Pergantian Tahun - Kilas Balik 2023

January 04, 2024

Seperti ritual yang sudah-sudah, mari tetap konsisten untuk tetap menulis tentang kilas balik selama setahun ini ngapain saja. Sebetulnya gw happy sih tahun 2023 itu semuanya sudah semakin kembali normal. Masker sudah boleh ga dipakai, berita tentang Covid juga sudah ga jadi trending topic lagi. Pun angka kematian terkait Covid juga sudah ga kaya tahun-tahun sebelumnya kan...

So, untuk mulai rekap kilas balik 2023, gw buka dulu jurnal 2023 gw...ehehe...

Going Abroad

Yaampun, gw bener-bener ga nyangka bakal bawa si kicik satu jalan-jalan ke luar negeri! Bukan cuma sekali, dua kali bahkan di tahun ini. Padahal gw pikir tuh ya tahun ini ga akan ke mana-mana, paling banter juga luar kota lah. Memang manusia hanya bisa berencana, Tuhan kasih yang lebih baik. ✨

Trip yang pertama, bisa terjadi karena benar-benar super mendadak pas Lebaran. Plus dapat sponsor dari papa mama mertua, jadi tiketnya gratis. 🤟🏻 Makasih banget sama papa mama mertua. 👍 Trip yang kedua juga gratiissss tiket pesawatnya. Berkat tuker poin kartu kredit dengan tiket pesawat. Ilmu tuker menuker poin kartu kredit ini adalah hasil belajar dari kelas Asik Poin yang diajarkan oleh adik ipar. Huhuhu, terima kasih Tuhan sudah ditempatkan di lingkungan baik seperti ini. 😭 *terharu*

Gimana perjalanan di luar negeri? Tentu saja rempes bangettt. 🤭Dan gw pun ga bisa berekspektasi lebih untuk bisa puas jalan-jalan. Gw dan suami harus bisa membuat mood si bayik satu happy dan memastikan pulang ga terlalu malam karena si bayi pasti ngantuk. Belum lagi drama karena di hari-hari akhir liburan tuh si bayi malah sakit. Demam, bahkan gw sampai pergi ke klinik anak di Jepang dong karena demam ga turun-turun!!! What a story...

Work from Office Tipis-Tipis

Karena lagi ada something di kantor, gw diharuskan untuk kerja dari kantor deh selama beberapa hari. Teman-teman kantor yang rutin ke kantor pun auto bilang, "Eh ada lo! Kapan terakhir kali ke kantor?" Yang gw jawab dengan senyum mesem-mesem karena saking lamanya gw ga pernah ke kantor. HAHAHA. Hal ini jugalah yang membuat gw pertama kali meninggalkan Baby Z di rumah sama mba dan papa mertua. Puji Tuhan ya masih ada papa mertua yang bisa bantu liatin si kecil kalau gw harus berurusan ke kantor. Sekali lagi, Tuhan baik, tau aja apa yang gw butuhin. 😇

Beli Jurnal untuk 2024

Since jurnal untuk 2023 gw dapat dari sohib gw, untuk jurnal tahun 2024, gw harus mengeluarkan kocek kembali. Nah karena hal ini pulalah gw jadi hunting cari custom jurnal yang oke. Setelah pikir-pikir, gw coba cek WA gw ke satu vendor custom jurnal yang sangat gw sukai produknya. Ternyata oh ternyata, dia mulai membuat kembali jurnal custom dengan pilihan kertas titik-titik!!! Huaaa senangnya. Bahkan sekarang dia juga buka di toko oren. Jadi kali ini gw beli di toko oren, kalau dulu saat pertama kali beli itu di toko hijau. Pas jurnal baru gw nyampe, wuiiih senang banget dan puas dengan hasilnya! Gw desain cover-nya pakai gambar Howl's Moving Castle yang gw dapat di internet. Setelah sebelum-sebelumnya jurnal gw bergambar Totoro, Kaonashi (Spirited Away), dan Kiki's Delivery Service, kini giliran Howl's Moving Castle yang jadi cover-nya. ❤

Lika-Liku MPASI

Tahun 2023 juga merupakan tahun pertama Baby Z merasakan pengalaman baru yang namanya MAKAN. Kebiasaan satu ini memang ga secara natural terjadi loh, karena si bayi butuh diajarin gimana caranya makan yang baik dan benar setelah sebelumnya cuma ngenyot susu saja. Di awal-awal belajar makan, gw harus membangun habit makan dia dengan baik. Gw juga belajar bikin MPASI dan persiapannya, naik-turun tekstur, bersabar saat suapin makan, dan lain sebagainya. Memang betul kata teman-teman, makin lama tuh makin naik level deh uji kesabaran seorang ibu. Gw sempet gregetan banget saat Baby Z ga mau makan. Atau saat dia mulai lepeh-lepeh, hambur-hamburin (lempar) makanan, atau nangis jejeritan minta biskuit yang gw larang dia makan. 🤧 Cape, lelah, sebel, greget, campur aduk jadi satu. Yaaah, begitulah menghadapi bayi yang lagi belajar makan...

