Vaksin Covid-19 Pertama

May 03, 2021

Sebelum keburu basi, gw mau cerita pengalaman pertama gw vaksin Covid-19 untuk pertama kalinya. Gw pertama kali vaksin Covid-19 ini di Selasa kemarin tanggal 27 April 2021. Gimana caranya gw yang golongan rakyat jelata ini bisa dapet vaksin?? Maksud gw rakyat jelata tuh gw belom tergolong nakes alias tenaga kesehatan yang jadi prioritas utama. Bukan juga tergolong lasia yang emang diduluin dapetnya kan. Gw cuma karyawan biasa yang work from home. Tentu kalian bisa liat kan kalo gw ini masuk di golongan paling ga prioritas ya. Huft.

Mulai pada julidin gw ga? Semoga engga ya. 😅

Nah kenapa gw bisa dapet vaksin Covid-19? Ceritanya berawal saat negeri api menyerang. Eh itu mah Avatar The Legend of Ang. Ini gw bukan mau ceritain avatar ya ceu 😜 Kembali fokus, puasa masih lancar kan?? Padahal gw kaga puasa 😅 Jadi cerita awalnya itu ketua grup WA pelayanan gw itu nyuruh anggota-anggotanya isi data gitu dengan keterangan diisi "belum/sudah vaksin". Gw yang rakyat jelata ini tentu isi keterangan dengan belum vaksin dong ya. Saat itu tanggal 10 April 2021. Gw pikir ya ini mungkin pengen data aja para pelayanan ini uda pada vaksin belom. Kalo uda syukur, engga syukurin ya ga apa-apa. Ga ada dalam benak gw kalau gw akan dapat vaksin kala itu.

Tanggal 20 April 2021, admin di grup pelayanan itu menghubungi gw dan ngasih tau kalo gw didaftarin untuk terima vaksin. UWOOOW. 🤩 Terus dia nanya bisa ga gw hari jumat itu, 23 April 2021, untuk ikut vaksin. Sayangnya di tanggal segitu gw lagi ada meeting penting. Jadi dengan berat hati gw menolak tawaran vaksin itu dan menanyakan jadwal lain bagaimana. Puji Tuhan masih bisa ikut di jadwal lain dan gw atur jadwal di tanggal 27 April 2021. Yeay!!!! Vaksin Covid-19 pertama 😁😁😁

Jadi gimana prosesnya??

Gw dihubungin sama ci Ch untuk persiapan vaksin di hari Seninnya. Persiapannya tuh tidur cukup dan makan dulu paginya, serta siapin KTP dan bawa pulpen. Malam itu gw bobo pukul 10an malam. Padahal biasanya jam 11 ato jam 12 malem baru bobok wkwk. Karena musti bobo cepet ini, gw jadi agak susah tidur tuh. Uda mana lampu kamar terang benderang kan karena si Mr. Q masih depan laptop di pojokan kamar. Mau ga mau gw tidur dengan lampu terang yang bikin gw makin susah bobok. 🤣

Esok paginya gw bangun jam 5.30 dan siap-siap. Sarapannya nasi dan soto daging santen sisaan semalem gitu dong. Buset dah pagi-pagi makan nasi soto 😅 Tapi ya karena musti makan dulu jadi yauda tetep dijabanin makan nasi soto daging. Jam 7 pagi gw uda siap jalan. Tapi kayanya kepagian. Jadi gw sempet-sempetnya main Mobile Legend 1 game 🤣🤣

Jam 7.30 gw order taksi daring. Iya taksi daring, soalnya Mr. Q kaga mao anterin gw ke Mall@Basura. Maklum ya sis jarak dari rumah ke mall@Basura tuh bisa 20 km lebih jadi doi nyuruh gw naik taksi daring aja 😑. Pas gw uda order taksi daring, eh papa (mertua) malah nyuruh aku dijemput sama mas Ron. Cuma ga akan keburu karena mas Ron aja rumahnya di Timur. Masa doi dari Timur ke Barat terus ke Timur lagi. Kasian kaaann... Jadi gw bilang aja ke papa untuk tetep pake taksi daring.

