Ryokoushimashou

March 01, 2021

Ryokoushimashou
Sumber: Dok. Pribadi
Ryokoushimashou (旅行しましょう) yang berarti ayo kita jalan-jalan dalam Bahasa Jepang merupakan kalimat yang sudah lamaaaaaa sekali ga pernah kudengar. Iyalah, lagi pandemi begini, siapa juga yang mau ngajak jalan-jalan. Ntar malah kena Covid kan berabe 🙄

Kalau diingat-ingat, aku ke mana saja ya sebelum pandemi ini merebak? BRB lihat album foto dan kalender. Wah ternyata aku cukup sering jalan-jalan. Di mula di bulan November 2019, yang merupakan bulan yang aku tunggu-tunggu karena bisa pergi berlibur ke Jepang!!! Kalau yang kenal sama aku, pasti tau deh kalau Jepang adalah negara yang paling aku ingin kunjungi. Meski di tahun 2017 sudah menjambangi negara sakura tersebut di musim semi, tapi itu belum cukup memuaskanku karena banyak hal yang aku lewatkan selama di sana. Jadi aku sengaja nih pergi lagi ke Jepang di bulan November untuk menikmati musim gugur ().

Baca juga: Jalan-Jalan ke Jepang: Kehujanan

Terus di bulan Desember 2019, aku pun jalan-jalan ke Solo karena dapat tugas jadi bridesmaid temanku yang memang orang Solo dan menyelenggarakan pernikahannya di Solo. Seneng juga bisa jalan-jalan ke sini karena selain bisa jadi saksi bahagia pernikahan temanku, aku jadi bisa wisata kuliner Solo!!! Sumpah ya makanan Solo murah dan enak-enak.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Solo: Wisata Kuliner Solo

Lalu di tanggal 22 Februari 2020, akhirnya aku bisa jalan-jalan ke Bandung lagi!!! Kota Bandung tuh selalu jadi kota yang bikin aku kangen. Eh kebeneran papa mamaku ada undangan di Bandung dan mereka ngajak aku untuk nemenin mereka supaya ada guide-nya gitu. Pas juga jadwal kosong ga ada acara apapun. Tanpa babibu, cus cari hotel di tanggal 22 Februari 2020!!!

Di undangan pernikahan yang kami hadiri ini tuh makanannya uda kaya food festival! Banyak banget warung-warung kecilnya kaya lagi dateng ke acara festival makanan gitu. Bahkan ada Starbuck!!! Omeji. Ini kali pertama aku hadir di pesta pernikahan tapi banyak tenant-tenant makanan begini. Tenant makanannya pun yang terkenal semua! Selain Starbuck, ada gelato, nasi padang, nasi samcan Epenk, kue taiyaki, dan masih banyak lagi. Ini kaya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui kan.

Keesokan harinya, kami bisa wisata kuliner lagi di Bandung. Makan Siomay Nomor 1 di Bandung yang lokasinya bisa ditempuh dengan kaki dari hotel tempat kami menginap. Eh namanya itu beneran Siomay Nomor 1 di Bandung. Aku bukan lagi memujinya 😆 Terus beli baso sapi di Pasir Kaliki yang juga bisa ditempuh pakai kaki karena tokonya deketan. Lanjut ke Prima Rasa untuk beli oleh-oleh. Brownies Prima Rasa ga boleh terlewatkan. 😋 Siang harinya kami ke Riau Junction buat makan siang. Dan di sini tuh kaya tempat kuliner Bandung di satu tempat gitu. Ada berbagai tenant terkenal yang ada di sini. Ah kalau ngomongin Bandung tuh pasti jadi ke kulinernya! HAHAHA.

