Series Review: The Legend of The Blue Sea (2016)

August 04, 2020
The Legend of The Blue Sea (Sumber: iflix Malaysia)

Series Korea satu ini sudah lama kutonton. Wong rilisnya saja di November 2016, berarti ini drama Korea lama. 😁 Seperti biasa, aku akan nonton series kalau sudah tayang semua alias sudah lengkap episodenya. Habis aku ga mau nunggu dan gregetan nungguin episode selanjutnya tayang! Jadi sembari tunggu episodenya lengkap, baru deh kutonton. Nah drama korea The Legend of The Blue Sea ini menurut orang-orang bagus. Terus si aktris cantik pemeran utama The Legend of The Blue Sea bahkan menang award gitu karena perannya dalam film tersebut patut diberi penghargaan. Nah berikut ulasan receh dariku tentang The Legend of The Blue Sea.

The Legend of The Blue Sea

 

Sutradara

:

Jin Hyeok

Penulis

:

Park Ji Eun

TV

:

SBS

Jenis Film

:

Fantasi, romance

Total Episode

:

20 episode

Tanggal Rilis

:

16 November 2016 – 25 Januari 2017

Cast

:

 



Dan beberapa aktris dan aktor figuran di beberapa episode seperti Krytal f(x)Ahn Jae-Hong (yang main di Reply 1988, aktris senior Kim Sun Young yang sering banget muncul di drama Korea yang kutonton, dan masih banyak lagi beberapa figuran yang pernah kulihat di drama-drama Korea lainnya.

Sinopsis The Legend of The Blue Sea

Beberapa waktu yang lalu di bulan Agustus 1958, gubernur yang baru terpilih, Dam Ryung (Lee Min Ho), menginap beberapa malam di penginapan yang dikelola oleh Tuan Yang (Sung Dong Il). Waktu malam, Tuan Yang memperlihatkan duyung yang tertangkap bernama Sim Chung (Jun Ji Hyun) kepada Dam Ryung. Kemudian pada malam hari, Dam Ryung melepaskan Sim Chung ke lautan. Sebelum Sim Chung berenang menjauh, Sim Chung mengulurkan tangannya pada Dam Ryung yang digenggam erat oleh Dam Ryung.

Beberapa tahun berlalu dan plot berubah ke masa kini, Joon Jae (Lee Min Ho) adalah seorang penipu dengan kemampuan magician. Dia bekerja bersama Nam Doo (Lee Hee Joon) dan Tae O (Shin Won Ho). Dalam misi penipuannya Joon Jae meniru sebagai jaksa dan menipu sejumlah uang dari ibu seorang tersangka yang kaya. Setelah berhasil menipu, ia kabur ke luar negeri dan tinggal di resort. Di waktu yang lain, Sim Chung berenang ke daratan dan melihat Joon Jae.

Review The Legend of The Blue Sea

Garis besar cerita mirip lah ya seperti kisah duyung gitu. Tau dong dongeng tentang putri duyung yang berubah jadi manusia karena jatuh cinta pada seorang laki-laki? Namun kisah akhirnya sedih karena cintanya tak terbalaskan. Ya, awal cerita karena tentang duyung tuh aku sudah berpikir seperti itu. Cuma The Legend of The Blue Sea hasil remake dari kisah putri duyung tersebut. Begitu pikirku.

Meski alur cerita mirip-mirip seperti dongeng yang telah ada, tapi tetap saja aku tak bosan menontonnya. Karakter Sim Chung si duyung sungguh lucu dan menggemaskan. Selain karena dia cantik juga sih. Hehe. Kemudian jarang-jarang nih aku lihat Lee Min Ho jadi penipu. Seru juga melihat aksinya saat menipu orang kaya. Hihihi.

Park Ji Eun, sang penulis, juga jadi penulis di film My Love from The Star yang juga diperankan oleh Jun Ji Hyun sebagai aktris utama dalam series tersebut. Oia, Park Ji Eun ini juga penulisnya Crash Landing on You loh!

