Vaksin Covid-19 Kedua

June 02, 2021

Gw melaksanakan vaksin Covid-19 kedua tanggal 25 Mei 2021. Lokasi vaksinya masih sama seperti vaksin Covid-19 pertama, yaitu di Mall Basura. Pas hari Senin, gw diingatkan oleh ci Ch untuk ikut vaksin kedua dan dijelaskan persiapan yang harus dilakukan. Sebetulnya pas gw selesai vaksin dan nunggu di ruang observasi, gw dapet SMS berisi sertifikat vaksin pertama gw dan info lokasi serta tanggal vaksin kedua. Di SMS itu dikasih tau kalo lokasi vaksin di RS Premier Jatinegara. Eh tapi ci Ch infoin kalo lokasi vaksin kedua ini sama kaya lokasi vaksin pertama. Malah gw ga perlu kumpul di food court kaya vaksin pertama. Disuruh langsung ke tempat vaksinnya, yaitu di Function Hall P3 Mall Basura. Bahkan bisa bebas mau datang jam berapapun, ya tapi antara jam 8 pagi hingga jam 2 siang sih.

Gw memutuskan untuk berangkat jam 7an. Lebih pagi nih daripada vaksin pertama. Gw bangun jam 5 pagi kalo ga salah, siap-siap, dan ga lupa untuk sarapan dulu nasi goreng babi sisa kemaren malem. Semalam, gw pun bobo jam 10.30, hampir jam 11 malam sih. Ga 8 jam tidur, tapi masih cukup tidur lah ya. 😅 Berangkatnya gw pesan taksi daring. Harga yang tertera lebih murah seribu daripada biaya taksi pas gw berangkat vaksin pertama. Lebih pagi setengah jam ternyata fee-nya jadi lebih murah seribu 😂

Jam 8 kurang gw sudah sampai di lokasi vaksin kedua. Dicek suhu dan diberikan form isian seperti form vaksin pertama. Cuma yang beda, ada kaya satu form edukasi tentang vaksin AstraZeneca. Eh loh kok vaksin AstraZeneca? Padahal kan gw pertama kali divaksin itu pakai vaksin Sinovac. Sebelum gw bingung, orang yang duduk di sebelah gw (yang gw kenal saat vaksin pertama) bilang kalau bagian itu diabaikan aja karena itu form yang juga dipakai untuk orang-orang yang baru vaksin. Kalau batch gw ini tetap pakai vaksin Sinovac seperti vaksin pertama. Oke sip. Ga bingung.

Gw isi form sambil duduk di kursi antrian. Duduknya di depan gedung karena memang di dalam gedungnya belum buka. Memang belum jam 8 juga saat itu. Tapi kursi antrian sudah terisi dua kubu gitu, Hampir penuh. Niat juga ya orang-orang ini. Heheh.

Tepat pukul 8 pagi, kami dipersilahkan masuk dan menempati kursi mulai dari paling depan. Urutan vaksinnya itu dimulai dari paling kanan dan mengular. Jadi orang-orang duduknya pindah-pindah gitu. Mengetahui vaksin dimulai dari kursi paling kanan depan, satu orang pemuda memilih pindah ke belakang dan meminta orang disebelahnya untuk duluan saja. Dia mengaku takut jarum jadi mungkin dia belum siap divaksin sebagai giliran pertama. Sontak para peserta yang sudah di dalam gedung (belum ramai banget sih) tertawa mendengar celetukannya. 🤣

Proses vaksin kedua ini di luar dugaan lebih cepat daripada vaksin pertama. Entah karena gw datang pagi kali ya, jadi masih sepi dan prosesnya jadi lebih cepat. Tempat disuntiknya bahkan ga dibedakan ruang. Setelah dicek suhu dan tekanan darah, langsung disuntik di kursi sebelahnya! Jam 8.11 gw sudah duduk di barisan depan dan siap ditensi.

