Barter

March 17, 2021

Jaman sekarang kayanya jarang-jarang ya ada yang masih melakukan barter. Barter sendiri adalah kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang terjadi tanpa perantaraan uang (pengajar.co.id). Nah kemarin ini pas aku namu di blognya Lia si peri kecil nan imut, aku tertarik menerima tawaran Lia untuk adopsi Monstera Adansonii alias Janda Bolong milik Lia. Terus aku pun berniat untuk memberikan hasil stekan tanaman mintku untuknya. Jadi ceritanya kita barter tanaman. 🤣

Setelah percakapan lewat kolom komentar blog Lia, akhirnya Lia pun menemukan cara untuk mengirimkan tanamannya ke rumahku. Awalnya aku ragu karena jarak rumah kami berdua yang cukup jauh. Maklum ya ini ngirim tanaman. Jadi butuh milih layanan antar yang kilat agar tanaman tidak mati di jalan. 🤣 Syukurlah layanan antar sameday dari Ant*raja cukup terjangkau dan sukses mendaratkan Janda Bolong milik Lia kemarin. Yeaaay aku punya koleksi tanaman baru di "kebun" miniku. Terima kasih Lia.

Nah giliran aku untuk mengirimkan tanaman mint milikku. Sekilas aku ceritakan pertumbuhan mint milikku. Bisa dilihat pertumbuhannya dari gambar.


Tanaman mint yang kuberikan kepada Lia juga merupakan hasil stekan. Cara steknya dengan memotong batang mint yang sudah panjang. Lalu aku masukin ke botol berisi air. Tunggu beberapa hari hingga akarnya tumbuh panjang dan lebat. Baru deh tanam di media tanam yang tidak menyimpan air agar akar mint tidak busuk. Media tanam yang aku pakai merk Geek Farmer, berupa campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir.

Pertama kali aku masukin ke media tanah setelah akarnya tumbuh lebat itu tanggal 16 Januari 2021. Aku tancapkan tiga batang mint. Sayang seiring perkembangan waktu, satu batang mint mati. Sepertinya karena aku letakkan di area yang mudah terkena air hujan. Saat itu kan hujan cukup sering turun. Jadi sejak satu batang mati, aku pindahin ke tempat yang lebih aman dari air hujan. FYI kebun miniku ini berada di beranda kamarku.

Nah sejak dipindahin ke tempat yang lebih teduh (aman dari sinar matahari langsung dan air hujan), tanaman mintku ini tumbuh subur. Bisa dilihat kan tanggal 11 Februari 2021 sudah muncul daun-daun mint yang cukup lebat. Meski kecil-kecil, tapi cukup okelah.

Terus tanggal 28 Februari 2021, daunnya sudah lebar-lebar. Jauh lebih lebar dibanding indukannya. Indukan mintku daunnya piyik-piyik kaya foto tanggal 11 Februari 2021. Aku cukup terkesima karena mint yang ini tumbuh dengan lebat dan subur. Beda sama pot satunya yang tumbuh lebat juga, tapi daunnya tidak selebar yang ini. Padahal pot satunya ini satu batch stekkan dengan pot yang ini. Tapi hasilnya bisa lain. 😅

Dua batang sudah kupangkas untuk kustek ulang dari pot kuning ini. Daun mint ini harus cukup sering dipangkas agar tumbuh lebat. Kalau dibiarkan saja, malah bikin tanaman mint mati. Jadi kalau aku liat sudah menjulur panjang, pasti aku potong batangnya. Entah nanti aku stek atau aku konsumsi dengan cara diseduh air panas dan kutambahkan madu atau perasan jeruk sebagai minuman yang bikin segar tenggorokan.