Baca Juga: MPASI Pertama Baby Z

New Family

Yeay, di akhir tahun 2023, gw sekeluarga dapat hadiah Natal dengan lahirnya Baby F. Kini Baby Z sudah bukan bayi yang paling kicik lagi deh di antara semua sepupu dengan kehadiran Baby F. Lahir di tanggal 23 Desember 2023 karena mommy-nya pendarahan saat itu. Fiuh untung saja bisa lahir selamat meski sempat masuk NICU beberapa hari. Kini Baby F sudah bersama papa mamanya di rumah. Saat hari terakhir 2023 lalu gw berkunjung ke rumahnya Baby F untuk lihat si bayi kicik ini. Gemasssss! 😍 

Bapil 2 Minggu

Kayanya tahun 2023 tuh pertama kalinya dalam sejarah gw hidup mengalami sakit batuk dan pilek selama dua minggu lamanya! Sampai-samapi gw harus minum antibiotik yang berbeda (5 hari antibiotik A dan 5 hari antibiotik B). Ga cuma gw, suami juga sempet ngalamin juga. Benar-benar heran ga sembuh-sembuh. Gw ngalamin ini memang saat polusi Jakarta lagi gila-gilanya sih. Apakah itu karena polusi ya? Tapi sebetulnya gw di rumah saja, ga ke mana-mana. Entahlah. Memang lagi kurang fit juga kali ya karena jujur saja, gw jaraaang (malahan ga pernah) olahraga lagi sejak punya anak. 2024 menuju rajin olahraga ga nih??

Sengketa Tanah

Yaah namanya hidup ya, ga melulu selalu bahagia. Ada aja gitu masalah yang dateng. Salah satunya sengketa tanah di keluarga papa gw. Sebetulnya masalah soal ini tuh sudah lama terjadi sejak gw di bangku SMA. Gw inget banget di ruang tamu rumah masa kecil gw, berkumpul saudara-saudara papa dan di situ papa marah-marah sambil keluarin emas warisan dari kakek-nenek dan diserahkan kepada saudara-saudara perempuannya. Tapi masalah ini ga pernah kelar-kelar. Ribut lagi, ribut lagi. 

Sampai tepat tiga tahun kepergian papa, mama gw dikirimin surat somasi dong sama tante gw yang paling besar, menuntut sertifikat tanah diserahkan. Gw dan adek gw sudah coba ketemuin tante gw ini dan bicarakan baik-baik. Tapi yang bersangkutan suruh gw ngomong dengan pengacaranya. Sudah kepalang tanggung di jalur hukum katanya. 😭 Ya sudah, gw dan keluarga cuma berserah saja sama Tuhan. Gw dan adek gw ketemuin pengacaranya, tapi solusi yang dikasih cuma memberatkan pihak keluarga gw. Somasi kedua pun dilayangkan sampai akhirnya mendapat surat panggilan kantor polisi. Mama dan adek gw dateng ke kantor polisi untuk jelasin duduk perkaranya. Pasrah aja sama Tuhan. Tuhan yang paling tahu, yang terbaik buat keluarga kami. Mohon doanya ya teman-teman pembaca sekalian semoga kami dibukakan jalan terbaik. Amin. 

Gw jadi inget ada yang bilang gini ke gw,"Aku bersyukur loh dari keluargaku ga ada warisan apa-apa, jadinya ga ada yang diributin sesama saudara." Memang benar juga apa kata Alkitab, "Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka." (1 Tim 6:10). Kata tante gw sih beliau permasalahin tanah ini karena ingin menolong adek-adeknya yang susah. Yang gw bingung, apakah elok menolong orang dengan cara menyakiti orang lain? Bahkan gw inget saat papa gw di ICU, tante gw dengan nada membentak bilang di telpon kalo gw dan adek gw itu ga ada darah keluarga karena gw berdua adalah anak perempuan. Menganggap gw dan adek gw itu bukan keluarganya. Padahal papa gw lagi sekarat, tapi sempat-sempatnya beliau permasalahin itu di telpon sama gw. 😭 Kalau mau bicara soal harta, padahal tante gw ini bukan orang susah loh. Kedua anaknya tinggal di luar negeri, sudah jadi orang sukses semua. Kalau beliau berniat bantu saudara yang susah, kenapa dengan cara seperti ini? Hanya beliau dan Tuhan yang tahu kedalaman hatinya... Maksud sebenarnya dari tindakan beliau.

