Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus

November 09, 2023

Waktu mempersiapkan setiap kebutuhan menyambut kelahiran Baby Z, gw sebetulnya sempat berpikir untuk pakai clodi saja instead of popok sekali pakai (pospak). Itung-itung lebih hemat karena bisa cuci-pakai, juga ramah lingkungan kan... Gw cari-carilah, kira-kira apa ya rekomendasi merk clodi yang bagus?? Eh tunggu, sebelumnya, pada tau ga apa itu clodi? Clodi atau cloth diaper adalah popok kain yang bisa dipakai berulang kali untuk si kecil. Jaman dulu sebelum pospak umum dipakai, buk-ibu umumnya pakai clodi dan mereka (mama mertua gw) curhat betapa lelahnya pakai clodi karena cuciannya jadi segambreng! ๐Ÿ˜…

Sebelum bahas merk clodi yang bagus, sebetulnya ada plus minus memakai clodi. Ini bisa jadi pertimbangan untuk parents yang lagi bimbang antara pakai clodi atau pospak.

Poin plus pakai clodi...

Clodi Ga Bikin Ruam Popok

Clodi berbahan lembut, umumnya dari katun dan tidak menggunakan bahan kimia seperti gel pada pospak. So aman banget pakai clodi untuk kulit si kecil yang sensitif. Hal ini juga yang ga bikin ruam popok.

Hemat Uang

Bayangin deh kalau pakai pospak tuh sehari bisa 3-6 kali ganti. Kalau harga satu pospak itu Rp2.000 dan misal sehari pakai lima pospak, berarti sudah keluar uang Rp10.000 sehari. Sebulan keluar Rp300.000 kan gengs. Setahun sudah Rp3.600.000. ๐Ÿ’ธ Sedangkan kalau pakai clodi, harga clodi umumnya berada di kisaran Rp40.000-50.000. Bahkan ada yang budling Rp50.000 dapat tiga clodi. Terus stok 10 clodi cukup sih seharusnya untuk sehari-hari. Total biaya Rp500.000 bisa dipakai untuk setahun lebih. ๐Ÿ‘ Hemat uang gengs. ๐Ÿ˜Ž

Clodi Ramah Lingkungan

Penggunaan clodi tentu saja ramah lingkungan karena bisa dipakai ulang. Sayangi bumi, pakai clodi aja! ๐Ÿ€

Tapi pakai clodi ada juga minusnya...

Ribet dan Repot

Untuk working parents  yang keduanya bekerja, tentu saja ribet banget kalau pakai clodi yang setiap empat jam sekali musti ganti biar ga bocor. Belum lagi repot untuk langsung cuci clodi yang kotor. Padahal supaya clodi lebih awet, sebaiknya harus langsung dicuci saat terkena pup atau saat ganti clodi. 

Daya tampung clodi tidak banyak

Daya tampung clodi tentu saja tidak semaksimal pospak yang bisa berjam-jam ga perlu ganti. Kalau kita ga dispilin ganti tiap empat jam, bisa-bisa clodinya bocor!!!

๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€

Nah, setelah mengetahui plus dan minus penggunaan clodi, parents masih mantap untuk pakai clodi ga nih?? 

Kalau menjawab iya, pertanyaan selanjutnya, apa ya rekomendasi merk clodi yang bagus?

Jujurly, gw bukan penganut pakai clodi. Niatnya aja sih pengen, tapi suami ga begitu mendukung. ๐Ÿ˜• Katanya, ngapain sih gw ribet, nanti repot harus cuci-cuci while gw sendiri musti sibuk kerja ina itu. Jadilah gw keikut tim pakai pospak. ๐Ÿ˜ฃ Cumaaa, sebelumnya gw sempet ngeliatin beberapa rekomendasi merk clodi yang bagus dan sempet masuk dalam whistlist gw. Disclaimer dulu nih, artikel ini bukan artikel berbayar ya gengs. Rekomendasi merk clodi yang gw sebutin memang hasil pemikiran gw pribadi. ๐ŸŒท

Little Nata

Sumber: Little Nata

Clodi merk Little Nata ini punya beberapa pilihan. Ada yang insert clodi langsung bersentuhan dengan kulit si kecil (tipe coveria), ada juga yang dimasukkan ke dalam outer clodi terlebih dahulu (tipe pocket). Untuk tipe pocket, memiliki inner sebagai lapisan stay dry yang menjaga kulit si kecil tetap kering, sehingga cocok untuk baby yang kulitnya sensitif terhadap rasa basah. Insert juga tidak mudah bergerak dan bergeser karena punya kantung untuk meletakkan insert. Namun, saat kotor harus ganti semuanya (outer dan innner). Nah, kalau tipe coveria, poin plusnya saat kotor ga perlu ganti semuanya, cukup ganti inner-nya saja. Cuma memang umumnya mah pake yang tipe pocket ya.

