Jalan-Jalan ke Pattaya: Day 1

October 14, 2023

Tulisan Jalan-Jalan ke Pattaya ini seharusnya sudah sejak lama dipos. Tapi apa daya baru sempet nih nulisin cerita jalan-jalan ke Pattaya sekarang. Mari flashback sejenak ke bulan April lalu saat gw untuk pertama kalinya jalan-jalan ke Pattaya. Sebetulnya gw sudah pernah sekali ke Pattaya, tapi itinerary kali ini berbeda jauh dengan pertama kali gw ke Pattaya. Tentunya jalan-jalan ke Pattaya dengan orang yang berbeda pula. Kalau dulu perginya dengan papa, mama, dan adek gw. Sekarang serombongan tiga keluarga!

Baca juga: Jalan-Jalan ke Sanctuary of Truth Museum

Sesampai di Bandara Don Mueang, gw sekeluarga nunggu mobil sewaan sejenis mobil elf untuk mengangkut kami dari Bangkok ke Pattaya. Sopirnya kali itu ibu-ibu paruh baya. Strong juga nih ibu jadi sopir malam. Apalagi waktu tempuh sekitar 3 jam dan pasti sudah larut malem sampai di tempat penginapannya. Baby Z saja sudah lelap di perjalanan karena memang sudah masuk ke jam bobonya.

Selama di Pattaya gw menginap di Mantra Pura Resort Hotel. Lokasinya cukup enak karena tidak jauh dari mall Terminal 21 dan Lotus (semacam wholesale market tempat gw beli makanan instan Baby Z). Kamarnya memiliki design vintage ala Thailand. Kamar mandinya menggunakan wastafel dari granit (kayanya granit) dan lantai serta dindingnya pun pakai granit apa marmer ya. Hmmm. Kesannya mewah deh itu kamar mandi. Yang bikin agak creepy buat gw tuh lemarinya. Guedeee dan punya aksen mistis aja gitu buat gw. Terus yang bikin gw sebel, di sini nyamuknya banyak banget!!! Baby Z sukses mendapat 5 ciuman di sekujur wajahnya hanya dalam semalam saja! Memang sih ga gw pakein minyak telon anti nyamuk di area wajahnya, jadi yang lainnya aman, cuma wajahnya aja yang kena ciuman si nyamuk nakal! 🙄😤

Di Mantra Pura Resort Hotel ini juga terdapat kolam renang yang cukup luas dan natural karena dikelilingi oleh tanaman-tanaman hias cakep. Pas masuk area lobi, langsung bisa lihat kolam renangnya deh! Tapi airnya ga bening biru gitu. Lebih ke arah hijau butek buat gw. Selama di hotel gw ga berenang sama sekali. Memang sengaja juga ga bawa baju renang karena sudah berpikir ga akan main air selama liburan. Oia, gw memesan kamar sepaket dengan sarapan buffet gitu karena untuk cari sarapan dekat hotel agak sulit. Paling ya ke minimart macam Seven Eleven dan beli mi instan atau roti.

Hari pertama gw jalan-jalan ke Pattaya adalah menjelajah kebun dinosaurus. Buat kalian pecinta dinosaurus, jangan lewatkan tempat satu ini, namanya Nong Nooch Tropical Garden. Taman ini luasnya 600 hektar (guede banget sih buat gw). Kalian bisa deh seharian menjelajah Nong Nooch Tropical Garden. Ada area kaktus, area melihat dan memberi makan gajah (naik gajah juga bisa), area dinosaurus (banyak patung dinosaurus, dari yang kecil sampai yang besar), bisa lihat tarian kolosal budaya Thailand dan pertunjukan gajah yang spektakuler, area serangga (dipenuhi patung-patung ladybug), dan lain-lain. Jujur aja gw ga ngiterin ke semua tempat. Berhubung gw datang di bulan April, which is PANAS BANGET WOOIII CUACANYA! Hand fan to the rescue belum cukup membantu mendinginkan badan. Kasian juga sama Baby Z sih karena puanaas banget. Jadinya cuma sampai siang hari aja deh. Untung ada area food court yang ber-AC. Jadi ngadem di situ sekalian kasih makan siang Baby Z. Sedangkan gw dan yang lainnya berencana makan siang di destinasi selanjutnya, yaitu Pattaya Floating Market.

