Lifestyle of Health 1 dan 2 (LOH1 dan LOH2)

July 11, 2021

Lifestyle of Health 1 dan 2 (LOH1 dan LOH2) mulai gw jalani akhir-akhir ini. Tentu hal ini didorong oleh pandemi virus Covid-19 gelombang dua di Indonesia yang sungguh semakin parah. Awalnya gw pikir setelah banyak yang vaksin, kehidupan ini akan semakin membaik. Eh taunya sejak lebaran 2021 ini, pertambahan jumlah orang yang terinfeksi malah semakin banyak. Gila. Pecah rekor terus setiap harinya boo. Inner circle gw pun tak terelakkan terjangkit virus Corona. Padahal ada yang sudah menjalankan protokol kesehatan yang cukup ketat, tapi masih saja terinfeksi. Apalagi yang ga jalanin protokol kesehatan ya? Jangan-jangan sudah auto terjangkit Covid-19. 😣 BTW, kalian penasaran ga apaan tuh LOH1 dan LOH2?? Pasti penasaran kan?? Iya kan?? #jadimaksa 😜

💊💊💊

Sejak gw mendapatkan kabar kalo keluarga gw ada yang positif Covid-19, gw langsung banyak membeli vitamin/suplemen dan mengubah pola hidup gw. Gw kirim-kirimin juga vitamin dan suplemen yang gw beli untuk adek dan mama gw di kota sebelah biar sekalian order. Awal mulanya sih karena sepupu gw mengenalkan gw dengan komunitas hidup sehat yang dia ikuti, yaitu komunitas KEN Beauty and Health.

Ceritanya itu sepupu gw nge-WA dengan menanyakan suplemen apa saja yang gw minum saat itu karena Covid-19 lagi parah banget kan. Saat itu gw cuma minum madu clover setiap hari, sesekali vitamin C 1000mg dan minyak ikan. Sesekalinya tuh bener-bener sebedug sekali gitu. Kalo inget doang. Banyakan ga minumnya deh kayanya. 😅 Terus sepupu gw ini nyuruh gw minum D3 5000. Saat itu dengan pengetahuan gw yang masih cetek, gw kira maksud dia itu minum vitamin D3 yang harganya 5000 rupiah satu butirnya. 🤣 Terus doi kirimin tuh Youtube-nya mba Niken berjudul Tanya Mbak Niken #1: Rahasia Vit. D hingga Kulit Glowing dan video tentang vitamin D dari seorang dokter gitu. Plus link webinar dengan pembicara mba Niken tersebut (Niken Tantyo Sudharmono) pada hari Sabtu, tanggal 26 Juni 2021.

Jujur aja, saat itu gw masih merasa itu cuma angin lalu. Gw cuma nonton video dari seorang dokter tersebut, tapi skip nonton videonya mba Niken. Apalagi minat untuk ikutan webinar-nya aja kaga ada. 😅 Bener-bener cuma gw anggap "enteng" aja dah. Terus sampe akhirnya adek gw terdiagnosa Covid-19 dan gw cukup panik. Mulai dah gw beli vitamin D3 5000 iu dengan merk yang sama yang diminum oleh sepupu gw itu.

Hari Sabtunya, gw memutuskan untuk ga ikutan Mr. Q ke tempat kerja karena gw riskan dengan Covid-19 yang lagi tinggi-tingginya. Gw pun di rumah aja saat itu, berencana untuk beres-beres ceritanya. Eh jam 10an, sepupu gw itu WA gw, ngingetin soal webinar mba Niken itu. Gw pun putusin untuk ikutan. Dari situ, pola pikir gw langsung berubah. Gile, si mba Niken ini keren bener. Seorang penyitas autoimun, umur 40an, tapi muka masih glowing dan kencang kaya umur 30an. Bahkan doi saat itu tanpa make up, tapi mukanya mulus benerrr kaya Song Hye Kyo... 🤩

Selain cantik, mba Niken ini smart dan cara penyampaian materinya tuh bagus banget. Semua based on Jurnal medikal gitu dan dia sudah buktikan sendiri. Gw suka sama pembawaannya mba Niken saat webinar. Ya meski saat gw tonton Youtube-nya, rasanya kok jadi lain intonasi bicaranya. Enakan pas webinar. Mungkin karena pas webinar itu kan ngomong langsung ke orang ya, sedangkan kalo Youtube, ngomong sendiri gitu depan kamera, jadi cara ngomongnya terkesan baku banget. Beda sama pas webinar. Oke skip opini ga penting gw, balik lagi ke soal LOH. Saat itu tuh selain ngejelasin soal makanan, mba Niken sempet singgung-singgung soal LOH alias Lifestyle of Health 1, 2, dan 3. Gw bingung kan, apaan sih LOH-LOH ini?! Maklum, gw kan anak baru, bener-bener buta soal pola hidup sehat. Yang gw tau, pola hidup sehat itu ya empat sehat lima sempurna doang. 😜

Di akhir webinar, diberikan link Telegram untuk gabung dengan komunitas sehat KENSkincare. Gw pun langsung ikutan join. Terus diberikan Juklak (petunjuk pelaksana) dari LOH.