Jam 7.40an taksi gw nyampe dan gw pun berangkat setelah pamitan sama keluarga. Wah gile jalanan arus sebaliknya dari gw tuh macet bangeeeettt. Gw pikir karena lagi pandemi gini kan jalanan ga sebegini padetnya kan. Taunya sama aja. Kata pak supir taksi juga gituu. Sama aja mau pandemi maupun engga. 😅 Untung aje si Mr. Q kaga anterin gw, kalo engga dia mateng di jalan balik ke baratnya. 🤣

Jam 8 lewat dikit akhirnya gw sampe Mall@Basura. Gw bingung dong ya ini lokasi vaksinnya di mana. Gw juga baru pertama kali ke Mall@Basura jadi lieur juga ya lokasinya. Untung ada petugas bersih-bersih depan lobi dan doi tau lokasinya. Dia pun ngarahin gw ke East Lobby. Oke sip gw jalan ke sono jalan kaki dan naik ke lantai 2 karena janjian ketemunya di lantai 2, di area food court gitu. Setelah ketemu stand pendaftarannya, gw disuruh isi form diri gitu. Abis itu tinggal nunggu dipanggil deh.

Setelah beberapa lama, akhirnya nama gw dipanggil. Kalo ga salah ada  lima stand gitu dan tiap stand dipanggil gitu per 5 orang. Tapi ganti-gantian tiap stand. Nah abis dipanggil, kita diarahin ke tempat lain. Terus di situ form diserahkan ke petugas vaksin terus nunggu di kursi yang disediakan. Duduknya masih di luar ruangan. Terus nanti disuruh masuk ke dalem. Nah pas di dalem masih harus nunggu sampe nama dipanggil. Kira-kira 30 menitan nunggu nama dipanggil.

Setelah dipanggil, sama petugas disuruh sebutin nomor HP, diberikan form yang sebelumnya gw isi, dan kembali diarahkan untuk duduk di kursi antrian. Jadi tiap orang duduknya geser-geser gitu sampe dipanggil untuk cek tensi. Akhirnya tiba giliran gw cek tensi. Ditensi sama suster dan nilainya 152 dong tensi gw. Suster menyarankan gw untuk rutin cek tensi karena tensi orang normal itu di 90-120 dan gw di 152?! WHAT?!!! Tensi gw tinggi begini karena abis makan sate kambing semalem dan sarapan soto daging santen masa?? Huft. Semoga demikian. Gw bilang sih ke suster mungkin tensi gw tinggi karena tegang. Tapi gw yakin suster itu ga percaya karena setegang-tegangnya orang, ga mungkin tensi sampe 152 kan??? 😣

Setelah tensi, gw disuruh masuk ke ruangan lain melewati ruangan observasi dan langsung duduk di kursi lagi sebentar nunggu giliran disuntik. Ga lama sih. Kaya baru nempelin pantat eh uda disuruh berdiri lagi. Setelah di kursi vaksin, formnya diminta dan ditandatangan oleh dokter yang memvaksin gw. Dokter infoin kalo nanti akan terasa pegang di area yang habis divaksin. Gw iya-iya aja tanda paham.

Jarum suntiknya kecil jadi ga sakit. Kaya dicubit aja gitu. Terus gw langsung merasakan area bekas disuntik jadi pegal. Setelah disuntik gw disuruh duduk (lagi) di ruang observasi. Nunggu sekitar 30 menit sampai nama gw dipanggil dan diberikan kertas sertifikat kalo gw sudah vaksin pertama Covid-19. Pas gw lagi nunggu dipanggil itu pun gw dapet SMS notifikasi berupa e-sertifikat vaksin Covid-19 dan diberitahukan jadwal vaksin Covid-19 kedua. Nah pas nama gw dipanggil, petugas juga ngasih tau jadwal vaksin kedua.

Keluar dari ruangan, gw ketemu sama ci Ch dan ngasih tau kalo vaksin kedua itu akan ada di sini lagi. Hampir gw miskom ye kan. Gw kira bakal di RS Premier Jatinegara soalnya dari info SMS yang gw dapet tuh dibilanginnya gitu. Jadi jadwal kedua vaksin Covid-19 gw itu di tanggal 25 Mei 2021. Semoga saja lancar juga kaya vaksin Covid-19 pertama.