Menurut gw ini jadi pelajaran juga sih, kalo soal harta, mata hati orang bisa dibutakan, sudah ga ada lagi yang namanya saudara kandung atau tali persaudaraan. Sinetron TV soal ribut harta warisan tuh benar adanya. Bukan cuma cerita drama yang seru untuk diikuti. Tapi betulan bisa kejadian di kehidupan kita. Ga heran kalau orang-orang kaya biasanya sudah siapin surat wasiat untuk anak-anaknya supaya kejadian ribut kaya gini bisa dihindari. Kadang malah sudah ada surat wasiat pun bisa ribut karena ga terima. Atau seperti kata temen gw di atas, lebih baik ga usah ada warisan sama sekali deh biar ga ada keributan antar saudara. 🤧😢

✨✨✨

Yup itulah kilas balik tahun 2023. Kalo kalian pergantian tahun ngapain aja nih? Gw sih menghabiskan waktu bersama keluarga. Nengokin Baby F kemudian makan malam steak bersama keluarga. Tak lupa sambil nunggu petasan ganti tahun nyala, gw dan Mr. Q main HEAT, board game baru yang dia beli patungan bersama ko R. Seru juga tuh main Heat. Konsepnya tentang balapan mobil. Gw juara dua, kalah dari AI dong. Karena main berdua, biar seru harus main dengan ada AI-nya. Tapi ga apa deh kalah juara dua karena gw bisa ngalahin Mr. Q. HAHAHA. *puas banget*

Last but not least, semoga tahun 2024 menjadi tahun yang lebih baik lagi daripada tahun 2023. Seperti saat gw menatap bianglala di Cosmo World dengan penuh kekaguman, semoga 2024 juga menjadi tahun yang mengagumkan. 🤩

Oktober 2023 - Yokohama

10 comments:

  1. Wahhh ikut senang dengan 2023nya Mba Fris.. Semoga Tahun ini semesta menghadirkan banyak kebaikan untuk Mba Fris dan keluarga,,

    btw, itu buku jurnalnya bagusss amat mba 🤩. Aku mahh masih tarik ulur tahu mau buat jurnal. Padahal jurnal kerja sering tak isi tiap hari, tapi jurnal sendiri malah takut nggk konsisten. wkwk 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn
      makasih Bayu! Semoga Bayu juga mendapat kebaikan yang lebih-lebih lagi ya di tahun 2024 ini.

      Itu sudah konsisten isi di jurnal kerja, tinggal jurnal hariannya nih hehehe Yuk yuk ngejurnal hehehe

      Delete
  2. wah, selamat ya mbak... :D
    BTW, met tahun baru mbak
    semoga di tahun ini menjadi lbh baik dari tahun sebelumnya, aamiin...

    ReplyDelete
  3. Masalah tanah memang ribet, semoga bisa ketemu jalan terbaik yang tidak menyebabkan konflik.

    Selamat atas anak baru nya kakak.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin amin. Makasih ya kak doanya ^^

      Iya hehehe makasih juga buat ucapannya 😊

      Delete
  4. Happy new year, mba Friscaa
    Semoga belum telat, ya... XD
    Semoga tahun ini sama serunya dan berkurang masalahnya. Ga enak banget, ya, sama saudara sendiri berseteru mengenai harta. Apalagi kalau saudaranya dari garis keturunan orang terdekat kita yang udah meninggalkan kita duluan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum telat kok kak Hicha ehehehe

      amin kak aminnnn.

      Ya begitulah kak, kalo sudah ngomongin harta mah kadang suka ga kenal sama saudara lagi. huhuhu

      Delete
  5. Gitulah mba, kalo ada harta memang Orang2 banyak yg buta hati jadinya. Ntah kenapa di keluargaku, itu pun terjadi di keluarga papa. Untungnya, Krn papa ngerasa dia paling mampu, jadi dia ga mau ikutan soal begitu. Biarin aja adik2nya yg rebutan. Yg pasti papa bilang ke kami, harta yg dari papa, itu hanya utk kami ber4, ga bisa diganggu gugat Ama keluarga serakahnya itu.

    Aku pun mau ngajarin anak2, bahwa harga mendingan cari sendiri. Ga usah dibikin bahan berantem Ama sodara.

    Bersyukur suamiku hanya berdua, dan hubungan dia Ama kakaknya baik bangeeeet. Jadi ga ada cerita rebutan pas papa mama mertua meninggal. Semua adil dibikin.

    Kangeen ih aku Ama jepang 😄. Ntahlah kapan bisa kesana lagi. Lagi fokus visit Negara2 yg blm aku visit soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anaknya banyak, wajib tu dibagi-bagi dulu harta yang ada biar kaga jadi bahan berantem antar sodara ya kak. Hahaha.

      Main ke negara-negara lain dulu ya kak biar bisa centang bucket list 😍 seneng iih liat perjalanan kak fanny hehehehe berasa ikutan jalan-jalan juga aku huehehehe

      Delete

Powered by Blogger.