Mba Niken dalam webinar maupun di Youtube-nya selalu mewanti-wanti untuk ikut LOH1 dan LOH2 dulu, jangan langsung ke LOH3 karena nanti tubuh kita akan kaget. Jadi harus bertahap dari LOH1 dan LOH2, baru setelah badan siap, masuk ke LOH3. Gw pun saat ini sedang menerapkan LOH1 dan LOH2 meski ga bener-bener sempurna sih.

💊💊💊

Jadi apaan sih LOH-LOH ini??

LOH1 ini adalah pola hidup dengan melakukan pantangan terhadap makanan manis, susu dan turunannya (keju, kue, dairy product lah pokoknya), kopi, es krim, coklat, meminimalisir karbohidrat, atau melakukan treatment leaky gut/treatment candida/treatment hormonal.

Dalam LOH1 ini sih gw cuma mencoba ga makan manis (meski kadang kecolongan juga sih karena kemaren baru aja gw beli Yogurt Strawberry dan kadang-kadang masih minum es jeruk peras yang pakai gula). Ga minum kopi. Buat kopi sih gampang buat gw karena gw emang ga suka kopi. Entah mengapa tubuh gw ini bergejolak kalo gw minum kopi. Jadi gw ga suka sama kopi. Efeknya bikin ga enak badan ceu. Terus es krim agak sulit sih, uda mana belom lama gw baru beli es krim pulak. Tapi di awal-awal itu gw sempat bisa tuh kaga makan es krim sama sekali. Baru makan es krim hari ini karena dikasih es krim potong sama kakak ipar. Jadi mau ga mau gw makan. Es krim alpuket coklat pulak. Uda kecolongan 3 poin tuh (gula, susu, es krim). Untuk minimalisir karbohidrat, gw masih lakukan sampai hari ini. Nasi putih gw cuma makan 5 sedok makan kali. Terus gantinya apa? Gw makan tumis brokoli dan wortel ato timun Jepang mentah karena dari sayur-sayur itu terdapat karbohidrat komplek pengganti nasi yang memiliki karbohidrat simple.

Malahan ya, pas lagi semangat-semangatnya di hari pertama, gw ga makan nasi sama sekali loh. Gila kan?! Padahal gw ini paling banyak makan nasi kalo di rumah. 😅 Orang serumah langsung bingung karena tiba-tiba gw ga makan nasi. Tapi gw pun nyerah di hari Minggu malamnya (jadi hari kedua malam uda nyerah). Soalnya entah mengapa gw mual dan berasa kembung gitu. Jadi aja gw makan pake nasi 3 sedok makan. Terus sampe sekarang jadi tetap pakai nasi gitu, meski lebih sedikit dari porsi biasanya gw makan.

Terus LOH2 itu adalah setiap pagi saat perut kosong, minum perasan lemon murni tanpa air, tanpa madu. Benar-benar perasan lemon saja. Kemudian minum rebusan jahe dan bawang putih (untuk candida/jamur), serta minum suplemen atau vitamin dasar, yaitu glutahtione, vitamin D3, dan probiotik.

Untuk konsumsi lemon, gw mulai nerapin ini dari hari Minggu tanggal 27 Juni 2021 karena pas tanggal 26 Juni 2021 itu kan gw baru kelar webinar dan mulai belanja buah dan sayuran di Sabtu sorenya. 😅 Awalnya gw skeptis kan, masa aja minum perasan lemon saat perut kosong?! Kaga sakit apa lambung??? Eh setelah dicoba sendiri, beneran loh ga kenapa-kenapa lambung gw. Karena menurut jurnal (yang dikasih tau oleh mba Niken juga sih), lemon ini akan berubah menjadi basa setelah masuk ke dalam tubuh. Meski terlihat asam di luar, tapi malah berubah basa di dalam tubuh. Ajaib ya.

Untuk rebusan jahe dan bawang putih sih gw masih belum konsumsi ya. Mau coba sih, tapi nanti deh. Habis kayanya ga enak gitu minum rebusan jahe beserta bawang putih. Dalam otak gw rasanya iuuuwww... 😂

Nah masuk ke suplemen atau vitamin dasar. Gw beli tuh tiga-tiganya. Gluthatione dikonsumsi pagi hari saat perut kosong. Biasanya gw abis minum perasan lemon, gw minum gluthatione 1 kapsul dengan air hangat. Terus karena gw mengurangi makan manis (biasanya gw sarapan roti atau wafer atau yang manis-manis), gw pun jadi ga pernah sarapan. Baru minum vitamin D3 5000 iu setelah makan siang karena sebaiknya minum vitamin D3 itu setelah makan. Lalu probiotik gw minum pada malam hari sebelum tidur. Anjurannya sih diminum saat perut kosong biar bakteri baiknya cepet nyampe ke dalam usus. Kalo habis makan, keburu mati sis bakterinya sama asam lambung kita yang aktif akibat mencerna makanan yang baru kita makan.

