Friday, November 10, 2017

iRing Diaktifasi Sendiri

Sumber: https://pulsapaketinternet.blogspot.co.id/2017/09/cara-berhenti-iring-indosat.html
Tulisan ini saya buat bukan untuk memojokkan satu perusahaan namun untuk membagikan pengalaman yang saya alami sendiri terkait iRing yang diaktifasi sendiri oleh sistem alias mendapat SMS dari 808. Semoga saja pembaca tidak mengalami hal yang serupa dengan saya. Jadi ceritanya begini....
Kemarin teman sekantor saya menelpon saya dan berkomentar terhadap nada dering saya yang alay menurutnya. Sontak saya kaget karena saya tidak pernah memasang nada dering apapun terhadap nomor saya. Dia mengatakan kalau nada dering saya adalah lagu jadul yang berjudul Mungkinkah dari Stinky. Langsunglah saya teringat bahwa saya pernah dikirimi SMS berikut:
Terima kasih sudah mengaktfikan iring Mungkinkah (pro), Stinky. diprpnjang stlh 7hr.CS:808/STOP:*808*10#. Raih hadiah dari iRing di *808*2#
SMS tersebut dikirim oleh 808. Saya saat itu memang mengabaikan SMS tersebut karena saya pikir itu kesalahan sistem karena saya TIDAK PERNAH memasang nada dering apapun untuk nomor IM3 - Indosat saya. Setelah saya cek kembali pada kotak pesan saya, SMS dari 808 tersebut dikirim pada tanggal 8 Oktober 2017. Wah, sudah sebulan berarti pulsa saya tersedot untuk sesuatu yang tidak saya inginkan. Langsunglah saya mencari tahu cara untuk menonaktifkan iring tersebut.
Cara untuk menonaktifkan iRing tersebut ada dua, melalui SMS atau melalui dial ke *808*10#. Saya memilih cara kedua dengan mengetik *808*10# dan memencet tombol panggilan. Kemudian tampilan di layar hp saya sebagai berikut:
Pilih Menu Bantuan di bawah ini:
1 STATUS
2 UNREG iRing Tertentu
3 UNREG ALL
Saya pun memilih nomor 3 untuk menonaktifkan semua konten-konten iRing itu. Setelah beberapa lama, sama mendapat pesan/SMS dari 808 yang berisi:
Anda telah  menghapus lagu Mungkinkah (pro),Stinky dari jukebox Anda. Ganti iRing km tekan *808# atau Download MP3 Keren tekan *808*6#
Saya juga menemukan blog yang mengeluhkan hal yang sama seperti saya.  Dalam blog tersebut, pos berjudul "Indosat Kok Begitu Sih?" diterbitkan pada tanggal 16 April 2010. Dalam pos tersebut juga terdapat 89 komentar yang mencurahkan pengalaman yang sama dengan penulis. Wah gila! Sudah 7 tahun berlalu dan masih saya kejadian seperti ini terjadi!!
Agak geram, saya langsung mengajukan komplain saya ke CS Indosat melalui surel (e-mail). Berikut isi komplain saya kepada CS Indosat:
Saya ingin komplain karena tiba-tiba mendapat SMS dari 808 berisi "Terima kasih sudah mengaktfikan iring Mungkinkah (pro), Stinky. diprpnjang stlh 7hr.CS:808/STOP:*808*10#. Raih hadiah dari iRing di *808*2#" Saya pikir SMS tersebut merupakan kesalahan sampai akhirnya teman saya memberitahu saya bahwa saya menggunakan iRing tersebut. Ternyata saya sudah sebulan memasang iRing tersebut yang bahkan saya tidak pernah mengaktifkannya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Entah sudah berapa banyak pulsa saya yang sudah tersedot oleh sistem yang licik seperti ini. Apakah saya bisa mendapatkan kompensasi atas ini? Mohon untuk ke depannya Indosat bisa menjaga agar tidak terjadi hal seperti ini. Saya juga sudah mencari informasi di internet terkait hal ini dan ternyata sudah terjadi sejak 2011 lalu. Sungguh mengecewakan, sudah 6 tahun dan sistem Indosat masih seperti itu. Bagaimana Indosat bertanggungjawab atas hal tersebut? Terima Kasih.
Selang beberapa menit, saya mendapat balasan dari CS Indosat tersebut yang berisi.....
Selamat siang Bapak/Ibu,


Terima kasih telah menghubungi kami. Saya Puspa yang akan membantu memberikan solusi untuk Bapak/Ibu.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Menanggapi email yang Bapak/Ibu kirimkan sebelumnya terkait pulsa yang berkurang di nomor 0857XXXXXXXX, setelah kami bantu cek di nomor tersebut tidak aktif layanan I-ring. Namun ada 1 layanan konten yang aktif. Untuk saat ini sudah kami bantu untuk menonaktifkan layanan tersebut dan kami bantu blacklist sehingga ntuk kedepannya tidak akan ada layanan konten yang masuk. Pengecekan status layanan konten dengan cara ketik STATUS ke 726 (gratis). Kami sarankan untuk kedepannya jika mendapat sms dari 4-5 digit angka mohon untuk diabaikan saja dan dan saat akses internet jangan sampai klik layanan iklan yang muncul baik di website, aplikasi atau game.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Selamat beraktivitas kembali.


Salam hangat,

Puspa
Customer Service Indosat Ooredoo
Dalam hati saya berkata,"Ya iyalah mba udah ga aktif iRingnya! Wong sudah saya nonaktifkan sebelum komplain. Grrr." Kalau mau dihitung-hitung ya, Indosat mendapatkan pendapatan dari cara "licik" seperti ini sudah berapa banyak tuh. Dalam kasus saya, untuk menggunakan iRing selama 7 hari itu dikenakan tarif Rp 3.190 dan saya tanpa sadar menggunakannya selama 30 hari yang berarti sudah Rp 12.760 Indosat dapatkan dari cara "licik" tersebut. Apa jadinya kalau teman saya tidak memberi komentar terhadap RBT tersebut. Bisa-bisa saya tidak sadar sama sekali. Bayangkan apabila kasus seperti saya ini dialami 1jt pengguna Indosat, berarti sudah Rp 12.760.000.000 Indosat dapatkan selama sebulan dari cara yang melanggar kode etik ini. Semoga saja Indosat tidak melakukan hal ini ke depannya lagi.

No comments:

Post a Comment