Mood Swing

March 05, 2021

Mood Swing atau perubahan suasana hati yang terjadi sama aku ini umumnya karena kondisi hormon. Contohnya saat menjelang datang bulan atau saat aku remaja yang ababil (abege labil) itu. 🤪 ODOP hari kelima ini bertemakan Hal Apa yang Membuat Mood Baik Lagi? Tema ini dicetuskan oleh Syifana, pemilik kepribadian INFJ yang sama kaya aku. 🥰 (tes kepribadian MBTI).

Sejujurnya dulu saat awal-awal aku bikin bullet journal, aku pernah bikin halaman year in pixel gitu. Halaman ini untuk nge-track hari-hariku selama setahun. Maksudnya apakah hari itu aku merasa seneng banget (great day), seneng aja (happy day), biasa aja (ok day), sedih (sad day), atau bawaannya kesel atau marah-marah (angry day).

Setelah dikerjain selama setahun, ternyata mood swing-ku ini ga banyak. Hari-hari kujalanin dengan biasa aja. Life is flat. Kaya gitu kali ya umpamanya. 🤪

Kembali lagi ke hal apa yang bikin mood jadi baik lagi, sebagai seorang Sanguine, aku ini cukup ceria. Jadi jarang punya mood buruk. Kalopun lagi buruk juga karena lagi mau datang bulan. Jadi sensitif gitu. 😆 Terus kalo ngomong jadi nyolot deh. Biasanya pasangan udah tau tuh kalo aku bentar lagi datang bulan, dia akan silent mode on. Ga mau banyak gaya biar ga disenggol bacok sama aku 😂 

Duh kan jadi ngelantur terus, ga ke intinya. 😝 Oke kembali ke laptop topik. Aku cukup gampang balikin mood-ku jadi baik lagi. Entah dengan main game, nonton film, dan utamanya sih nulis atau ceritain ke orang yang kupercaya. Kalau lagi eneg atau kesal banget sama sesuatu tuh aku harus utarain. Kalau dipendam, bisa-bisa malah makin stress dan meledak nantinya. Jadi kalau lagi ga bisa diutarakan via kata-kata, aku utarain via tulisan.

Aku pernah juga loh nangis tanpa sebab. Aneh ya? Jadi ya rasanya sedih aja gitu padahal lagi ga ada yang perlu disedihin juga. Memang meski Sanguine, aku juga Melancholic. 🤪 Tapi menurut artikel yang aku baca, dengan menangis itu tubuh kita kaya ngeluarin hormon yang bikin kita relax. Iya ga sih? Atau aku salah baca. HAHAHA.

Terus aku sebisa mungkin sih menyelesaikanlah masalah di hari itu. Ga dibawa berlarut-larut gitu. Seperti ada tertulis, kesusahan sehari, cukuplah untuk sehari. 😄 

Kalau temen-temen, gimana nih cara balikin mood yang lagi turun? Apakah mood swing kalian berlebihan?? Kalau berlebihan, perlu juga tuh dikenali. Jangan-jangan butuh pergi ke ahlinya. Oia, jangan merasa pergi ke psikolog/psikiater itu merupakan hal yang jelek. Justru kalau sudah dideteksi awal kan bisa lebih cepat disembuhkan bukan?? Terus aku liat-liat, di jaman pandemi begini malah makin banyak loh yang butuh ke psikolog. Maksudku untuk bikin janji dengan psikolog tuh sulit karena penuh teruuus alias lagi banyak pasiennya. Hehe. Mungkin lonjakan kebutuhan akan psikolog ini karena stress atau malah depresi dengan kehidupan yang mendadak berubah total. Dulu yang awalnya bebas, eh sekarang kaya terkurung. Terus akhirnya kesehatan mental jadi terganggu deh. Lebih baik segera diobati kan daripada kalau sudah parah, jadi semakin sulit diobatinya. Aku jadi inget karakter Jinhyuk dalam webtoon PigPen. Hmm. Jangan sampai kaya dia deh. 😫

Buat yang belum baca PigPen, kira-kira si Jinhyuk ini tuh kurang kasih sayang dari orang tuanya. Ayahnya seorang anggota DPR dan memilih menjaga citranya ketimbang mengobati anaknya yang sudah ada tanda-tanda kelainan mental. Ibunya sudah ga ada dari kecil jadi dia cuma bergantung pada ayahnya seorang.

