Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

November 27, 2023
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku hidup bersih dan sehat atau yang biasa disingkat menjadi PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat (Dinkes Sumut, 13 Oktober 2016). PHBS sendiri ada banyak sekali macamnya, bisa ratusan! Perilaku hidup bersih dan sehat misalnya dengan memberikan makanan dengan gizi seimbang, minum vitamin, membersihkan lingkungan, dan lain sebagainya.

Lantas apa ya perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia? WHO menekankan beberapa prinsip dan praktik dalam mencapai PHBS, seperti berikut:

Cuci Tangan yang Baik

Dengan mencuci tangan yang baik menggunakan sabun dan air, terutama sebelum makan, dapat mengurangi risiko penularan penyakit. Selain sebelum makan, kita perlu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, memegang uang, dan setelah bersentuhan dengan benda atau permukaan yang kotor. Waktu Covid 19 marak terjadi, tentu kita ingat dong kalau kita dianjurkan untuk selalu mencuci tangan pakai sabun. Cuci tangan sambil bernyanyi "Happy Birthday" untuk memastikan agar benar-benar mencuci tangan dengan baik.

Kebersihan Air dan Sanitasi

Prinsip dalam mencapai PHBS yang kedua adalah dengan menggunakan air bersih untuk minum, memasak, dan keperluan sehari-hari lainnya. Selain itu kita juga perlu mempertahankan sanitasi yang baik dengan menggunakan toilet yang aman dan menciptakan lingkungan yang bersih. Gw sendiri kerap membersihkan toilet seminggu sekali agar menjaga kondisi toilet tetap bersih dan kinclong. Bahkan gw sampai membeli cairan pembersih khusus untuk menghilangkan noda membandel. 😆

Kebersihan Lingkungan

Tentunya dalam menerapkan PHBS, kita harus menjaga kebersihan rumah, tempat kerja, dan lingkungan sekitar. Salah satu caranya adalah dengan membuang sampah dengan benar dan mengelola limbah secara aman. 

Baca juga: Solusi Mengatasi Sampah Plastik

Pola Makan Sehat

Namanya juga ingin menerapkan perilaku hidup bersih dan SEHAT, ya wajib hukumnya menerapkan pola makan yang sehat dong ya. 😏 Makannya jangan junk food atau fast food melulu, tapi benar-benar reall food dengan gizi seimbang dan kaya akan nutrisi. Apalagi kalo sudah umur, sebaiknya menghindari konsumsi berlebihan gula, garam, dan lemak jenuh.

Baca juga: Lifestyle of Health 1 dan 2 (LOH1 dan LOH2)

Aktivitas Fisik

Praktik satu ini sudah mulai kendur gw lakuin nih. 🤧 Padahal selain pola makan sehat, kita juga harus melibatkan diri dalam aktivitas fisik secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi sebetulnya sekarang sudah banyak loh aplikasi yang bantu kita untuk melakukan aktivitas fisik walau cuma di atas kasur saja. Cuma memang niat harus kuat untuk gerakin tubuh, bukan mageran di atas kasur aja.

Vaksinasi

Sebagai orang tua baru, gw sudah melakukan vaksinasi sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh pemerintah dan organisasi kesehatan. Tujuannya tentu saja supaya kelak tubuh anak gw bisa kebal terhadap berbagai penyakit berbahaya. Kala gw masih kecil, kayanya kedua orang tua gw sudah melakukan vaksinasi juga terhadap gw. Soalnya ada tanda vaksin 9 titik di lengan kiri gw. Kalian sudah vaksin lengkap juga ga? Apa masuk dalam kelompok tim anti vaksin?

Pengelolaan Stres

Jaman Covid-19 kayanya banyak banget ga sih yang mengalami stres dan mental health issue jadi hal common di masyarakat kita. Oleh sebab itu, WHO pun menganjurkan untuk melakukan pengelolaan stres dengan cara yang positif, seperti olahraga, meditasi, atau kegiatan relaksasi lainnya. Bahkan jangan malu untuk seek professional help kalau dirasa perlu. Tubuh kita ini bukan raga saja yang perlu dijaga, tapi jiwa juga. 👍🏻

Penghindaran Risiko Kesehatan

Tentunya dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, kita harus menghindari perilaku berisiko, seperti merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, dan penggunaan obat-obatan terlarang. Duh jangan sampai deh jadi pecandu rokok, alkohol, dan narkoba gais. Lebih baik uang untuk beli rokok/alkohol/narkoba dibelikan tiket wisata saja. Jalan-jalan dan tambah wawasan tentang daerah lain. Hehehe.

