarang jadi lebih menghargai hidup ini. Iya ga sih?

      Amiiiinnn. Plus semoga resolusi-resolusinya bisa tercapai!!

      Sehat dan bahagia selalu Bayu ^^

      Delete
  2. HAPPY NEW YEAR FRISCAAA! ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ Semoga tahun yang baru diberi semangat dan sukacita berlimpah yaaa untuk menjalani hari-hari.

    Aku turut berduka dengan kepergian beberapa anggota kerabat keluarga tercinta ): aku kok agak merinding pas baca bagian almarhum papi angkatmu, karena agak mirip dengan cerita omku. Beliau juga nggak mau vaksin dan akhirnya meninggal setelah seminggu lebih dirawat di ICu T_T semoga tahun ini keluarga kita diberi kesehatan yaaa. Jauh-jauh deh dari si copit ๐Ÿ˜ฅ

    Kok jadi pengen bikin kilas balik gini yaa di blog, wkwkwk. Kalau aku highlight-nya anak kedua lahir, udah itu aja ๐Ÿคฃ cerita lainnya seperti pemanis tambahan, hihi. Kalau dipikir-pikir 2021 kemarin berjalan lebih cepat dari 2020. Apalagi lihat anak bayik kok tau-tau udah mau 9 bulan ajah!

    Semangat terusss, Frisss! Take care always! ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy New Year ci Jane!!! ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ

      Makasih ci Jane. Aku turut berduka untuk kepergian om cc juga. Semoga saja kita semua diberi kesehatan selalu yaakkk. Copit segera minggat!!!

      Ayo ci dibikin kilas baliknyaaa hihihi
      Uwaaa tau-tau uda mau 1 tahun lagi ya Krystal.. Ihiiyy! Terus tau-tau uda bisa merangkak dan berjalan.. Yaampun cepet yaa >.<

      Cc juga semangat terus!! Tuhan selalu memberkati cc dan sekeluarga ^^

      Delete
  3. Selamat tahun baruuu Mbak Friiisss ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰
    Semoga tahun ini lebih berwarnaaa yaaa bisa kemana-mana dengan tenang hehe

    Btw, aku baca tulisan ini jadi kangen temen-temen. Udah lama banget aku gabisa kumpul fullteam karena ada yang atudi di luar, kerja di luar, ah nano nano sekali ๐Ÿฅฒ

    Aku sejak pertengahan tahun kmrn juga mulai belajar jaga makan. Moga aja makin ke sini bisa makin konsisten dan olahraga jugaa kalo ga males hehe ๐Ÿคฃ

    Seneng bangeet pastii bisa punya anakan taneman banyaaakk. Aku selalu mati deh kalo beli huhu ๐Ÿฅฒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga kak Dea!!! ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰
      Aminnn. Aku sungguh kangen bisa traveling huhuhu

      Waaaahh kalo sudah study di luar dan kerja di luar sih syuliitt berkumpul kak. Sekalinya mereka pulang, musti karantina duluu kaan hehe

      Semoga kak Dea makin konsisten dengan pola hidup sehatnya yaa.. Biar kesehatan terjaga hehehe

      Iyaa aku senang bisa beranak tanamannya. Tapi sebetulnya kalo dibilang indah, ga indah juga sih.. karena piyik-piyik ditancep2 doang hahaha Mungkin kak Dea belum nemu taneman yang cocok sama kak Dea hehehe

      Delete
  4. peluk jauh mbak Friska, turut berduka cita untuk papi sanak saudaranya
    jadi inget post Choky, sedihh akutu

    baideweiiii selamat taun baru dan semangat terus di taun 2022 ini
    kalau kilas balik 2021 ehmmm kayaknya aku merasa flat aja ya, apalagi sejak corona, awal-awal dulu dan beberapa bulan sempat WFH sesekali, jadi kayak ga kemana-mana agendanya, ngemall aja pas baru dibuka beberapa bulan terakhir ini, macam kalap hahaha.

    terus sempet isolasi juga sebulanan, jadi bed rest kerjaannya dan baru pas isoman ini aku rajin minum lemon mbak, kalau dulu mana mau minum jeruk beginian, vitamin apalagi, sebelum corona ga pernah minum vitamin kecuali pas sakit terus ke dokter, baru dikasih vitamin

    waktu terpapar covid, udah mikir ya ampunn banyak bener vitamin yang dibeli dan emang harganya wowww fantastis jumlahnya, pokoknya cepet sembuh pengennya, apa aja dikonsumsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluk virtual kak Ainun juga ๐Ÿค—
      Makasih kak Ainun. Kematian Choky emang tragis sih kak... Sungguh ga disangka-sangka...

      Selamat tahun baru juga kak Ainun!!! Tahun baru semangat baru yesss...