Terakhir nih LOH3, yang sampe detik ini belum gw terapkan karena sulit ya sis. LOH3 itu adalah makan dengan jendela makan satu jam saja. 23 jam sisanya hanya minum air (OMAD: one meal a day). Seperti puasa 23 jam tapi minum air dan suplemen juga. Hal ini untuk mengejar kondisi autopaghy, yaitu menghidupkan kembali alarm tubuh. Minum air putih 3 liter per hari dalam satu jam maksimal 1 liter saja.

Poin yang perlu digaris bawahi sekali lagi, tidak boleh langsung terjun semua LOH 1 sampai 3. Harus bertahap satu per satu. Makanya gw ga coba LOH3 ini karena takut badan gw langsung ambruk. Haha.

💊💊💊

Hasilnya gimana setelah LOH1 dan LOH2?

Sebelum gw menerapkan LOH1 dan LOH2, gw ini mengidap darah tinggi. Iya, darah tinggi di umur gw yang masih dibilang muda 😜. Gw mulai menyadari ini sejak gw di vaksin Covid-19. Tekanan darah gw saat itu tinggi banget bok. Saat vaksin pertama tekanan darah gw 152 kali? Terus saat vaksin kedua, tekanan darah gw di 148. Ga mungkin ini cuma karena tegang kan. Gw pun ukur sendiri di rumah mama karena mama punya alat tensimeter digital gitu. Hasilnya pun tinggi. Tekanan darah gw 126 kalo ga salah saat itu. Masih di atas batas normal, yaitu 120. Saat itu gw berusaha untuk ngurangin makan asin-asin dan menghindari makan kambing 😂. Hasilnya sih nihil. Tekanan darah gw masih aja di atas 120. Oia, berat badan gw saat itu sudah naik hampir 4 kilogram dari berat badan ideal gw. Sejak WFH, kerjaan gw duduk aja sepanjang hari dan ngemil mulu. Jelas saja gw naik berat badan. 🙄

Setelah hampir seminggu gw menerapkan LOH1 dan LOH2, tekanan darah gw turun dari di atas 120 menjadi 118/81. Terakhir gw ngukur lagi tanggal 7 Juli 2021, tekanan darah gw 116/67. Wow. Luar biasa juga efeknya yak.

Pengaruh juga ke berat badan gw. Selama dua hari gw ga makan nasi itu, di hari ketiga saat gw nimbang, berat badan gw turun 2 kg. Buset. Cepet juga! Kini berat gw sudah kembali ke berat badan ideal 🥰 Seminggu ini gw nimbang terus dan berat gw cukup stabil di angka segitu. Beda di dua angka belakang koma aja sih.

Tapi ada nih hal negatif yang gw rasakan. Di hari kedua gw konsumsi probiotik, timbul jerawat yang sakit saat disentuh di area alis. Esokannya lagi muncul di bawah bibir. Tapi gw tetap rutin konsumsi probiotik itu dan jerawatnya sudah kempes sih dua hari dari itu. Adek gw malah muncul jerawat kecil-kecil semuka. Dia panik dan takut gitu dan mau stop konsumsi probiotik. Tapi sebetulnya itu tuh perlawan dari bakteri/jamur jahat dalam tubuh kita yang terusik karena kita mulai menambah pasukan bakteri baik. Dia jadi menyerang inangnya, yaitu tubuh kita. Tapi saat para candida (jamur) ini mati, tubuh kita akan kembali sehat dan mulus. Gw denger kabarnya sih jerawat adek gw sudah mulai membaik. Bagus lah ya si jamur/bakteri ga lama-lama berontaknya.

Oia, selain tiga suplemen dan vitamin tadi, gw juga menambah satu suplemen lagi, yaitu super enzymes untuk bantu penyerapan nutrisi makanan. Gw konsumsi ini sehabis makan malam. Katanya sih ini bantu supaya ga bikin kembung.

💊💊💊

Untuk mendukung pola hidup LOH1 dan LOH2 ini, gw mau ga mau harus masak. Uda berbulan-bulan purnama kayanya gw ga masak. Akhirnya gw jadi terjun ke dapur lagi. 🤣 Gw pun belanja sayur dan daging secara online. Harganya lebih murah juga daripada beli langsung. Ya meski ada ongkir yang cukup mahal sih karena harus kirim instan gitu kan. Tapi menurut gw masih okelah karena ga harus berdesak-desakan dengan orang banyak.

