Apa itu Bullet Journal?®

June 22, 2017
Apa itu bullet journal? Ya gw juga baru tahu belum lama ini sih. Awalnya gw pengen nulis diary lagi buat dikenang di kehidupan mendatang. Tapi juga pengen diary-nya ga cuma tulisan gitu loh. Tapi terlihat cantik dan terdekorasi dengan bagus. Pas liat-liat Pinterest, nemu d orang-orang bikin bullet journal. Trus jadi penasaran sama bullet journal. Butuh waktu cukup lama buat gw memulai bullet journaling. Hasil study gw tentang bullet journal adalah jurnal yang berisikan planning jangka pendek maupun panjang, curahan hati saat ini (kaya diary), dan jurnal untuk merekam kehidupan kita. Jadi isinya itu tentang waktu lampau, waktu saat ini, dan waktu yang akan datang. Interesting.
Referensi gw dari Pinterest, Instagram, dan Youtube. Untuk mengenal lebih jauh tentang bullet journal bisa dilihat di sini. Sebagian besar inspirasi gw datang dari Youtube, yaitu dari AmandaRachLee. Video-video dia bisa dilihat di sini. Gw suka sama gambar-gambar dan idenya. Selain itu, gw juga nonton videonya Boho Berry. Doi juga keren dan menginspirasi gw untuk bikin mood mandala. Video Boho Berry bisa dilihat di sini. Selain itu, Boho Berry punya tribe gitu yang isinya kumpulan para pembuat bullet journal. Gw pun ikut daftar untuk bisa membuat gw tetap semangat dan menekuni bullet journal serta untuk memberi gw inspirasi untuk bullet journal gw. Intinya Boho Berry Tribe is such a positive group for me. Gw pun join grupnya di Facebook. Emang si isinya orang-orang bule, jadi gw pun berkomunikasi pakai bahasa Inggris. Mereka keren-keren dan sangat menginpirasi.
Oia, nanti gw tunjukkin ya bullet journal gw di pos berikutnya. Jurnal yang gw pakai pertama kali jurnal gratisan dari bank BII. Cuma karena kualitasnya kurang bagus menurut gw dan uda sobek dong jilidannya, gw memutuskan untuk beli buku khusus untuk bullet journal. Hasil studi gw si menunjukkan kebanyakan orang menggunakan Leuchtturm1917 karena kualitas kertas yang bagus khususnya untuk penyimpanan lama. Cuma agak sulit mendapatkannya di Jakarta. Ada sih yang jual di Tokopedia tapi harganya...ugh mahal bo! Rp 380.000. Untuk pemula, harga segitu menurut gw terlalu mahal ya. Apalagi nanti akhirnya gw ga melanjutnya. Jadi sayang aja menurut gw. *pelit* (‿◠)✌
Untuk itu, gw mulai browsing di mana gw bisa beli buku dengan kertas titik-titik, ya titik-titik alias dotted karena sebagian besar bullet journalist menggunakan buku titik-titik bukan yang kotak-kotak, bergaris seperti buku tulis sekolah, maupun yang polos. Gw cari di Elevenia dan Tokopedia. Akhirnya gw menemukan Notokata di Tokopedia. Dia jual buku yang sesuai dengan ekspektasi gw! And I just pay for IDR 12.500 for it. Olalaa murah! Ehehehe plus ongkir jadi Rp 21.500 sih, tapi dibanding Rp 380.000 boooo! Ya emang si pasti lebih bagus yang mahal, cuma menurut gw dengan buku simple itu pun uda oke. Inti dari bullet journal kan agar kita tetap produktif namun tetap juga bisa meluapkan emosi kita dalam tulisan. Ehehe..
Sejauh ini, gw masih rajin isi bullet journal bahkan lagi mencari ide untuk tema bulan Juli nanti. Bulan di mana gw, Olen, dan Papa ulang tahun. Hehehe..Kira-kira bikin tema tentang apa ya? Hmmm..Bulan ini si gw temanya tentang skyscraper, recreation dari AmandaRachLee. Sebenernya gw agak sulit gambar gedung-gedung gitu. Entah mengapa kalo bikin gambar tentang itu hasilnya tidak memuaskan gw. Hahaha.. Tapi ya gw coba... Bullet journal inilah yang bikin gw mulai menggambar lagi. Terakhir menggambar itu SMA. Sejak itu gw uda ga pernah bikin gambar lagi...Hobi gw yang satu itu ditinggalkan begitu saja...haha...
Yak sekarang readers sekalian uda tau dong apa itu bullet journal ? Semoga tulisan ini menginspirasi kalian ya dan sama-sama jadi bullet journalist. Ehehehe...

UPDATE!!!!
Bullet Journal is a trademark. This was developed by Ryder Carroll, a digital product designer living in Brooklyn, New York. The Bullet Journal® brand name and system are owned by Lightcage, LLC, who reserves all rights, including intellectual property rights related to the Bullet Journal®.
Check here for other Frequently Asked Questions (F.A.Q.) about Bullet Journal® !

No comments:

Powered by Blogger.