Terus saat sang ayah tahu bahwa Jinhyuk mengindap schizophrenia (tahap awal), dia malah mukulin si Jinhyuk terus mengirim Jinhyuk untuk tinggal di keluarga lain. Dia pun dibawalah ke sebuah keluarga yang memiliki peternakan babi. Dia mendapat kasih sayang di sini, tapi karena dia ini sebenarnya masih mengidap schizophrenia, dia jadi berhalusinasi kalau dia ini tidak diterima keluarga itu karena anak bungsu keluarga ini, Jinu, lebih disayang keluarga itu. Dia jadi ingin menjadi Jinu, bahkan kalau Jinu dipanggil, dia merasa dipanggil. Kisah pun berlanjut dan si Jinhyuk ini jadi seorang pembunuh karena sakitnya itu semakin parah!! Ngeri kan?!

Jadi memang lebih baik pengobatan awal itu lebih baik ketimbang sudah parah kan?? Ah kenapa jadi ke sini bahasannya. 😅

20 comments:

  1. Sweet sih pastinya, kalau pasangan sudah sigap mode on kala Kak Friska badmood. 🤣 Oke catet, Kak Friska sanguine. Hahah 🤣

    Itu bikin bullet journalnya kece parah si Kak! Aku jadi pengin nyoba.

    Terus-terus kalau nangis tanpa sebab aku juga sering beberapa waktu yang lalu. Hahaha 🤣 Seperti ada yang hilang dari aku gitu rasanya, aneh memang 🤣

    Untuk PigPen belum pernah baca Kak Friska, sepertinya juga menarik. Aku selalu tertarik sama hal-hal seperti itu.

    Mungkin juga masyarakat kita masih banyak yang belum sadar ya kak. Kalau penyakit mental itu juga sama bahayanya kayak penyakit-penyakit fisik pada umumnya. Hm, jadi mikir keras deh habis ini 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sampe dicatet segala 🤣🤣🤣

      Ah masa si kece? Idungku jadi melar 🤭
      Sbnrnya itu simple kok, bikin tabel terus diisi satu-satu sampe setahun hehe
      Trus keliatan kan banyak ijonya. Berarti biasa2 aja. Makanya ga kulanjutin bikin di taon depannya. Soalnya kaya biasa2 aja gitu hahaha 🤣🤣

      Iya aku bingung d knp bisa tb2 sedih aja gitu. Pengen nangis padahal ga ada sebab 😆 aneh ya kita. Ternyata aku ada tmnnya jg yg begini hahha

      Coba d baca di webtoon. Tema psychology thriller gituuu

      Iya aku merasa stigma di masyarakat kalo ke psikolog tuh disangka gila -.- padahal kan engga ya haha

      Wadow sampe mikir kerasss 🤣🤣

      Delete
  2. wah menarik sekali itu gambar pixel per day nya mbak, baru kali ini liat soalnya :)) kudet ya aku

    moodku mudah baliknya, asalkan dibawa tidur.. aku suka menyelesaikan masalah setelah tidur wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg ga tau kok kak. Nemu pas lagi iseng cari di pinterest hehe kalo kakak ga pernah nulis bullet journal, itu wajar kok ga tau hahaha

      Abis tidur, jadi seger lagi ya. Pikiran fresh buat solve the problem

      Delete
  3. Saya cenderung tipe orang yang moodnya susah berubah. Kalo lagi senang pasti kedepannya senang terus. Kalo lagi sedih pasti kedepannya sedih. Cuman yah itu, belakangan lagi mencoba untuk mengubah pola itu jadi secukupnya saja. Senang secukupnya. Sedih secukupnya. Dan lain-lain.