Selama menerapan LOH1 dan LOH2 ini, gw sudah pernah bikin sapi lada hitam (2x, pesenan Mr. Q dari tahun lalu ini), ayam kungpao (pesenan Mr. Q juga), beef bulgogi, baso ayam jamur, brokoli cah bawang putih, dan sering tumis brokoli wortel untuk diri gw sendiri sebagai pengganti nasi. Nah terus karena gw masak ini, mama juga jadi ter-trigger untuk masak juga. Hihihi. Gw bantu siap-siapin bahas aja. Mama bikin kepiting lada hitam, capcay (2x), dan mun tahu. FYI, biasanya tuh ya kita beli makanan jadi ato engga ngegoreng frozen food (nugget, chicken wing, otak-otak, seringnya sih ayam kuning). Jadi lebih sehat dikit lah ya karena masak sendiri. Hehe.

Kira-kira teman-teman ada yang berminat juga kah menerapkan LOH 1, 2, dan 3 ini? Ingin gabung ke grup telegram bareng mba Niken? Bisa nih join ke sini.

Oia, buat yang mau ikutan nonton webinar yang gw ikuti waktu itu, bisa tonton Youtube-nya mba Niken di sini ya....

 

30 comments:

  1. LOH1 LOH2 LOH3 ini kaya step step eat clean gitu yah kak?
    Pengen nyoba juga sih, LOH1 nya aja tapi hahahaha. Kalo dairy sama gula kira kira masih bisa kontrol, tapi kalo lemon sama jendela makan sejam itu agak mikir mikir sih kak.
    Anyway stay safe di sana 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang begitu sih. Sebenarnya sih lebih ke metode supaya bisa mencapai fase autophagy (ini tuh sebenernya tubuh kita bisa aktif bersihin sel-sel jelek ato toksi-toksi dalam tubuh). Fase ini sendiri sudah pernah memenangkan hadiah nobel karena memang bagus banget manfaatnya dan suliit untuk mencapai fase ini.

      Buat first try, cobain LOH1 dan LOH2 gapapa Rere. Tapi mao mulai dari LOH1 dulu juga boleh sih... Bebas seniatnya diri. Ada juga orang yang tetep jalanin pola makan yang biasanya, tapi ditambah dengan 3 suplemen basic (glutathione, vit D3, dan probiotik). Hasilnya dia yang kegemukan bisa turun berat badan loh. Padahal makannya normal. Memang akan beda si efeknya di tiap orang karena kan kondisi tubuh tiap orang lain-lain hehe
      Met mencoba ^^

      Delete
    2. Pagi Kak, boleh nanya kak merk suplemen Glutathion, D3 dan Probiotik yg kakak pakai? Makasihh

      Delete
    3. Halo Glow. Maaf ya baru respon. Untuk merk Glutathione itu aku pake merk KEN. Belinya di web kenskincare-store dot com. Kalo vit D3 aku pernah coba 3 merk, Nows, Doctor’s Best, sama yang paling aku suka merk Nature’s Bounty. Untuk probiotiknya pake 2 merk, Nows sama California Gold (tuker-tuker).
      😁😁😁

      Delete
  2. Ciii, aku baca LOH 1 aja udah merasa nggak sanggup 🤣 secara, aku sering sarapan pakai roti dan keju 😂 kalau manis-manis emang udah berkurang, tapi kalau sampai pantang tuh susah sih kayaknya 🤣
    Hasil dari LOH-LOH ini bagus sih ya Ci 😱 efeknya bahkan dalam beberapa hari aja langsung terasa~ keren sih!!
    Mungkin suatu hari nanti aku akan coba, kalau sekarang masih belum siap wkwk
    Anyway, thank you for sharing, Ci Frisca 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's ok Lia. Cuma kurangin aja juga sudah bagus kok. Sebenarnya menerapkan pola makan begini juga semacam investasi untuk masa tua. Tau sendiri kan kalo ga jaga makan, nanti pas tua eh tau-tau ada kanker. Seperti papaku yang waktu hidupnya tu makan ya makan aja, ga ada pantang-pantang. Eh tau-taunya kanker pankreas 😥 Karena riwayat ini juga sih yang trigger aku supaya ngubah pola hidup, di samping karena pandemi juga.

      Hasil dari penerapan LOH 1, 2, dan 3 ini sudah banyak yang buktikan Lia. Mba Niken yang mengenalkan LOH ini sendiri pun adalah seorang penyitas autoimun dan hypertiroid yang menurut ceritanya tuh dia pernah ga bisa berdiri karena fungsi kakinya bermasalah, juga wajahnya yang hancur karena hypertiroidnya. Terus sudah coba berbagai macam pola hidup sampai akhirnya nerapin LOH ini yang ternyata paling efektif untuknya.

