Retur Barang

December 11, 2020

Ini pengalaman aku sebagai pengguna e-commerce saat belanja daring alias belanja online. Hayo pada tau kaga kalau daring itu adalah Bahasa Indonesia dari online?? 🤓 *kaga penting*

Jadi ceritanya di event 11.11 kemarin itu, aku kaga ketinggalan tuh buat belanja daring karena harganya murah-murah ceu! Timbullah harsrat ibu-ibu gila belanja saat lihat harga murah. Eh tapi aku bukan ibu-ibu. Belum punya anak berarti belum dipanggil ibu-ibu lah ya *ngeles* 😝😝😝 Terus klak klik klak klik dan beberapa barang pun akhirnya dipesan. Habis pesan, lapor suami kalau udah ikutan belanja 11.11 dan ditanggapi dengan muka meh-nya 🙄

Aku belanja apa saja? Engga kok ga banyak, cuma jajan snack-snack gitu di Blib*i. Habisnya pas lagi kepo-kepo aplikasi satu itu, eh ada harga Goo*time yang kalengan itu cuma seharga Rp 14rb saja! Cus lah aku langsung beli dua, ditambah Po*cky yang juga sedang diskon jadi seharga Rp 6rban (meski sejujurnya harga ini ya harga lazimnya Po*cky sih), dan dua Pota*ee yang juga lagi promo, cuma jadi Rp 13rban. Aku transaksi di tanggal 13 November dan barang pun sampai di tanggal 14 November. Saat itu aku sedang keluar kota, jadi paket baru kubuka di tanggal 16 November.

Pas dibuka paketnya, kaget dongggg!!! 😰 Isi dari Pota*ee berhamburan di dalam kardus dan satu bungkus Pota*ee sudah kempes gitu tanda kalau sudah terbuka. Benar saja dong, satu bungkus itu rusak!!! Yaaah rugiiii!! Mental ibuk-ibuk pelitku mencuat. Bukannya untung karena dapat harga promo, malah rugi. 😩 Barang yang lain sih aku cek aman-aman saja, jadi yang rusak cuma satu bungkus Pota*ee ini.

Tapi aku ga stop sampai di situ. Biasanya aku ga langsung klik tombol "selesai pesanan" kalau belum benar-benar aku cek lengkap semua barangnya. Karena barang yang diterima ada yang cacat satu, aku langsung cek tuh cara pengajuan pengembalian barang. Akhirnya aku ajukan dan ga lama disetujui! Wih cepat juga. Solusi yang aku pilih adalah penggantian barang dengan barang yang baru.

Jadi prosesnya, setelah pengajuan retur barang disetujui, aku harus mengepak barang supaya bisa diangkut. Tak lupa harus tempelin "bon" alamat pengiriman dan ada kode retur barangnya juga di situ. Kalau di Blib*i, ongkos kirim balik ke sana gratis. Mayan kan jadi ga rugi ongkir juga. 

Tanggal 17 November diproses dan tanggal 18 November barangnya sampai! Widiih cepat. Kali ini barang tiba masih bagus semua. Masalah pengembalian pun selesai dan aku kembali happy.

Pengalaman pengembalian barang lainnya adalah saat aku beli baju di Shop*e. Jadi aku pesan tiga baju di satu toko. Selain supaya gratis ongkir, juga emang suka dengan model-model bajunya. Pas barang pesanan tiba, seperti biasa, aku cek satu-satu barangnya. Pesananku datang lengkap, tapi satu baju ada yang bolong dong!! 😩

Aku pun langsung chat penjual dan menginfokan kalau produknya ada yang rusak. Aku juga ga mengklik tombol "selesai pesanan" karena aku mau melakukan pengembalian satu produk yang rusak tersebut. Kalau di Shop*e, alur retur barangnya lebih user friendly menurutku. Ga sebingung pas pakai Blibl*. Tinggal ikutin saja alur dari setiap page-nya dan di pilihan solusi cuma ada pengembalian dana saja. Jadi ga bisa tukar barang baru seperti di Blibl*. Padahal aku pengen bajunya. Tapi kata penjual sih kalau mau barang itu, order lagi saja dari awal. Huft. Ga sebagus solusi di Blibl* nih.

Setelah pengajuan pengembalian barangku disetujui, aku pun harus melakukan pengepakan dan seperti biasa, menuliskan alamat tujuan yang sesuai dengan instruksi dalam aplikasi. Nah buat ongkirnya, harus aku yang tanggung sendiri. Kalau mau gratis, harus pakai jasa PT Pos gitu sedangkan kantor pos jauh dari rumahku. Ya sudah pakai jasa kirim lain deh. Biarin lah rugi ongkir daripada barang itu ga bisa kupakai juga kan. Beda sama Blibl* yang menawarkan beberapa jasa kirim yang gratis. Salah satunya bisa diangkut sama orang Blibl*-nya gitu dan ongkirnya gratis.