Sad story, ini adalah jalan-jalan terakhir aku dengan papaku. 😢 Ga lama setelah ini, papaku harus dirawat di rumah sakit hingga akhirnya dipanggil Tuhan. 😇😇😇 Kalau diingat lagi, aku bersyukur masih bisa nemenin papa jalan-jalan untuk terakhir kalinya. Sebelum Corona merebak pula. Kaya dikasih kesempatan sama Tuhan gitu buat nyenengin papa. 😊

Di minggu depannya, tanggal 29 Februari 2020, aku ikutan acara street photography bareng komunitas foto gereja. Lokasinya di Pulo Geulis, Bogor. Ini pengalaman baru buatku. Bisa jalan-jalan dan hunting foto ramai-ramai. Sungguh seru!!! Sayangnya setelah pandemi muncul, acara ini sudah ditiadakan karena ga memungkinkan bangetlah dilakukan saat pandemi begini. Huhu.

Baca juga: Photo Hunting di Pulo Geulis

Terakhir banget nih. Ini masa-masa Covid-19 sudah mulai ada di Indonesia. Aku masih pergi kumpul-kumpul di Central Park Mall bareng teman-teman Kembar Limaku. Maapin bandel. 🤪 Pertemuan ini selain untuk menghilangkan kangen karena sudah lama tak berjumpa, juga untuk merayakan salah satu teman kami yang kini tengah mengandung. Kami bahagia banget dapat kabar kalau dia akan segera menjadi ibu. Plus ga nyangka juga sih dia yang jadi ibu duluan. Nikah pun duluan!!! Aseli kekuatan omongan jangan diremehkan guys.

Jadi kami ini sudah berteman dari jaman sekolah. Bahkan dari TK kami satu sekolah loh. Cuma mulai bener-bener deketnya pas jaman SMA. Di antara kami, dia itu yang ga pernah pacaran. Pas jaman kuliah pun gitu. Hingga salah satu dari kami tu penasaran. Masa sih dia ga ada pacar. Tapi dia tetap kekeuh kalau memang masih jomblo. Akhirnya ada yang bilang,“Ah ga punya pacar tapi nanti nikah duluan nih!” Benar saja guys! Dia nikah duluan!! Makanya hati-hati kalau ngomong karena ucapan adalah doa. 🤪🤪🤪

Lumayan juga nih catatan perjalananku sebelum pandemi ada. Bersyukur masih bisa jalan-jalan sebelum itu. Semoga segera bisa jalan-jalan bebas lagi deh! Terus teriak ryokoushimasho!!! 🥰🥰🥰

22 comments:

  1. Halo Kak Friska!!! Salam kenal yaaa... Heheheh. Senang banget kenal kakak lewat event ODOP ini. 😍

    Btw, perjalanan kakak banyak juga ya.. Ngomongin soal Jepang, kuliner Jepang apa yang paling kakak suka?

    One day, semoga aku juga bisa ke Jepang juga ya kak! Hehe. 😂

    Ini kayaknya Kak Friska dan Kak Lia janjian apa ya? Nulisnya sama-sama Bandung, euy 🤤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Marsholic! Salam kenal juga ✋ Iya aku pun senang kenal kamu via event ODOP ini hehe

      Iya setelah diingat-ingat, ternyata lumayan sering pergi juga sebelum pandemi. Wah kuliner Jepang yang paling aku suka tentu saja RAMEN. Srupuuut sampai kuah terakhir 😅 Tapi suka semua siiihh 😋 Cuma entah mengapa ya, kalau kelamaan di sana, pas pulang Indo, aku ga mau makan makanan Jepang dulu beberapa hari HAHAHA bosaaaaan 😅

      AMIIINN. Ingat ucapan adalah doa. Jadi semoga terkabul yak hihihi

      Nah itu bisa samaan gitu sama Lia hihihi pas juga lagi dia ke Bandung karena kondangan haha

      Delete
  2. Kalo nonton film atau dokumenter Jepang, rasanya pengen juga ke sana. Meski pas mata kuliah bahasa Jepang kemarin, bisa dibilang saya orang yang paling goblok. Ha ha ha.

    Tuhan memang selalu punya rencana baik kak Frisca. Baca perjalanan kak Frisca bareng Papa itu hangat sekali. Saya jadi ingat terakhir kali liburan bareng keluarga itu pas awal corona masuk juga. Kebetulan keluarga dari Selatan datang karena ada acara. Sehari sebelum pulang, kami sempat liburan. Saya baru ingat hal ini pas kak Frisca cerita

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaaah kok bilang gitu??? Apakah Rahul benci Bahasa Jepang?

