Series Review: The Queen's Gambit (2020)

January 12, 2021

Penasaran aku sama series satu ini. Orang-orang bilang sih kalau series ini bagus. Terus iklannya muncul mulu pas lagi nonton Netflix bareng adek. Maklum yang punya akun Netflix kan adek, jadi cuma pas lagi pulang kampung saja aku bisa nonton Netflix. 😆 Ga modal banget ya buat langganan Netflix sendiri.

The Queen's Gambit - Sumber: IMDb

The Queen's Gambit

Sutradara

:

Scott Frank

Penulis

:

Scott Frank, Allan Scott, Walter Tevis

Available on

:

Netflix

Jenis Film

:

Drama

Total Episode

:

7 episodes

Tanggal Rilis

:

23 Oktober 2020

Cast The Queen's Gambit

Sinopsis The Queen's Gambit

Menjadi yatim piatu saat berumur 9 tahun namun siapa sangka Beth Harmon (Anya Taylor-Joy) menemukan dan menguasai permain catur. Mulai dari juara catur distrik, hingga menjadi master catur pada tahun 1960 di USA. Tetapi ketenaran tersebut ada harganya.

Review The Queen's Gambit

Menurutku drama ini dikemas dengan cukup apik. Meski dibuat mini series, tapi tujuh episode ini sudah cukup mengemas drama ini dengan cukup seru. Episode pertama menceritakan awal mula Beth Harmon menjadi yatim piatu dan berakhir di panti asuhan. Di sana ia pun mengenal Jolene (Moses Ingram) dan juga berkenalan dengan obat yang membuatnya bisa berimajinasi tinggi.

Aku cukup ga habis pikir, masa dari kecil gitu sudah dikasih obat macam begitu? Yang bisa bikin anak yang meminumnya keleyengan terus jadi berimajinasi (halusinasi?). Dalam hati aku berpikir panti asuhan itu tidak beres. 😅

Di panti asuhan ini pulalah Beth Harmon mengenal Mr. Shaibel (Bill Camp), seorang petugas bersih-bersih panti asuhan namun dia yang berjasa mengajarkan Beth Harmon bermain catur. Meski sebetulnya kegigihan Beth Harmon yang membuat Mr. Shaibel mau mengajarinya main catur.

Pada akhirnya, ketujuh episode The Queen's Gambit ini cukup membuatku penasaran apakah Beth Harmon ini bisa mencapai tujuannya menjadi Grand Master of Chess. Ataukah dia berakhir seperti apa?

Romansa dalam drama ini tidak begitu kentara, karena memang fokusnya di pengembangan kehidupan catur Beth Harmon. Tapi ada juga sih beberapa cuplikan kisah cintah Beth. Bahkan hal-hal macam dia menstruasi pertama kali saja ditampilkan dalam drama ini. Mengingat durasi film yang singkat, menurutku cukup detil juga dibuatnya. 🤣🤣🤣

Aku cukup dibuat geregetan saat Beth Harmon melalui masa terendah dalam hidupnya. Kehilangan ibu sudah membuat hidupnya cukup mengenaskan. Tapi Beth yang masih kecil ternyata bisa melalui itu dengan baik. Tapi ternyata kehilang ibu kedua kalinya membuat Beth cukup terpuruk dan bikin aku ingin berteriak kepadanya "Hoi ayolah bangkit! Jangan jadi kaya gitu!! Sayang banget kalau harus berhenti sekarang dan malah menyakiti orang yang sudah peduli pada lo!"

Untung saja ada Jolene yang rescue Beth Harmon dari keterpurukannya. Memang ya sedikit banyak orang sekitar itu sangat membantu kita untuk melalui masa-masa hidup yang sulit. Tentunya kalau Beth bertemu dengan orang yang buruk, ia akan jadi semakin buruk. Tapi kalau bertemu dengan sosok yang positif, tentu mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik. Memang sungguh rentan jiwa seseorang itu di masa keterpurukan. Salah-salah malah berakhir bunuh diri. Aku bersyukur saat melihat kemunculan Jolene. Benar-benar bersyukur ada sosok Jolene yang menyadarkan Beth Harmon ke arah yang positif.