      Semoga sharing ini bermanfaat dan Lia bisa ikutan LOH juga ya hihihi

      Delete
  3. Mba Fris. Lama nggak jumpa. Hehe.😁😁 Sehat kan ya Mba?

    Awal aku baca. Dalam hati be lyke. : asikk ada tips2 cara hidup sehat nih. Tapi pas baca smpe slesai. 😆😆 baik yg LOH1 atau LOH2 apalagi LOH3. Kayanya aku nggak bakalan bisa.. *belum dicoba udah bilang nggak bisa aja 🤣🤣

    Sbnernya, sekarang aku juga lagi lumayan jaga makan, meskipun nggak ketat2 amat. Sama agak ngebanyakin aktivitas fisik biar nggk kebanyakan rebahan tiap hari 😅😅

    Yg aku lakuin cuma yg selama ini aku kira cocok sama aku. Kaya sepedahan, main lompat tali, senam lantai kalau lagi sempat. Sama paling kegiatan keseharian di rumah kaya nyapu, ngepel setiap hari, cuci baju (padahal ini yg kerja mesin cuci 😅), cuci piring, beresin kandang burung dan tanaman.

    Sama ngebiasain buat jalan kaki ke tempat yg sekiranya bisa diakses jalan kaki.

    Tapi ya itu. Karena dari dlu orangnya senang banget sama makanan minuman manis. Sulit banget dikontrolnya.. ahhah 😅😅 kemarin aja makan es krim vienetta sehari habis separo block masa mba. 🤣🤣 *duhhh ya.

    Mngkin karena itu juga. Kemarin tensi aku pas vaksin tinggi. Masa tingginya smpe 169 per 110 coba mba.. 😰 smpe aku konsul ke dokter penyakit dalam. Takutny ada bakat hipertensi karena orang tuaku dua2nya hipertensi.

    Btw, seandainya rumah kita sebelahan. Aku pengen banget bisa kirim racikan minuman herbal yg sering aku bikin akhir2 ini ke Mba Fris biar bisa coba. Racikan minuman Jahe Merah, Batang Sereh, Kapulaga, sama kunyit. Hehe 😊 seger bnget mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau ga sih Bayu, pas baru kelas posting pos ini, aku bersin-bersin terus pilek gitu. Panik dong... Jadinya aku isolasi dulu aja sendiri takut kenapa-kenapa. Eh tapi sekarang sih fine-fine aja. Cuma masih parno aja untuk deket-deketan sama keluarga takut bawa virus hahaha

      Hihihi ayo Bayu dicobaaa... Nanti kerasa deh badan jadi lebih segaarrr... Dicoba LOH1 dulu saja hehe Plus jangan lupa tonton webinarnya deh karena di situ dijelasin soaln pilih makanan... Baru aja aku update posnya heheh

      Nahh kalo uda kecanduan gula memang susah sih. Karbohidrat pun bikin kecanduan. Makanya kan ada yang bilang "Aduh gw ga mungkin ga makan nasi. Kalo belom makan nasi tuh rasanya belom kenyang." ato engga ada yang ekstrim bilangnya "Gila kali ga makan nasi?! Bisa mati gueeee"

      Aku sendiri pun sempet "sakau karbo" ahahaha Ya itu contohnya di hari kedua malam-malam badan rasanya ga enak. Berontak gitu daah. Menginginkan nasi hahaha Tapi emang salahnya aku juga sih, belom juga tau bener-bener soal LOH1 dan LOH2, eh tau-tau uda pantang nasi aja wkwkw Jadi aja badannya kaget 🤣

      Darah tinggi ini tuh kalo menurut mba Niken merupakan suatu alarm tubuh yang ngingetin ke kita kalo uda saatnya buat kita untuk stop konsumsi gula 🤣 Usut punya usut, darah tinggi ini kan disebabkan karena tekanan balik darah kita ini tuh terhambat jadinya tekanannya tinggi gitu. Siapa yang nyumbat? Ternyata ada gula dalam darah salah satunya nih. Gula (glukosa dalam tubuh kita) ini seharusnya tuh cuma dibutuhkan 2 sendok teh saja sehari. Tapi coba tengok deh makanan yang kita makan dalam sehari yang akan berubah jadi glukosa berapa banyak?? Dulu tuh ya aku tiap pagi sarapannya bisa segelas milo pake waffer/biskuit (too much sugar in the morning), siang hari makan nasi putih sepiring (nasi = karbohidrat simple = berubah jadi glukosa dalam tubuh), belum sore hari suka laper, nyemil-nyemil donat/kue ato apalah yang manis ato keripik2 gitu (kembali lagi jadi gula dalam tubuh), malam hari pun makan sepiring nasi. Padahal glukosa cuma butuh 2 sdt. Kelebihannya ya tugas insulin yang usir-usirin glukosa dalam darah. Tapi karena glukosanya kebanyakan, mao ga mau si insulinnya juga sebel wkwkwk Jadilah insulin resistant dan berakhir darah tinggi. (duh panjang dah penjelasan) 🤣

