Monday, June 12, 2017

Curahan Hati

Pernah ga si kalian ngalamin kejadian kaya gini??
Waktu itu gw masih kecil, berhubung gw dan adik gw cuma beda 1 taun, ke mana-mana kita suka pergi bedua gitu untuk memenuhi permintaan papa mama, entah disuru beli makanan ato belanja kebutuhan di rumah. Saat itu kami pergi naik becak ke suatu tempat, gw lupa ke mana. Maklum ini kan udah lama banget ya. Nah karena naik becak, tentu kecepatan si becak ini ga cepat-cepat amat. Saat itu gerombolan anak-anak layang (kalo jaman sekarang si nyebutnya gitu ya) berpapasan dengan becak yang kami naiki. Mereka tentu melihat gw dan adik gw dong yang sipit-sipit ini. Trus setelah berpapasan, sontak salah satu anak teriak "CINAngoh" dan yang lain tertawa-tawa sambil ikut teriak itu. Ya emang si di Karawang ada jalan namanya cinangoh. Cuma kan aneh aja kenapa mereka teriak kaya gitu setelah melihat gw dan adik gw dan teriak sambil tertawa-tawa mengejek.
Pengalaman lainnya adalah saat gw belanja makanan di warung dekat kos baru gw di Jakarta. Si penjual bertanya,
"Orang baru ya?"
"Iya, saya baru di sini."
"Oh, tinggal di mana?"
"Di kos dekat warteg itu."
"Oh iya tau. Dulu saya sering anter galon air ke sana. Situ keturunan Cina ya?"
 (Deg)
"Iya."
"Yang punya kos juga orang cina. Dia tinggal di kamar bawah sama anaknya."
"Oh gitu pak? Tapi sekarang yang punya istri polisi gitu pak."
"Oh iya uda dijual itu."
Dan sejak itu, setiap gw belanja di situ pasti dipanggil "Ci", yang berarti Cici alias sebutan kaka perempuan dalam Bahasa Mandarin. Untuk pengalaman yang ini si gw merasa biasa aja. Cuma agak kaget aja tiba-tiba ditanya ras. "Kok si penjual rasis banget.", pikir gw dalam hati.
Kejadian lain yang gw alami adalah saat lagi heboh Pilkada Jakarta 2017 kemarin. Jadi saat itu gw lagi jalan kaki sama Aul, roommate gw di kos Jakarta. Kami berdua lagi jalan kaki menuju kantor. Saat lagi asik-asiknya menikmati perjalanan, ada mobil hitam buka kaca jendela dan teriak,
"Ahok!"
Mungkin karena salah satu calon merupakan keturunan Tionghoa yang mana satu keturunan sama gw, gw jadi diteriaki itu. Mobil itu diisi orang beberapa laki-laki. Setelah si pengemudi teriak begitu. Penumpang di dalamnya tertawa-tawa. Entah apa maksudnya.

Poin gw adalah apakah gw doang yang pernah ngalamin kejadian ini? Kalau misal gw berasal dari ras Jawa. Apakah akan ada orang yang meneriaki gw "Oi Jawa!"? Ya sejujurnya selama gw hidup di Indonesia ini, tidak dipungkiri masyarakatnya masih rasis. Tidak semua memang. Tapi masih ada segelintir orang-orang yang begitu. Padahal Indonesia itu memang terdiri dari beragam suku dan ras. Jadi kenapa mesti rasis. Toh kalau sebuah lukisan cuma berwarna hitam saja tentu tidak indah bukan? Lukisan yang indah itu tentu terdiri dari beragam warna. Begitu juga Indonesia. Indonesia itu terkenal karena keragamannya. Gw senang dan bersyukur tinggal di Indonesia. Kenapa? Karena di Indonesia itu makanannya macem-macem. Kalau bosan makan ayam goreng, bisa makan nasi padang. Kalau bosan makan padang, bisa makan nasi gudeg. Kulinernya rupa-rupa d pokonya. Jadi gw ga akan pernah bosan dengan makanan di sini. Selain karena makanannya, budaya dan agamanya juga beda-beda. Karena berbeda itulah gw jadi bisa belajar menghormati satu sama lain. Gw juga senang bisa mengenal budaya yang berbeda dari yang pernah gw jalani.

Terakhir, buat yang uda baca pos ga penting gw ini. Gw mau juga dong tau pengalaman kalian. Apa pernah kalian ngalamin kejadian kaya gw? Ya gw cuma pengen tau aja si dan sekalian studi kecil-kecilan. Hehehe...

4 comments:

  1. Buset, serem amat pik sampe diteriakin..
    Sepupu g pernah juga tuh lagi makan di warteg sama temennya trus dikata-katain gitu, akhirnya sepupu g gak jadi makan di situ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya haha heran gw sampe segitunya. Ckck
      Waduh itu lebih serem lagi dikata2in gitu. Jahat banget ya :(

      Delete
  2. Pik, si bapak warung itu pernah juga nanya ke gue, mana temennya yang cina? trus gue mikir lama... trus dia nanya lagi, itu yang suka barengan, kok ga bareng?
    baru ngeh maksudnya pika... rasis bgt emg tuh bapak -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya tuh si bapak rasis banget (◑_◑)

      Delete