Semoga tanaman mint tersebut tumbuh subur di tempatmu ya Lia. Semoga juga janda bolong darimu tumbuh lebat dan tinggi di tempatku. 🥰 Senang bisa barter tanaman denganmu!!! ^^

26 comments:

  1. Monstera Adansonii kayaknya ini mbak, kalau obliqua, kayaknya bukan karena 1 daun bisa 20jtan :))

    Asik juga ya barter begini sesama blogger.. Paling itu ada 1 temenku, tukang reparasi kamera dan ga mau dibayar pakai uang.. Bayarnya pakai pakai kamera / lensa / rol film atau sejenisnya.. Emang susah bener tu orang :))

    Semoga cepat tumbuh besar monsteranya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bener kak Andie! Maklum aku ga tau soal per-Monstera-an
      Baru browsing pas kak Andie bilang 😂
      Ternyata Obliqua tuh yang mahal itu ya. Kukira Deliciosa yang harga jutaan karena besar. Dan aku baru tau juga monstera ini banyak macamnya hahaha

      Aku juga ga nyangka jadi barter begini hahaha wow temen kak Andie masih menganut sistem barter ternyata hehe

      Delete
    2. Saya juga menjadi ahli-botani-ala-ala baru 6 bulan ini mbak, wkwkwkwk

      Iya mbak, kalau teman saya itu karena ga enak terima uang.. Takutnya kalau dia minta uang nanti kebanyakan dan memberatkan user. atau malah kedikitan dan ngerusak harga pasar hahaha..

      Delete
    3. Hihihi sama mas Andie, aku pun baru menekuni betul-betul tanam menanam ini sejak Nov 2020 kemarin 😆 Masi bau kencur bangett kan hehe

      Langsung saja ya terima imbalan barang saja. Biar ga pusing patok harga hehe Jadi waktu itu mas Andie kasih apa ke dia?

      Delete
  2. Ci Friscaaa, thank you so much juga karena udah mau barteran sama aku 🥺. Aku nggak nyangka kalau akan dikasih tanaman juga sama Cici sebab niat awalku memang mau mencari adopter aja untuk monsteraku, eh malah dikasih mint sama Cici 🥺
    Kayaknya kita udah bisa jualan tanaman secara online nih, secara kita udah tahu gimana cara packingnya 🤪 wkwk
    Semoga tanaman kita sehat dan subur terus ya, Cii 🙏🏻 terima kasih banyak untuk kiat-kiat memelihara mint-nya 😍 deg-degan euy, berharap banget dia bisa tumbuh subur hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku puguh yang terima kasih duluan sama kamu. Jadi aku bisa punya janda bolong sebagai salah satu koleksi tanamanku hehehe Terus emang aku lagi punya banyak tanaman mint hasil stek juga. Jadi ingin kuberikan padamu juga hahaha

      Iya bener. Bisa jadi tukang jualan tanaman online ya Lia 🤪

      Amiiin. Mint termasuk gampang dirawat koook. Kalo Lia biasa merawat Monstera harusnya rawat mint ga sulit karena mirip perawatannya sih setelah aku liat-liat haha

      Delete
    2. Semoga tanaman Lia n trh Frisca makin subur setelah diadopsi yaaa 😍😍 sebagai orang yg ga bs ngerawat taneman, aku kagum sama ketelatenan kalian berduaa 😍 dan aku barubtau ternyata taneman kaya mint justru klo kena matahari berlebih justru ga bagus yaa. Malah lbh bagus di tempat teduh..

      Delete
    3. Amiin. Makasih kak Thessa. ^^

      Iya kalau kena sinar matahari langsung, nanti daunnya terbakar dan jadi kering kak Thessa. Tetep butuh sinar matahari untuk fotosintesis tentunya, tapi ga boleh langsung biar ga kebakar hehe

      Delete
  3. Waaah seruu amat sih kalian barteran tanaman gini :D seruuu kalau baca pengalaman orang menanam sesuatu, karena aku sendiri belum menemukan joy saat menanam tanaman 😂 pangkas gading sirih gondrong di rumah untuk dipindahkan ke media lain aja aku mager banget 🙈 memang bener yaa urus tanaman kayak urus anak sendiri hihi