Pencegahan Penyakit Menular

Untuk mencegah penyakit menular, kita bisa mengikuti imunisasi yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit menular. Contohnya vaksin covid yang ramai di dua tahun lalu. Selain itu kita juga dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang dianjurkan selama wabah penyakit. Contohnya menerapkan 5M, rutin Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobalitas.

WHO berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat sebagai bagian integral dari upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan global. Kira-kira begitulah perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO. Kalian sudah menerapkan semuanya belum?

🍀🍀🍀

Postingan ini diikutsertakan dalam eco listerasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3DoP Ibuku Content Creator 🍀 

6 comments:

  1. Komitmen dalam melakukannya yang susaaaah
    Udah bisa berkomitmen pun, konsisten dalam melakukannya lebih susah lagiii
    Terutama aktivitas fisik, atau lebih spesifik lagi olah raga. Hari ini berhasil ngelakuin, seminggu kemudian belum tentu, euy *tutup muka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. konon ada yang bilang kalo kita membiasakan diri dalam 20 hari berturut-turut melakukan sesuatu (misal olahraga), nanti jadi habit gitu kak. Memang butuh komitmen dan konsisten ya hehehhe

      Delete
  2. hiks, aku rajin cuci tangan pas covid lagi rame-ramenya. sekarang malah "ahh biarin", jadi cuci tangannya pas selesai makan
    kalau dulu kemana-mana bawa hand sanitizer, sekarang mau masukin hand sanitizer ke tas, rasanya kayak menuhin tas aja

    nah kebersihan, aku aja baru bersihin kamar kalau memang bener bener sumpek liatnya hahaha, padahal dalam hati pengen tuh suasana kamar yang enak dilihat, kinclong. Kenyataannya ga rutin juga bersihinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kadang kudu disentil (pandemi) dulu ya kak jadi mau nerapin habit bersih dan sehat 😅 Aku juga ga tiap hari bersihin kamar, waktunya ga cukuppppp! Jadi kalo dirasa sudah bikin risih, langsung buru-buru bersih-bersih ahhaha

      Delete
  3. Aku tuh selalu berterimakasih Ama pandemi kemarin, Krn bener2 bisa mengubah aku sih mba. Yg tadinya males olahraga, udah sejak 2020 jadi rutin workout 4x seminggu, sampai skr.

    Trus berkat pandemi, aku JD rutin cuci tangan kapanpun 🤣🤣🤣. Masih terbiasa banget.

    Pake masker memang udh ga, tp kalo ke LN dlm pesawat aku masih pakai.

    Pola makan sehat kalo di rumah udh ngurangin garam, minyak, mau goreng aja aku bela2in pake olive oil 🤣. Gapapa deh mahal, yg penting sehat. Palingan pas liburan aku sering cheating.

    Cuma kalo menghindari penyakit menular, ini usaha sih tetep, cuma namanya virus dan bakteri itu ga keliatan yaa, mau pake masker pun, kdg ttp aja bisa kena. Pokoknya yg penting usaha dulu deh. Suplemen juga aku msh blm skip Ampe skr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semacam blessing in disguise ya kak si pandemi ini. Ada hikmah-hikmah yang bisa diambil dari kejadian itu. Terbentuk habit-habit bagus yang jadi rutin atau jadi kebiasaan sampai sekarang. Memang katanya tuh harus rutin lakuin sesuatu dalam 30 hari, nanti akan terbentuk kebiasaan itu. Aku pun suplemen masih terus lanjut sampai sekarang. Cuma emang nih kalo olahraga jadi ga olahraga lagi sejak melahirkan 😅

      Delete

Powered by Blogger.