Monday, July 17, 2017

Cara Parkir Paralel untuk Mobil Matic

Gimana sih Cara Parkir Paralel Mobil Matic ??? Gw pengen bagi pengalaman gw yang ditegur oleh tukang parkir kemarin karena mobilnya ternyata tidak di-"pere"-in alias tidak bisa didorong karena rodanya terkunci atau kondisi seperti mengaktifkan rem tangan padahal mobil diparkirkan paralel.
Jadi begini ceritanya.....saat itu gw beserta papa, mama, dan adik gw mau makan di sebuah restoran di kawasan Jakarta Pusat. Karena tidak ada gedung parkir, jadi kami harus parkir di pinggir jalan yang memang sudah ramai sekali mobil-mobil yang terparkir. Kebetulan ada mobil yang baru keluar dan kami langsung tancap gas untuk menempati lapak parkir mobil tersebut sebelumnya. Kondisinya saat itu parkir paralel. Tukang parkir pun sudah mengingatkan agar mobilnya di-"pere"-in supaya bisa didorong dan tidak menghalangi mobil lain yang hendak keluar.
Karena tidak baca buku manual #plak dan ga biasa pakai mobil matic, cara membuat mobil dalam kondisi "pere" itu masih belum benar-benar diketahui. Gw dengan sotoy-nya bilang kalau kondisi "pere" itu ya posisi tuasnya di P tapi rem tangan tidak diaktifkan. Ya sudah tuh ya kami berempat pergi ke tempat makan.
Sekembalinya kami ke mobil, bapak-bapak (ini bapaknya beneran lebih dari 1 loh ya) tukang parkir langsung menegur kami karena mobilnya tidak bisa didorong. Hal ini mengakibatkan tiga orang pengendara mobil lain memarahi mereka karena kesulitan untuk mengeluarkan mobilnya. Dari situ barulah kami tahu bahwa ternyata mobil kami masih belum dalam kondisi bisa didorong. Tuas dalam posisi P dan tidak menarik rem tangan saja tidak cukup sobat untuk membuat mobil bisa didorong! Setelah gw browsing, tuas dalam posisi P itu ternyata tetap mengunci roda mobil agar tidak bisa bergerak. Jadi gimana dong supaya bisa parkir paralel??
Nah ini nih caranya!
  1. Posisikan tuas ke posisi P.
  2. Matikan mesin.
  3. Tekan tombol switch lock yang ada di dekat tuas. Biasanya di dekat tuas itu ada tombol untuk dipencet gitu. Nah dalam kondisi gw, tombol itu ga ada, yang ada adalah lubang yang ada di atas huruf P. Jadi yang harus dilakukan adalah memasukin key yang biasanya ada di key remote ke dalam slot lubang tersebut.
  4. Setelah menekan tombol switch lock atau memasukkan key ke dalam slot lubang, ubah posisi tuas ke huruf N.
  5. Cabut key dari lubang dan masukkan kembali ke key remote. (Langkah ini bisa dilompati bagi pengendara mobil matic yang ada tombol switch lock-nya).
  6. Keluar dari mobil.
  7. Kunci mobil.
Lubang untuk Menetralkan Mobil Matic pada Kijang Innova
Nah gitu ternyata cara parkir paralel mobil matic! Mohon maaf sekali atas ke-sotoy-an gw jadi bikin bapak-bapak tukang parkir repot dan kena marah. Plus pengendara mobil yang terhalang mobil kami jadi kesulitan keluar. Huhuhu Ini benar-benar tidak maksud menyusahkan loh. Jadi buat pengendara mobil matic yang masih belum tahu cara parkir paralel, semoga benar-benar memarkirkan mobil maticnya secara paralel dengan benar ya! Jadi tidak menyusahkan orang lain kaya cerita gw ini (╥﹏╥).
For your information, mobil (bapak) gw itu Kijang Innova yang tidak ada tombol switch lock-nya. Jadi agak ribet gitu harus colok-colok pake key khusus dari kunci mobilnya kalau mau parkir paralel. Gw bingung kenapa dibuat ribet begini. Katanya sih ini teknologi terbaru, Tapi kok malah mempersulit penggunanya untuk parkir paralel ya? Hmmm mungkin readers ada yang tau maksud perubahan teknologi ini? (◑_◑)

No comments:

Post a Comment