Kali kedua melakukan komplain produk di Shope* saat aku pesan buku dan buku tersebut tidak sesuai dengan deskripsi barang. Aku state dengan jelas agar buku dicetak dengan laminasi doff eh yang nyampe malah buku dengan laminasi glossy. Bete deh aku! Aku chat penjual tapi ga direspon. Yasudah kali ini pun aku klik pengajuan pengembalian barang. Tapi kan ini custom, jadi ga mungkin juga diminta cetak ulang dong. Kasian juga sama penjualnya. Jadi aku pilih solusi pengembalian dana sebagian sebagai ganti rugi sudah dicetak dengan laminasi glossy. Aku pikir ga akan disetujui sama si penjual dan pasrah saja terima barangnya seperti itu. Eh direspon cepat dong sama si penjual dan disetujui! Daebak! 😮

Lalu pengalaman retur barang di aplikasi satunya lagi yang warna hijau, tau ga apa namanya? 🤓Iya si Tokop*dia. Lewat aplikasi ini pun aku pernah mengajukan komplain produk. Kayanya sering bener ya aku bermasalah dengan paket yang diterima. 😅 Kalau di Tokop*dia, aku pesan M*lo bubuk satu renceng yang isinya ada 12 sachet. Pas aku terima, yah ternyata kurang satu!! Memang sih harga ga seberapa, tapi tetap aku ga mau 'dikadalin' begini. Jadi aku pun memulai proses komplain karena produk yang diterima kurang. Solusi yang aku pilih adalah meminta penjual untuk kirim kekurangan barang yang dikirim. Tapi penjual tidak kunjung merespon hingga batas waktu yang ditentukan. Akhirnya dari kebijakan Tokop*dia, dia memberikan pengembalian dana kepada akunku.

Kalau kalian pernah ga melakukan retur barang belanjaan online? Apa terima-terima saja paket yang sampai mau keadaannya ga sesuai dengan pesanan?

12 comments:

  1. Ci Frisca termasuk sering kena problem saat beli online ya 😂 untung nggak kapok, sebab kalau kapok, jadi berkurang 1 langganan marketplacenya 😝

    Kalau aku termasuk jarang kena masalah, Ci. Tapi kalau kena, aku juga akan minta retur. Pernah 1x aku udah klik konfirmasi penerimaan barang duluan, baru aku cek barangnya ternyata salah 😖. Untung sellernya masih mau bertanggung jawab! Huh. Tapi semenjak itu, aku jadi selalu cek kondisi barang dulu sebelum konfirmasi 😂 belajar dari pengalaman.
    Anyway, aku pernah retur ke toko oren 1x lewat kantor pos tapi kena biaya kirim karena katanya udah nggak kerjasama lagi 😖 entah benar atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan Lia, selang sehari dari aku nulis pos yang ini, aku mengalami retur barang kembali dong!! 😅😅
      Tapi hingga kini, proses pengembalian barangnya belum disetujui penjual hahaha
      Aku sabar saja nunggu sampai tenggat waktunya habis heheh

      Aku bukan tipe yang kapok sih karena aku tau kalau belanja di marketplace begini bisa dibantu dalam hal retur barangnya. Kalau belanja via IG gitu, aku sih bakalan kapok kalau begini..karena ga ada penjaminnya. Malah sering ada yang nipu2 via IG kan 😱

      Waaah untung sellernya masih berbaik hati yaak! Iya Lia, musti cek kondisi barang dulu sebelum konfirm barang diterima hehehe

      Iyaa si toko oren kalau retur harus tanggung ongkir sendiri nih ckckc

      Delete
  2. Beuh banyak banget pengalamannya, mba 🤣

    Saya belum pernah retur barang di Indonesia, selama ini barang yang saya dapat oke semua, mungkin karena saya jarang belanja kali yaaah, jadi pengalaman belum sebanyak mba Frisca. However, saya pernah punya pengalaman retur barang / komplen barang di Korea, beberapa kali, biasanya urusan groceries atau delivery food 😂

    Lucunya, kalau beli di market macam Coupang dan sejenisnya, kadang mereka nggak diminta dikembalikan. Aneh. Jadi semisal komplen, maka akan dikirim yang baru while yang lama pun ada sama kita 😆 Terus pernah pula komplen order delivery makanan tapi french fries sama es krimnya ketinggalan. Sama si kesayangan langsung ditelpon, eh nggak lama kemudian datang, es krimnya dikasih tiga padahal cuma pesan satu hahaha 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya nih aku mungkin termasuk orang yang sering belanja online. Sebulan ada saja yang dibeli via online 😅

      Wah mungkin karena makanannya sudah percuma juga dikembalikan ga bisa dijual kembali kali kak. Jadi yauda deh dikasih jadi bonus gituu hehehe
      Terus itu jadi berkah tuuh pesen satu, dapet 3 es krim jadinya. Si penjualnya ingin kasih bonus biar pelanggan ga marah dan kapok mungkin hehe

      Delete
  3. Hari ini 12.12 nih, udah belanja lagi belom, Friss? 🤣

    Aku kok ya nggak kepikiran belanja cemilan di e-commerce yak?? Apa sekarang coba belanja aja nih mumpung 12.12 wkwkwk *alesan! *. Aku nggak kebayang tuh buka paket terus snack chipsnya berhamburan huhu itu kayaknya berangin atau gimana kali ya jadinya pecah di dalem. Tapi untung bisa langsung diretur.

