Persiapan MPASI

February 09, 2023

Baby Z sudah genap 6 bulan nih! Yaampun dimulai lah masa-masa persiapan MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk Baby Z. Aseli gw deg-degan nih untuk persiapan MPASI ini. Peralatan MPASI mulai gw keluarin dari rak dan mulai dicuci-cuci. Resep-resep MPASI juga mulai gw hunting. Selain itu gw juga nontonin video yang berkaitan dengan MPASI dari sebelum detik-detik mulai MPASI. Tanya sana-sini ke teman-teman soal MPASI. Huaaaaa tegang! 😖😫

Nah sebagai persiapan MPASI, kira-kira peralatan masak MPASI yang gw punya adalah sebagai berikut:

Panci atau Saucepan

Setelah berpikir, merenung, dan bertapa untuk beli panci merk apa untuk masak MPASI Baby Z, akhirnya gw memutuskan pakai saucepan merk BIMA yang seri Heritance. Niat hati pengen beli merk Greenpan Indonesia yang serian Queens tapi kok harganya yaamplop mahal bingit!! Terus nyari-nyari kayanya oke juga nih merk Yoshikawa. Tapi itu jenis panci anti lengket. Akhirnya putusin pakai panci dari stainless steel aja deh biar perawatannya ga sesulit panci anti lengket dan belilah gw panci Bima. (Jujur ini bukan paid post ye).

Baskom

Sebetulnya di rumah sudah ada baskom sih, tapi gw khususin aja deh beli baskom lagi untuk cuci-cuci sayuran gitu. Harganya juga murah, cuma Rp 5000 aja dong. Terus ni baskom bisa buat nirisin dan rendam juga. Praktis nih buat cuci-cuci sayuran dalam jumlah kecil.

Talenan

Nah dari video seputar MPASI yang gw lihat, katanya sih butuh nih untuk bedain talenan yang dipakai untuk siapin masakan MPASI. Terutama bedain talenan bahan mentah dan talenan untuk makanan yang sudah matang. Jadi gw beli aja deh tersendiri talenan khusus masak MPASI. Harganya juga terbilang murah. Gw beli dua, bedain warna biar bisa tahu mana talenan untuk bahan mentah dan talenan untuk makanan matang. Selain itu talenan ini sudah satu paket gitu dengan pisau kecil dan alat pengupas. Kualitasnya juga lumayan kok. Pisau dan alat pengupasnya tajam.

Food Container

Ini sudah gw setok dari jauh hari karena waktu itu ada event Mom and Baby gitu di JCC dan gw ikutan PO. Yang ini bahannya plastik tahan panas (200 drajat celcius) dan bisa simpan di freezer juga. Eh tapi ternyata kurang karena gw cuma beli 1 set isi 4 pcs saja. Jadi gw beli lagi deh tambahan. Gw pakai merk LocknLock untuk pembelian yang kedua karena gw pikir yang beling gini untuk gw pakai simpan kaldu gitu. Lebih cucok aja kayanya kalau pakai bahan beling karena ga bau. Kalau berbahan plastik kan suka nyimpan bau ya. Jadi yang bahan plastik gw pakai untuk simpan MPASI-nya karena saat makan lebih aman aja kalau dari plastik. Takut ketepak dan jatuh kan pecah ya kalau dari beling.

Food Processor atau Blender

Kalau yang ini gw ga beli lagi, tapi dapat sebagai hadiah dari ci Jane. Cukup praktis sih nih alat karena bisa kukus juga selain nge-blend. Eh tapi sayangnya gw ga berjodoh lama dengan food processor ini karena saat pakai mode blend kelamaan, somehow mesinnya tidak berfungsi kembali. 😢 Jadi gw beli blender lagi deh supaya tetap bisa blend MPASI agar teksturnya halus. Gw pakai merk Philips dan sempat galau banget nih milih beli blender apa. Sempet melirik merk Mito eh tapi harganya 1 juta mak. Meski banyak kegunaan dan pisaunya kayanya mantul bener, tapi  gw pilih yang harganya lebih pas di kantong aja deh. Toh merk Philips juga bagus kan dan sudah dipercaya bu ibu dari jaman mama gw muda. 🤩 

Slow Cooker

Sebetulnya kalau termasuk tipe malas untuk masak pakai saucepan, pakai slow cooker itu cara praktis bikin MPASI karena tinggal masukin bahan, kasih air, tinggal deh. Gw sendiri terbilang jarang sih pakai ini. Baru pakai slow cooker kalau mau bikin kaldu ayam atau puree gitu. Kalau bubur gw lebih suka pakai saucepan karena bisa numis bumbunya dulu. Oia slow cooker ini gw dapatkan sebagai hadiah saat melahirkan dulu. Lumayan banget nih dapat ini. 🥰

So far itu sih kira-kira alat masak MPASI yang berguna dalam dunia per-MPASI-an. Jadi kalau kalian lagi persiapan MPASI, boleh tuh jauh-jauh hari cicil beli atau minta sebagai hadiah juga boleh banget 😎

14 comments:

  1. Waaahhh akhirnya MPASI juga baby Z 😊😊 happy masakk Mba Fris..
    Btw, baca Post ini bikin aku mikir. Kenapa yaaa Mito kok akhir2 ini kalau ngeluarin barang harganya lebih mahal dari pemain lama katakanlah si Philips 🥲. Padahal dia kalau bikin jujurly designnya cakep2 🤣..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes akhirnya fase-fase belajar makan pun datang... Jadi rajin masak ini tiap hari hahaha

      Si Mito ini meski harga mahal tapi sebanding sama kegunaan yang diberikan. Soalnya yang blendernya itu mata pisaunya aja lebih banyak daripada blender lain. Terus bisa buat iris bawang, kentang untuk bikin keripik kentang, daging, es batu juga. Mantul dah. Makanya aku sempet tergiur tapi kayanya aku ga serajin itu masak-masak hahaha Jadi pakai yang biasa saja.

