Pelajaran Lingkungan Hidup

November 07, 2023

Jaman gw masih sekolah, gw inget banget ada mata pelajaran Lingkungan Hidup namanya, disingkat PLH. Pelajaran ini tuh baru muncul saat gw duduk di kelas 3 SMA. Sebelum-sebelumnya kaga pernah ada pelajaran ini. Mungkin sekolah gw mulai concern tentang lingkungan yang uda mulai surem (iklim ga tentu, banjir di mana-mana, pemanasan global, and so on you name it). Di pelajaran ini tuh gw dan teman-teman yang lain diajarin untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan belajar untuk cinta lingkungan. Salah satu yang jadi concern tentu saja tentang masalah sampah di sekolah. Untuk mengurangi sampah, pak Ari, as guru Lingkungan Hidup yang rangkap juga sebagai guru Biologi favorit anak-anak sekelas, mengajak murid-muridnya untuk membuat kompos dari daun-daunan kering yang dikumpulkan. So, untuk mengerjakan project kompos ini, dibagi menjadi beberapa kelompok. Tentu saja gw langsung bikin kelompok bareng sohib gw (El, De, Ren, dan Sis 😜). Gw lupa satu kelompok harus berapa orang, tapi yang jelas 5 sekawan (sebutan kami) jadi satu kelompok. Hehehe.

Tiap jam pelajaran Lingkungan Hidup, gw dan teman-teman yang lain keluar kelas untuk ngumpulin sampah organik (baca: daun kering, bukan sisa makanan ya). Gw sendiri sih ngumpulin daun-daun kering yang bertebaran di halaman sekolah. Saking bersihnya halaman dari daun kering padahal butuh banyak daun, beberapa anak malah sampai petikin daun hijau yang masih nempel di pohon dong... 😅 Ini sih namanya bukan cinta lingkungan ya guys. Harap jangan ditiru. 😣

Setelah daun-daunan kering itu terkumpul, kami diinstruksikan untuk mengguntingnya supaya lebih mudah dijadikan kompos. Terus siapin juga cairan EM4 sebagai mikroorganisme yang akan membantu penguraian, sehingga terbentuklah kompos. Projek bikin kompos pun selesai!! 😆 Hingga gw dewasa kini, gw jadi menerapkan juga tuh praktik bikin kompos di rumah. Gw punya beberapa tanaman di teras kamar gw, tentu saja sesekali harus dilakukan pruning supaya tampak cantik atau supaya jadi makin lebat aja cabangnya. Nah hasil pemotongannya itu gw kumpulkan di ember besar, dicampur tanah, dan diberi cairan EM4 supaya nanti jadi kompos. 🍀

Selain soal sampah organik. Tentu saja ada juga yang anorganik ya. Salah satunya soal masalah sampah plastik di sekolah. Masalah sampah plastik di sekolah menurut gw harus dipaparkan sedari dini. Kalau ga ditanamkan benih-benih reduce, reuserecycle sejak dini, pasti hingga dewasa akan jadi pribadi yang bodo amat dengan sampah plastik ini. Untunglah gw sudah diajarkan soal mengurangi sampah plastik ini di sekolah. Di sini gw jadi belajar betapa sulitnya plastik itu diuraikan. Bahkan saat ini lautan sudah tercemar oleh plastik dan mirisnya, jadi makanan ikan-ikan maupun burung laut kaaann... 😱😱😱

Acap kali gw tentu menemukan jajanan macam teh manis atau susu kental manis yang dikemas pakai plastik sayur (apa sih sebutannya ya) terus dikasih sedotan. Bertebaran di seluruh penjuru tong sampah sekolah. Belum lagi jajanan lain yang pakai kemasan plastik lainnya macam snack ringan bermicin itu. Makin banyak kan tuh sampah plastik di sekolah. Terus gimana dong untuk mengatasi masalah sampah plastik di sekolah ini??

Itu tadi, 3R, reduce, reuserecycle. Reduce alias mengurangi penggunaan plastik. Nah supaya ga sering-sering pakai plastik, gw sendiri saat itu sudah rajin bawa botol minum sendiri. Ini salah satu bentuk reduce (mengurangi) sampah plastik yang gw hasilkan di sekolah. Daripada beli air mineral kemasan, mendingan gw bawa aja botol minum sendiri dari rumah. Lebih hemat uang jajan juga kan. Heuheu. 😁

Reuse, alias gunain lagi plastik yang masih bisa dipakai. Kalau terkait poin ini, jujur saat itu kayanya gw masih kurang menerapkan reuse deh. Tapi sebetulnya bisa nih dengan pakai ulang kantong kresek hasil belanjaan misalnya. Saat ini sih salah satu reuse yang gw lakukan adalah kemasan plastik dari popok Baby Z gw pakai ulang untuk sampah popoknya. 🤣

Recycle, kalau tahap yang ini sih harus lebih effort dilakukannya. Paling kalau di sekolah, saat itu gw disuruh bawa kemasan minuman probiotik (sehari minum dua) yang sudah dibersihkan dan di-recycle menjadi boneka putri yang cantik. Gw suka bikin boneka ini!! 😍