Buatku menonton series The Queen's Gambit ini memberikan banyak makna yang bagus. Mulai dari sosok wanita yang ga boleh diremehkan. Kalau serius, ternyata bisa juga kan perempuan mengalahkan laki-laki. Kemudian menyiratkan juga kalau hinaan dari orang lain justru menjadi pecutan untuk menjadi orang yang lebih baik daripada orang yang menghina tersebut. Hal ini tergambar saat di masa sekolah, Beth Harmon tidak memiliki teman karena dandanan dirinya yang terlihat "miskin" apalagi statusnya adalah anak yatim. Jadi dia pun tidak mungkin bisa join ke club alias gang cewe-cewe hits di sekolah. Tapi sejak Beth terkenal, dia pun malah mendapat undangan untuk bergabung ke club hits tersebut. Meski begitu, nyatanya Beth tidak cocok juga dengan kumpulan cewe-cewe hits tersebut sehingga Beth pun memilih untuk meninggalkan pertemanannya di club itu dan fokus pada catur.

Lalu dukungan dari orang tua juga menjadi kunci kesuksesan sang anak. Awalnya Beth tidak direstui untuk ikut kejuaraan catur di kompleknya. Tapi Beth tidak pantang menyerah dan meminta bantuan Mr. Shaibel untuk memberikannya uang agar ia bisa daftar di kejuaraan catur. Dari situ, Beth pun bisa membuktikan pada ibu angkatnya (Marielle Heller) bahwa ia mampu memenangi kejuaraan tersebut. Akhirnya Alma pun mendukung Beth untuk mengikuti semua kejuaraan catur. Malah Alma yang mengatur keuangan dan perjalanan Beth di setiap kota tempat Beth mengikuti kejuaraan catur.

Makna lainnya lagi, diperlihatkan bahwa pemain catur Rusia itu tak terkalahkan. Kuncinya adalah mereka tidak bermain sendiri, tapi dipikirkan bersama-sama untuk mendapatkan jalan keluar memenangkan permainan catur tersebut. Beth saat berhadapan dengan Borgov pun kesulitan karena ia hanya sendirian. Bahkan ia sampai kalah dua kali melawan Borgov. Pada akhirnya, pemain catur lain seperti Harry Beltik (Harry Melling) dan si ganteng Benny Watts (Thomas Brodie-Sangster) pun turun tangan menjadi guru bagi Beth Harmon agar Beth dapat menjadi Grand Master catur mengalahkan Borgov. Sungguh seru melihat kekompakan mereka membantu Beth agar Beth dapat menang melawan Borgov.

Sisi yang ga aku suka dari drama ini adalah saat Beth memainkan caturnya, tidak begitu dijelaskan move apa yang membuat Beth bisa memenangkan kejuaraan tersebut. Padahal aku kan kepo juga ya dan pengen tahu apa sih strategi Sicilian Defence itu atau sesuai judul series ini, bagaimana sih move Queen's Gambit. Sayangnya tidak ada penjelasan sama sekali dengan jalannya permainan saat masa penentuan kemenangan tersebut. Padahal kan Beth kece banget saat melawan musuh-musuhnya dalam kejuaraan. Tapi aku ga ngerti soal caturnya. 😅 Ngerti sih permainan catur macam apa karena aku dulu pernah suka main catur, tapi kan aku ga paham move-move yang disebutkan dalam drama. Maklum saat aku main catur itu ya cuma asal main saja. Ga pake opening-opening itu.

Untuk sisi fashion, aku cukup suka dengan style yang dikenakan oleh Beth Harmon. Tapi entah mengapa agak gimana gitu lihat gaun tidur yang dikenakan Alma. Ini hanya masalah preferensi saja sih. Hehehe. Lalu cukup tergelitik juga dengan desain interior rumah dengan wallpaper motif bunga-bunga. Biar terkesan vintage seperti di tahun itu sih, tapi aku kurang suka. 😅 Barulah setelah Beth Harmon tinggal sendiri dan mengganti desain interiornya, aku cukup terkagum melihat desainnya.

Overall, aku suka dengan drama The Queen's Gambit ini. Rating dari IMDb adalah 8,7. Aku sendiri juga cukup setuju, aku berikan bintang 8 untuk The Queen's Gambit. FYI, aku maraton The Queen's Gambit ini di bulan Desember!! Hahaha Padahal antrian film yang sedang kutonton itu ada banyak, cuma aku skip mereka buat habisin series ini sebelum ganti tahun. Yup tanggal 30 Desember aku selesai nonton series ini. 🤣🤣

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐(8/10)

12 comments:

  1. they said this series is boring .. so i havent starts watching it yet.. but i wanna see Thomas so bad hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really? I'm excited to watch this movie! hahaha Really want to see Beth Harmon win the Grand Master

