Jalan-Jalan ke Chon Buri: Khao Kheow Open Zoo

February 09, 2024

Last day in Pattaya city, kami sudah sewa mobil Hiace untuk antar kami dari Pattaya ke Bangkok. Nah sebelum ke Bangkok, kita mampir dulu ke Khao Kheow Open Zoo. Kebun binatang (malah bisa di sebut sebagai taman safari) ini memiliki luas area sekitar 809 hektar dan memiliki lebih dari 8.000 hewan atau lebih dari 300 spesies. Lokasi dari kebun binatang ini ada di Si Racha, Provinsi Chon Buri, di Timur Thailand.

Setibanya kami di Khao Kheow Open Zoo, sinar matahari begitu terik menyengat. Panas banget deh asliii Thailand di bulan April tuuhhh!! 🥵 Kami diturunkan di bagian front desk. Di sini Mr. Q dan Ko Fay beli tiket masuk. Harga tiket untuk dewasa kalau lihat dari OTA (Online Travel Aggent) sekitar Rp 104.027, sedangkan anak-anak dengan tinggi 95-134 cm dikenakan biaya Rp 52.935. Menurut gw harga tiketnya masih cukup affordable mengingat area Khao Kheow Open Zoo ini luassss banget buat gw.

Di area dekat dari loket, ada store donut dan suara tape cempreng wanita yang meneriakan promo donut dari speaker yang berulang-ulang. Tape ini sampai bikin terngiang-ngiang di kepalaku dan memang sukses menarik perhatian gw untuk lihat store donut itu. Hahaha.

Nah setelah beli tiket on the spot, kami nunggu mobil safari yang akan mengantarkan kami ketemu hewan-hewan. Mobil ini tuh ada haltenya gitu dan akan berkeliling terus untuk ngangkut pengunjung muterin kebun binatang. Tentunya juga supaya pengunjung bisa balik lagi ke titik awal. Maklum kebun binatang ini kan luas, jadi lumayan banget kalo harus jalan kaki. Apalagi panas terikkk. Uwawww! 🥵 Tenang, mobil ini tidak narik biaya lagi kok karena sudah include dengan tiket masuk Khao Kheow Open Zoo.

Saat naik mobil safari pertama kali, ada guide yang akan berceloteh soal hewan-hewan apa saja yang kita lewati selama perjalanan. Tapi sayangnya, guide cuma bicara dalam bahasa lokal. Jadi gw cuma perhatiin aja sekeliling ada hewan apa saja yang kami lewati.

First stop kami adalah area kolam pinguin. Di sini bisa kita lihat kolam pinguin dalam kaca. Sayangnya karena terdapat perbedaan suhu antara kolam pinguin (yang wajib dingin) dan area pengunjung (suhu sejuk-sejuk), bikin kaca kolam pinguinnya jadi berembun! Jadilah kami tidak bisa begitu jelas melihat tingkah para pinguin yang di bagian dalam. Kalau pinguinnya nyebur ke air dan berenang ke arah dekat kaca, barulah kami bisa lihat si pinguin dengan sangat jelas. Terus tercium bau amis juga. Ya namanya juga lihat hewan ya, pasti ada bau-bau tidak sedapnya. 🤭

Lanjut ke area sebelah kolam pinguin itu ada rupa-rupa hewan melata dan reptil. Setiap hewan di area ini pakai aquarium gitu. Ada kura-kura, berbagai jenis ular, dan iguana. Kadang kandang ularnya tidak selalu dibersihkan karena kami bisa lihat sisaan kulit ular bekas ular berganti kulit. Di sini juga ada kandang ular piton yang besar juga loh. Nah kalo piton sih bukan pakai aquarium kecil lagi, tapi dibuat area kaca yang cukup besar. Saat kami di sana, si ular piton lagi bobo nampaknya. Karena hanya diam di pojokan gitu.

Baby Z yang baru pertama kali ke kebun binatang nampaknya cukup tertarik lihat hewan-hewan di sini. Dia nampak terkesima saat lihat iguana. Malah ketawa-ketawa sendiri. Entah apa yang lucu. 🤣 Anehnya, waktu diajak lihat singa, dia malah biasa saja mukanya. Nampak tidak tertarik malah. Sebodo amat gitu.

Lanjut dari area reptil, ada area kuda nil gitu. Tapi gw ga ke sana, melainkan jalan kaki ke area Africa. Nah di sini ada kandang singa, kemudian ada kandang jerapah yang luas karena di dalamnya juga ada rusa, burung unta, monyet, dan kerbau. Sebetulnya ada spot pengunjung bisa kasih makan jerapah. Tapi saat kami di spot itu, sedang tidak bisa kasih makan. Sayang sekali.

Cuaca terik banget jadi bikin gw sebel jalan kaki dan berlama-lama di area terbuka. Terus karena sudah jam makan siang, nyarilah gw tempat makan. Perut ini sudah keroncongan ceu. Untunglah ada restoran ber-AC yang sejuuukkk banget. Gw makan semacam ifumie di sini.

Setelah makan siang, Mr. Q sudah ditelpon untuk kembali ke gate utama karena kami akan segera jalan ke Bangkok. Jadilah kami sudahi perjalanan di Khao Kheow Open Zoo ini. Di dekat resto ini tuh ada halte mobil safarinya. Jadi kami tungguin mobilnya lewat dan kembali ke gate depan pakai mobil safari ini. Sayang banget ga bisa jelajahi semua area karena keterbatasan waktu. Padahal luas banget loh Khao Kheow Open Zoo ini. Mungkin kalau jodoh, bisa kembali lagi ke sini. Tentunya jangan saat cuaca Thailand lagi panas-panasnya kaya saat gw pergi ke sini! 😫

Sebetulnya di sini ada beberapa show tapi ga sempat lihat. Misalnya show gajah berenang, parade pinguin, parade flamingo, dan feeding show. Kita juga bisa berinteraksi secara dekat dengan rusa dan lemur loh. Tapi lagi-lagi, karena gw cuma punya waktu yang sedikit di sini, mau ga mau cuma lihat-lihat bentar aja deh.

Khao Kheow Open Zoo ini menurut gw agak kurang terawat sih karena di bagian area front gate debu-debu ga dibersihkan. Langit-langitnya banyak debu yang nempel, bercak-bercak hitam gitu jadi kesannya kotor tak terawat. Sayang banget sih menurut gw! Yah mungkin karena pandemi juga sih ya, bikin pendapatan Khao Kheow Open Zoo stop jadi harus struggling deh urus kebun binatang ini. Semoga saja ke depannya pengelolaannya makin baik deh karena menurut gw sih Khao Kheow Open Zoo worth it untuk didatangi (terlebih buat yang punya bocah). Hehehe.

2 comments:

  1. Ternyata di Thailand juga ada kebun binatang ya, bahkan lebih luas seperti taman safari. Alhamdulillah perjalanan keliling Khao khew open zoo aman ya, tidak ada hewan yang nakal. Takutnya ada kucing garong menghadang.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah aman mas Agus hehehe Ga ada kejadian anak masuk ke kandang gajah atau jerapah, ato dipatok burung unta hahaha

      Delete

Powered by Blogger.