Oia, kayanya kalau jaman sekarang mungkin diajarin untuk bikin eco-brick kali ya. Gw sendiri di rumah suka bikin eco-brick dan eco-brick itu iseng-iseng gw jual di e-commerce. Ternyata beberapa eco-brick gw dibeli dongg dan infonya sih untuk tugas sekolah. 😅

Baca juga: Sampah Plastik

Kalau kalian, gimana cara kalian mengatasi masalah sampah plastik di sekolah? Ada pelajaran Lingkungan Hidup juga ga di sekolah? Yuk yuk cerita di kolom komentar. 🌷🌷🌷

Postingan ini diikutsertakan dalam eco listerasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3DoP Ibuku Content Creator 🍀

8 comments:

  1. Aku juga ada mba.. Namanya PLH juga, cuma dulu fokus kita tuh lebih ke penghijauan dan jujur seingetku agak nyeleneh juga, karena pohon yang mesti dibawa tuh request dari Kepala Sekolah.. 😅 Disuruh bawa tanaman Hias 😭 Kaya Mawar, Aglonema, dan tanaman hias lainnya. Emak aku agak bete karena dirumah cuma ada pohon jambu. Jadi nyari tanaman Hias lain di toko bunga.. wkwk

    Emang ya kondisi bumi tuh udah cukup memprihatinkan. Sedih banget sebenernya. Tapi jujur aku sendiri ketergantungan akan plastik masih belum bisa dihindari meskipun iya sekarang udah mulai bawa kantong belanja sendiri tapi tetep aja, ada aja Plastik yang masuk ke rumah tiap hari 🥲 Di Indonesia sendiri juga pengolahan sampah tuh kaya yang cuma ditumpuk nggak berkesinambungan gtu tuh.. agak miris yaa 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata ada yaaa. Kirain sekolahku ngide aja mau adain PLH 🤣 Jiaah itu mah jadinya murid ditodong beliin tanaman hias untuk sekolah yaaa wkwkw

      Memprihatikaan Bayuuu 😣 Sedih kalo liat berita-berita betapa sakit dan rentanya bumi kita ini. Aku pun belum bisa benar-benar zero waste Bayu. Apalagi baby Z masih aku pakein pospak 🙈 Sebetulnya Indonesia tuh harus mulai bisa pengelolaan sampah supaya sampahnya ga numpuuukk. Bisa contoh negara-negara cem Korea dan Jepang padahaal. Tapi memang harus disiplin dari seluruh pihak.

      Delete
  2. Jaman saya dulu entah apa namanya udah lupa mbk,tapi memang mirip-mirip gitu soal lingkungan hidup ...nah masalah plastik nih yg enggak ada habis"nya, agak susah ngasih tau warga soal buang sampah plastik, kadang suka sebel kalo liat orang buang plastik sembarangan,kayak main lempar botol bekas minum atau plastik"kresek dan bekas jajanan lainnya, pingin rasanya ku lempar aja ke halaman rumah mereka 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih ya kak kalo lihat kesadaran orang lain masih rendah untuk jaga lingkungan 😥 Semoga ke depannya pemerintah bisa lebih menggalakkan lagi aksi peduli lingkungan ya!

      Delete
  3. Aku tidak sekolah sampai SMA jadinya tidak tahu ada pelajaran tentang lingkungan hidup.

    Karena baca ini aku tadi cek harga cairan EM4 di toko Oren yang buat pupuk kompos, harganya 26 ribu per liter, lumayan murah juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ga mesti SMA kok mas Agus. Namun jamanku sekolah dulu, pelajaran ini baru ada saat aku kelas 3 SMA. Kayanya kalo sekarang sudah ada dari sejak SD deh. Beda sama jaman kita dulu. Yah kan jadi ketauan uda tuwiiirr 🙈

      EM4 memang ga begitu mahal mas. Dipakenya seuprit pulaa karena dicampur ke dalam air seliter kan. Kalo ga salah untuk 5lt tuh pakai 1 tutup botolnya. Jadi ga habis-habis itu EM4 hahaha

      Delete
  4. Belum ada pelajaran ini pas zamanku Mbaaa 😂😂. Jadi aku tuh baru sadar ttg hal2 perusak lingkungan ini ya belum lama, pas mulai digaung2in, dan Krn iklim udah mulai panas juga kacau kan.

    Kalo soal botol minum, aku udh suruh anak dan suami bawa dr rumah Tumbler mereka. Jadi memang ga pernah pake plastik lagi.

    Yg susah si recycle. Mana aku bukan tipe kreatif dan telaten soal bebikinan 🤣🤣. Jadi jujur aja ini susah sih. Palingan sampah botol ya aku kumpulin dan kasih ke tukang sampah. Dia bisa manfaatin lebih kan.

    Tapi seneng kok, Krn Skr di sekolah anakku juga ada pelajaran ttg lingkungan ini. Berharap mereka jadi paham caranya utk menjaga lingkungan biar ga makin rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masuk jadi pelajaran baru ya kak. Pas jamanku aja itu juga muncul di tingkat akhir aku sekolah 😅

      Wihiiy teruskan kak Fanny! Terapin reduce plastic sebanyak mungkiiinn hehehe

      Memang kalo recycle tuh harus kreatif gituu dan effortnya lebih 😅

      Delete

Powered by Blogger.