Book Review: Rumah Lebah

June 21, 2021

Gw akhirnya beli novel Rumah Lebah ini juga setelah penasaran akibat baca review dari kak Eya, si blogger Two Cappuccinos a Day. Di posnya itu doi bilang juga kan kalo dia baca Rumah Lebah ini karena diracunin JanexLia yang bukan kaleng-kaleng kalo baca buku. Makin tambahlah penasaran. Tapi sejujurnya lebih karena gw mau beli 2 komik Detective Conan tapi biar gratis ongkir, musti nambah satu buku lagi gitu. Yaudah cus lah sekalian boyong si Rumah Lebah karya Ruwi Meita ini. 🤣

Anyway adakah kalian kangen sama kemunculan gw? Wkwkw Jujur gw sekarang ini sedang sibuk-sibuknya dengan kerjaan kantor. Bahkan sampai dua hari gw nangis-nangis karena kerjaan saking stressnya. 😥 I know this is not healthy and I speak up to my HR head about this. Sumpeh ini hal yang cukup memalukan karena gw nangis saat e-meet sama bos gw. Cuma gw uda ga tahan untuk ga nangis saat itu karena tersentuh dengan kata-kata bos gw. 😣 Ah jadi curcol (curhat colongan) kan...

Book Review: Rumah Lebah

Judul

:

Rumah Lebah

Penulis

:

Ruwi Meita

Jumlah Halaman

:

284 halaman

Tahun Terbit

:

2019

Penerbit

:

Bhuana Ilmu Populer

Kategori

:

Psychological thriller

Sinopsis Rumah Lebah karya Ruwi Meita

Mala, gadis kecil berusia enam tahun yang terobsesi dengan ensiklopedia. Dia hanya membaca buku ensiklopedia dan selalu mengurutkan buku satu sampai buku terakhir dari sisi kiri ke sisi kanan. Dia juga tertarik dengan beruang.

Di rumah, Mala hanya tinggal bersama orangtuanya, tetapi dia selalu membicarakan enam orang asing yang hidup bersama di dalam rumahnya. Dia selalu takut pada Satira, bersahabat dekat dengan Wilis, berbicara dengan Tante Ana yang suka berdandan, belajar bahasa Spanyol dengan Abuela, dan si Kembar yang hanya bisa mendengar, melihat dan mencatat. 

Siapakah keenam orang asing yang disebut oleh Mala tersebut?

Review Rumah Lebah

Wow wow wow. Gw baru pertama nih baca novel psychology thriller begini. Ruwi menggunakan beberapa sudut pandang. Kadang sudut pandang Nawai, ibu dari Mala. Kadang juga sudut pandang dari Mala. Juga kadang pakai sudut pandang orang ketiga saat meceritakan suatu peristiwa. Buat peralihan antar sudut pandang ini ga begitu membuat pusing sejujurnya. Karena terbagi-bagi dalam masing-masing bab. Jadi gw ga terlalu dibuat pusing juga ini lagi baca isi pikiran siapa. Hehe.

Awal cerita gw kira ini tuh tentang horor dan penuh misteri. Eh tapi ke belakang-belakang saat makin terkuak misterinya, membuat gw tak habis pikir. Bisa-bisanya kepikiran jalan cerita begini. Jempol buat Ruwi Meita!!! Dan ini bukan novel horor seperti yang gw pikirkan. Haha.

Gw selesai baca novel Rumah Lebah ini cuma tiga hari saja. Gila juga. Gw ga pernah baca novel secepat ini! Saat itu novel pesenan gw nyampe di hari Minggu dan hari Selasa sudah kelar gw baca novel Rumah Lebah ini. Wow. Padahal biasanya gw malas banget loh baca novel. Kalo gw bisa nyelesein dalam tiga hari, berarti nih novel sungguh mengambil minat baca gw. Padahal sebelum baca Rumah Lebah ini, gw lagi baca Red Rising karya Pierce Brown. Cuma karena tu novel besar dan lebih tebal, gw baca Rumah Lebah dulu saja deh karena saat itu gw bawa novel ini untuk menemani gw berwisata ke Anyer. Ehehe.