Efek setelah vaksin Covid-19 pertama gimana??

Orang-orang ada yang bilang merasakan pegal hebat atau engga lapar setengah mampus. Adek gw dan mama gw kan sudah tuh ya vaksin Covid-19. Sudah dua kali malah. Mama sih kaya biasa aja paling pegel ringan. Adek gw merasakan lapar hebat. Kalo gw sih biasa-biasa aja sih. Paling pegel di area yang bekas suntik aja. Ga sampe satu tangan. Terus kalo gw tidur miring dengan tumpuan yang bekas vaksin juga berasa ngilu. BTW gw disuntik di lengan kiri biar ga ganggu aktivitas karena gw dominan pake tangan kanan. Ya meski kalo ngetik mah tetep ya pake dua tangan. huehehe

Sampe tulisan ini dirilis, tangan gw masih pegel. Tapi ga sepegel di awal-awal habis vaksin sih dan gw ga ada keluhan apa-apa yang gaswat.

Kalo temen-temen sudah vaksin Covid-19 belum?? 😃

25 comments:

  1. Ternyata bener ya kalai bikin pegel selama berhari-hari setelah vaksin, aku belum ngerasain vaksin, sih. Baca ini jadi tahu beneran gimana harus siap-siap buat vaksin nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pegeel tapi ga yang sampe mengganggu kok kak heheh
      Sip kak semoga akan tiba saatnya dapet jatah vaksin buat kakak ya!! ^^

      Delete
  2. Seru - seru mba ceritanya.. hoho 🤣
    Btw, mba kalau main ML sering pke hero apa?? Wkwkw *maaf ye OOT.. haha 😅

    Perjuangan banget ya Mba.. tapi nggak papa. Demi masa depan yg gemilang. *apaan dah 🤭. Semoga Mba Fris dan sekeluarga setelah di Vaksin imunnya bisa lebih kuat menghadapi Coronce.. tapi tetap ingat Prokes ya Mba. Hihi🤣😂😁

    Btw, tempatku juga udah mulai juga nih.. beberapa. Aku harusnya masuk sih ke tahap ini, tapi nggak jadi karena ada catatan dokter Asma Belum Terkontrol jadinya diundur.. wkwk 🤣🤣 yowis. Tak apa.. besok2 mngkin bisa.

    Sepertinya efek sampingnya pegal2 sama lapar ya Mba. Soalnya temen ku itu juga setelah vaksin efeknya kelaparan kaya orang yg belum pernah makan.. wkwk 🤣🤣

    Btw, terimakasih untuk ceritanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngerank aku main pake Chang'e tapi kalo mage uda keburu diambil, aku pake mm macam si cewe kuncir dua bawa senapan gede. Lah kok jadi lupa namanya siapa yaa hahahah Apakah miya?? eh kayanya bukan. hmmm
      Kalo main biasa, sukanya pake Vale karena lagi latihan hahaha
      intinya sih aku suka main jadi mage 🤣 ato support ato mm haha anaknya main jarak jauh soalnya kalo yang jarak dekat entah mengapa ga sukaaa wkwkw
      Kalo bayu gimana?
      #lanjut OOTnya

      Betul-betul. Meski sudah vaksin, tetep prokes jalan terooosss. Malah ini juga di rumah mulu hari-hari biasa hehehe

      Waah semoga Bayu juga bisa dapet vaksin yaaak! Pas isi form checklist itu aku pun jadi tau siapa-siapa aja yang ga boleh vaksin dulu. Syukurlah aku ga tergolong dalam daftar orang-orang yang belum boleh vaksin. Jadi bisa vaksin pertama deh hehe

      Iyaa orang-orang pada bilang gituu kan. Pegel kalo engga lapaar hahaha
      Tapi kalo pegal sih emang wajar. Sebelumnya pas aku vaksin difteri juga pegal-pegal malah lebih pegal rasanya daripada vaksin Covid-19. Kalo difteri pegalnya sampe satu tangan dan beberapa hari gituuu.

      sama-sama Bayu. ^^

      Delete
    2. Lohh toss dulu kita sama2 mage club 🤣🤣..
      Andalanku yah kalau nggak oddete, pharsa, kalau nggk kagura (tapi ini susah), terus Herman.. ehh siapa geh.. itu tuh yg tukang main kartu. Lupa namanya.. 🤣🤣 kok herman sih lah disangka orang Jawa apa yakk..