      Iya Tuhan punya rencana baik :) Terima kasih Rahul ^^
      Wah liburan ke mana tuuh?? Pasti seru ya keluarga jauh datang berkunjung

      Delete
  3. Yayyy, kayaknya saya sudah baca hampir semua cerita perjalanan yang mba Frisca bagikan, means sudah cukup lama yaaa kita kenal 😍 Wk. Setahunan ~ By the way, setiap dengar kata Jepang, langsung kebayang ramennya yang enak-enak, jadi lapar 😂

    By the way, setuju sama mba Frisca, jadi ingat salah satu sohibuls saya yang kami tebak akan menikah duluan dan ternyata benar hahahahaha. Tapi ini karena awalnya dia bilang malas menikah cepat-cepat, terus diledek sama yang lain, "Jangan begitu, nanti justru elu duluan yang menikah." dan ternyata betulaaaan 😆 Wk.

    Jadi nggak sabar baca tulisan ODOP besok mba, thank you sudah berbagi cerita 🥳

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah makasih kak Eno sudah bacain cerita jalan-jalanku >.< Jadi malu hehe
      Ternyata lama juga yak kita sudah saling kenal. Tak disangka-sangka hehe
      Ah betul kak Eno. Ramen pun menjadi makanan favoritku tapi aku harus tahan-tahan biar perut ga melaar 🤣 Kalau tiap hari makan ramen kan kasian perutku hahaha

      Hihihi sama ya kak! Kadang bilangnya A eh malah terjadi sebaliknya. Memang harus hati-hati kalau bicara hehe... Soalnya pernah juga kejadian sama aku. Aku bilang, ga mungkinlah aku pacaran sama dia. Eh aku kemakan omanganku sendiri dong kak >.< Terus temen-temen jadi ngeledekin aku karena aku malah jadian sama dia HAHAH sungguh lucu kalau diingat-ingat 🤣🤣🤣

      Semangat kak untuk tulisan hari keduanya!!!! Thanks juga untuk cerita-cerita kakak 🥰

      Delete
  4. oho asik banget kak udah pernah ke Jepang!!! oke oke sehabis ini aku akan melipir ke postingan liburan kak Friska selama di Jepang. Sama kayak pertanyaan Syifana diatas, kuliner Jepang apa yang paling kak Friska suka?

    Ka..di Bandung itu emang gak afdol kalo gak kulineran hahaha, makanannya aja udah bikin kangen. Huhu asik juga ya kak Friska bisa liburan sebelum corona.

    Omong-omong, semangat ya buat kak Friska untuk ODOP challengenya hihihi. Can't wait for the next story.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu hari kamu juga pasti bisa ke Jepang ^^ FYI, ke Jepang itu cita-citaku dari SMA eh apa SMP ya. Hmm Tapi ternyata bisa terwujud juga.
      Wah makasih loh sudah mau bacain cerita perjalananku. Belum aku tulis semua karena terpentok malas #plak 🤪

      Makanan kesukaanku RAMEN hihihi Di sana bisa nyicip segala jenis ramen! Ramen tonkotsu (ini kaya Ichiban Ramen ato Ippudo yang ada di Jakarta), ciri khasnya kuah creamy. Itu ramen favoritku. Kalau di Jepang dan kamu bisa makan pork, kurekomendasikan makan Ichiban Ramen hehe Sesuai namanya, ramen top!!

      Iya wajib banget ke Bandung buat kuliner. Kayanya kalo di Bandung, ke mana aja makanannya pasti enak deh. Pinggir jalannya aja enak HAHAHA

      Bersyukur juga nih aku bisa sempat jalan-jalan bebas sebelum corona datang. Tak disangka-sangka masih diberikan waktu jalan-jalan ^^

      Iyaaa semoga aku ga mager buat nulis selama 6 hari ke depan ya!!! Semangat!!! Kamu juga ayok ikutan nanti ODOP 0.2 ya hehehe

