30 Days Mission Complete

August 05, 2020
30 Days Mission Complete

こんにちは皆さん!お元気ですか。私は元気です。30日間のミッションが終わりました!Yeay!! 🎉🎉
Artinya... Halo teman-teman! Apa kabarnya? Kabarku baik. Aku mau pengumuman, misi 30 hariku sudah selesai!!!! Yeay!! 🎉🎉

Jadiiii sebelumnya kan aku sudah cerita soal aku coba ikutan 30 days mission dari online course gitu. FYI, aku join course dari PONGO. Aku tahu ada PONGO ini dari iklan di IG yang slalu muncul gitu. Entah pas lagi scroll feed maupun saat lihat-lihat story. Pas lihat harganya, eh kok murah ya. Biasanya untuk kelas Bahasa Jepang gitu sekitar 1,4 juta rupiah untuk 3 bulan les. Ini harganya aku contek dari harga les Bahasa Jepang di LBI UI ya. Sebelum kenal PONGO, sejujurnya aku sudah ada niatan untuk les di LBI UI seperti temanku si Mei yang les Bahasa Inggris di sana. Tapi berhubung sedang wabah begini dan aku ga punya waktu untuk pergi ke UI, jadilah aku tertarik untuk ambil online course ini.

Baca juga: 30 Days Mission

Nah si PONGO ini nawarin kelas Bahasa Jepang N5 sepaket dengan kelas ngomong (30 days mission) sekitar 800 ribu rupiah. Mantap pikirku. Sistem belajarnya so pasti online. Jadi akan ada live streaming gitu setiap minggunya untuk kelas N5. Sedangkan untuk kelas ngomong itu diadakan 3 kali seminggu. Nah yang mau aku bahas itu si kelas ngomongnya.

Jadi sebelum memulai, kami para challenger diminta untuk melakukan pre-training dulu selama 5 hari. Misinya itu tercantum didalam PDF gitu yang bisa diunduh di situs PONGO. Terus ketentuannya, ga boleh kerjain misi dengan cara dirapel alias dikerjain semua dalam satu hari. Tiap hari harus dikerjain satu misi. Jangan dikerjain kecepatan atau terlambat kerjain misi.

Selesai pre-training, dimulailah misi selama 30 hari tersebut. Dari hari Senin hingga Jumat akan dikasih misi harian dan ada PR untuk dikerjakan. Setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu jam 7 malam akan diadakan live streaming untuk membahas misi dan PR yang telah dikerjakan tersebut. Hari Selasa tuh bahas misi di hari kesatu. Hari kamis bahas misi hari kedua dan ketiga. Hari Sabtu bahas misi hari keempat dan kelima.

Jujur saja, makin hari misinya makin berat. Aku tiap hari bisa tidur sampai tengah malam untuk menyelesaikan tiap misinya. Terus pagi hari aku harus bangun pagi untuk kembali mengerjakan misi (baca: belajar materi). Sungguh menguras waktu tidurku yang seorang budak startup ini. Maklum saja, dari jam 8 pagi hingga 5 bahkan bisa 6 sore aku harus kerja. Baru bisa ngerjain misinya ya di waktu sebelum tidur itu. Ga heran kan aku tidur larut malam tiap hari.

Di minggu ketiga akhir dan keempat aku hampir menyerah. Rasanya lelah dan ingin menyudahi ngerjain PR-nya!! Tapi berkat ada pre-training, aku mulai ingat lagi apa tujuanku belajar Bahasa Jepang. Mimpiku apa dengan bisa Bahasa Jepang. Dari situ aku jadi semangat lagi buat ngerjain tiap misinya.

Akhirnya, tanggal 31 Juli 2020 kemarin, aku menyelesaikan 30 days mission ini dengan baik. Fiuh sungguh perjuangan yang luar biasa buatku. Lalu seperti pepatah Jepang, 
努力の後はきっと良い結果があるでしょう
Kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang baik. Nah di akhir misi itu, ada pengumuman bahwa ada 5 siswa yang akan mendapatkan beasiswa untuk lanjut ke PONGO N4. Terus aku jadi salah satu yang dapet beasiswanya dong!!!! Uwaaaa, とても楽しいでしょう!