Pattaya Floating Market ini mirip seperti Floating Market di Lembang, Bandung. Konsepnya penjual menjajakan dagangannya di atas perahu kecil (sampan). Pengunjung juga bisa naik sampan dan beli makanan dari atas kapal. Tentunya ada harga atas jasa naik sampannya ya gengs. Di Floating Market ini gw mencoba nasi goreng tom yum seafood dan minumnya teh Roselle. 👍👍 Papa dan mama pesan som tam, gw icip sedikit.

Tak lupa gw juga pesan es krim vanila dengan mangkoknya dari buah melon mini. Lucu ya.

Puas keliling di Pattaya Floating Market, lanjutlah gw ke Thepprasit Night Market. Pasar malam ini sebetulnya baru ramai di malam hari (yaiyalah namanya juga pasar malam). Tapi gw datangnya agak kepagian nih. Jam lima sore sudah sampai sana. Tapi penjual makanannya sih sudah pada buka ya. Yang masih siap-siap itu yang jual baju-baju gitu. Di Thepprasit Night Market gw hunting makanan lagi. Makan melulu yak. Wkwkwkw. Tapi di sini ga makan di tempat karena tempatnya agak kurang proper untuk kami rombongan tiga keluarga. Terus juga masih belum lapar-lapar amat kan karena baru late lunch di Floating Market. So, bungkus-bungkus makanan aja deh buat dimakan di hotel. Intip keseruan perburuan gw di reel ini:

Sekian lah jalan-jalan ke Pattaya: Day 1 gw kala itu. Hari pertama ini sih seruuuu dan gw happy. Baby Z pun mood-nya bagus. Ga begimana  cranky. Jadi gw pun enjoy dengan jalan-jalan hari ini.

1. jadi pengen pergi ke pataya juga, spertinya seru. makananya unik-unik kk.

1. cuuuss kak berangkat!! ke Thailand biayanya tak begitu mahal kok kak apalagi kemaren ini kursnya melemah, jadi afordable untuk jalan-jalan ke sana hehe

2. cuuus.... kadang pengen juga tiba2 cussss.. sampai sana. sekedar buang sial (strees) kerjaan. atau ya lihat2, tapi jauhnya kok bikin kliyengan duluan

3. haahaha ga kliyengan lah kak ini. Masih dekat kok hitungannya 😆

2. Foto - foto makanannya menggugah iman mbk...seru banget pastinya jalan"ke sana...

1. bacanya pas lagi di jam-jam rawan lagi ya kak? hahaha 🤣 Seruuu kak! Meski ada betenya juga sih pas baby Z rewel 😅

3. seneng banget baby Z nggak rewel ya mbak
    Aku belum cobain buat ke Pattaya,mungkin next time bisa dicoba buat explore Pattaya dan kulineran juga pastinya

1. Kalau baby Z anteng-anteng sih happy juga aku jalan-jalannya. Tapi kalo pas reog. Aku keikut jadi bete 😣 Kapan-kapan coba main pantai di Pattaya kak Ainun hehe

4. 600 hektar Mbaaa😱😱😱? Ya ampuuuun Dufan yg Segede itu aja cuma 20 hektar, ga kebayang Segede apa itu taman Dino nyaaaa 🤣🤣😍. Berapa kali lipat dr Dufan 😅

Aku kapok ke Thailand April. Dulu pernah, dan pulang dr sana sukses radang tenggorokan parah, sampe demam tinggi 🤣. Ga kuat panasnya . Makanya selalu dec-feb aja, udh paling aman Krn cuacanya lebih sejuk.

Pattaya aku blm pernah sih, kayaknya menarik yaaa. Tapi memang kalo ke Thailand itu, aku utamain wisata kuliner 😄👍. Kayaknya ga ada yg failed kalo kuliner Thai 🤤❤️

1. iya guedeee bangetttt kak! Bahkan ada bisa naik mobil safari gitu kak (bayar lagi) buat muterin semuanya.

Wadooow kak Fanny sampe radang dan demam tinggi?! Tapi emang puanass e POOOLLL! Kalo kak Fanny yang doyan dingin pasti menderita banget hahaha

Makanan pedas gurihnya Thailand ga pernah mengecewakan ya kak 😍

5. Wow taman dinosaurus nya 600 hektar, bisa capek kalo menjelajahi taman itu dengan jalan kaki.

Aku belum pernah jalan-jalan ke Pattaya Thailand mbak. Jangankan ke Pattaya, ke Bali juga belum pernah.😀

1. Didoakan mas Agus one day bisa ke sana ya. Aminnnn.