Meski begitu, tetap saja ya tak ada novel yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan saja. #eh Gw menemukan adanya kesalahan penulisan nama tokoh. Saat diceritakan tentang Alegra, eh ditulis Kartika. Padahal kedua tokoh ini berbeda jauh. Mungkin editornya sedang kurang fokus ya. 😅

Gw pun menemukan suatu keganjilan. Diceritakan kalau Mala bilang mamanya ini mengecat rambutnya menjadi merah marun sehingga ayahnya ga sadar kalau itu bukan mamanya. Tapi masa Nawai ga sadar dia mengubah warna rambutnya menjadi merah marun? Gw cukup bertanya-tanya saat baca statement Mala soal ini.

Akhir cerita dari novel Rumah Lebah ini juga greget. Membuat gw merasa digantung. Siapa itu Inara??? Tokoh lain atau kepribadian lain dari Mala? Huft. Mungkin Ruwi sengaja dibuat menggantung gitu agar pembaca saja yang menyimpulkan sendiri kisah akhirnya. Tapi gw ga suka diginiin. 😣

Secara keseluruhan gw menikmati baca novel Rumah Lebah ini. Bikin penasaran, tegang, dan ternganga-nganga. Untuk novel Rumah Lebah ini gw kasih bintang 4 dari 5 deh. Soalnya masih ada beberapa plot hole yang kurang dijelaskan lebih lanjut. Diceritakan dengan tergesa-gesa gitu biar cepet kelar. Kesannya seperti itu ya buat gw.

⭐⭐⭐⭐(4/5)

29 comments:

  1. Aku juga merasa digantung sama mba Ruwi di buku ini, nih... :))
    Tapi walau begitu ttp merasa seru baca buku ini. Jalan ceritanya emang bikin ga berasa, tau2 udah abis aja.

    Pengen nyobain karya mba Ruwi yang lain, tapi baru sempat baca kumpulan mini novelnya bersama beberapa penulis lain dalam buku Me-Time. Ciri khasnya tetap sama, padahal tema utamanya tentang Me-time para ibu-ibu. XD

    Oh iya mba Reka Haloreka juga pernah membahas beberapa buku mba Ruwi yang lain. Tapi aku lupa apa aja :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebel ya digantungin beginiii hahaha Betulll. Bacanya bikin nagih pengen cepet terkuak misterinyaa...

      Apakah di buku Me-Time juga soal psychological thriller juga kak?

      Halorekanya sudah nongol juga kak Hicha di komen bawah hihihi

      Delete
  2. Ini buku wishlist aku, Kaaaaaak 😆. Ntar kalau ada duit berlebih aku pengen beli buku ini. Tapi serius deh, aku penasaran banget ceritanya rumah lebah. 🙈

    Karena penasaran, aku coba search novel ini di iPusnas. Tapi sayangnya gak ketemu. Sebagai gantinya aku ketemu novelnya Ruwi Meita juga di sana, yang judulnya Belenggu Ilse. Dan cerita Belenggu Ilse ini juga bagus bangeeeeet 😆. Ngomong-ngomong, dia punya genre yang sama seperti Rumah Lebah, kak. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini buku memang bikin galau ya kak Roem wkwkw aku aja saat mau beli galau gituu.. Sempet stok kosong di toko online langgananku.. Akhirnya disetok lagi dan cus aja dah dibeli ahaha

      Wooo kalo di iPusnas itu gratis kan bacanya? Tinggal pinjam gitu ya kak Roem? Nanti cari aaahhh

      Delete
  3. YA KAN YA KAN 🤣🤣

    Kayaknya sih bukan menggantung, Mbak Ruwi sepertinya sengaja membiarkan pembaca membuat kesimpulan sendiri, jadi persepsi ending Rumah Lebah bisa aja berbeda antara kamu dan aku (menurutku yaaa).

