Movie Review: Avatar (2009)

May 21, 2019

Gila sudah 10 tahun yang lalu film Avatar ini tayang. Tapi aku sama sekali belum pernah nonton film dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah ini. FYI, film Avatar ini mengantongi USD 2,788 milyar dari penayangannya. Mantap bukan?! Dari sejak tayang, posisi Avatar ini belum pernah digeser oleh film mana pun. Avengers: Endgame saat ini sudah mengantongi USD 2,616 miyar. Apakah bisa menggeser posisi film Avatar ini?? Let's see.

Oke, akhirnya setelah 10 tahun, aku kesampean juga nonton Avatar. Ya soalnya kan bentar lagi mau tayang Avatar 2 ya katanya. Jadi si Kibo mewajibkanku buat nonton Avatar yang pertama ini sebelum Avatar 2 tayang. Biar bisa ngikutin gituuu....

Avatar (2009)

Sutradara
:
Penulis
:
Produksi
:
Jenis Film
:
Action, Adventure, Fantasy
Censor Rating
:
PG-13
Tanggal Rilis
:
10 Desember 2009
Durasi
:
2 jam 42 menit
Sinopsis
:

A paraplegic Marine dispatched to the moon Pandora on a unique mission becomes torn between following his orders and protecting the world he feels is his home.
Sumber: IMDb
Review: Avatar (2009)

Untuk prolognya, wah apaan nih. Kayanya njlimet banget gitu. Boring. Tapi pas sudah masuk di Pandora dan sudah menjadi Avatar, keseruan pun dimulai. Standing applause lah aku sama grafiknya. Buset deh. Ga heran kalo bisa meraup pendapatan begitu besar. Filmnya memang ajib banget!!! Buat yang belom nonton, HARUS. BANGET. NONTON. Ya ini film benar-benar kece!!!!

Buat kalian yang akan menonton film ini, sebaiknya siapkan slot waktu yang enak. Jangan kaya aku, aku baru nonton film ini jam 11 malam. Hampir setengah 12 malam malah. Jadi ketika waktu sudah menunjukkan pukul 1 pagi. Aku akhirnya pause film ini dan aku pergi tidur. Maklum besoknya harus bangun pagi. Jadi aku lanjut nontonnya besok malam saja deh. Tapi meski sempat kestop, tidak membuat film ini tidak mengasikan untuk ditonton loh ya. Cuma waktunya saja yang kurang pas.

Kalau tidak salah juga, Avatar ini adalah film yang mengusung format 3D gitu deh. Sayangnya aku nonton di TV saja, jadi ga bisa menikmati efek 3D dari film Avatar ini. Namun meski begitu, tetap saja aku terpukau oleh grafik dari Avatar. Mantap banget gile! Ga nyangka banget kalau ini film tahun 2009. Kalau disandingkan dengan grafik film 2019, masih ga kalah deh! Malah bisa jadi lebih bagus.

Untuk alur cerita, mengasikkan. Konflik antara The Sky dan suku Avatar merupakan kisah yang seru untuk diikuti. Apalagi saat kubu the sky sendiri terbagi dua, yaitu kubu scientist yang menginginkan perdamaian antara suku sky dengan avatar dan kubu army yang menggunakan kekerasan untuk mengusir para avatar. Aku dibuat penasaran banget akan siapa nih kubu yang akan menang...

Rating dari IMDb adalah 7.8 dari 10. What?! Kecil banget! Padahal Avatar bisa dikasih bintang 9 dari 10. Aku sangat acungkan jempol buat grafik yang disuguhkan deh!!!
⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐(9/10)


Ringkasan Avatar (2009)
Ingat, jangan baca bagian ini kalau belum pernah nonton Avatar ya!!!