      Delete
  5. Frisca samaan kayak Lia, sebelum corona menghadiri resepsi di Bandung. Jangan-jangan kalian menghadiri resepsi yang sama? 😂😂

    Bener ya ngomongin Bandung pasti nyerempetnya ga jauh-jauh ke kuliner, saking banyaknya kuliner di sini. Kayak tantekuuu, suka banget brownies Primarasa! Dari jaman aku kuliah, kalau pulang kan biasanya dijemput Bapak, suka nitipnya banyak wkwkwk. Tapi emang browniesnya enak banget sih 😆

    Waah Fris, so sorry to hear about Papa yaa 😔 Tapi pasti papa kamu juga bahagia, sebelum hari-hari terakhirnya bisa jalan-jalan sekeluarga ke Bandung.

    Oiyaa aku mau baca cerita kamu di Jepang. Aku juga cita-cita banget ke Jepang, belum kesampaian siih tapinya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah setelah kak Eya bilang gitu, aku berpikir, jangan-jangan aku dan Lia datang di resepsi yang sama hahaha Tapi kayanya lain deh kak. 🤣🤣🤣

      Kuliner Bandung itu menjadi salah satu yang bikin aku kangen ke sana kak Eya hehehe
      Brownies Prima Rasa ga ada yang ngalahin sih buatku hehehe

      It's ok kak Eya. Makasih ya 😇😇 Iya, setelah aku ingat-ingat, aku senang bisa nemenin papa jalan-jalan terakhir ^^

      Waah makasih banyak kak Eya mau baca ceritaku hehe. Jangan lupa catet spot-spot yang mana tau tertarik kak Eya kunjungi yak hehehe
      Semoga cita-cita kak Eya tercapai. Ini juga cita-citaku yang akhirnya kesampaian hehehe

      Delete
  6. Banduung lagi 🤣🤣 plis jangan bawa Bandung ke hadapanku ..🤣🤣 #lebay

    But..buat yg dulu bolbal Bandung ..#tsah kota ini penuh story juga..hahaha

    Kalo diceritain jadi satu buku dah..

    Tapi gue seneng baca yg ikut odop..masing masing punya gaya yang khas padahal ada 3 yg mengikutsertakan nama Bandung dan semua berbeda..

    mangstaabb..tar di yg odop kedua saya ikut aah..siapa tau saya bisa nulis tiap hari juga 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadow wadow ada kenangan buruk kah dengan kota Bandung mas Anton? Sampai tidak mau berhadapan dengan Bandung 🤣

      Coba ditulis mas Anton. Mana tau jadi buku beneran kan! #eak

      Ayo mas Anton ikutan di ODOP 0.2 ^^

      Delete
  7. Iya yak 🙈 kenapa kita sama-sama nulis tentang Bandung, Ci hahahaha. Kak Eya pun samaan nulis tentang Bandung. Sehati sekali kita euy 🤣

    Asik banget akhir tahun 2019, jalan-jalan terus 🙈. Udah gitu perginya ke tempat-tempat yang kulinernya juara semua 🤤 hati senang, perut juga senang ya, Ci 🤣. Anyway, tim Primarasa hadir di sini wkwkwk

    Memang benar kata pepatah bahwa ucapan itu adalah doa 😂. Beneran deh, Ci. Makanya harus banget jaga ucapan, takutnya lagi bicara yang buruk malah kejadian 😂. Lucu baca cerita tentang teman Cici, dari yang awalnya nggak punya pacar, malah sekarang punya anak duluan wkwkwk hidup memang penuh dengan kejutan ya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kak Eya juga bikin tentang Bandung ya. Maapin aku belom baca cerita kak Eya... Ni aku mao sempetin melipir ke sana hari ini hehehe

      Hahaha iya kulinernya juara semuaaa yak hehe Bener kata Lia, hati senang, perut senang. Tapi pas pulang, sedih liat dompet dan timbangan 😆
      Yuhuuuu tim Primarasa. Kayanya kita mustinya jadi duta Primarasa yak. Uda wara wiri iklanin Primarasa 🤣🤣🤣