    Semoga tanaman barteran kalian awet-awet yaa di rumah masing-masing ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga nyangka jadi barteran tanaman begini ci. 😆 Tapi lumayan jadi nambah koleksi tanaman di rumah masing-masing hehe Memang ga banyak orang yang suka tanam menanam juga si ci. Adekku pun males banget harus urusin tanaman. Awalnya kan tanaman mint di rumahku ini tuh mamaku yang urus di rumah Karawang. Eh tapi mama salah cara merawatnya dan malas juga merawatnya hingga kondisi mintnya nyaris mati 😅 Aku langsung rescue dengan bawa itu mint ke rumahku dan kuselamatkan biar dia bisa tumbuh subur. Kasian kan kalau mati huhuhu
      Betul kata ci Jane, urus tanaman uda kaya urus anak sendiri hahaha

      Amiiin ci. Ayo ci gading sirihnya di-pruning biar dia tumbuh lebat hihihi 😆

      Delete
  4. aww hope tumbuhan mint will grow and healthy

    ReplyDelete
  5. Lucu banget siih kalian barteran tanaman giniii 😆 Frisca sama Lia sama-sama suka dan bisa ngurus tanaman yaaa, cantik-cantik semua tanaman kalian, adem liatnya 😍 Aku lagi mikir pengin punya satu tanaman buat di kamar, karena katanya biar udara jadi lebih segar, tapi masih ragu apakah bisa ngurusnya apa enggak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ucu ya kak Eya >.<

      Buat di kamar bisa tuh monstera ato mint kak Eya. karena memang keduanya ga bisa kena sinar matahari langsung. Tapi bukan berarti di tempat gelap ya. Butuh kena cahaya tapi ga langsung hehehe

      Delete
  6. senengnya bisa barteran ya, dan jarang jarang juga aku nemuin yang barter tanaman lho
    duluuu waktu aku kecil sepertinya barter ke sesama temen udah biasa, sekarang udah ngga pernah liat lagi
    tanaman janda bolong ini lagi favorit di kalangan temen kantorku mbak, apalagi ada yang penjual bunga juga di kantor, obrolannya udah soal bunga bungaan dan kadang aku nggak ngeh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janda bolong memang lagi hits banget sekarang. Entah mengapa.

      Terus sejak pandemi gini jadi banyak orang yang senang berkebun deh. Mungkin karena di rumah saja, jadi biar ga bosen ya berkebun hahaha

      Delete
  7. Saya sempat baca tuh kalian berdua balas-berbalas komen yang bermaksud untuk tukeran tanaman hehehe akhirnya berlanjut juga ya diceritakan di sini. 😀

    Saya juga punya tanaman mint! Duh, cukup challenging juga merawat mint ini. Banyak diserang hama dan sampai sekarat, syukur sekarang udah baikan dan tumbuh lebat. Saya juga udah mulai stek ke pot kedua, nih mbak.
    Kalau saya pakai media tanamnya tanah, pupuk kandang dan sedikit sabut kelapa :)
    Semoga tumbuh subur ya si janda bolongnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya awalnya dari komen-komen di blognya Lia. Eh terealisasi juga ternyata hehehe

      Waaah kalo uda diserang hama rasanya sedih yaa. Diserang hama apa tuh kak? Aku uda sering stek mint nih. Pertama kali stek itu langsung 2 pot dengan masing-masing pot berisi 3 batang. Di pot pertama mati 1 batang, jadi sisa 2 batang. Terus aku stek lagi kedua kali, di pot yang kedua juga ternyata mati satu batang. Yang pot 1 aku kasih ke LIa, di pot 2 ini aku tambahin 1 batang lagi. Terus aku pakai pot panjang sekarang, aku tancepin 6 batang mint. Jadi beranak pinak nih mintku
      biasa kaka apain panenan daun mintnya??