Alur cerita agak lambat, namun tetap asik diikut. Gimana proses Sim Chung, si duyung mendekati sang pujaan hati. Juga saat dia adaptasi di kehidupan darat, serta kisah romansa antara Sim Chung dan Joon Jae. Ah semuanya seru untuk diikuti.

Ekspresinya Dapet Meski Aernya Dingiiiin

Kemudian aku setuju sih dengan penghargaan yang diberikan pada Jun Ji Hyun. Bayangkan saja ya kala itu sedang musim dingin. Tapi Jun Ji Hyun sanggup memerankan perannya sebagai duyung dengan baik. Bayangin aja berenang-berenang cantik saat musim dingin. Aku sih sudah menggigil duluan. Yang ada ekpresiku cuma ekspresi kedinginan. 😁😁😁 Aku pun juga suka banget sama badannya Jun Ji Hyun. Tau sendiri kan putri duyung tuh bajunya gimana. Ngepress badan! Tapi badannya Jun Ji Hyun bagus dipandang meski pakai pakaian ketat. Kalau aku, uda malu sama perut buncit duluan deh. >.<

Piscina Es Cau de Begur sebagai salah satu lokasi syuting

Lalu latar film yang ada di Spayol juga membuat mataku takjub melihat keindahan laut dan kota Spayol. Bikin mupeng pengen ke sana juga! Tapi tunggu Covid ini beres dan ada uang juga sih tentunya. 😅

Untuk klimaksnya, cukup membuatku deg-degan dan nangis bombay. Sungguh cakap drama Korea satu ini mengaduk-aduk perasaanku. Aku juga ga ekspek ceritanya begitu. Keren deh! Suguhan komedi dalam The Legend of The Blue Sea juga sukses bikin aku terbahak-bahak. Apalagi lihat kelakuan si Sim Chung. Ya ampun, bikin ketawa dan geleng-geleng kepala. Satu sih yang ga realistis, sudah didandanin seperti gembel saja Sim Chung masih terlihat elegan dan cantik pol! Ah ini sih aku aja yang syiriiik. HAHAHAHA.

Cerita sampingan dalam The Legend of The Blue Sea juga bikin aku sedih loh. Bagus juga cerita sampingannya. Sampai bikin aku nangis bombay juga. Habis yang meranin si Cho Jung Seok sih. Dapet bener mirisnya. Semiris kisahnya di Jealousy Incarnate. Hehe.

Secara keseluruhan, The Legend of The Blue Sea memberikan kisah cinta putri duyung yang lain dan seru untuk diikuti.

Rating dari IMDb adalah 8,1. Bagus bener ya rating-nya. Ga heran sih di Koreanya sendiri pun dapat rating bagus pada setiap penayangannya. Kalau aku sendiri, akan kasih rating 8 untuk drama The Legend of The Blue Sea ini!
⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐ (8/10)

16 comments:

  1. wah film yang bikin sampai nangis ini
    aq rada ngeri kalau nontonnya
    takut baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah drama Korea emang slalu bikin bapeerrr >.<

      Delete
  2. Wah ada review drama baru dari mba Frisca 😁 untuk drama ini saya cuma pernah menonton sekilas di episode pertama hehehe. Itu pun menonton sekilas karena salah satu ART minta dicarikan dramanya pas awal-awal Corona 😂 katanya dapat rekomendasi dari temannya, berhubung nggak bisa main ke luar jadi mau menonton drama saja di rumah padahal sebelumnya si mba ini nggak pernah tau Korea drama 🙈

    Waktu itu saya nggak ingat kenapa nggak melanjutkan dramanya sampai kelar. Tapi ceritanya menurut saya memang interesting, hahaha. Saya ketawa di episode pertama saat putri duyungnya ketemu sama Lee Minho di hotel yang ada di Spain, waktu itu awal-awal kakinya muncul deh kalau nggak salah 🤣 coba nanti saat senggang says mau menonton hehehe. Terima kasih review-nya mba 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebenernya drama yang ga baru-baru banget sih kak. Aku pun nontonya sudah dari tahun kapan tapi baru bisa review sekarang hahaha 😂😂
      Wah si mba ART keracunan drama Korea juga ya hahaha Drama ini boleh lah ditonton untuk mengisi waktu senggang. Ringan, ga berat-berat amat, trus bikin berfantasi karena tentang duyung kan hehehe 😁