Sekelompok manusia migrasi ke luar angkasa untuk menemukan batu yang sangat bernilai. Sayangnya batu tersebut berada di dalam planet bernama Pandora dan tepat di bawah pohon sarang Avatar berada. Kelompok manusia tersebut terbagi ke dalam dua kubu. Satu kubu militer dan satu kubu scientist. Para scientist menciptakan Avatar buatan dan membuat semacam alat link gitu untuk menyambungkan kesadaran manusia ke dalam tubuh Avatar, sehingga manusia yang terhubung tersebut bisa mengendalikan tubuh Avatar sudah sudah dibuat. Perlu diingat, kondisi alam Pandora tidak cocok dengan manusia. Oleh sebab itu para manusia harus mengenakan masker, seperti masker gas gitu supaya bisa tetap bernafas dengan baik. Kalau lebih dari 5 menit tidak menggunakan masker tersebut, manusia akan mati sesak nafas.

Jake Sully (Sam Worthington) adalah seorang marinir yang mengalami lumpuh pada kakinya. Ia pun harus bisa menerima hidup dengan menggunakan kursi roda untuk selamanya. Ia memiliki kembaran yang ternyata bekerja menjadi scientist di Pandora dan memiliki tubuh Avatar yang bisa terhubung dengan alat. Namun sayangnya kembaran Jake ini meninggal saat bertugas, sehingga tubuh Avatar milik kembarannya tidak bisa digunakan karena hanya si kembarannya tersebut lah yang bisa pakai. Namun tim scientist yang dipimpin oleh Grace (Sigourney Weaver) ini tidak kehabisan akal. Mereka memiliki hipotesis bahwa Jake Sully dapat menggunakan tubuh Avatar milik kembarannya karena DNA mereka tentu sama. Hidup Jake yang ia rasa hanyalah sia-sia karena keterbatasannya, kini berubah sejak Jake dipanggil untuk pergi ke Pandora.

Jake Tiba di Pandora
Tiba di Pandora, Jake ditatar untuk memahami kinerja dari Avatar ini. Selain itu, ia juga diberi misi oleh kubu militer untuk menjadi mata-mata dan mencari kelemahan suku Avatar. Dari kubu scientist, Jake diminta untuk membantu dalam hal pengumpulan sampel untuk meneliti Pandora. Sebelumnya, Grace ini pernah menjalin komunikasi dengan suku Avatar dan mendirikan sekolah untuk mengajarkan para Avatar bahasa Inggris. Ada beberapa Avatar yang ikut bergabung dengan sekolah Grace tersebut dan mereka pun bisa berbahasa Inggris. Namun sayang, sekolah tersebut kini sudah menjadi reruntuhan. Hal tersebut karena salah seorang murid kecewa karena ada bulldozer yang menghancurkan hutan di Pandora. Hal itu memicu murid tersebut melawan kubu militer manusia dan terjadilah pertempuan yang menewaskan beberapa orang dari kubu militer dan kubu Avatar.

Meski begitu, Grace tetap tidak berhenti dan tetap meneliti Pandora. Saat menjalankan observasi bersama Jake dan Norm (Joel David Moore), mereka diserang oleh "badak" Pandora. Hal ini membuat mereka bertiga harus siaga karena nyawa mereka terancam. Setelah serangan "badak" Pandora tersebut diatasi, eh datang "panther" Pandora yang menyerang Jake. Mau tak mau Jake harus kabur untuk menghindari "panther" tersebut. Hal ini membuat Jake terpisah dari Grace dan Norm. Sayangnya hari sudah semakin sore, Grace dan Norm harus segera kembali ke markas karena malam hari di Pandora sangatlah berbahaya. Grace mengira Jake ini tidak akan survive semalaman karena akan sulit bertahan hidup di Pandora apalagi Jake ini ga ngerti apa-apa soal Pandora.

Benar saja, Jake kesulitan untuk bertahan hidup di hutan Pandora. Ia kini harus berhadapan dengan kawanan "panther" Pandora. Satu saja sudah cukup sulit dihadapi, apalagi kalau banyak kan?! Untunglah ia ditolong oleh Neytiri (Zoe Saldana), Avatar yang awalnya berniat unntuk memanah Jake. Namun niatnya tersebut terhenti karena Eywa hinggap di panah Neytiri saat Neytiri mengarahkan panah tersebut pada Jake. Eywa ini semacam deity dan guiding force di Pandora dan para Na'vi (sebutan Avatar) percaya bahwa Eywa ini ada untuk menjaga ekosistem di Pandora dalam keadaan seimbang.

