Hana Misteria Journal: Week 4

December 22, 2020

Minggu kemarin gw sibuk banget nih! Hampir setiap hari kerja lembur. Sampai-sampai males banget buat update tulisan di blog ini. Sudah mumet sama kerjaan, jadi ga mau nambah-nambah lagi dengan kerjaan depan laptop #excuse. Jadi update Hana Misteria terlambat deh seminggu. Ga apa deh ya. Hihihi... 😆

Day 1

Hari ini Hana Misteria tidak disiram karena sudah kecipratan air hujan gitu. Memang sih pagi ini hujan turun dengan derasnya. Jadi pas aku cek, tanah Hana Misteria masih basah, daunnya pun terlihat ada titik-titik air hujan. Oia, hari ini aku pindahin Hana Misteria Junior ke pot baru dan tanah yang baru! Semoga kamu tumbuh makin sehat ya nak di rumah barumu. 🥰🥰🥰

Jam 9 pagi aku cek kembali kondisi Hana Misteria. Eh ternyata mekar 2 bunga dong! Tapi satu bunganya itu masih agak kuncup gitu sih. Mungkin siangan lagi akan mekar sempurna.

Day 2

Bunga Hana Misteria mekar 1 hari ini, tapi yang masih kuncup ada 2. Nanti siang akan mekar sempurna deh. 

Hari ini ga gw siram lagi karena saat gw cek, eh gerimis dong. Waduh-waduh, kalau kekurangan sinar matahari, si Hana ngambek (baca:bobok) lagi nanti.

Dua daun jelek gw cabut hari ini. Si kutu putih juga sepertinya sudah tidak terlihat lagi. Wih ampuh juga itu resep dari si ibuk penjual.

Kabar Hana Misteria Junior di rumah baiknya sih terlihat baik-baik saja. Belum ada banyak perubahan sih. Hari ini gw siram si Junior, soalnya kemarin kan ga gw siram saat dipindah ke pot baru.

Day 3

Tanah Hana Misteria kering hari ini. Ga kaya kemarin yang basah-basah gitu. Jadi hari ini saatnya dimandiin eh disiram. Meski hari ini hujan lagi (cuma bentar sih), tapi sinar matahari kemarin sepertinya cukup lumayan sehingga tanah si Hana Misteria kering.

Si Junior gw lihat-lihat kayanya makin tinggi? Apa perasaan gw saja ya? 😜 Eh tapi Hana Misteria Junior menumbuhkan satu daun muda. Jadi total daun mudanya ada 3 hari ini. Sebenarnya dari tanggal 7 Desember (Day 1) sudah ada sih daun muda kecil ketiga ini. Cuma ukurannya kecil banget saat itu. Hari ini lebih terlihat jelas lah.

Siang hari, gw pindahin kedua pot Hana Misteria ke area yang kena sinar matahari langsung. Jam 5 sore gw cek lagi, tanahnya sudah ga gitu basah. Sukses berarti penjemurannya!

Oia, si Wijay (Wijaya Kusuma) hari ini menguncupkan tiga bunga kembali! Oh yeaaah~ 🥳🥳 Tinggal tunggu kapan akan mekarnya nih..

Day 4

Hari ini bunga Hana Misteria mekar empat 🥰. Senangnya... makin banyak yang mekar. Tapi sayangnya daun jelek yang kucabut hari ini ada 10! Banyak yaa?! Hari ini juga Hana Misteria disiram kembali, soalnya kemaren kan dijemur.

Hana Misteria Junior juga mulai bertumbuh kembali nih! Ada daun muda kecil lagi hari ini. Jadi total ada empat daun muda.

Pagi hari, Wijay juga masih mengucupkan bunganya. Belum mekar ternyata.

Sore hari, hujan cukup besar dan berangin. Untung potnya sudah gw pindahin ke tempat semula, bukan di area penjemuran. Kalau di situ, habis sudah kehujanan. 😩 Tapi daun-daun Hana Misteria banyak yang menguning nih. Hmm. Dijemur salah, kurang matahari salah. Bingung juga nih treatment Hana Misteria.

Tengah malam, gw sengaja ngecek ke beranda buat lihat apakah si Wijay sudah mekar dan jeng jeng jeng... Si Wijay mekar sempurna!!!! Pertama kalinya nih gw lihat bunga Wijay mekar sempurna. Biasanya gw cek sekitaran jam 6 pagi tuh sudah mulai kuncup gitu. Bisa dicek pada foto di Week 3, bunga Wijay sudah mulai kuncup itu kan? Hehehe.

Day 5

Hari ini bunga Hana Misteria cuma mekar dua saja. Terus gw masih melihat kutu putihnya dong!!! Satu kutu gw pites, satunya keliaran di tanah. Akhirnya gw siram lagi Hana Misteria pakai larutan pencuci piring. Kali ini disiram 11 tutup botol. Setelah disiram larutan, gw siram juga pakai air biasa. Daun jelek yang dicabut hari ini 11 daun. 

Tiga bunga Wijay juga masih kelihat mekar sedikit nih. Meski sudah mulai kuncup lagi sih. Tapi sudah puas tengah malam gw lihat mekarnya.