Beasiswa yang aku dapatkan itu berupa potongan sebesar 75% untuk lanjutin course N4 dan kelas misi 30 hari (lagi) tapi ini materinya N4. Tapi aku ga mau langsung daftar ke kelas N4. Soalnya aku merasa materi N5 yang sudah kupelajari, masih belum mantap. Aku masih belum hafal perubahan bentuk kata kerja. Masih ingin ulang review tiap materinya dulu. Untung deh beasiswa tersebut masih berlaku hingga awal September depan. Jadi aku ada waktu satu bulan untuk memantapkan N5 ini.

Ohya, aku mau bagiin apa saja yang aku dapat dari ikut misi 30 hari ini.

Lancar Bahasa Jepang

Hmm dibilang lancar sebetulnya ga juga sih. Berhubung kosakataku masih terbatas, jadi aku belum bisa banyak ngomong  Bahasa Jepang. Tapi sedikit banyak, aku bisa ngerti lah saat sensei ngomong Bahasa Jepang atau ada tulisan Jepang. Pas ngerti apa yang sensei ucapin dalam Bahasa Jepang tuh rasanya seneng banget 皆さん

Teman Seperjuangan

Di kelas PONGO N5 ini, aku dapat teman seperjuangan yang seru dan asik-asik. Meski bisa dibilang aku orang yang umurnya paling tua, tapi umur ini ga membuatku dikucilkan. Hehe. Malah seusai 30 hari misi ini, aku dan teman-teman masih cukup aktif di grup WA.

Sensei yang Ga Pelit

Sumpeh dah, Maru Sensei dan Abi Sensei itu baiiiikkk banget. Guru utamaku tuh Abi Sensei, Abi sensei ini ga pernah pelit waktu. Maksudku, ngajarnya tuh selalu lewat dari jam ngajar yang dialokasikan. Tiap kali live streaming tuh bisa sampai jam 9 lewat atau setengah 10 malam. Pokoknya sampai materinya selesai deh! Terus cerita dan pengalaman-pengalaman dari para sensei selama di Jepang juga suka dibagikan. Jadi aku dapat banyak insight baru perihal Jepang.

Bahkan ya, sehabis kelas misi ini kelar, Maru Sensei masih mau loh terimain Voice Note para murid untuk menghafal kotoba tiap minggunya. Baik kan??

Yak, itu deh pengalamanku selama menjalankan misi 30 hari. Doakan ya N5 nya bisa makin lancar niihhh terus aku mantap deh saat ikut kelas N4. Hehehe...

17 comments:

  1. Congratulations mba Frisca, senang baca prosesnya hingga mba Frisca bisa berhasil tanpa menyerah di tengah jalan 😁 jadi penasaran kira-kira apa rencana mba Frisca setelah mahir berbahasa Jepang 😆 semoga apapun rencana mba kelak, semua bisa berjalan lancar 😍

    Dan semoga pematangan materi N5 selesai tepat sebelum jadwal join N4 🥳 hehehe. Berhubung saya nggak begitu banyak hapal bahasa Jepang, jadi saya kasih semangatnya pakai bahasa Korea yah. Himnaera! Hahaha 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. doumo arigatou gozaimasu (thank you very much) kak Eno!! Eehehe amin kak. Mimpinya sih terbilang receh 🤣 Makanya pas pre-training aku agak minder liat mimpi teman-teman yang lain...

      Bahasa Korea aku paham kok Kak dikit-dikit, berhubung suka nonton drakor, sedikit banyak jadi tau kosakata Korea cem-cem:
      annyong haseo (halo), kamcagya (ekspresi kaget, mungkin astaga kali ya artinya), kencana (I'm ok), araso (I understand), pali (quickly), wei kure (why do you cry), dan salah satunya si himnae itu ehehe (Note: aku ga tau gimana cara tulisnya yang bener, tapi ngucapinnya bisa lah mirip-mirip, plus koreksi kalo salah ya kak). 😜

      Kalao dalam Bahasa Jepang, himnaera itu ganbatte kak hehe, makasih ya kak Eno atas semangatnyaa!! Seneng bisa disemangatin kak Eno 😆

      Delete
    2. BTW Kak Eno tidurnya malem kaliiii... Jam segitu masih bacain blog aku! Aku terharuuu 🥰🥰🥰

      Delete
  2. Belajar bahasa itu memang seru yaa, meski perjuangannya yang dilewati emang berat banget, tapi hasilnya tentu sangat nggak mengecewakan.