    Kebetulan aku belum pernah mengalami retur barang, tapi kalau soal berurusan dengan CS e-commerce, Toped lah terbhaiqueee huahahaha responnya cepet, nggak babibu, pokoknya customer senang deh 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren event 12.12 ga bisa ikutan nih ciiii
      soalnya adek iparku nikaah 😆 Jadi sibuk seharian full dalam acara pernikahan adek. Hehe Nanti taun depan deh baru bisa ikutan lagi *kaya masih ada aja eventnya* 😅

      Iya cii! Ternyata beli di online lumayan mureh jugaaa. Tapi ya terbatas, ga semua jadi lebih murah juga sih ci hehehe Pas lagi promo aja belinya 🤣🤣🤣
      Itu aku syook ci pas buka...LAAAAH kok uda berhamburan begini keripik kentangnya!? 😨 Untung belom konfirmasi selesai, jadi bisa komplen huehehehe

      Masa sih ci terbaek? Dulu temenku bete banget sama CS toko ijo itu lohh. Terus jadi komplen ke temenku yang kerja di toko ijo karena CS-nya ga profesional hahahah

      Dulu pas aku chat CS-nya, lumayan lama direspon. Nunggu antrian gituu.. Mungkin sekarang tim CS-nya sudah bertambah banyak kali ya, jadi lebih cepat.

      Delete
  4. Tanggal 17 November diproses dan tanggal 18 November barangnya sampai! ini terlalu speed up ya!!! this is amazing !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Atie! Cepat ya! Mungkin cepat sampai juga karena lokasinya sama-sama di Jakarta hehe... Jadi bisa sehari sampai deh

      Delete
  5. Banyak juga ya pengalaman menerima barang yang bermasalah.

    Saya pernah sekali, waktu itu udah bincang tuh ama seller nya saiz mana harus diambil. Bila udah sampe barangnya, malah saiznya gak pas. Untungnya sellernya nyuruh hantar kembali aja barangnya (kos postage tanggung sendiri) dan langsung seller hantar barang yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah beruntung Cik penjualnya masih bertanggungjawab. Kadang suka ga direspon sama penjual dan bikin kita sebal saja 😢

      Delete
  6. Mba kamu pas buka paketnya pake videoin dulu ga??

    Seumur2 aku dan suami sekali ngalamin barang ga sesuai pesanan. Pas pake To*ped. Jadi beli rollerblade utk si Kaka, Ama pelindung lutut sekalian. Pas datang, cm ada pelindung lutut, ga ada rollerblade nya. Jelaaaas dong aku marah. Lgs komplain, tapi si penjual minta bukti video unboxing. Trus kita ke cs to*ped. Dia juga Minta itu. Kesalahan kita ga videoin.

    Soalnya itu kedua kali kami beli rollerblade Ama toko yg sama. Kirain bakal bagus kayak pertama. Akhirnya dr tokped minta kita kasih tau dr video kronologinya. Aku lgs lakuin tuh. Pura terima barang, dan gmn cara kita unboxing.

    Panjaaaang urusannya. Sampe akhirnya kita mau nyerah. Tapi kita tulis surat komplain, sampe kapanpun, itu uang yg udh dibayar, tp kita ga dapet barangnya, ga akan kita ikhlasin. Itu hutang sampe mati.

    Eh si owner akhirnya ngalah :D. Dibalikin uang kita :D. Ya lagian bisa2nya dia ga teliti. Okelah kita salah ga videoin. Tp dia juga bisa dong balancing stok di toko. Bener ga rollerblade stock nya berkurang. Kalo pembukuan dia bagus, pasti ketahuan ada imbalance di bagian stok sepatu roda.

    Sejak itu, setiap paket, sereceh apapun barangnya, aku videoin. Utk bukti. Kapok kalo ga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku ga videoin kak! Untungnya si penjual menyetujuiiii >.<
      Makanya aku pun sudah pasrah kalau emang ga bakal digantiin. Apalagi nilainya kan ga seberapa yak.

      Waaah itu sih asli ya kak bikin gondok!!! Sellernya mustinya bisa ngecek ya distokan juga yak. Tapi jadi pelajaran juga ya kak. Untuk selalu video unboxing biar nanti pas komplain, buktinya kuat yak. Dari baca pengalaman kakak ini, aku jadi video unboxing barang2 yang kubeli loh kak hahaa
      Padahal biasanya cuma videoin untuk barang2 yang emang ada keterangannya di paket "mohon videokan saat buka, komplain apabila tidak ada video, tidak akan dilayani"
      Tapi sekarang jadi videoin semua hahah

      Delete

Powered by Blogger.