      Laila mba.. 😂

      Aminn... semoga bisa dpet vaksin..😇

      Delete
    3. weeiish mage player juga ternyataaa. Dulu aku suka pake oddete tapi lebih enak chang'e hahah soalnya lebih jarang mati ketimbang si odette 😂
      Kok Herman sih Bayu? aku jadi inget pak Herman temennya mas Agus hahaha
      Itu yang pake topi bukaan? Harley apa ya? aku juga lupaaa wkwkw
      Sudah ranked apa nih Bayu?

      Oia layla!!! wkwkwkw maapin lupaa. Kadang pake layla kadang pake Granger. Tapi itu jaraaaaaangg banget.

      Delete
  3. Wah seneng banget udah di vaksin, aku kapan? Huhuhu 🤭 nunggu giliran deh. Btw ternyata kak Frisca gak suka tidur pake lampu terang ya, samaaa. Tapi apa daya, karena anak - anak masih tidur sama emaknye ye kaaan jadi ya terpaksa tidur nya terang banget 😅

    Btw, bicara soal vaksin sebetulnya aku agak takut karena ada beberapa kasus yang Memperlihatkan efek samping yang ngeri itu kan , tapi sekarang sih gak takut lagi. Karena beberapa tetangga udah vaksin dan baik baik aja.

    Kalau gak di vaksin gak ada langkah preventif tambahan dari virus kan yaa. Semoga secepatnya kebagian nih, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kak Eka bisa segera dapet juga ya!! Hehehe. Betul kak. Tidur gelap lebih nyaman daripada terang-terang dan menurut riset, lebih bagus tidur dalam keadaan gelap. Hehe Kalo anak-anak tidurnya harus terang ya? Coba aja pelan-pelan pake lampu tidur gitu kak?

      wah aku malah ga pernah liat efek vaksin yang mengerikan. Emang jadi kenapa gitu kak Eka??

      Betul kak. Vaksin ini sebagai langkah preventif. Meski memang masih tetap bisa tertular tapi efeknya ga sampai parah kan.

      Amiiiinn. Semoga cepet dapet jugaaa hehe

      Delete
    2. nah itu masalahnya, mereka gak mau pake lampu tidur. anak kecil kan takut hantuuuuuuu, wkwkwkwk. ya udah saya ngalah.

      beritanya simpang siur sih tentang efek vaksin itu, di kita belum ada kasusnya. tapi di eropa ada. gak usah gugling kak, malah bikin panik., kalo di kit agak kasus berarti aman kak.

      semogaaa secepatnya kebagian, hehehe

      Delete
    3. hihihi lucu juga kecil-kecil uda takut hantu kak eka hahaha

      haha bener juga. Iya ga aku googling kok hehehe

      amiiinn kak

      Delete
  4. Aku belum, Kak. Dan sepertinya aku bakalan gemeter dan dugun-dugun terus kalau dapat jadwal buat vaksin. Soalnya aku takut jarum suntik. Apalagi pas lihat pak presiden divaksin, tangan dokternya sambil gemetaran, dong, aku makin takut jadinya. 🥺

    Ngomong-ngomong, tensi tinggi bisa jadi gara-gara tegang, Kak. Aku dulu pernah antar suami medical check up. Dan tensinya 140, padahal biasanya sekitar 115-120. Ternyata eh ternyata gara-gara sebelum tensi, doi sempat diambil darahnya dulu. Padahal si suami sebelas-dua belas sama aku. Sama-sama takut banget sama jarum suntik. Jadi kondisi dia di tensi, sambil deg-degan, lemes, dan tegang. 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tangan dokter gemeteran karena vaksin pertama juga kan. Jadi tegang dan itu disuntik ke pak presiden di siaran langsung. Pasti jadi tegang hahaha 😅
      Tapi kalo yang takut jarum suntik sih juga pasti tegang banget ya kak. Aku agak tegang juga si tapi ga yang sampai berdegub kencang hehe

      engga kak, itu kayanya efek makan sate kambing semalem kak Roem. Jadi setinggi itu haha Terus emang cek juga di rumah dan tensiku 126. Memang tinggi nih hiks