      widiiih mantep bener bikin racikan herbal sendiri bayu!! Inget jangan ditambah gula lagi ya >.< Aku sendiri kayanya ga pernah cobain kapulaga deh. Bentuknya pun aku ga tau Bayu haha Ternyata Bayu kreatif bikin racikan herbal begini hehe
      Minuman jahe bawang putih yang anjuran LOH2 saja aku ga bikin (padahal cuma 2 bahan), ini Bayu sampe 4 bahan!! Mantul tenan rajinnya... Calon pendamping Bayu bakal bahagia nih karena Bayu sudah pandai masak dan bikin racikan herbal hihi

      Delete
    2. Iya nih Mba Fris. Sbnernya aku ya sadar banget sama kebiasaanku yg buruk ini.. hhmm tapi ya gitu. Udah niat2 ngurangin gula tapi kaya cuma bertahan 2 hari. Abis itu nakal lagi. Belum lagi makanan yg digoreng.
      Dokterku juga udah sering ngasih tau buat ubah pola makan. Pengen kaya Andre yang melek banget sama apa yg dikonsumsi. Lah aku mah, tiap keluar aja, pasti lapar mata. Hhmm 🥲 kalau nggak dipaksa juga, mau smpe kapan kan ya begini terus. Ntar pas sakit baru nyesel...

      Btw terimakasih ya Mba..😊😊

      Aku kasih gula aren malah mba.. hahaha *tuh kan anaknya emng gtu mba, susahh..!!! 😔

      Delete
    3. bayu coba minum vit D3 deh... vitamin ini salah satunya bikin napsu makan berkurang hahaa. Aku ini orang yang gampang banget laper Bayu... sejak nerapin LOH2 ini, jadi ga sering lapar...makanya aku bisa turun berat badan karena makannya yang awalnya gayem terus jadi rutin 2x dalam sehari aja.. hehe

      Tapi uda ada niat dalam diri sih uda bagus Bayu... butuh dikuatkan lagi aja sampe terlaksana. Kan ada yang bilang cobain selama 21 hari nanti jadi kebiasaan hehe

      Yaaaaah pake gula juga ya hahaha Kalo Bayu suka gula, coba ganti pake stevia mungkin?

      Delete
  4. sejak wfh aku juga sebenernya lebih jeli soal pola makan sih
    karena nggak banyak gerak
    tapiii, makanan manis buatku masih susaaah banget huhu
    karena itu mood boosterku 😩

    aku tertarik sih mau coba, tapi kayaknya mau pelan-pelan deh
    bulan ini mau coba konsumsi buah2an buat jajannya
    kalo nasi sih emang nggak begitu banyak makan nasi, lebih ke ngemil soalnya haha

    semangaaat mbaaakk ngejalanin LOH nyaaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak Dea!! WFH tuh bikin kita kurang gerakkkk.. Jadi aja menggendats karena kerjaannya cuma duduk dan nyemil aja muluuu karena mulut gatel pengen ngunyah hahaha

      Untuk ikut LOH ini pun memang sebaiknya ga terjun langsung banyak kak Dea. Pelan-pelan saja *kaya lagunya Cokelat hehe
      Oia bisa ikutan gabung ke komunitasnya juga loh Kak supaya ada Kencare alias pendamping yang siap ditanya-tanya saat kita menjalani LOH ini... Terutama untuk nguatin kita saat tubuh kita di masa-masa "sakau" hehe Bisa ditengok kak ke situsnya Ken untuk join ke grupnya hehe

      Aku sendiri tuh tipe orang yang harus ngemil gitu loh kak. Sehari makan bisa 4x. Pagi sarapan, dulu pas ngantor sarapanku bisa nasi uduk/lontong padang/bubur ayam (berat banget kan?! Terus siang, uda makan berat lagi. Sore jam 4/5 ngemil lagi jajanan ga sehat cem gorengan gitu ato boba, malem makan malem lagi wkwkw Parah banget dah... Sekarang aku makan sehari cuma 2x. Siang dan malam... Entah mengapa yang biasanya uda laper di jam 4-5 sore, sekarang lapernya di jam 7 malem gitu loh... Mungkin efek konsumsi karbo kompleks juga kali ya karena diolah dalam tubuhnya lama, jadi ga bikin cepet laper hehe

      kak Dea juga semangat untuk coba jalanin LOH nyaaa hehe 🥰

      Delete
  5. Mengerikan banget covid ini, beberapa keluarga ku juga banyak yang positif covid dan untuk menjaga aku selalu hirup uap air teh yang benar-benar panas dari hidung setiap hari. Lumayan sekalian bikin tehnya cepat dingin wkwkwk. Tapi sayangnya WFH udah gak ada lagi di kantor ku jadi udah gak bisa deh telat bangun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya covidnya makin lama makin ngeri nihh.... Eh kenapa malah ga WFH? Apakah kerja di bidang yang esensial?