Cek tensi kali ini, tekanan gw lebih rendah daripada tensi pertama. Tapi masih tetap ga normal dong!!! 😫 Tensi gw saat itu 148. Alamak!!! 🙄 Susternya bilang kalau gw tegang banget ya sampai tensi setinggi itu. Hmm, tapi memang pas gw cek tensi sendiri di rumah mama yang emang punya alat tensi, tensi gw di 126 dong! Masih tinggi. 😣.

Sebelum gw disuntik, sebelah gw bapak-bapak sekitar umur 30an kali ya. Dia sudah siap tuh buat disuntik dengan menarik lengan baju. Terus dokter Yolanda (yang nyuntik gw juga) nanya apakah sedang batuk/pilek kepada bapak itu. Bapak itu mengaku tidak enak tenggorokan. Terus dokter Yolanda pun meminta bapak tersebut untuk tunda dulu vaksin keduanya sampai 14 hari setelah sembuh dari sakit. Bapak tersebut pun ga jadi divaksin sodara-sodara. 😲 Dokter Yolanda bilang kalau badan sedang tidak fit dan divaksin, nanti efek samping vaksinnya jadi lebih banyak karena vaksin itu kan virus yang dilemahkan. Ini berarti kan badan kita disuntikan virus yang sudah dilemahkan. Kalau badan tidak fit, imun tubuh ga bekerja dengan baik. Nanti kenapa-kenapa malah jadi bahaya kan. Jadi harus tunggu badan sudah fit dulu baru deh bisa divaksin.

Setelah bapak tersebut pergi untuk menjadwalkan ulang vaksin keduanya, kini giliran gw disuntik. Gw saat itu puji Tuhan sehat-sehat saja. Tidak batuk atau pilek, apalagi demam. Gw pun disuntik. Rasanya lebih sakit daripada suntikan vaksin pertama. 😫 Setelah itu gw dipersilahkan untuk menunggu di ruang observasi untuk menerima sertifikat vaksin kedua.

Jam 08.22 gw sudah di ruang observasi. Cepet banget ga si???!!! 👍👍👍 Ga berapa lama, gw sudah dipanggil untuk mengambil sertifikat vaksin. Gw ditanya apakah mengalami ga enak badan/tiba-tiba mengantuk. Gw sih biasa-biasa saja. Cuma pegal saja di area yang disuntik. Setelah itu gw dipersilahkan untuk pulang.

Tapi berhubung mas Ron yang jemput gw pulang belom ready, gw pun menunggu lebih lama di ruang observasi. Itung-itung kalo amit-amitnya gw kenapa-kenapa kan ada tenaga medis yang siaga di situ ye kan.

Jam 09.17 mas Ron akhirnya sampai dan gw pun pulang ke rumah. Nah di rumah itu gw istirahat sebentar sampai jam makan siang. Gw juga kan sudah sengaja cuti setengah hari, biar sekalian dipakai gitu cuti setengah harinya. Ga mao rugi ceritanya. 🤣

Nah pas makan siang itu, gw cek area gw disuntik. Ada titik-titik merah biru kaya darah pecah gitu loh. Kecil-kecil titiknya. Berjajar memanjang gitu. Keliatan ga dari foto? Itu efek samping lain yang gw rasakan di vaksin kedua ini.

Efek samping lainnya gimana?

Lengan kiri gw yang memang lokasi gw disuntik itu mengalami pegal. Lebih pegal rasanya daripada vaksin pertama. Tapi efek pegalnya ga sampai seminggu lebih kaya vaksin pertama. Sekarang saja gw sudah ga merasakan pegal dan titik-titik darahnya sudah ga ada. Terus gw ga merasakan efek samping yang lain sih.

Oia, setau gw sekarang sudah mulai banyak nih diadakan vaksin mandiri. Harganya pun bervariasi. Harganya lain-lain tergantung jenis vaksin yang digunakan.