      Delete
  5. Woooaah, mantepp itu mbak. Ku jg udah divaksin nih. Udah vaksin ke dua.
    Kapan2 mau cerita di blog deh.. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiiiww uda vaksin kedua ajaa!
      ayo diceritain di blog hihihi

      Delete
    2. Jangan dulu mas Dodo, mendingan cerita kultur shock liat cewek cewek pakai pakaian mini.😂

      Delete
    3. wadow wadow ini mah Mas Agus yang ngebet yaaak wkwkw

      Delete
    4. waahahahaa, hobi banget bacacin cerita yg itu. Udah kelar kok om Agus :))

      Delete
  6. Aku belum di vaksin mbak, mungkin karena pengacara (pengangguran banyak acara) jadinya agak lama, diprioritaskan dulu buat yang kerja.

    Alhamdulillah lancar saja ya vaksinasi nya, semoga saja cuma pegal pegal doang tidak ada efek lainnya, semoga lancar lagi vaksin yang kedua nanti mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mas Agus kepo-kepo ke puskesmas setempat. Kali aja dapet jatah hehehe

      Iya sejauh ini lancar-lancar mas Agus hehe. Tinggal nunggu vaksin kedua hehe

      Delete
    2. Oh berarti ke Puskesmas terdekat ya biar tahu ada jadwal vaksin atau ngga. Makasih infonya mbak

      Selamat hari raya idul Fitri ya mbak Roem, mohon maaf lahir dan batin kalo banyak salah selama ini dalam ngeblog, baik komentar ataupun artikel atau lainnya.🙏🙏🙏

      Delete
    3. iya mas Agus. Mana tau masih buka pendaftaran. Akhirnya ke puskesmas kah??

      Selamat hari raya Idul Fitri juga ya mas Agus. Mohon maaf lahir dan batin 🙏🙏🙏

      Delete
  7. berarti kebanyakan yang udah divaksin, efeknya pegel pegel gitu ya mba
    tempatku sini belum ada tanda tanda akan vaksin, malah ada yang bikin jalur mandiri juga dari club tertentu
    kalau per kelurahan di tempatku rasanya adem ayem aja mba
    aku sendiri juga heran, mungkin diutamakan yang nakes dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan pegel-pegel. Tapi emang kalo vaksin, bukan vaksin covid-19 pun efeknya pegel-pegel kak Ainun hehe

      Wah itu gimana ceritanya jalur mandiri? emang ada ya kak ainun?

      mungkin daerah kak Ainun ga zona merah apalagi hitam ya? Jadi masih aman-aman dan belom jadi prioritas kali ya?

      Delete
  8. Selamat mbak Friska akhirnya udah vaksin Covid-19 pertama! Eh tapi, yaaaa ampun itu emang tensi 152 tergolong tinggi lho untuk mbak yang masih muda dan apalagi nggak ada riwayat hipertensi. Jangan terlalu dipikirin berat-berat, yaah.. apa jangan makan yang berat-berat, maksudnya jangan makan daging kambiang hehehe...

    Semangat ya untuk vaksin ke-2 nya mbak tgl 25 Mei nanti. Part yang paling lucu adalah, "baru nempelin pantat bentar ke kursi udah keburu dipanggil" wkwkwk :D kocak. Tapi bagus kan kalau pelayanan vaksinasinya cepat, sistematis dan ramah. Meski udah vaksin tetap selalu gunakan masker di luar rumah dan jaga jarak dari orang lain atau hindari kerumunan ya. Salam sehat selalu mbak Friska.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Intan. Iya nih akhirnya kebagian vaksin Covid-19 juga nih ehhehe

      Iya tuh tensinya 152 kak huhuhu sungguh tinggi!!! Makanya aku ngurangin tuh makan daging kambingnya biar ga setinggi itu tensinya

      Aku ga nyangka secepat itu dipanggil buat suntiknya. Bener-bener baru nempelin bentar eh uda disuruh duduk di kursi suntik hahaha

      Betul kak! Harus tetap jalan prokesnya hehe

      Salam sehat juga kak Intan ^^

      Delete

Powered by Blogger.