Wedding: Membuat Surat Pengantar Nikah (Surat N1), Surat Numpang Nikah, dan Surat Pernyataan Belum Nikah/Kawin di Kelurahan

May 27, 2019
Sumber: careereducation.columbia
Gimana sih cara membuat Surat Pengantar Nikah atau yang biasa disebut Surat N1, Surat Numpang Nikah, dan Surat Pernyataan Belum Nikah/Kawin? Buat yang pengen tahu soal surat-surat yang diperlukan untuk nikah, bisa baca-baca posku sebelumnya soal membuat Surat N1, N2, N4, dan P1 di Kantor Kelurahan. Pos ini adalah pos lanjutan perjalananku membuat surat-surat tersebut.

Oke jadi kan perjalanan membuat surat-surat tersebut terhenti karena aku harus mendapatkan tanda tangan pak RT. Sedangkan saat itu pak RT sedang pergi ke luar kota dan akhirnya aku baru bisa mendapatkan tanda tangan pak RT hari Jumat sore which is kantor kelurahan sudah tidak beroperasi lagi. Mau ga mau aku baru bisa minta tanda tangan lurah hari Senin saat kantor kelurahan sudah beroperasi kembali.

Aku sudah mempersiapkan diri untuk pagi-pagi pergi ke kantor kelurahan Nagasari. Sesampainya di kantor kelurahan...sepi... Apa?! Lagi-lagi sepi?! Benar saja, pak lurah tidak ada di tempat (lagi) karena sedang menghadiri acara pelaporan gitu di daerah Adiarsa. Menurut info dari orang yang ada di kantor lurah saat itu, pak lurah baru ada di tempat sekitar pukul 11 siang. Kalau mau aman ya datang jam 1 siang. Sia-sia dong dateng pagi-pagi. Kembalilah aku ke rumah dan menunggu jam 1 siang untuk berangkat kembali ke kantor kelurahan.

Sekitar jam 1 siang, aku pun kembali ke kantor kelurahan. Puji Tuhan mobil pak lurah ada! Di dalam kantor pun agak ramai karena ada beberapa orang yang menunggu gitu. Entah mengurus apa. Di dalam ruangan pak lurah pun sepertinya sedang ada tamu yang sedang mengobrol gitu. Kusamperin saja ibu petugas kelurahan yang kemarin memberiku surat N1 dan teman-temannya itu. Dia pun menerima surat-surat yang sudah kuisi dan ditanda tangani untuk dia serahkan ke pak lurah.

Horee akhirnya ditandatangani juga oleh pak lurah. Seperti yang kuringkas pada pos sebelumnya, surat yang perlu tandatangan pak lurah itu Surat N1, surat numpang nikah atau surat ngendon nikah, dan surat pernyataan belum kawin/nikah. Setelah ibu petugas itu mendapat tandatangan pak lurah, berkasku tersebut ia isi nomor surat dan diberi cap. Ibu petugas itu pun berpesan agar aku mengkopi satu rangkap berkas tersebut untuk arsip. Untunglah tukang fotokopian tidak jauh dari kantor kelurahan. Jadi ga lama deh buat fotokopi berkas-berkas itu. Oia, yang aku sampaikan ke kelurahan adalah:
1. Fotokopi KTP aku
2. Fotokopi KTP calon suami aku
3. Fotokopi KTP papa
4. Fotokopi KTP mama
5. Surat N1
6. Surat N4 (surat ijin orang tua)
7. Surat Ngendon/Numpang Nikah
8. Surat Keterangan Belum Nikah/Kawin
9. Fotokopi KK aku
Nah jadi setelah dapat tanda tangan pak lurah, di surat N1, surat ngendon nikah, dan surat keterangan belum nikah/kawin, aku fotokopi kesembilan berkas tersebut dan kuserahkan kembali ke petugas kelurahan sebagai arsip mereka.

Ada biaya bikin Surat N1, N4, Surat Ngendon Nikah, dan Surat Keterangan Belum Nikah/Kawin? Jawabannya GRATIS! Yes, tidak seperti kata pak RT yang bilang bahwa ada biaya administrasi sebesar ratusan rebu itu, aku cukup bayar Rp 2.000 saja untuk fotokopi berkas-berkas dan diserahkan ke kelurahan. Memang ya, kalau minta diurusin sama orang lain itu ada uang jasa yang ga tanggung-tanggung dimintanya. Makanya guys, mending urus sendiri aja nih surat-surat yang beginian. Ga susah kok. Cuma memang butuh kesabaran saja dan berharap jodoh dengan pak lurah dan pak RT-nya. Kalau ga jodoh, ya kaya aku ini, harus bulak-balik. Hahha. Tapi di kantornya sih cepet kok ngurus beginian.

Satu hal lagi, ini surat-surat buat dibawa ke kantor Catatan Sipil ya. Jadi sebenarnya perjalannya tidak berhenti sampai di sini. Untuk urusan ke kantor catatan sipil, akan aku pos lagi ya nanti...

UPDATE
Ini lanjutan perjalananku mengurus surat nikah setelah dari kelurahan ya.
Baca: Wedding: Membuat Surat Numpang Nikah di Dukcapil

Semoga yang lagi bingung membuat surat pengantar nikah atau surat N1, surat numpang nikah, dan surat pernyataan belum nikah/kawin di kantor kelurahan Karawang bisa terbantu dengan adanya artikel ini. ^^

2 comments:

  1. Hallo kak mau tanya brarti suami kakak juga ngelakuin hal yang sama ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Anggie.
      Betul kak, suami juga harus urus suratnya. Itu kan syarat bikin akta perkawinan. Hehe

      Delete

Powered by Blogger.