Yang penting nih ya, meski sudah vaksin, kita ga boleh abai dengan ga melakukan protokol kesehatan ya. Karena memang vaksinasi ini ga sepenuhnya membuat kita kebal dari Covid-19. Vaksin Sinovac yang disuntikan ke gw saja diberitakan kalau efikasinya rendah. Ga setinggi vaksin AstraZeneca. Jadi memang yang sudah vaksin pun harus tetap patuh pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Begitulah pengalaman vaksin kedua gw. Kalian yang sudah vaksin kedua, apakah mengalami efek samping yang sama?

16 comments:

  1. Wahhh syukur deh Mba udah beres program vaksinasinya.. lancar kan ya berarti...
    Maaf, aku ikut ketawa dong pas ada Mas yg nyeletuk takut jarum suntik 😂 *nggak nyadar kalau sendiri juga serada sawan sama jarum suntik.. 🤣🤣

    Ya ampun itu terus Bapaknya di reschedule cuma gara2 tenggorokan serada nggk enak. Kalau ternyata cuma serek2 biasa gimana..?? keren ya berarti.. pertimbangannya ketat banget..

    Btw, pendaftaran vaksinasi gotong royong untuk karyawam udah dimulai. Aku smpat daftar.. tapi PRnya banyak. Karena hasil kontrol kemarin asmanya masih belum terkontrol.. dan harus bisa dikontrol dlu biar bisa ikut vaksinasi..
    Minta doanya ya Mba Fris. Biar pas nanti hari H bisa ikutan tanpa schedule ulang.. heheh 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lancar Bayu. Makasih yaak hehehe

      Iya aku juga ketawa, lucu banget si mas-nya. 😂 Oh bayu juga takut sama jarum suntik?

      Betul. Si bapak ditunda vaksinnya sampe bener-bener fit dulu. Ga asal disuntik aja meski tenggorokan sakit... Bapaknya sih bilangnya tenggorokannya sakit ya Bay, makanya dokter ga bolehin vaksin dulu. Kalo gatel-gatel gatau deh ya...
      Sebetulnya aku pun agak bandel sih, karena minggu lalu tuh aku pilek. Pilek cuma sehari gitu. Tapi aku tetep aja bilang kalo pas hari itu aku fit-fit aja. Ga kenapa-kenapa (emang ga kenapa-kenapa sih saat itu, ga batuk dan ga pilek). 🤣 Abisnya buat ke tempat vaksinnya tuh jauh banget Bay.. Kalo harus nunda kan aku riweuh bener. Uda mana cuti segala kan wkwkw #ngeles

      wiiiih akhirnya ya sudah mulai!! Di kantorku juga uda mulai tuh vaksin nanti tanggal 15 ini hehe

      buat penderita asma pasti jadi lebih berat ya. Super ketat dan banyak PR. Ya kan ini supaya ga kenapa-kenapa juga. Kalau efek sampingnya malah memberatkan malah jadi bahaya juga kan Bayu... Aku doain semoga Bayu bisa ikut vaksin dengan lancar. Amin.

      Delete
  2. Ini gimana bisa kedaftar vaksin?
    Daftar sendiri kah atau didaftarin?

    need info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya ada di vaksin covid-19 pertama hahaha
      Sbnrnya ini tuh dapet dari tempat pelayananku gitu, kaya dapet jatah hehe
      Awalnya aku ga ngira kalo ini pendaftaran buat vaksin. Kukira kaya cuma didata aja siapa yang uda vaksin sama siapa yg belom. Eh gtw dikabarin kalo dapet jatah vaksin gitu hehe

      Kalo kamu di jakarta, sekarang uda banyak nih vaksin mandiri
      Kalo mo antri panjang, setauku bisa dateng ke GBK. Ini antriannya panjang banget tapi dan aku gtw masi ada ato engga hehe
      Semoga membantu ya infonya 😀

      Delete
  3. Vaksin pertama dan kedua, gue sama sama sinovac mbak.
    Waktu vaksin pertama ditanya ama dokternya, "tadi pagi sarapan apa?" tapi waktu vaksin kedua ga ditanya gitu krn saat itu sedang bulan puasa hahahaa..