Untuk clodi Little Nata ini punya berbagai ukuran, dari ukuran new born, hingga ukuran besar. Jadi punya banyak pilihan nih gengs. Cuma gw cantumin saja ya link beli untuk ukuran yang standar (fit 3-15 kg).

Belinya bisa cek di sini: Clodi Little Nata tipe Pocket dan Clodi Litte Nata tipe Coveria

Little Palmerhaus


Clodi merk Little Palmerhaus modelnya ga pakai outer atau inner segala, cuma kain dari katun bambu dan diikat pakai tali. Ini ga pakai insert clodi seperti clodi merk Little Nata. Tentu saja harga lebih affordable. Cocok dipakai untuk new born. Dijual per set isi tiga clodi. Motifnya lucu-lucu deh! ๐Ÿ˜

Belinya cek di sini: Clodi Little Palmerhaus

Ningrat AIO

Sumber: Umaiyo_clodi

Kalo clodi satu ini, didesain paling mirip dengan pospak. Tinggal slup pakainya! Karetnya elastis, sehingga ga bikin si kecil kejepet karet gitu. Nyaman dipakai. Insert clodi Ningrat AIO ini sudah terjahit di dalamnya, jadi ga perlu lepas pasang seperti clodi Little Nata. Klaimnya sih memakai empat layer insert, sehingga daya tampung cukup oke. Cocok untuk bayi dengan berat badan 5-15 kg (reguler) atau 14-25 kg (jumbo/L). Daya tampungnya 280ml untuk ukuran reguler dan 340ml untuk ukuran jumbo.

Belinya bisa cek di sini: Clodi Ningrat AIO

๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€

Nah itulah gengs rekomendasi merk clodi yang bagus versi gw. Ada tiga tipe desain clodi. Kalau untuk umur Baby Z sekarang sih cocoknya pakai yang merk Little Nata atau Ningrat AIO. Tapi kayanya keburu beli yang untuk toilet training deh. Soalnya stok pospak di rumah masih banyak. ๐Ÿ˜… Kalau parents tim mana nih? Tim pakai clodi atau pospak?

Postingan ini diikutsertakan dalam eco listerasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3DoP Ibuku Content Creator ๐Ÿ€

2 comments:

  1. Zaman anak2ku bayi, clodi sebenernya udah ada, tapi model2 nya masih jelek, dan harga mahal. Walopun sbnrnya tu kan mahal di awal yaa, tapi toh ga usah beli pospak dll .

    Cuma pertimbangan ku kenapa dulu samasekali ga mau pake clodi, karena aku dulu kerja, dari pagi pulang malam. Jadi mikirnya ga sempet sih mba ๐Ÿคฃ. Udh capek duluan.

    Aku memang pakai babysitter, tapi waku itu aku mau mereka fokusnya ke anak2'. Jadi ga pengen nambahin kerja yg bikin mereka malah repot ntr, dan anak2' jadi ga kepegang full. Jadi ya sudahlaah, dari lahir sampe usia 1.5 THN anak2' pake pospak. Untungnya setelah itu diajarin babysitter utk pelan2 lepas, dan progressnya cepet.

    Memang berasa siiih kalo pospak mahalnya..mana anakku sensi beneer kulitnya, jadi ga bisa sembarang pospak. Yg mahal pula yg cocok ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Skr ini harga clodi kayaknya udh ga semahal dulu ya mba. Berarti udh makin banyak yg pakai nih, dan banyak juga yg jual. ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman dulu kayanya modelnya masi kaya merk Little Palmerhaus ga sih kak? Cuma warna putih tok. Makanya daya tampung bener-bener ga banyak. Kalo uda pipis sekali, musti langsung ganti.

      Working parents memang sulit sih kalo mau nerapin pakai clodi. Ga sempet buat sering-sering ganti popok dan nyucinyaaa hahaha. Butuh kepraktisan yang lebih. Akupun makanya masih pake pospak ๐Ÿ˜… Eh itu ajarinnya gimana tuh kak? Pinter benerrr 1,5 tahun uda lepas pospaak. Sepupu Baby Z bahkan sampe 5 tahun masih pake pospak loh kalo tidur malam ๐Ÿ˜…

      Wadoow kalo pospak premium sih berasa bangetttt. Puji Tuhan Baby Z masih aman kulitnya pakai pospak ekonomis.

      Yes kak, harga clodi sekarang sih uda ekonomis. 40ribu uda dapet. Hehe

      Delete

Powered by Blogger.