    Kalo ngomongin webtoon PigPen itu, saya jadi ingat drakor Save Me. Di sana juga ada karakter yang namanya Sang-hwan. Bapaknya walikota kayaknya di kota tersebut dan Ibu sakit. Jadi dia juga kurang kasih sayang karena Ayahnya cuma sibuk ngurus kerjaan sementata Ibunya sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berlehihan itu ga baik memang ya. Sedang-sedang aja 😂

      Save me rasanya pernah diulas rahul y? Aku tertarik nonton itu tapi lagi kepincut drakor Penthouse dlu 😆

      Delete
  4. Menangis tanpa sebab, iyaaaa !! sedang alaminya sekarang.. huhuhuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sometimes I feel weird because crying without reason 🤣

      Delete
  5. hai, sesama INFJ... :D

    Rapih banget hasil tracking moodnya, mbak frisca. Aku tuh nggak pernah awet tiap mau nyoba tracking mood. Padahal hasilnya bagus gitu ya kalau dilihat secara lengkap, bisa dilihat polanya...

    saya tuh bisa merasa banget moodswing muncul ketika pas mau pms. ya sama kayak cewek-cewek lainnya ya. berasa nggak sih mbak, kalau mau mens tuh ya keselnya beda aja, nggak jelas dan kadang kita tuh tahu kalau itu nggak jelas, tapi tetep aja diterusin? Iya, kayak gitu 😂😂

    saya cenderung sering tenggelam ke mood jelek, jadi sejauh ini cara paling baik untuk menanggulangi moodswing adalah nangis, makan dan tidur. dengan cara ini, ya jelas lah jadi gendut :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaah aku menemukan banyak INFJ nih yang jadi blogger... Apakah blogger ini merupakan hobi para INFJ? 🤣

      Makasih kak Mega... Jadi kembang nih hidung 😆 Sejujurnya itu aku ngisinya ada dirapel. Soalnya kebanyakan kuisi warna ijo karena hari-hariku biasa-biasa aja hahaha

      iyaa kaya gituuuu. Kaya gampang emosi.. Padahal ga perlu juga diemosiin yak hahaha

      Tambahin kak rutin olahraga biar seimbang hehehe Jadi ga gendut 😆

      Delete
  6. Frisca rapi banget bikin tracking mood-nya. Aku pernah bikin ginian juga pas awal-awal bullet journaling, tapi ga keisi penuh karena kesel sendiri liat banyak angry day wkwkwkwk mood-ku jelek banget 😂😂

    Btw aku pun sering nangis tanpa alasan, apalagi kalau udah deket-deket tanggal dateng bulan. Kemarin juga sempet begitu, dipicu gara-gara komik sih, tapi nangisnya sampai yang lebay banget 😂😂

    Jadi cewek tuh susah-susah gampang yaa? Kalau lagi mau dateng bulan, adaaa aja yang dirasa. Makanya ga heran mood kita gampang naik turun 😂 Mungkin penyebab cowok-cowok jarang punya mood swing, karena mereka ga ada datang bulan yang mempengaruhi hormon yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Eya. Eh kak Eya ga lanjut karena banyak angry day, aku pun demikian. Tapi karena ngerasa banyak ok day wkwkwk. Jadi kaya. Mood hari ini rasanya sama aja kaya kemareeen. Gitu teruus. Terus kadang suka ngerasa bingung gitu pas ngisi mood. hahaha Jadi yauda lah ga kulanjutin ajaa.

      hihihi sensitif emang ya kak kalo lagi mao datang bulan. Aku pun mudah menangis kalau lagi mau dapet sama pas lagi dapetnya. Hal yang sebenernya biasa aja bisa bikin aku nangis. hahaha

      betul kak Eya. Cowo kayanya lempeung2 aja ya karena ga ada faktor hormon tiap bulan gitu ya hehehe

      Delete
  7. Kak kok rajin banget bikin rekaman Mood kayak gitu hahah kok kepikiran kak? Ide yang muncul sendiri kah atau terinspirasi dari orang lain??