    Semoga misi 30 harinya berjalan lancar, di kursus di tahap selanjutnya pun berjalan makin lancar dan dimudahkan utk paham, Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Ghina. Makasih yaa doanyaaa! Ayo kakak ikutan belajar bahasa! Ehehehe

      Delete
  3. Yay! Akhirnya ci Frisca bisa selesaikan challenge-nya, malah bisa sampai dapat beasiswa. Keren sekali 😍 congrats ya ci Frisca! 🥳

    Memang kalau udah niat keras, biarpun lelah tetap semangat ya 👏🏻
    Semoga bisa makin lancar bahasa Jepangnya, sesuai dengan harapan ci Frisca. Semangat! 💪🏻🔥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia! Akhirnya kelar juga nih hehehe Makasih ya Lia 😁😁😁

      Semangatnya hampir padam si Lia, tapi tetap dipaksain hahaha
      Amiiiinnn
      Makasih sekali lagiii 🥰

      Delete
  4. Hai kak. Omedetou! Kakak keren banget bisa belajar bahasa dalam waktu 30 hari penuh. Kalau saya kayaknya nyerah duluan deh heheh. Saya dulu kepingin banget belajar bahasa Jepang sampe akhirnya otodidak (mana pusing banget kalau lagi kebingungan ga bisa nanya siapa-siapa wkwk). karena otodidak, ilmu yang saya dapet nggak pernah naik-naik juga, masih cetek segenangan air di jalan raya wkwkwk. Sekarang pun udah lupa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!! Makasih yaa! Aku pun dulu otoditakk nah biasa tuh emang lebih mudah nyerah kalau otodidak gitu. Makanya ini aku ikutan les murah aja biar lebih niaat. Biasa kan kalau bayar lebih mao belajar daripada gratis gitu HAHAHA

      Ayo dibuka lagi materi Bahasa Jepangnya! Biar bisa hafal lagi ehehe

      Delete
  5. Wah selamat ya atas beasiswanya. Emang bener sih usaha gak pernah menghianati hasil. Hehe. Selain bahasa jepang bahasa apa lagi? Jangan-jangan kamu polyglot lagi. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah les Bahasa Mandarin si dulu. Tapi sudah nguap semuaa. Cuma nyantol beberapa aja. Terus sempet juga belajaran Bahasa Prancis via Duolingo. Tapi ga maju-maju lagi. HAHAHA...Jadi dibilang polyglot juga engga sih...

      Delete
  6. Yeaaaay selamaat Frisca sukses menyelesaikan challenge-nya sampai akhir 🎉 dapet beasiswa untuk melanjutkan course lagi, wohoo!

    Seneng akutu kalo baca cerita orang yang sukses dalam menggapai mimpi. Memang kadang kita sendiri lah yang harus pecut diri sendiri supaya berani maju dan menghadapi tantangan ya hihi

    Semangat untuk ke depannya yaa :D aku bales pake Mandarin deh ahahahaha 加油!(jia you!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Jane ありがとうございます!

      Iya aku ga nyangka kalau aku dapaat beasiswa!!! >.<
      Betul sekali kak, harus pecut diri sendirii supaya bisa berkembaang. Aku puunn bangga sama Kak Jane yang selalu pakai Bahasa Mandarin dalam keseharian di keluarganyaa! Pengen juga kaya gituu tapi ini dalam Bahasa Jepang. Ehehehe Eh tapi kok malah aku yang bangga yaa 😝😝

      Delete
  7. Wow congrats, Pika!! Gak sia2 sampai tengah malam belajar lalu dapat beasiswa. 👏🏻👏🏻
    Btw, menarik banget ya nampaknya si PONGO itu. Jadi pingin kepo, deh. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hole Mei-mei! Iya makasih yaa Mei 😁
      Iya coba deh liat-liat, ada pongul jugaaa buat belajar Bahasa koreanya hehehe

      Delete
    2. Hoooo ada koreanya juga? Kirain cuma jepang doang, pas liat2 di instagram nemunya yang jepang doang soalnya. Thank you infonya, Pik. Hehe

      Delete
    3. Adaaa
      Dia ada banyak, inggris, korea, jepang, mandarin gahaha
      IG nya emg beda2, kalo jepang PONGO sebutnya
      Tapi kalo korea PONGUL hehehe
      Monggo diliat2 hehehe

      Delete

Powered by Blogger.