Thursday, June 8, 2017

What is inside Ghibli Museum Mitaka?

Untuk bayar hutang, this is my experience as "adventurer" in Ghibli Museum Mitaka. Gw pesan tiket untuk masuk jam 10.00 waktu setempat. Tapi gw datang lebih cepat karena takut terlambat. Maklum peraturannya cukup ketat nih guys! Kalau kalian terlambat, kalian tidak diperbolehkan masuk. Ga mau kan uda cape-cape beli tiketnya (sulit loh dapet tiketnya!) dan jauh-jauh ke Mitaka, ekh malah ga dibolehin masuk karena terlambat. Tapi datang lebih cepat ga rugi kok! Kalian bisa santai-santai di taman dekat museumnya. Tamannya luaaaaaasssss banget. Apalagi saat itu sedang musim semi! Pohon sakura bermekaran di mana-mana. Keren banget d!!!! Trus ada ibu-ibu yang bawa anjing peliharaannya ke taman itu. Lucu-lucu banget d! Pengen elus tapi malu untuk minta ijinnya. hehehe...
Nah pas beberapa menit sebelum jam 10 teng, antrian sudah terlihat di depan gerbang museum. Kuikut ngantri d. Pas dekat loket, petugas akan mengecek tiket yang sudah kita bawa. INGAT! Tiketnya bukan yang kertas HVS a4 ya! Di depan gw ada 2 pasangan muda, yang jelas mereka turis asing dari Asia, yang membawa tiket berupa kerta HVS. Lalu oleh petugas tidak ijinkan masuk karena bukan itu tiketnya. Mereka seharusnya menukarnya terlebih dahulu di agen tempat mereka beli dengan tiket asli Ghibli Museum. Sayang sekali mereka tidak dapat masuk. Kalau gw jadi mereka, gw sedih banget pasti!
Tiba giliran tiket gw yang dicek. Gw dikasi tiket untuk nonton short movie di dalem museum. Tiketnya keren banget loh!!! Bisa buat dikoleksi gitu. Ada 4 strip film gitu di tiketnya. Keren! Masuk-masuk kita dikasi juga peta agar kita bisa eksplor isi museum tanpa bingung-bingung. Museumnya ada 3 lantai + rooftop.
Di lantai satu ada cinema untuk nonton short movie yang lagi tayang saat itu. Film yang tayang beda-beda gitu. Saat itu gw kedapetan nonton Mizugumo Monmon yang rilis tahun 2006. Lucu sih. Kita cukup memperhatikan aja karena tidak ada pembicaraan sama sekali di film ini. Selain cinema, ada tempat informasi kalau-kalau kita bingung dan ingin mencari informasi seputar Ghibli. Ada dua orang petugas di sana dan keduanya bisa berbahasa Inggris dengan baik. Jadi ga kesulitan kalo mau nanya-nanya.
Naik ke lantai dua itu kita bisa lihat ruang kerja Hayao Miyazaki. Ada juga kiplingan buku-buku tentang batu, hewan, binatang laut yang digunakan sebagai ide gambar di film-filmnya. Lalu ada sketsa-sketsa gambar dari film-film Studio Ghibli yang dipajang di dinding. Truuusss yang kerennya lagi, ada pesawat yang dipake sama si manusia babi di film Porco Rosso. Keren banget sumpah!!!! Yang ga kalah kerennya lagi, kita bisa masuk ke suatu ruangan untuk melihat bagaimana sih nyiptain animasi itu. Dari segulung pita film dan kita bisa putar-putar untuk menampilkan filmnya di layar. Trus ada action figure dari tokoh-tokoh di film Studio Ghibli yang disusun sedemikian rupa hingga ketika kumpulan action figure itu diputar, akan menampilkan film animasi. KEREN BANGET!!!! Akh pokoknya pol banget lah di sana! Tapi ingat, kita tidak diijinkan untuk mengambil gambarnya. Setau gw sih dibikin peraturan itu supaya kita yang masuk ke sana benar-benar menikmati apa yang ditampilkan di museum. Yah semuanya itu sudah terekam dalam memori otak gw. Hahaha...
Naik ke lantai 3, ada toko souvenir Studio Ghibli. Siap-siap ya kantongnya bolong. Hihihi...Selain itu, anak-anak bisa nyobain naik Neko Bus yang ada di film Totoro. Akh gw uda gede sih, jadi ga bisa mainan di dalam bus itu d. Tapi buat kita yang uda gede gini, bisa kok duduk-duduk di dalam Neko Bus itu. Nah di lantai 3 ini kita bisa ke area luar. Ada Cafe di sana. Ekh gw lupa tapi di lantai 2 apa 3 gitu. Ya intinya ada bisa main di area luar gitu d.
Naik ke atap, di sini kita kaya lagi di suasana Laputa. Ada si robot gede itu (lihat foto kiri bawah)!!! Trus ada taman bunganya juga. Karena lagi musim semi, jadi pada mekar d. Bagus. Udaranya pun sejuk. Waah senang d santai-santai di sini.
Gw di sini ga nyoba makan di Cafenya. Jadi gw ga bisa review tentang makanan di cafenya hahaha..Oia, kalo ke sini, jangan lupa juga ya buat foto di Totoro Reservation. Letaknya ada di area luar museum. Jadi, kalo ke sini, kita uda ga bisa main-main ke dalem museum lagi. Untuk itu, pastikan kita uda puas lihat-lihat museumnya, baru d saat pulang, mampir dulu ke Totoro Reservation ini ya! Kalau lihat di foto, Totoro Reservation itu yang ada di kanan atas ya.