      Delete
  6. Bener nih, covid lagi merebak dimana2 sampai rumah sakit pun pada full semua dengan pasien covid.
    Bahkan bisa dibilang udah over capacity.
    Pengen sih nerapin gaya hidup lebih sehat.
    Tapi emang bener, harus perlahan gak bisa sekaligus.
    Yang ada malah tepar sendiri karena dipaksakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi tinggi banget niihh.. Malah katanya nanti puncaknya di Agustus >.< Seraaammm... Uda banyak keluarga yang meninggal karena covid ato engga terjangkit covid. Parah memang... Harus makin ketat prokesnya.
      RS sudah ga bisa nampung, kalopun diperbanyak kasurnya, nakes di Indonesia juga ga bisa ditambah kan... Semoga saja covid di Indo bisa segera menurun. Amin....

      Coba pelan-pelan dulu memang. Kalo langsung tiba-tiba gitu nanti tubuhnya kaget 😅

      Delete
  7. Harus pantang makanan yang manis manis ya. Duh, baru baca itu rasanya sudah tidak sanggup, belum lagi tidak boleh ngopi hiks...

    Ternyata darah tinggi itu bisa juga karena gula ya. Aku ini kalo di ukur tensi nya biasanya selalu tinggi, 140 atau lebih bahkan dulu pernah 167.

    Aku pikir ini karena keturunan, ibu aku juga darah tinggi. Ternyata karena pola makan ya Hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah mas Agus kecanduan kopi dan gula ya?? Hehehhe Aku gampang saja soalnya memang ga gitu terlalu suka manis. Dan memang ga suka kopi hehehe

      Iya mas Agus, aku pun baru tau loh ppenyebabnya bisa karena insulin resistant. Tapi sejak nerapin LOH1 dan LOH2 ini tekanan darahku kembali normal. Padahal tuh aku sempet was-was juga karena masih umur segini sudah darting huhuh

      Itu tekanan darah mas Agus tinggi sekali. Hati-hati mas Agus... Kalo bisa ya itu, coba kurangin makan nasi (ganti dengan karbohidrat kompleks seperti brokoli/kembang kol/timun/selada/wortel) Sayur-sayuran itu ternyata bikin kenyang juga loh mas Agus...

      Mamaku juga ada darah tinggi dan memang beliau suka nyemiillll, serta tubuhnya gemuk (salah satu tanda kebanyakan gula juga). Tapi aku ga percaya sih darah tinggi tu turunan haha. Ini tergantung pola hidup saja hehe...

      Delete
  8. Covid ini semakin hari semakin gila banyak rumah sakit yang sudah kelebihan pasien dan jadi ngeri untuk berpergian.

    Untuk menerapkan LOH satu dan dua sepertinya saya harus kibarkan bendera putih deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... semakin parah nih hari demi hari huhuhu... Semoga bisa segera usai deh pandemi ini. Sudah didoakan oleh warga sedunia tapi masih betah aja ga pergi-pergi ya 🤔

      Wah kenapa kibarin bendera putih? Coba saja dulu dikit-dikit hehee

      Delete
  9. Menarik ini. Tapi rasa-rasanya harus ngobrol dengan istri untuk mempertimbangkan mau coba LOH kaya gini. Btw thanks, info yang sangat baru dan inspiratif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau lebih mudah, harus serumah kooperatif hehehe
      Tapi aku sendiri pun nerapin ini sendiri. Suamiku cuma ikutan minum suplemennya aja. Makannya masih kaya biasanya dia...

      Sama-sama kak.. Semoga bermanfaat ya

      Delete
  10. Hai kaka, apa kabar?

    Boleh minta referensi tentang hal ini dimana ya lengkapnya?

    Saya ingin hidup sehat!!!

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo kabarku baik. Kamu apa kabar?