      Yup yup, It's nice to see Thomas in this series hihiihi

      Delete
  2. Saya sudah menonton serial ini mba, menurut saya pun cukup seru dengan rating 8 hahaha. Saya termasuk yang nggak jago main catur alias selalu KALAH 😂

    Habis lihat serial ini kemarin langsung penasaran mau coba main catur sama si kesayangan, dan tetap KALAH dooooong ujungnyaaaa *ternyata memang nggak bakat* Wk 🤪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku menang melawan temanku saat main catur. Tapi kalau lawan anak cowo, entah mengapa kalah teruuus hahaha 😅😅

      Aku penasaran sama strategi2 yang dipakainya. Langsung browsing terkait catur asalnya dari Rusia apa bukan dong hahaha Tapi abis itu ga dilanjut browsing-browsing lagi karena hari sudah larut hahaha

      mungkin kak Eno bukan ga bakat, tapi belum pelajarin strateginya sajaa hihihi

      Delete
  3. Setelah sekian lama cuma dengar sekilas soal The Queen's Gambit karena banyak orang yang nonton ini dan update di medsos😂, akhirnya akupun decided untuk baca reviewnya, wkwk. Kelihatannya sih memang rame yaa mbak, apalagi soal catur. Dari dulu aku pingin banget bisa main catur, sekarang pun bisa sih, tapi yaa gitu nggak berbakat seperti kata kak Eno😄 Jadi mau main berapa kalipun ujung-ujungnya kalah terus🤣

    Btw, makasih yaa mbak sudah sedikit menghilangkan rasa penasaranku sama series ini😆 perihal bakal nonton apa nggak masih dipertimbangkan, karena udh lama nggak langganan Netflix, wk🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget yang update soal ini! Aku jadi kepo terus jadi maraton deh di bulan Desember nonton ini hahaha 😅

      Bukan ga bakat Awl, mungkin karena ga berlatih strategi-strateginya hehe

      BTW aku ga langganan Netflix loh buat nonton ini #eh

      Delete
  4. Aku masih belum nonton series ini nih, Ci 😂. Tapi berkat review Cici, aku jadi tahu garis besarnya, jadi kayaknya nggak perlu nonton lagi 🤣. Thank you atas reviewnya, Ci 😆

    Sangat disayangkan untuk adegan penting saat main catur tapi move-movenya nggak dijelasin namanya apa, padahal bisa jadi lebih bermakna kalau sambil diinfokan gerakan ini namanya apa, dll gitu ya 🤣

    Aku setuju kalau Taylor cantikkkk! Banyak yang memuji akting dan penampilannya di Queen's Gambit ini dan karena series ini, kayaknya Taylor jadi semakin terkenal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loooh malah jadi ga perlu nonton ya 😅 Tetep harus ditonton Lia karena akan lebih seru ngikutinnya >.<

      Iyaa betul Lia! Kalo dijelasin gitu kan aku jadi ikutan pinter gitu, bisa belajar strategi catur sambil nonton film hahaha

      Iya dia semakin melambung namanya berkat series ini nih!!!
      Terus kemaren aku baru nonton film Glass dan si Taylor main di situ juga ternyata hahaha tapi sosoknya Beth lebih keren ketimbang sosok Casey di film Glass. Pengembangan aktingnya jauh lebih baik

      Delete
  5. Hi mbak! Aku nonton series ini juga, dan series ini cukup detail dan padat ya utk ukuran mini series 7episode. Yang cukup menarik perhatian di aku sebenernya adalah poker face-nya Beth yang bikin series ini lebih menarik. Kalo utk caturnya sendiri sih boring ya karena aku nggak suka catur, tapi cukup dikemas se-enggak-boring mungkin buat orang2 awam. tp overall this series was good!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cukup padat mennggambarkan perjalanan hidup Beth kecil hingga young adult. Wah iya bener banget! Si Beth mukanya bisa datar-datar gitu yaak. Terutama pas dia uda bikin skak mat musuhnyaa. Senyumannya ituu uwuuu
      Menurutku sih bukan boring, tapi malah bikin aku penasaran sama move atau strategi yang dipakai!! Sayangnya ga dijelasiiin bikin sebell huhuhu

      Delete
  6. Aku belum nonton serial tv ini mbak, tapi melihat kisahnya yang tentang main catur biarpun ada bumbu drama dan sedikit romansa tetap kurang tertarik sih. Hobinya nonton serial super Hero saja seperti Wanda vision.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya lagi on going kan yak ituuu
      Tapi aku ga ngikutin sihh hahahah

      Delete

Powered by Blogger.