Day 6

Hari ini gw bangun subuh karena mau ada acara pernikahan adiknya suamik. Jadi gw cek si Hana Misteria subuh gitu jam 5an dan kondisinya tidak ada yang berbunga. Meski begitu, ada kuncup bunga yang siap mekar 5 buah. Semoga saja beneran mekar banyak yak.

Hari ini gw siram sedikit saja si Hana Misteria dan Hana Misteria Junior. Cuma supaya ga kekeringan aja gw tinggal pergi seharian.

Day 7

Hore! Bunga Hana Misteria mekar 4. Tapi cabut 12 daun jelek gitu deh. Terus gw kasih larutan pengusir kutu putih 8 tutup botol. Kemudian disiram sampai airnya keluar dari pot.

Kalau si Hana Misteria Junior, gw siram sedikit saja, ga sampai keluar air dari pot. Daun muda muncul lagi nih satu! Hore! 🥰

Tampak Atas
Pertumbuhan Hana Misteria Junior

Di Week 4 ini, paling banyak mekar 4 bunga saja. Masalah kutu putih dan daun kuning jelek juga masih ada. Meski kadang si kutu putih ini ga gitu keliatan sih. Cuma sekali keliatan sama aku di tanggal 11 Desember 2020. Total daun jelek yang dicabut minggu ini ada 24 daun. Lebih banyak nih dicabutnya minggu ini ketimbang minggu sebelumnya.

Kabar baik minggu ini, bunga si Wijay kembali mekar tiga!! Terus Hana Misteria Junior sekarang sudah ada empat daun muda. 😍

12 comments:

  1. i just planted sunflower seed, lets see how it goes hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. woaaaa!!! Good luck for you!! Can't wait to see them grow 🥰🥰

      Delete
  2. Wah, imutnya. Hana misteria bikin gemes. Aku jadi penasaran lihat aslinya 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iyaaa imut... Tapi ukurannya ga imut-imut hahaa... Ini potku diameter 20cm kira-kira, tinggi si Hana Misteria sekarang kira-kira sudah 20 cm lebih gituu Lumayan tinggi ya hehe 😆

      Delete
  3. Komentarku sebelumnya masuk nggak yaa? Soalnya Blogger error tadi pas publish comment huhu kalo dobel, komen yang sebelumnya aja di-publish yaa, Fris :P

    Wuihhh makin cantikkk aja si Hana Misteria ini 😍 itu yang berbunga putih masih tanaman yang sama yaa, Fris? Cantik banget soalnya, gemesss liat dari berkuncup terus berbunga gitu hihi jadi plant parent itu bangga banget yaa lihat 'anak' kita tumbuh sehat dan kuat 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ci! ✋
      Wah sayang sekali komentar sebelumnya tida masuppp. Ihh aku pernah juga tuh kaya gitu. Uda nulis komentar panjang-panjang. Pas dipost, malah error. Jadi musti bikin komentar ulang huhuhu

      Yang berbunga putih itu Wijaya Kusuma ciiii. 😆 Lain tapi masih satu keluarga sucullent juga hehehe
      Kalau Wijaya Kusuma bunganya besar. Si Hana Misteria bunganya imut-imut. Iya ci, senang kalau lihat mereka tumbuh sehat dan kuat *karena mama memberi sakotik abc* 😁

      Delete
  4. Waaah~ bunga Hana Misteria Ci Frisca sekarang udah ada yang junior 😍. Semoga Hana Junior bisa tumbuh sehat dan subur seperti mommynya 🤭
    Selamat juga karena bunga Wijay Cici mekar di bulan ini 😍 cantik banget bunganya saat mekar 😍 tapi mekarnya malu-malu ya, pas subuh masa mekarnya 🤣
    Semoga semua tanaman Cici semakin bertumbuh sehat dan subur 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, aku iseng-iseng buat tanem batang yang patah waktu itu. Eh tumbuh!! Hebat memang daya hidup Hana Misteria ini...
      Amin Lia 🥰🥰🥰
      Iya si Wijay kan sebutannya ratu malam karena mekarnya cuma malam-malam saja! Bikin pemiliknya begadang buat lihat mekar bunganya 😅

      Delete
  5. Waaah bunga-bunganya Wijay cantiiikk yaa warnanya putih dan pas mekar jadi cantik bangeeet 😍 Itu tuh mekarnya ga selalu sesempurna itu ya Fris?

    Hana Misteria Junior pertumbuhannya imut bangeeett tapi liatnya pasti seneng banget deeh karena dari bayi banget 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cantik ya bunganya Wijay 😍 Dia mekar sempurna kok kak, tapi tengah malam! Makanya aku baru pertama kali lihat bunga yang mekar sempurna ini karena kebeneran emang lagi tidur larut hehehe. Biasanya aku kedapatan lihat bunganya jam 6/7 pagi. Nah kalau lihat jam segitu, kondisinya tuh sudah mulai nguncup lagi bunganya...

      Iyaa tiap Hana Misteria Junior numbuhin daun lagi, hati ini rasanya senang kak hehe

      Delete
  6. Nggak sabar lihat pertumbuhan si junior mbaaa, yaaaayyyy! Kira-kira butuh berapa bulan ya sampai bisa rimbun seperti yang pertama? 😍💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga penasaran kak Eno!!! hehehe 😆 Semoga cepet tumbuh besaar dan bisa lebaaatt

      Delete

Powered by Blogger.