      Bisa cek-cek ke FB-nya dengan link https://www.facebook.com/groups/KENSkincareSUPPORTGROUP/?ref=share

      Nanti bisa hubungin ke kencare di nowor WA yang tertera di situ 😃

      Semoga terjaga terus ya pola hidup sehatnya!!! Semangat

      Delete
  11. auto buka linknya mbak niken
    setelah aku divonis positif, hampir tiap hari konsumsi air lemon, tapi dikasih air mbak
    aku tadi ngebayangin mba frisca ga dikasih air, bakalan seasem apa ya lemonnya
    aku minum pake air masih kayak mringis mringis nahan asemnya

    aku baru tau nih istilah LOH ini
    kayaknya ga cocok kalau buat aku mungkin ya untuk beberapa aspeknya, kayak ngurangi nasi, badanku udah petite soalnya

    dan sebulanan ini apa yang dibilang para orangtua, yang katanya minum air degan ijo, plus madu dan masih juga konsumsi obat obatan yang lain, aku lakuin juga, demi hasil negatif

    sehat sehat mba frisca sekeluarga
    awal-awal menjalani isoman memang kaget aku, tapi dibuat hepi, nanti malah panik dan stres dan nggak sembuh sembuh. aku ikutin aja saran dari temen temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ommo kak Ainun >.< semoga cepet sembuh ya kaaaakkk 🙏🏼🙏🏼🙏🏼

      Peresan lemonnya cuma setengah kok kak. Jadi paling 2 teguk gitu.. ato bisa sekali teguk kalo bisa teguk banyak. Asem sih asem… tapi udahannya manis kok kak. Bener2 aku ga pake aer, kalo pake aer jadi makin banyak kan terus jadi susa minumnya hahaha

      Kak, ada temen yang uda nerapin ini, badannya yang underweight jadi naik loh. Padahal dia ga makan nasi… tapi bisa naik hampir ke berat idealnya… padahal dia susaaaah banget gemuk. Ajaib kan?? Ternyata itu dari memperbaiki GUT loh kak…

      Kuatin vitamin D3 deh kak Ainun… biar imun cepet naiiikkk…

      Yang penting jangan stress kak, banyak ketawa ajaa biar imun naik hehe

      Delete
  12. Wowww….terimakasih dengan sharingnya, saya sharing ke temen-temen lainnya yaaa…biar makin bersemangat.

    Sehat selalu
    niken

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwoooo mba niken 🙈🙈🙈
      Jadi malu dibaca sama mba niken langsung

      Sama-sama mba niken. Maaf kalo ada salah-salah kata 🙈
      Sehat selalu juga mba Niken!!
      Makasih sharing LOH 1, 2, dan 3 nyaa. Sungguh kerasa manfaatnyaaa! Mantullll

      Delete
  13. Waaah mba, aku blm yakin sih... Sbnrnya yaa kalo yg LOH 2 aku justru udh biasa. Tapi LOH 1 ini hahahahhaa. Susah itu. Ga bisa ngopi pula...

    LOH3 sbnrnya mirip intermitten fasting yaa. Cm aku ga 23 jam juga sih, tapi cum 16 jam :D. Jadi aku Trakhir makan jam 7malam, dan mulai makan jam 11 siang besoknya. Di antara waktu yg ga bisa makan, hanya boleh air putih.

    Sejak pandemi awal, aku dan suami udh prepare Ama suplemen, kayak multivitamin, vit D, vit E, prebiotik , minyak ikan dan madu. Mungkin Krn aku memang terbiasa minum suplemen kulit dari sejak kuliah, jadi rutinitas minum vitamin memang ga pernah skip. Palinga cuma ditambah. Kalo dulu cuma vit anti aging, skr jadi booster imun juga :D.

    Berasa memang manfaatnya . Setidaknya anak2 yg aku cekokin aneka suplemen juga, belum sakit sejak awal pandemj.

    Rebusan bawang dan jahe utk jamur, itu kayaknya aku juga ieew banget mbaa hahahahah. Ya Allah makan biasa aja emoh, apalagi rebusan 😅. Tapi kalo utk jamur, aku rutin dari dulu minum propolis. Itu juga anti jamur soalnya. LBH gampang diminum pula :D . Apalagi aku pernah jerawat gara2 malesezia ATO fungal acne. Rutinin minum propolis, ilang deh jerawat2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Fanny uda biasa ngopi ya? hehehe Itu berat sih emang buat ninggalin kopinya. Soalnya kopi itu punya zat adiktif hehe

      Iya LOH3 mirip intermittent fasting. Makan cuma sekali doang, sisanya tetep minum suplemen dan air putih hehe..

      Soal suplemen dan vitamin, pertahankan terus kak fanny. Pastinya kak Fanny ini jarang sakit dong karena konsumsi suplemen dan vitamin heheh

      Puji Tuhan ya anak-anak sehat selalu... Aku pas kecil sering sakit bapil hahaha Karena emang ga disupport suplemen dan vitamin kan. Paling cuma Scott emulsion dulu haha

      Dulu pas aku SMA juga rutin tuh minum propolis. Rasanya aneh wkwkw Aku ga suka... Terus uda ga konsumsi lagi sejak kuliah hahaha Nah kalo sekarang, nyobain rebusan jahe dan baput masih belom dipraktekin nih.. Padahal jahe dan baputnya ada di dapur hahaha

      Delete

Powered by Blogger.