      Delete
  2. Yaampun kok cepet banget udah mau MPASI? Semangaaaat ya baby Z and mama! ❤️

    MPASI awalnya bikin deg2an yaa, tapi lama-lama enak banget persiapannya. Saranku dari pengalaman Krystal kemarin, MPASI 6-7 bulan pake saringan aja (kalau nyaman yaa) untuk puree. Teksturnya lebih mantap dan nanti pas mau naik tekstur lebih gampang buat si bayik. Karena pas Josh dulu aku pake hand blender Philips, pas naik tekstur bingung dong, hahahaha.

    Alat MPASI paling mantul kemarin buatku slow cooker! Soalnya udah gak ada waktu masak2 depan kompor, jadi semua cemplungin aja, tinggal saring, hihi.

    Yaaah, sayang banget blendernya udah gak bs dipake ya ): tapi untunglah udah ada pengganti yg okee.

    Mamam yang pinter, Baby Z! Sehat selalu yaa 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ci Jane 🥰🥰🥰

      Betul awalnya aku takut ina itu gitu. Pas dijalanin “oh gini ya” dan masaknya ga susah juga. Malah bisa dibilang super gampang kareng jumlah yang dimasak dikit hehe

      Aku double malah ci. Habis diblender kemudian disaring. Paling kadang teksturnya kental dan kadang encer. Ga ngerti kenapa bisa gini. Padahal air yang aku pakai tu takarannya sama terus.

      Iya nih ci sayang bangettt. Kayanya aku kelamaan pencet blend kali ya 🥲

      Sehat selalu juga untuk ci Jane dan dua anak kicik yang lucu, serta suami 🥰

      Delete
  3. Sukaaa deh kalo baca temen2 yang semangat nyiapin MPASI anak2, sampe niat beli segala peralatannya 👍😄. Tapi yg aku denger memang slow cooker paling berguna sih. Kebanyakan temen2ku yang keukeuh bikin sendiri MPASI anaknya pada pale itu juga. Kalo aku dulu memang ga nyiapin sendiri, Krn masih dipegang babysitter abal2. Jadi semua urusan makan MPASI nya aku serahin ke si mpok 😅. Udah lebih jago dia bikinnya😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak slow cooker emang mantul buat ibu pekerja karena bisa ditinggal aja. Nanti pas mau makan, disaring deh.

      Mantul uga kak kalo ada mpok yang bisa bikinkan. Mba asistenku di rumah juga pernah sekali bantu bikin karena saat itu aku ga sempat buat. Tapi kalo aku sempat, selalu ku yang buat hehe biar bisa atur-atur menunya hehe

      Delete
  4. Selamat memulai MPASI baby Z dan mba Friska <3
    Semoga baby Z makannya selalu lahap dan bebas GTM, ya... :3

    ReplyDelete
  5. Jadi keinget masa-masa anakku masih MPASI, hihi.. seneng banget siapin printilannya kayak gini, masaknya jugaa. aaaah kangen. Selamat memulai MPASI kak, semoga baby Z sehaat sehaat dan bahagia karena menikmati MPASI penuh cinta dari mamanyaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak ^^ Amin Amin doa yang sama untuk kakak.

      Delete
  6. Saya awal mpasi anak juga deg2 an banget mbk, dan lebih sering deg-deg an sekarang karena anaknya susah makan☹️
    Padahal udah beli food container juga, beli panci juga, saringan juga.
    Sampai kadang marah-marah sama anak habis itu merasa bersalah. Eh setelah percobaan berbagai macam menu ternyata dia maunya nasi utuh sama lauk yang berkuah😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah fase susah makan tuh bikin hati potek ya kak! Aku lagi di fase ini!!! Anakku pas makan yaamplop drama triak-triak kaya lagi naik wahana.. Jeritannya ampun 😖 Menemukan kemauan anak saat makan tuh bener-bener tebak-tebak berhadiah ya kak hahaha Puji Tuhan kakak akhirnya menemukan jawaban kemauan si kecil yaaa

      Delete
  7. Salam kenal dan semangat MPASI mbak. Peralatannya sudah sangat lengkap untuk MPASI. Semoga adek bayi dan ibu serta ayahnya menikmati proses MPASInya. Jadi ingat pas anak saya MPASI, banyak kenangan menarik karena anaknya picky eater dan ternyata ga bisa makan apapun yang ada telurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal 🙋🏻‍♀️
      Terima kasih atas semangatnya dan juga doanya 🙏
      Fase MPASI memang serasa tebak-tebakan ya kak 🤣

      Delete

Powered by Blogger.