      Iya kaan lucu banget. Aku ketawa terus liat kelakuan si duyung! Kocak abiiiss. Ayo dilanjutin kak nontonya hehehe

      Delete
  3. Kayaknya udah pernah tayang di tv indo deh. Di Indosiar kalau gak salah. Baru beberapa bulan kemarin tayangnya. Eh bener gasi?.

    Btw nice review!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku uda ga pernah nonton TV kaak 😅
      Jadi aku ga tau deh kalau uda tayang di Indosiar hahaha

      Makasih syudah mampir anyway

      Delete
    2. Benar sekali, beberapa bulan lalu tayang di Indosiar, kalo ngga salah jam 9 malam.😄

      Delete
    3. Wah ketauan! Mas Agus ngikutin dramanya ya??? 😁

      Malam betul itu tayangnyaa. Ah tapi kayanya kalau di Indosiar, banyak sensornya tuh pastiii 😅

      Delete
  4. Lengkap banget, mba. Kereeen review nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak sudah mampir ke sini 😀😀😀

      Delete
  5. Ciii, nggak nyesel kan nonton ini? Hihihi emang bagus sih dramanya. Aku udah nonton ini dari pas awal-awal drama ini keluar. Lucu dan romantisnya dapet gitu, nggak berlebihan dan nggak kurang 😆
    Malah bagian sedih-sedihnya juga bikin mewek 😭
    Dan aku lebih suka leeminho yang di sini, gantengnya 😍 dibanding dengan drama terbarunya yang The King Eternal Monarch, walaupun sama-sama ganteng sih #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga sih. Lumayan lah ngehibur sebagai cerita lain dari kisah putri duyung hehehe 😁
      Wah kalau nonton pas awal keluar, geregetan tuh pasti nunggu episode selanjutnya tayang!!

      Iyaa aku selalu mewek kalo uda mulai sedih-sedih. Ga bisa dah aku liat adegan sedih-sedih. Gampang nangis 😅

      Ini drama Lee Min Ho sebelum dia wamil kan
      Sekarang uda main drama lagi ya...Aku ga nonton drakor baru nih HAHAHA

      Delete
  6. Oh ini rilisnya bulan November 2016, berarti sudah cukup lama juga ya mbak.

    Kirain aku yang jadi duyung nya itu Song Hye Kyo eh ternyata Jun Ji Hyun. Tapi sama cantiknya kok.😁

    Wah, endingnya ternyata sedih ya mbak. Ngga jadi nonton ah, takutnya malah ikut nangis karena lagi ngiris bawang.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udaaa lamaa
      dari Lee Min Ho wamil sampe uda kelar wamil HAHAHA

      Iya sama-sama cantik mereka berduaa! Tapi emang sekilas tuh bisa susah bedain artis-artis Korea. 😂 Mukanya mirip-mirip dan cantik-cantik semua

      Laaaah nontonnya jangan sambil ngiris bawang mas, ntr tangannya kepotooong >.<

      Delete
  7. Salah satu drama lawas favoritku!!!
    Aku nonton ini karena Mbak Jun Jihyun jadi putri duyung oon tapi cantik, wkakakaka
    Itu orang kalau akting g nanggung-nanggung emang. Tau dia di My Sassy Girl terus nonton comeback dramanya di Man From The Star, yaampun ini orang makin sayynii ajaaa!!!
    Kemarin dia juga ada di Kingdom S2, yah walaupun mak sekelebat doang sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa actingnya nampol benerrr ya! Oonnya tu bener-bener dapet gitu

      My Sassy Girl kayanya bagus yaa. Aku sering denger drama itu, tapi yang aku nonton dulu My Sassy Girl Chun Yang, ini lain ya?

      Delete

Powered by Blogger.