    Holaa!! Aku juga INFJ hahaha kok sama ya tapi beda nih aku kebalikan dari kak Friska, aku cenderung pendiem, kalo ada masalah justru di pendam dan mau nya semua di selesaiin sendiri aja tanpa orang lain tau. Muncul nya bad mood bisa karena hal sepele sampe hal besar. Cara atasinnya biasanya sih nonton film atau jajan beli yang manis-manis 😆😆

    Anywayy soal webtoon, aku saranin kak Friska coba baca Dr. Frost ini seru banget!! 😁 topiknya masih seputar gangguan mental.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bikin Year in Pixel karena ngeliat ide di Pinterest kak Reka. Kalo bikin sendiri mah kaga ada idenya 🤣🤣🤣

      Wuuiih another INFJ hihihi Banyak juga aku nemu INFJ di blog ini haha
      Ada Syifana, ci Jane, kak Mega, eh sekarang kak Reka
      Padahal katanya rare tapi di blog ketemu banyak 🤣

      Nah itu aku kan kalo ga diutarain ke orang yang kupercaya banget, aku pilih utarain di tulisan (jurnal harian). Biar ga jadi stress sendiri. Soalnya kalo kupendem terus nanti lama-lama kaya bom waktu yang siap meledak kak hahaha

      Iya kemaren uda kelar PigPen, nanti aku baca Dr. Frost hehehe BTW makasih rekomendasinya kak Reka!!! Hehehe

      Delete
  8. Ci Frisca dan teman-teman kebanyakan yang INFJ ya 😂 aku tuh agak lupa hasil MBTI aku, tapi seingatku depannya ISF tapi lupa buntutnya apa 🤣. Meskipun hasilnya ada "S"nya, aku udah nggak terlalu mood swing sih sekarang *nggak mau ngaku*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ga nyangka banyak juga ketemu INFJ di sini hihi

      Bisa coba tes lagi lia 😂 kan katanya seiring berjalannya waktu, bisa berubah tipe kepribadiannya
      Hehe

      Aku percaya kok Lia ga terlalu mood swing 😆

      Delete
  9. nah terus kisah si Jinhyuk gimana ya akhirnya? cukup menarik juga cerita singkatnya si karakter ini
    aku cukup sering alami kejadian nangis yang tanpa sebab, heran juga kenapa gitu
    trus baca berita sensi bisa mewekk hahaha, yampunn mellow banget pokoknya

    waduhh berarti apakah aku mengalami mood swing yang over yak, mungkin perlu diisi sama yang hepi hepi terus mungkin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih seru kalau baca sendiri di webtoon kak Ainun. Judulnya PigPen heheh

      Eh ada yang sama. Aneh ya bisa nangis sendiri. Kaya pengen bersedih aja gituu meski ga ada sebabnya hahaha

      Kalo sesekali kayanya ga apa kak Ainun, biar tubuh keluarin hormon yang bikin relaks. Nah kalo keseringan, ini mungkin jadi pertanyaan juga ya ehhe

      Delete
  10. Kalau saya Melancholic Choleric kayaknya hehehe, soalnya suka bossy sama suami sendiri wakakakaka 🤣. Kalau tipe kepribadian yang berdasarkan MBTI 16 tipe itu saya antara ISFJ dan ISTJ. Jadi Introvert, Sensoris fan Judger itu udah fix, cuman yang Feeler dan Thinker-nya masih imbang, nih hehe.

    Itu pixels in yearnya mostly hijau jadi you had good days most of the year 😊. Lucu juga ya pixelnya terangkum dalam 1 tahun membentuk pola, kayak kolase. Mbak Frisca rajin amat tiap hari mencermati suasana hati dan mewarnai pola pixel hariannya.

    Betul itu untuk kesehatan mental, jika kita merasa sudah nggak ok atau mulai merasakan ada ketidak-seimbangan secara mental, lebih baik bisa cepat cari pertolongan profesional, atau komunitas yang bisa membantu konseling atau terapi pemulihan kesehatan mental kita segera. jangan dibiarkan berlarut-larut dan terlambat. Nah, kalau schizophrenia itu bisa sembuh juga, lho! Saya pernah datang ke komunitas Rumah Berdaya di Denpasar dan berinteraksi langsung dengan ODS (orang dengan schizophrenia) 😊.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kak Intan yang lebih dominan ya di antara suami? hehehe

      Itu aku iseng coba bikin pixel of the year biar ketauan seberapa lama sih diri ini sering sedih dan marah hahah Ternyata hari-hari diisi dengan ok days gituu. Kaya datar-datar aja hidup. Hahaha

      Iya harusnya kalo di-treatment pasti bisa sembuh juga ya. Wah menarik tuh pengalamannya kak Intan. Apakah sudah pernah diceritakan di blog?

      Delete

Powered by Blogger.