      Ah tapi kayanya kak Ainun beberapa kali jalan-jalan gitu ga sihhh? Aku soalnya berasa virtual traveling baca blog kak Ainun hehe

      Saat terkena Covid obatnya banyak banget emang ya kak. Aku liat obat punya mama dan adekku aja tuh busyeett deh bejibuuunn.. Harga vitamin emang kaga kaleng-kaleng ya kak hahah Tapi buat maintain health yaudalaah daripada sakit harganya lebih mahal lagi :")

      Ayo konsumsi lemon tiap pagi terus kak Ainun... Lumayan kan itu antioksidan alami hehehe plus asupan vitamin C

      Delete
  5. Selamat tahun baru ya Mbaaaa ๐Ÿ˜† semoga tahun ini jauh lebih baik dan semoga bahagia selalu!

    Turut berduka cita ya Mba atas kepergian keluarga Mba... semoga tenang di tempat yang baru dan keluarga juga selalu disabarkan dan dikuatkan.

    Btw, Mba aku juga nih sejak pandemi menggendut karena kan sempet takut banget ya mau keluar rumah jadinya mendep doang dan makan terus. Aku juga dulu rutin banget minum vitamin tapi akhir-akhir ini mulai kendor nih ๐Ÿคฆ‍♀️ padahal mah masih belum kelar ya pandeminya...
    Tahun ini juga aku berani keluar dan ketemu teman-teman juga. Senang rasanya sudah mulai membaik karena yang vaksin juga sudah lumayan banyak.

    Semoga tahun ini kita benar-benar bisa makin "bebas" untuk keluar ya Mba ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru kak Tika ๐ŸŽ‰ Amiiinnn. Semoga jadi tahun yang lebih baik.. bisa bebas covid.. AMIN.

      Terima kasih ya kak Tika untuk doanya ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™

      Karena banyak yang sudah vaksin, jadi lebih berani buat keluar ya kak. Dulu mah boro-boro buat keluar... Ngeri gitu tiap keluar rumah huhuhu
      Pandemi malah bikin kak Tika jadi gembul ya? Hehehe Ayo kak diubah pola hidup dan makannya biar makin sehat eheheh

      Delete
  6. Happy new year mbaa friskaaaaa ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐ŸŽ‰. Semoga tahun ini bener2 jadi blessing buat kita semua yaaaa ❤️.

    Ikut berdukacita buat meninggalnya papa angkat juga choky. 2021 memang berat bangt Krn gelombang delta ๐Ÿ˜ญ. 2020 aku kehilangan mama Krn COVID, tapi 2021 kebanyakan teman kantor, paman dan Tante. Sedih sih memang.. jauh lebih banyak meninggalnya.

    Tapi pandemi ini juga ngerubah banyak hal, dalam kebaikan sih. Aku pun ga pernah stop lagi minum multivitamin mba ๐Ÿ˜. Dan olahraga tiap hari, cuma pola makan jadi LBH terjaga. Aku makan nasi hanya sekali dalam seminggu, sisanya kentang kukus. Jadi berasa sih manfaatnya, perut ga begah. Dan selama pandemi memang jaraaaaang banget sakit. Sempet flu, tapi dihajar Ama air putih anget dan klorofil, LGS sembuh besoknya.

    Sepertinya memang pandemi usaipun, kebiasaan olahraga, makan tratur dan multivitamin bakal tetep aku lakuin. Budget memang bengkak, tapi kesehatan LBH penting kan ๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy new year kak Fanny!!! ๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰๐ŸŽ‰ Amiiinnnn.. ๐Ÿ’•

      Turut berdukacita juga ya untuk kepergian mama, paman, tante, dan teman kak Fanny. Covid emang ga kaleng-kaleng ya kak. Merenggut nyawa saudara, teman, dan kenalan kita huhuh

      Toss dulu kak yang jadi rajin minum vitamin ✋. Iya sedikit banyak si pandemi ini ada sisi positifnya juga. Salah satunya ya jadi ubah pola hidup. Aku bener-bener jadi niat ubah pola hidup ya sejak mama dan adikku kena covid kak. Langsung beli vitamin dan ubah pola hidup hahaha

      Wow kak Fanny lebih hebat lagi.. Makannya kentang kukus kebanyakaan... Terus imun jadi makin kuat ya kak.. Aku juga uda jarang batuk pilek. Biasanya tuh aku tiap tahun langganan batuk pilek. Setaun bisa lebih dari 2x ckckck

      Iya kak, aku juga rencana akan tetap konsisten untuk jaga kebiasaan hidup sehat ini. At least ga lepas vitamin dehhh.. Soalnya kan tubuh butuh asupan vitamin yang ga bisa dipenuhin dari makanan doang yak. hehe

      Delete

Powered by Blogger.