Hana Misteria Journal: Week 5

December 27, 2020

Day 1

Yeay yang mekar hari ini ada 6 bunga, meski satunya masih kuncup sih. Mungkin siang jam 9 akan mekar sempurna. Pas gw cek hari ini, bunga Hana Misteria disemutin dong 😅 Semut-semut lagi bekerja ngumpulin gula nih. Terus gw siram kembali Hana Misteria.

Untuk kondisi rumah Hana Misteria Junior, gw kan nancepin ke tanah satu daun yang sempet copot. Gw cek sepertinya makin lama daun itu makin segar. Awalnya tuh kaya mau busuk gitu. Pas gw korek tanahnya, sepertinya ada akarnya nih tumbuh. Hana Misteria Junior juga gw siram sedikit.

Day 2

Hari ini bunga yang mekar cuma dua dan gw harus cabut 5 daun. Gw siram kembali hari ini. Lumayan terik terus nih dari kemarin.

Hana Misteria Junior munculin daun muda lagi satu. Total ada enam daun deh sekarang. 🥰 Hari ini pun Hana Misteria Junior gw siram.

Day 3

Hari ini Hana Misteria kembali berbunga. Sedikit lebih banyak dari kemarin alias yang mekar cuma 3 bunga 😅. Lalu lagi-lagi gw harus cabut daun. Hari ini cuma 3 daun sih yang dicabut. Terus gw merasa Hana Misteria sudah tinggi deh sekarang. Permasalahan kutu putihnya juga sepertinya sudah berakhir. Soalnya sudah ga pernah lihat kutu putih lagi yang berkeliaran. Puji Tuhan ya nak sudah ga diganggu kutu putih lagi. Oia, hari ini pun kembali disiram.

Daun muda Hana Misteria Junior mulai tumbuh besar. Terus daun yang sengaja gw tancepin di tanah juga sudah ngeluarin serabut akar kecil. Semoga bisa numbuh deh ya. Biar jadi punya banyak Hana Misteria. Hehe.

Day 4

Pas gw cek hari ini, kondisi tanah Hana Misteria masih basah. Sepertinya kehujanan, jadi hari ini ga gw siram dulu deh. Terus gw menemukan satu batang yang peyot gitu. Terus beberapa daun jatuh di lantai. Ga segar gitu deh si Hana Misteria. Hari ini pun gw harus cabut 6 daun. Tapi untungnya masih berbunga tiga meski kondisinya agak kurang segar ya.

Day 5

Gw coba ukur tinggi Hana Misteria hari ini, kira-kira 27 cm lah. Wow, lumayan tinggi ya kamu. Hari ini bunga yang mekar juga ada 4 meski belum mekar sempurna sih. Terus lagi-lagi cabut daun jelek. 5 daun jelek untuk hari ini. Terus batang yang semakin peyot, akhirnya gw gunting supaya ga mengganggu pertumbuhan batang yang lain. Gw juga siram Hana Misteria hari ini.

Day 6

Hari ini yang mekar ada 3 bunga. FYI, Hana Misteria itu berbunga cuma sampai jam 9 pagi (syukur-syukur bisa sampai sore). Nah jadi pas malam kan dia nutup lagi alias bobok, terus besokannya tuh yang mekar bukan di tempat yang sama, alias di tempat lain. Soalnya yang kemarin mekar, uda mulai mencopotkan diri gitu. Kebayang ga maksud gw? 😅 Intinya, kalau dia setiap hari berbunga, berarti bagus kan?? Dia selalu tumbuh dan mekarin bunga-bunga baru. 🥰

Hari ini pun gw siram Hana Misteria dan gw ga cek kondisi daun-daun jelek karena terburu-buru nih.

Day 7

Karena gw hari ini ga di rumah, jadi si Hana Misteria ga diurus dulu hari ini. 😅


Di Week 5, permasalahan kutu putih bisa gw bilang selesai lah. Gw sudah ga pernah menemukan si kutu putih berkeliaran di tanah Hana Misteria. Bagus deh ya kalau beneran tuh kutu sudah minggat.

Setiap hari, Hana Misteria selalu memekarkan bunganya, meski paling banyak juga cuma 6 bunga sih.

Total daun jelek yang dicabut minggu ini ada 19 daun jelek. Kalau dilihat dari atas, mulai terlihat renggang ga sih tengahnya??? Sedih deh 😢 Yang dicabut kan memang di bagian bawah batang, tapi ga pernah numbuhin daun lagi di situ. Ga heran tengahnya jadi renggang gitu alias botak. Huhuhu.

8 comments:

  1. yay! kutu putih udah gak ada... adanya dia jelek benar pandangan kita kan haha ... yokatta ne

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa Atie!!! Senangnyaaaa 🥰🥰🥰

      Delete
  2. Akhirnya Hana bebas dari kutu putih 🥳 selamat Cici! Semoga habis ini, Hana Misteria Cici semakin berkembang yang banyak dan selalu sehat subur 😁
    Oiya, ternyata Hana Misteria setiap berkembang di tempat yang berbeda ya? Unik banget! Aku pikir dia malam hanya tidur, lalu besoknya bangun di tempat yang sama. Kalau begitu, jika ada bunga yang berkembang setiap harinya berarti kondisi tanamannya sehat ya 😍. Lucunyaaaa si Hana Misteria iniiii!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia akhirnya nih si kutu putih uda ga nampak lagi 🥰🥰🥰

      Iya jadi kalau hari ini mekar bunga di batang A, besok di batang A tuh bunganya uda kuncup dan akan lepas kuncup bunganya. Ga akan mekar lagi di besokannya... Jadi masa mekar satu bunga Hana Misteria tuh cuma sehari, malah menurut artikel yang kubaca, dia mekar cuma sampai jam 9 pagi sajaa... Eh tapi bisa lebihh ternyataaa. Mekar sampai jam 5 masih bisa lah, sesudah itu akan kuncup dan bobok.
      karakteristik ini juga sama dengan Wijaya Kusuma. Cuma bedanya, si Wijaya Kusuma bisa lama buat mekar bunganya lagiii.. Ga kaya Hana Misteria yang bisa setiap hari berbunga hehehe Terus mekar bunga Wijaya Kusuma tuh di jam 11/12 malam. Lewat dari jam itu, akan kuncup lagi terus copot juga deh kuncup bunganyaa... Tunggu sampai siklus berbunga kembali buat nikmatin bunganya Wijaya Kusuma..

      Delete
    2. Huaaa menarik banget sih bunga-bunga ini 😍. Wijaya Kusuma yang paling menarik karena dia jarang berbunga, sekalinya berbunga jadi membuat excited sekaliii ya! Mirip bunga Rafflesia Arnoldi 🤭

      Delete
    3. Ayo Li ikutan tanam bunga-bunga hihihi
      Iya tentu jadi excited pas uda mao berbunga hueheheh
      Waaah Li, aku akan menyanggah itu. hahah Soalnya Rafflesia Arnoldi kalo berbunga butuh waktu lama kaaan bisa 9 bulan. Kalo Wijaya Kusuma sebulan juga bisa berbunga.. Hehee

      Delete
  3. Hana Misteria ini sejenis portulaca kah? Soalnya mirip banget sama tanaman itu. Tanamannya mungil dan mirip rumput-rumputan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak. Ada yang bilang juga sutra bambu haha Kakak punya juga kah?

      Delete

Powered by Blogger.