Jake dihinggapi Eywa
Setelah diselamatkan Neytiri, Jake ini dibawa masuk ke sukunya, klan Omaticaya karena Neytiri melihat Jake dihinggapi para Eywa. Neytiri ini ternyata anak kepala suku Omaticaya. Neytiri meyakinkan ayahnya bahwa Jake ini bukanlah ancaman bagi suku. Ayahnya pun memutuskan untuk mengajarkan Jake budaya suku dan sebagai gantinya Jake juga menjelaskan tentang The Sky, sebutan untuk kelompok manusia yang ada di Pandora. Neytiri pun ditunjuk oleh ayahnya untuk menjadi mentor Jake.
Sumber: slashfilm
Neytiri mengenalkan Jake pohon suci
Diterimanya Jake di suku Omaticaya membuat tim scientist senang karena bisa lebih mengenal siapa itu Avatar. Kubu militer pun senang karena bisa lebih mudah mencari kelemahan suku Omaticaya tersebut. Jake pun diminta untuk melaporkan hasil mata-matanya setiap minggu. Seiring berjalannya waktu, Jake semakin cinta akan suku Omaticaya ini dan sudah tidak memberi laporan kembali ke kubu militer. Jake bahkan "nikah" dengan Neytiri karena mereka saling mencintai. Oia, para avatar itu cuma bisa nikah sekali seumur hidup. Jadi kalo sudah saling tsaheylu (neural connection), mereka ga bisa tsaheylu ke avatar lain. Jadi cinta sehidup semati gitu dah. Tsaheylu ini juga mereka lakukan ke direhorse dan ke mountain banshee supaya mereka bisa mengendalikan hewan-hewan tersebut sebagai tunggangan di kala berburu atau perang. Oia, di suku Omaticaya ini terkenal legenda akan Toruk Makto, yaitu seorang Na'vi yang berhasil menunggangi toruk. Toruk Makto terakhir di suku Omaticaya adalah kakek buyut dari Neytiri ini. Sejak saat itu, tidak ada lagi Na'vi yang bisa menunggangi Toruk.

Jake yang malah menjadi akrab dengan Na'vi ini membuat Kolonel Mile (Stephen Lang) geram. Kolonel Mile pun mulai bergerak untuk menumbangkan pohon tempat tinggal klan Omaticaya supaya bisa segera memulai pengeboran tambang batu yang sangat bernilai tersebut. Jake pun meminta supaya ia bisa negosiasi dengan Na'vi supaya bisa meninggalkan pohon tempat mereka tinggal karena akan dibombardir oleh kubu militer. Sayangnya para Na'vi tetap bersikukuh dan tak mau pergi. Mau tak mau, kubu militer pun mulai menjalankan serangannya dan berhasil menumbangkan pohon tempat tinggal para Na'vi. Neytiri kecewa pada Jake karena merasa dikhianati olehnya. Penyerangan pohon tersebut bahkan menewaskan ayah Neytiri, sehingga Tsu'tey (Laz Alonso) sekarang menjadi kepala klan Omaticaya.

Bukan hanya para Na'vi saja yang diserang. Lab tempat para scientist juga diserang karena Kolonel Mile kecewa saat melihat rekaman video log Jake yang menyebutkan bahwa Jake sudah tak mau membantu kubu militer. Hal ini membuat Jake dan Grace tak bisa masuk ke tubuh avatar lagi dengan tenang karena akan diganggu oleh pihak militer. Untunglah Trudy Chacon (Michelle Rodriguez), pilot di kubu militer ini masih memiliki hati nurani dan tak setuju dengan tindakan Kolonel Mile tersebut dalam menghancurkan rumah Na'vi. Ia pun membantu Grace dan Jake, serta kubu scientist untuk kabur dan mencari tempat persembunyian supaya Grace dan Jake bisa menggunakan alat link ke tubuh Avatarnya dengan tenteram.