    Abis ini boleh baca karyanya Mbak Ruwi Meita yang berjudul Belenggu Ilse, Friss. Masih mengambil tema yang sama dan tetap menegangkan. Tapi Rumah Lebah masih menempati posisi pertama di hatiku hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci Jane... Aku pun berpikir begitu... Ruwi sengaja biar pembaca aja yang bikin kesimpulan sendiriii... Tapi buatku tuh jadi gantung karena aku ga mau bikin kesimpulan sendiri wkwkwk

      Belenggu Ilse banyak yang rekomendasiin juga nihh.. Aku jadi makin penasaran juga sama itu hehe

      Delete
  4. Sama seperti Kak Hicha, aku juga merasa digantung 😂 tapi mungkin memang begini ciri khas penulisan dari Kak Ruwi Meita, tipe open ending yang membuat para pembaca terbang ke alam imajinasinya sendiri 🤣

    Btw Ci, buku Misteri Patung Garam milik Ruwi Meita katanya lebih bagus lagi, tapi susah banget carinya 😅. Selain itu ada Belenggu Ilse, ini juga bagus hahaha.

    Semangat Ci Frisca atas pekerjaannya! Sesekali nangis nggak apa lho, biasanya habis nangis, rasanya jadi lebih plong kan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau baca buku Ruwi berarti siap-siap digantungin gitu yaakkk >.<

      Aku lagi mo coba cari Belenggu Ilse dlu nih karena banyak yang sudah rekomendasikan juga heheh selain karena bisa baca gratis juga sih eehehehe

      Makasih Lia buat semangatnya ^^

      Delete
  5. Salah satu penulis bergenre thriller favoritku kak...Pertanyaan Kak Friska mirip denganku, btw Inara itu yang mana ya kak? Aku rada lupa, udah lama juga bacanya haha.

    Aku lebih penasaran sama masa lalunya Nawai kak..kenapa bisa ada kepribadian itu soalnya kok dia sampe punya cukup banyak personality lain itu tuh kenapa sampe bisa muncul wkkk.

    Oiya btw kalo mau baca karya Ruwi yg lain bisa baca Misteri patung garam, cuman buku ini udah jarang yg jual, atau belenggu ilse yg gak kalah seru kok dan tersedia di gramedia digital 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inara itu tokoh yang disebut terakhir banget... Aku pikir ini kepribadian lain dari Mala tapi entahlah aku kurang bisa paham bagian situuu hahaha

      Nah beneerr aku penasaran jugaa... Ceritanya kurang dijelaskan kaya cuma sekilas-sekilas ajaaa dan dijabarkan cepat gitu...

      Reka sudah sempat baca Misteri Patung Garam??

      Belenggu Ilse ini ada di iPusnas ternyata jadi bisa baca gratis hehehe
      tadi baru aja aku pinjem hehe

      Delete
    2. Oiya Inara yang itu! Iya aku sempet kepikiran sama kayak kak Fris..takutnya sih Mala ini punya nasib seperti Nawai juga kak 🧐

      Udah baca kak hehehe..seru sih MPG itu ngeri-ngerinya lebih terasa 😁

      Delete
    3. Iya dia kan kaya sempet kena abuse juga kan sama Satira... terus pasti ada mental issue juga ga sih karena dia masih kecil dan sudah berhadapan dengan ibu yang begituuu...

      Wuih Reka punya buku Misteri Patung Garam??

      Delete
    4. Iya kak duh aku penasaran banget sama Nawai di masa lalu. Anyway kalo Kak Fris suka sama Rumah Lebah coba deh baca The Silent patient, serupa tapi tak sama hehe.

      Dulu punya kak, tapi udah aku jual. Nyesel banget! Udah gitu aku dapetnya di bbw, termasuk buku langka juga kan 😭

      Delete
    5. Samaa aku juga penasaran. Tapi kaya cuma diceritain singkat dan cepet bangetttt. Makanya aku merasa saat ke bagian akhir tuh dibuat terburu-buru gituu.. Padahal masih banyak cerita yang bisa dikembangin agar lebih jelas...
      The Silent Patient siapa penulisnya?

      yaaaaahhh keburu kejual yaakkk.. Padahal mayan koleksi langka ya Reka

      Delete
    6. Penulis The Silent Patient itu Alex Michaelides kak..novel terjemahan. Sempet heboh juga karena plot twist ceritanya. Sekiranya Kak Fris berminat baca bukunya ada di gramdig 😆

