Jenis-Jenis Plastik

November 21, 2023

Sejak plastik ditemukan, hampir setiap hari kita tentu bersinggungan terus dengan plastik kan dalam ragam bentuknya. Sebenarnya apa saja sih jenis-jenis plastik dan contohnya? Apakah kalian mengenali setiap jenisnya? Mungkin saja tau dan bisa bedain, tapi belum tentu tau nama plastiknya kali ya? Yuk sama-sama kita kenali jenis-jenis plastik dan supaya tau juga mana saja nih plastik yang biasanya bisa didaur ulang atau disetor ke bank sampah.

Jenis-jenis plastik saat ini terbagi ke dalam tujuh kategori. Di bawah ini akan gw jabarkan jenis-jenis plastik dan contohnya supaya kalian kebayang bentuknya. Hehe.

1. PET (Polyethylene terephthalate)

Sumber: San Jose Recycles

Jenis plastik PET atau juga disebut PETE, kayanya adalah jenis yang paling sering banget ditemuin ga sih? Suka ngambang juga di laut atau sungai karena oknum ga bertanggung jawab buang plastik PET sembarangan ke kali. Jenis plastik PET hanya bisa digunakan sekali pakai, sehingga tidak bagus kalau digunakan berulang kali. Apalagi kalau mengisinya dengan air hangat karena lapisan polimer dan zat karsinogenik pada plastik jenis PET (atau PETE) dapat larut (lepas) dan menyebabkan kanker pada organ tubuh manusia. Oleh sebab itu, biasanya sebelum didaur ulang, dikosongkan dan dibersihkan, kemudian remukan plastik botol agar ga makan tempat. Plastik PET sering ditemukan sebagai kemasan air mineral.

2. HDPE (High Density Polyethylene)

Jenis plastik HDPE biasanya dipakai untuk galon air minum, botol shampoo, botol deterjen cair, botol oli, dan plastik kemasan tebal lainnya. Jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana.

3. PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis plastik PVC atau yang sering disebut sebagai “plastik beracun” karena mengandung berbagai macam bahan kimia beracun yang dapat larut dan berbahaya bagi kesehatan, adalah jenis plastik yang sebaiknya dihindari untuk dipakai sebagai kemasan makanan dan minuman. Jenis plastik ini biasanya ditemukan sebagai pipa penyambung saluran air.

4. LDPE (Low Density Polyethylene)

Sumber: San Jose Recycles

Kalo tadi high density, LDPE ini low density yang bersifat elastis, memiliki daya tahan yang lama dan dapat digunakan untuk berulang kali. Biasanya kita temukan jenis plastik LDPE digunakan sebagai kantong belanjaan alias plastik kresek, kantong plastik sampah, hingga sebagai bungkus makanan.

5. PP (polypropylene)

Sumber: San Jose Recycles

Plastik yang kelima adalah jenis plastik PP alias polypropylene. Plastik dengan simbol ini boleh nih digunakan sebagai tempat makanan maupun minuman karena karakteristik polypropylene sangat kuat dan cukup aman digunakan meski pada suhu yang panas. Kita bisa nemuin jenis plastik PP pada kemasan makanan dan minuman kalau jajan di luar.

6. PS (polystyrene)

Sumber: San Jose Recycles

Jenis plastik PS alias polystyrene banyak dipakai sebagai tempat makan, tempat telur, sendok/garpu plastik, foam packaging, hingga bahan bangunan (bahan flooring). Plastik ini sebetulnya dapat mengeluarkan styrene yang merupakan zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Jadi sebetulnya kurang baik dipakai sebagai kemasan makanan. Makanya suka ada yang bilang kan "jangan makan di styrofoam nanti makanannya jadi beracun." Ini betul, karena kalau kena panas, plastik PS akan mengeluarkan racun.

7. Lainnya

Sumber: San Jose Recycles

Plastik jenis lainnya biasanya digunakan pada plastik untuk botol susu bayi, botol minum olahraga, smartphone cases, dan compact disk.  Plastik akrilik juga masuk ke dalam golongan other.

Nah setelah mengetahui jenis-jenis plastik dan contohnya, sekarang sudah bisa bedain dong setiap plastik di sekitar kita. Kalau di daerah gw sendiri sih saat ini mau terima daur ulang untuk jenis plastik nomor 1 PETE/PET, jenis plastik HDPE, jenis plastik PP, dan jenis plastik lainnya. Keempat jenis plastik itu yang rutin gw kumpulin untuk nanti disetor. Tapi gw juga pilah-pilah jenis plastik LDPE (kresek) yang masih bersih untuk nanti gw reuse kembali jadi kantung belanja atau kantung sampah. Hehehe. Setidaknya memperpanjang umur pakainya biar ga cepat masuk ke TPA. Kalau kalian sendiri sudah mulai pilah-pilah sampah plastik ga?

๐Ÿ€๐Ÿ€๐Ÿ€

Postingan ini diikutsertakan dalam eco listerasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3DoP Ibuku Content Creator ๐Ÿ€

2 comments:

  1. Udah , tapi memang belum konsisten. Kdg masih suka lupa aja, dan mencampur semua malah.

    Tapi kayak plastik kresek, sebisa mungkin kalo bisa dipake utk keperluan lain, aku pake duku juga mba. Yg penting ga langsung dibuang ke tong sampah.

    Skr juga ada plastik yg kalo kena air langsung terurai Kan. Larut Ama air gitu. Aku pernah beli, tapi masalahnya lumayan mahal hahahahha. Jadi ga setiap saat belinya ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sulit kak kalo misal dikerjain sendirian. Belum lagi kalo pilah-pilah plastik itu butuh space untuk simpannya kaan.. Nah ini juga yang jadi masalah di aku. Aku suka kena omel karena simpan sampah plastik yang makan tempat ๐Ÿ˜… Makanya sebisa mungkin buru-buru deh disetor ke bank sampah biar ga makan lahan banyak.

      Betul ada plastik yang dari singkong ya kak! Pas pake itu ga boleh lupa untuk ga kena air karena nanti plastiknya larut hehehe. Harganya betul mahal kak daripada plastik biasaaaa.

      Delete

Powered by Blogger.