    Untuk vaksin kedua, rasanya lebih sakit daripada yg pertama. Kemudian efeknya jg lebih berasa. Ada rasa pegal di sekitar area yg disuntik, sampe sehari lebih dong mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih toss! Samaan kita :)

      jiaaah iyalah Dodo ga akan ditanya. Kan lagi puasaaa 🤣🤣
      Aku malah kebalikan. Pas vaksin pertama, ga ditanya uda sarapan belum. Pas vaksin kedua ditanya uda sarapan belum. Soalnya pas vaksin pertama masih masa puasa hehe

      iya ya. Kayanya rata-rata vaksin kedua tuh lebih sakiitt. Tapi efek pegalnya lebih cepat hilang daripada vaksin pertama. Iya ga?

      Delete
  4. Belum bisa jawab Kak Fanny, belum tau kapan divaksin huhuhu 🤣 Apa karena aku anak muda ya, jadi vaksinnya nanti-nanti dulu? Haha 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. eehh Syifa lagi halu nih saking banyaknya tugas sampe salah nyebut nama hihihi 🤣
      Syifa sebenernya bisa-bisa aja divaksin, tapi musti aware info-info sekitar. Kaya vaksin di GBK itu, kalo sengaja dateng kadang dapet-dapet aja vaksin meski memang antrinya puanjaangg...

      Delete
  5. aku hari senin kemarin baru vaksin pertama mbak
    takut takut gimana gitu, soalnya lagi batuk juga ga sembuh sembuh, alamakkk
    ternyata pas konsul dibolehin sama dokternya, karena batuknya juga proses penyembuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo kak Ainun malah dibolehin yakkk... Gimana kak Ainun rasanya setelah vaksin? Pake vaksin apakah?

      Delete
  6. Aku tgl 30 Agustus mba yg kedua :D. Krn pake AZ jadinya LBH lama jaraknya. Penasaran nih bakal gimana KIPI nya :D. Yg pertama kemarin aku meriang sampe selimutan 2 bedcover. Aku yg biasanya benci panas, dan selimut aja suka ketendang, JD ga bisa lepas hahahah . Trus jadi batuk, lengan pegel dan memar Ampe seminggu. Tapi aku suka efek ngantuknya hahahaha. JD istirahat sih :D.

    Semoga aja pas kedua nanti, JD lebih tertib. Karena yg pertama kemarin paraaah sih. Antrian ga jelas, ruameee, trus pake acara antigen dulu. Ga dikasih cert nya, ga dpt SMS. Tp untungnya di Pedulilindungi website, namaku udh kluar . JD bisa aku print ntr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow masih lama ya... Iya betul AZ lebih lama jaraknya karena memang lebih kuat juga kannn... Rata-rata memang yang disuntik AZ akan meriang dan pegel-pegel banget yak... Eh itu kok malah jadi batuk ya kak?

      Wah masih kacau ya di sana prosesnya... Sayang sekali ya kak. Huhuhu Untung tetap tercatat ya di websitenya... Semoga yang kedua bisa lancar ya kak Fanny 🙏

      Delete
  7. Wah bersyukur banget sudah dapat jatah Vaksinnya. Saya baru tgl 9 kemarin selesai vaksin kedua, semoga pandemi ini segera terkendali ya...

    Oh yah, untuk teman-teman yang ingin mencari tempat untuk guest post bisa banget loh, di web kami Yoexplore . co . id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bersyukur uda kelar vaksin dua kali ya kak.
      Amiiin. Semoga bisa segera aman lagi negara ini.

      Delete
  8. iya nih
    waktu mau vaksin kudu fit
    biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena kalo lg drop kondisi tubuh, disuntik vaksin nanti malah makin drop kondisinyaaa. Harus fit dan cukup tidur.

      Delete

Powered by Blogger.