      Delete
  8. Wow barter memang sudah mulai jarang karena sekarang kebanyakan transaksi pakai duit, tapi masih ada juga sih, misalnya disini ada tukang batagor pengin cukur karena rambutnya sudah panjang tapi dagangannya sepi, akhirnya tukar jasa dengan tukang cukur juga yang pengin batagor.😄

    Tanaman janda bolong itu bukan nya yang mahal, kalo ngga salah di tivi kemarin katanya harga satu daunnya 20 juta, itu ada 5 lembar daun berarti 100 juta, bisa buat beli mobil Avanza seken tuh.😱😱😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi itu lucu juga tuh mas Agus. Cukur rambut bayarnya batagor hehehe

      oh kalo yang mahal itu namanya Monstera Obliqua. Yang katanya di habitatnya sendiri pun langka. Kalo yang dari Lia ini, Monstera Adansonii. Tanaman katanya sudah divegetasi lokal jadi banyak beredar di Indonesia. Harganya kalo yang ini tidak sampai jutaan.
      Menurut tingkatan dari yang murah ke yang mahal itu:
      1. Adansonii
      2. Esqueleton
      3. Deliciosa
      4. Obliqua
      Ini hasil browsing-browsing aku sih mas Agus hehehe

      Delete
  9. Halo mbak... Wah nama tanamannya unik ya mbak. Jandan Bolong 😅😅
    Ada ada aja yaak orang ngasih nama tanaman begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama tanaman di Indonesia memang unik-unik...
      Dulu hits gelombang cinta, terus lidah mertua, terus sekarang janda bolong hihihi
      ada-ada aja emang nama tanamannya

      Delete
  10. Ya ampuuun daun mint :D. Aku nyobain sekali daun mint pas ke Korea Utara, dijadiin daun pembungkus daging BBQ.. kalo biasanya pake selada, di sana pake mint. Ternyata enaaak bangettttttt. Ga pahit, dingin dan wangi. Jd aroma dagingnya makin enak. Kirain itu ga bisa tumbuh di tropis :D.

    Aku memang ga jago utk urusan gardening mba. Tangan panas hahahhaa. Tp suka aja sih liat tanaman2 orang yg subur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia??! Wah jadi penasaran pengen cobain bungkus daging pakai mint hehe Itu dibungkusnya selama berapa lama kak??

      Masa sih kak Fanny? Mungkin ketemunya sama tanaman yang sulit dirawat kali kak? Kalo kaya mint ini gampang ngerawatnya hehe

      Delete
  11. Saya manggilnya jadi Mba Frischa aja deh.. wkwkwk😅😅

    Wahh daun mint.. suka banget apalagi dicampur sama teh lemon.. seger2 gimana gtu.

    Saya dikamar juga ada pohon monstera yang perdaunnya harganya bisa smpe jutaan.. saya taruh di kamar. Seneng banget ngurusnya, nggk perlu ganti tanah, nggk perlu di siram, nggk perlu dikasih pupuk. Belinya iuga dlu murah cuma 85 ribu dpet 10 daun.. 😅 smpe skrang daunnya nggk ada yg layu.. padahal nggk pernah dikasih cahaya matahari.. hoho.☺

    Cuma yah itu Imitasi.. wkwk 😂😂😂

    Di depan kamar saya juga ada mini garden, cuma bukan tanaman hias. Lebih ke tumbuhan rempah kaya daun sereh, daun kunyit, pohon pepaya, pohon markissa, jambu, mangga, pohon lavendar, cabe rawit, kangkung, lidah mertua. Campur2 sih.. Bapak yg dlu hobi banget berkebun... skrang kebunnya ganti kepengurusan ke saya. Agak bingung sih, soalnya saya nggk setelaten beliau yng bisa ngurusin semua pohon..😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laah kenapa jadi ganti? HAHAHA 🤣🤣🤣

      Aku sukanya dicampur sama madu. Terus perasan jeruk sonkit. Asem seger manis semriwing~

      🙄🙄🙄 Aku bacanya uda serius-serius ga taunya imitasi. 😑😑😑

      Wah lavender!! Aku pengen punya lavender juga tapi belom nemu aja di tukang tanaman yang aku temui haha
      Itu enak juga loh punya pohon buah-buahan gitu, pas panen rasanya senang. Aku pas panen daun mint aja senang rasanya ehheehe

      Wah mungkin Bayu bisa belajar cara merawatnya, biar tanaman peninggalan beliau bisa tetap tumbuh subur :)

      Delete

Powered by Blogger.