      Delete
    7. uwooo makasih Reka rekomendasinya ^^

      Kumasukin list bacaku dulu eheheh

      Delete
  6. Pertama mau ngucapin smangat buat kerjaannya Mba.. aku yah akhir2 lagi ribet juga sama kerjaan.. second wave coronce is coming... ribet banget dihubungin buat backup sana sini jadi hape kumatikan,, hahah ikutan curcoll....

    wihh Anyer ke pantai apa tuh Mba?? 😁

    Hahaha . . Soal Rumah Lebah.. asli.. ini keren.. awalnya sempet khawatir aku nggk bisa ngikutin karena alurnya maju mundur.. tapi seriusss setelah dipaksa.. Ya ampunn kerennn banget.. 😚😚 soal digantungin.. yesss, aku pun sependapat Mba. Tapi yaudinn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bayu buat semangatnya... Bayu juga semangat ya!! Itu sampe matiin hp dong hihih kalo dicariin atasan gimana bay? 😝

      Ke pantai Mutiara bayu... Kayanya itu namanya heheh aku nginap di cottage gitu jadi bisa langsung akses ke pantainyaa

      Iya akhirnya bikin sebel sihhh aku bertanya-tanya tapi ya mao gimana lagi udahan hahaha

      Delete
    2. Hahhaha. Pokoknya kalau jadwalku libur hape aku matikan. . .

      Ouhhh Cottage... udah lama banget bayu nggk kesana. Mash bagus kan ya Mba? Sebelum corona sering main ke Anyer nyari pantai yg sepi breng temen2.. skrang udah hampir nggak pernah. Paling ke Merak doang.

      Delete
    3. ooh pas lagi libuuurrr.. Iya sih, sebel juga ya lagi libur eh diganggu kerjaan hehe

      Aku puguh baru pertama kalinya ke sana Bayu hahaha menurutku sih bagus. Awal pantainya banyak koral, tapi besokannya uda jadi alus pasirnya hehe Cuma aku nemu beberapa sampah. Sayang aja pantainya ga bener-bener bersih sampah 😥 Untuk airnya, masih kalah sama Bali Bayu wkwkwk

      Delete
  7. Ih g juga pingin baca buku ini dr kapan tau, Pik. Trus maju mundur gara2 mikir genrenya horor juga X'D X'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang-tenang, ini bukan horor seperti yang dipikirkan! Heheh Ayo Mei dibaca! Seru-seruuu tapi itu temen-temen yang lain lebih rekomendasiin Misteri Patung Garam cuma bukunya uda susah didapat... Ato baca Belenggu Ilse dulu aja Mei yang gratis via iPusnas hehehe Kalo suka sama ceritanya, bisa tuh beli Rumah Lebah

      Delete
    2. Iya, g baca2 reviewnya juga banyak yg bilang seru, sih. Hoo Misteri Patung Garam buku sebelum Rumah Lebah ya?

      Delete
    3. Wah kalo itu gw juga gatau Mei wkwk karena jujur saja gw baru mengenal bukunya Ruwi ini hahaahah Jadi ga tau juga buku-buku Ruwi lainnya heheh

      Delete
  8. Winaya tidak sadar ketika Nawai ganti warna rambut merah marun karena dia buta warna. Nawai sama Mala ada jelasin ini, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, aku sependapat kalau Winaya ga sadar akan perubahan warna rambut Nawai karena buta warna. Tapi yang aku bingungkan, si Nawainya sendiri kalau bercermin ga merasa ganjil kah karena warna rambutnya berubah...

      Delete
  9. Yg belum baca jangan dibaca ya.






    Ini pembunuh yg ngebunuh si Deni tuh si satira, Willis sama Tante ana kan?nah kan ada tuh satu lagit Mala nyebutnya 'laki-laki itu'.nah berarti yang ngebunuh si Deni itu bukan cuma si satira Willis, sama Tante ana dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm Aku uda lupa nih yang bagian ini.. Tapi pada akhirnya emang kepribadian lain Nawai yang membunuhnya ya.. Tapi memang kadang ada misteri yang bikin bingung kaya plot hole gitu ya? haha

      Delete
    2. Yg bunuh deni si Rayhan

      Delete

Powered by Blogger.