      Kalau mau ucap, yang baik-baik saja. Biar kejadiannya juga kan yang baik yak hehehe Memang penuh kejutan. Makanya pas tau temenku itu mau nikah, kami semua kageet ga percaya!!! HAHAHAH

      Delete
  8. Haii mbak.. Jalan jalan terakhir nya itu Februari 2020 yaa. Artinya udah lebih dari 1 tahub yg lalu dong :((
    Udah lama sekali yaaak. Semoga segera berakhir pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maret justru Do. Pas pergi ke mall sama teman-teman hehe
      Eh kalau jalan-jalan lagi, sebenernya terakhir banget itu pas November 2020 kemarin Do. Berhubung ini lagi ceritain catatan perjalanan sebelum pandemi, jadinya ya bener-bener terakhir sebelom Corona muncul alias satu taun yang lalu hehehe

      Delete
  9. Saya juga suka banget kuliner Bandung, mbak... Favorit saya adalah Siomay, Batagor, dan Karedok :-d hmmm... yumm, jadi laper kan nulisnya. Padahal kemarin saya abis pacaran sama suami saya ke warung Bandoeng. Dan kalap dong saya beli Siomay dan Seblak sekaligus. Akhirnya nggak muat di perut rasanya sampai kepenuhan jadi males jalan gitu hehehe :D
    Untuk seblak saya nggak terlalu favorit. Tapi siomaynya emang enak!

    Saya juga dulu pacaran cuma sekali pas SMP. Tapi akhirnya saya yang nikah duluan di antara teman-teman sekolah saya hahaha, dan punya anaknya duluan pula. Heboh lah teman SMA saya dapat ponakan baru. :)

    Kalau ucapan adalah doa, saya juga mau liburan ke Jepang kayak mbak Friska. Saya akan ke Jepang segera setelah Covid teratasi, jalan-jalan di Jepang bersama keluarga saya menikmati kuliner Jepang :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siomay Bandung emang mantap ya kak Intan!! Eh aku pun suka seblak, cuma bukan yang gimana. Lebih milih siomay ketimbang seblak kalo disuruh milih hehe

      Hihihi memang kalau jadi yang pertama di lingkaran pertemanan tuh bikin jadi heboh yaak apalagi kalau ga pernah ceritain kisah cinta, eh tau-tau malah nikah dulluan hahaha Kayak temanku itu kak! Dia ga pernah ceritain kisah romansanya eh malah nikah duluan hihihi Di saat teman-teman yang lain cerita galau-galau cinta gituuu

      Amiiin kak Intan! Semoga tercapai mimpinya :)

      Delete
  10. I miss traveling so much :( Cant go out from my island at all huhuh Malaysia is still MCO

    ReplyDelete
    Replies
    1. I still afraid to traveling with plane Atie. So I go out with car. Of course not too far from home. I hope we can travel soon this year!!

      Delete
  11. semoga pandemi cepet berlalu dan bisa bebas pergi kemana mana plus bebas rasa khawatir ya.
    mo nulis odop nya si Rahul, ehh ketinggalan hahaha.
    baidewei, ngomongin jalan kemana aja pas awal awal pandemi, aku banyak cancelnya, terpaksa tiket pesawat dihangusin. Semua plan otomatis ambyar gitu aja.
    dan sejak pandemi juga, juga lebih banyak dirumah, pergi juga seperlunya. apalagi masih banyak orang yang takut juga mau pergi ke tempat umum waktu itu

    nah pas new normal, pergi cucimata di kabupaten sebelah, di Banyuwangi. lumayan buat penyegaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiinnn. Yah gapapa kak Ainun. Akan ada ODOP selanjutnya! Atau kak Ainun jadi inisiatornya sajaa. Sudah ada beberapa yang mau tuh untuk lanjut ODOP 0.2 hehehe

      Sedih ya kak rugii karena tiketnya cancel tapi daripada kitanya kena Covid yaak. Kan ga lucuu huhuhu

      Betul. Aku uda kaya hibernasi gitu kak. Ga keluar kadang eh rumah hahaha

      Pergi-pergi pun harus patuhi protokol kesehatan ya kak hehe

      Delete

Powered by Blogger.