Sayangnya saat misi pelarian tersebut, Grace terkena luka tembakan. Kondisi Grace pun makin kritis. Jake pun meminta bantuan clan Omaticaya untuk bisa menyembuhkan Grace. Ia tau bahwa Eywa bisa menyembuhkan Grace dengan cara ajaib. Meski awalnya mendapat penolakan dari suku Omaticaya, namun akhirnya Jake berhasil membuat suku Omaticaya mempercayainya sekali lagi dan membantu menyembuhkan Grace. Kepercayaan tersebut didapatkan Jake karena Jake berhasil menjadi Toruk Makto.

Para Na'vi tersebut pun menjalankan ritual di pohon sucinya dan bersama-sama berdoa untuk meminta kesembuhkan Grace. Caranya ya dengan memindahkan jiwa Grace ke dalam tubuh Na'vi-nya. Namun sayang, Grace tak tertolong, sehigga mau tak mau Jake pun harus merelakan kepergian Grace.

Dalam kesedihannya, Jake tetap harus membantu suku Omaticaya karena pohon sucinya akan diserang oleh kubu militer. Jake pun meminta bantuan dari klan-klan Na'vi lainnya dalam melakukan penyerangan pada kubu militer. Karena status Jake ini sebagai Toruk Makto, klan Na'vi lain pun bersedia untuk membantu Omaticaya dalam berperang melawan kubu militer. Peperangan sengit pun berlangsung. Sampai akhirnya pertarungan satu lawan satu antara Jake dan Kolonel Mile pun terjadi. Saat itu Kolonel Mile menemukan lab tempat Jake menggunakan alat link tersebut di hutan dan Kolonel Mile berusaha untuk menghancurkan lab tersebut.

Untunglah Neytiri datang membantu Jake untuk melawan Kolonel Mile dan berhasil memenangkan pertarungan tersebut. Para manusia dipaksa untuk keluar dari Pandora oleh para Na'vi. Hanya manusia-manusia pilihan saja yang diperbolehkan untuk tetap tinggal di Pandora dan Jake pun dibantu untuk memindahkan jiwanya ke tubuh Na'vi-nya. Kali ini pemindahan roh tersebut berhasil sehingga Jake kini sudah tidak hidup sebagai manusia yang lumpuh lagi. Ia kini menjadi Na'vi seutuhnya.

6 comments:

  1. Thank you for content. I like it and my site is different for your site. please visit my site. เล่นบาคาร่า

    ReplyDelete
  2. Sangat memabntu saya sekli karena tidak suka nonton film, terimakasih bnayak

    ReplyDelete
  3. Aku sudah nonton film Avatar ini tahun 2009 pas baru tayang, tapi bukan di bioskop tapi DVD bajakan. Jangan ditiru ya 😂

    Memang beda kalo nonton di bioskop, ada kacamata 3D sehingga tampak nyata, beda dengan di tivi apalagi DVD bajakan yang gambarnya parah.

    Salah satu sebab Avatar jadi film terlaris itu karena teknologi 3D yang baru pertama kali hadir mbak, itu sebabnya orang penasaran pengin nonton langsung ke bioskop.

    Ada cerita menarik Avatar jadi film terlaris mengungguli Avengers Endgame. Jadi waktu tahun 2019 Endgame mendapatkan $ 2,797 miliar, mengungguli Avatar $2,788 miliar, beda $9 juta.

    Avatar lalu tayang ulang 2019 di China dan dapat $60 juta, jadi totalnya $2,848 miliar, memang lagi dari Endgame yang cuma $2.797 miliar.

    Jadi biar Avatar tidak kalah tayang lagi di bioskop padahal sudah 10 tahun.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tau-tau mas Agus komen ke pos lamaku. Jadi malu ehehehe

      Aku pun nontonnya bukan di bioskop kok mas Agus wkwkw. Hasil donlodan gitu 🙈. Sama juga jangan ditiru mustinya hahaha

      Betul, karena teknologi 3D yang dia usung pertama kali. Jadi banyak orang yang penasaran yak. Tapi dari segi cerita pun seru.

      Hoala, begitu toh. Jadi sengaja ya dibikin tayang ulang biar bisa ungguli Endgame hihihi

      Delete

Powered by Blogger.