Ghibli Museum
Tampilan dari Luar Museum

Souvenir yang Gw Beli

Tiket Masuk
Tiket Nonton
Nah buat kita orang Indonesia, beruntung banget nih ada The World of Ghibli Museum Jakarta yang lagi ngadain event tentang Ghibli di Jakarta. Film-film Ghibli lagi diputar di bioskop-bioskop kita. Trus nanti bakal ngadain pameran di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place Ballroom. Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD 12190, Jakarta Selatan. Acaranya bakal diadain sebulanan dari 10 Agustus 2017 sampai 17 September 2017. Gila!!!! Jangan lupa dateng ya!!! Gw ekspek bakal keren juga sih ini pameran. Hahaha... Buat info lebih lanjut bisa cek di sini
Kalo mao tanya-tanya gw juga bisa isi kolom komentar di bawah. Jangan lupa ya like and share! hehehe...

6 comments:

  1. belum nonton film apapun dari Ghibli Studio, tapi uda cukup sering baca tentang museumnya wkwk. kayaknya kalo dah nonton jadi bisa tau deh gimana pengennya dateng ke museum Ghibli :D

    btw kasian bgt yang bawa karcis HVS itu :( hangus dong ya uangnya, krn kalo telat kan gaboleh masuk :( hiks separah itu ya ketatnya museum ini. tp kayaknya emang sesuai dg budaya Jepang yang disiplin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah nonton deh filmnya!! Baguuusss..Grafiknya juga keren loh..

      iyaa kasian banget itu yang salah bawa karcis...kalo aku jadi mereka bakalan nangis deh aku. Soalnya sulit banget dapetin tiketnya, buat orang Indonesia sih...

      Delete
  2. Replies
    1. aku suka yang Whisper of the Heart, tapi kalo yang maknanya bagus tuh yang Grave of the firefly sama Nausicaa sih. Kalo Whisper of the Heart itu santai gitu, cenderung drama sih menurutku. Hihih

      Delete
    2. Sip makasih kak! Bisa buat bahan nulis juga nanti kalo udah nonton hihi :D

      Delete
    3. iya sama-sama dek! ^^
      ditunggu review-nya ya...hehehe

      Delete