Review Materi Interaksi Pertama

August 01, 2012

1 Agustus 2012

Pada interaksi kali ini, diadakan sebuah talk show dengan pembicara kak Muhammad Rihan Handaulah alumni Elektro ITB angkatan 2004 bertempat di Ruang PTI. Talk show tersebut berjudul A Purpose Driven Life-Hidup yang Dikendalikan oleh Tujuan. Poin yang dapat diambil dari talk show tersebut adalah hidup seseorang harus memiliki tujuan, bukan hidup dengan menunggu apa yang akan terjadi esok hari tetapi hidup dengan merancang apa yang akan terjadi esok hari. Dalam talk show tersebut kak Rihan menjelaskan cara untuk menentukan Ultimate Goal-Tujuan Akhir dari hidup ini. Dalam menetukan Tujuan Akhir hidup kita tersebut, terdapat tiga poin yang perlu diperhatikan. Poin yang pertama adalah kita harus mengetahui nilai-nilai yang ada dalam diri kita (value). Poin yang kedua, kita harus menemukan passion diri kita sendiri dan poin yang terakhir adalah menemukan kesempatan untuk melakukan itu dan menantangnya (challenge).

Sesi selanjutnya adalah sesi lingkar wacana. Sesi ini dilakukan dalam beberapa kelompok kecil, yaitu ke dalam dua belas kelompok. Setiap kelompok memiliki kakak mentor yang akan memberikan materi. Kakak mentor tersebut menjelaskan bahwa dalam menentukan tujuan, visi dan misi hidup harus memenuhi SMART C, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-able, dan Challenge.

SMART C merupakan syarat dalam menentukan visi dam misi hidup ini. Selain itu, dalam pencapaian tujuan tersebut, kita perlu menentukan batas waktu atau jangka waktu. Penentuan tersebut berupa time capsule, sehingga kita bisa tahu apa yang sudah harus kita raih dalam jangka waktu tertentu entah dalam lima, sepuluh, atau lima belas tahun. Dalam mencapai visi hidup kita, kita pun perlu mengetahui apa saja faktor internal dan eksternal diri kita. Oleh sebab itu, kakak mentor menjelaskan cara membuat SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat) yang benar. Selain SWOT, kakak mentor pun mengajari kami membuat strategi penerapan SWOT yang disebut TOWS. Bagaimana kita memanfaatkan Opportunity dan Threat untuk mengurangi kelemahan kita dan memperkuat kekuatan kita.

Sekian review materi interaksi kali ini.

No comments:

Powered by Blogger.