Jalan-jalan ke Bogor: Menginap di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center

February 16, 2024

Berhubung bonus stay one night di semua hotel Accor (tentunya yang berpartisipasi atau selama kuota gratis masih tersedia) akan segera berakhir Maret nanti, gw sudah mengingatkan Mr. Q untuk segera menggunakannya. Sayang bingit kan kalo ga dipake. Padahal bisa staycation gitu dengan gratis pulak. Emak-emak ga bisa nih ketinggalan yang gratisan begini. Hehehe. ๐Ÿคญ Gw pun keidean untuk nginap saja deh di Bogor. Dulu sempet juga staycation di Pullman Ciawi Vimalla Hills dan gw puas nginap di sana karena banyak activity yang ditawarkan. Seruuu gitu staycation-nya. Dari aplikasi All Accor yang sudah gw unduh di ponsel sejak gw mendapatkan silver member-nya, gw pun langsung cari hotel di Bogor yang bisa dipakai untuk nukerin bermalam gratis. Manatau bisa kan tuh nginap gratis di Pullman Ciawi.

Sayangnya, Pullman ga bisa kasih gratisan nginap ini. Hiks. Entah karena rate terlalu tinggi atau memang kuotanya sudah habis dipakai member lain, entahlah. Yang jelas ga bisa gw tukerin bonus gw di sana. Tapi adeknya, Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center, bisa nih kasih gratis nginap semalam! Cihuyyy! ๐ŸŽ‰Gw langsung kabarin lah ke Mr. Q untuk segera book biar ga kehabisan kuota ye kannn.. Eh teruus Mr. Q ingat kalau ko Fay juga akan segera hangus bonusnya. Jadi janjianlah kami untuk staycation bersama.

Ko Fay sudah tuker untuk menginap dari tanggal 2 hingga 4 Februari. Namun sayangnya saat gw mau tukerin, sudah keburu habis kuota gratisannya. ๐Ÿคง Mungkin kuotanya cuma bisa untuk satu member saja kali ya. Hmmm. ๐Ÿค” Tapi ga apa deh, tetaplah gw dan Mr. Q book juga menginap dua malam di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center. Hitung-hitung liburan singkat bersama gitu. Nanti kalau semisal gw puas nginap di sini, akan gw tukarkan bonus menginap gw untuk weekend yang lain.

So, Jumat gw sudah tiba di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center. Lokasinya ada di Jl. Golf Estate Bogor Raya, Sukaraja, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kalau patokan sih, dekat dengan Summarecon Bogor karena gw ingat setelah keluar tol akan melewati tuh papan tulisan Summarecon Bogor yang besar.

Setibanya di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center, gw turun di area lobi. Ko Fay sudah tiba duluan daripada gw. Jadi sudah diambilkan kunci kamarnya. Gw di roon 236, sedangkan Ko Fay di 347, juga papa dan mama mertua di 337. Beda lantai nih karena ternyata kamar yang gw pesan tuh yang ada balkon. Gw salah pilih kali ya. Wkwkw. Padahal gw pikir akan sama tipe kamarnya dengan punya papa dan mama (karena gw yang book), hanya beda jenis kasur saja. Ternyata berbeda tipe kamar! Jadi beda lantai sendiri deh. Tapi enak sih di 236 karena dekat dengan lift, jadi dekat ke pintu keluar atau fasilitas lain.

Sweet Gift dari Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center

Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center menghadirkan konsep asrinya alam dan terasa banget culture daerahnya karena di sepanjang koridor dari lobi ke dalam tuh terdengar alunan lagu Jawa yang menenangkan. Terus konsepnya itu banyak kolam-kolamnya. Ada kolam ikan koi, ada juga yang hanya kolam cetek berisi air jernih. Ko Fay sampai terheran-heran bagaimana bisa maintain supaya air kolam tidak hijau lumutan dan tetap jernih. Beda dengan pemikiran Ko Fay, kalo gw malah mikirnya, alamak ini bakal banyak jentik nyamuk nih karena banyak genangan begini!! Uda mana banyak pohon rindangnya juga kan. Tapi harusnya sih sudah pakai obat supaya jentik nyamuk mati ya...

Oia, gw baca review kalau Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center tuh baru saja direnovasi. Pantas saja kamarnya masih terasa seperti baru. Desain kamar terasa etniknya. Dengan konsep pintu kayu geser untuk kamar mandinya. Kamar mandinya sendiri tuh dibuat pisah antara tempat shower untuk mandi dan toilet untuk buang air kecil/besar, dengan sink yang berada di tengah-tengahnya. Lalu, kamar mandinya sediakan dua jenis shower. Ada shower head yang bisa kita ambil dan ada rain shower. Jadi tinggal pilih saja mana yang lebih nyaman digunakan saat mandi. Tentunya disediakan air panas yang lancar ya. Gw sendiri tipe yang ga suka pakai rain shower karena bikin rambut gw keikut basah semisal gw lagi ga mau keramas. Disediakan shower cap sih, tapi buat gw ribet aja kalau harus pakai shower cap segala. Tapi untunglah disediakan shower head yang bisa dipegang. Mandiin Baby Z juga jadi lebih mudah kalau pakai shower head gitu kan. Eh tapi kalau gw lagi mau keramas, gw akan pilih pakai rain shower karena bikin berasa main hujan-hujanan! Hehehe. ๐Ÿ˜Ž

Area Toilet

Amenities yang disediakan standar seperti hotel bintang empat lainnya. Ada sabun mandi, shampoo, dan conditioner dalam botol berukuran 500ml yang digantung di dalam kamar mandi (shower room). Wangi sabun mandi dan shampoo-nya gw suka deh. Fresh ocean citrus gitu deh aromanya (yang mirip wanginya kalo lagi pergi spa). Juga disediakan sabun batang untuk cuci tangan. Jujur gw kurang suka nih cuci tangan pakai sabun batang. Enaknya pencet botol sabun cair. Lalu ada shower cap, dental kit (sikat gigi + pasta gigi), sanitary bag, juga tentu saja handuk besar dua buah. Kemudian disediakan juga teh jasmine dan black tea, lengkap dengan gula merah dan gula putih.

Berbeda dari hotel lain yang biasanya sediakan botol air mineral, di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center sediakan teko air dengan dua gelas (semuanya terbuat dari beling). Di setiap koridor tersedia water station alias dispenser air untuk isi ulang air mineral. Mengusung konsep eco-friendly untuk kurangi botol plastik sekali pakai.

Kasurnya sih menurut gw cukup nyaman digunakan. Tidak terlalu keras, juga tidak terlalu empuk, apalagi sampai melempes (apa sih bahasanya? wkwk). Juga disedikan bantal kepala ukuran standar dua buah dan bantal kepala kotak ukuran besar dua buah juga. Bikin bersandar di kasur jadi nyaman. TV di dalam kamar ukuran jumbo. Nampaknya lebih besar deh ketimbang TV di kamar Pullman Ciawi. Namun sayangnya belum smart tv karena gw ga bisa connect Netflix gw ke TV! Jadi cuma bisa nonton program TV yang disediakan saja deh. Huft.


Untuk fasilitas, hotel ini menawarkan 2 restoran, 1 bar lounge, fasilitas resor, seperti web corner gratis, akses Wi-Fi gratis, kolam renang, bar kolam renang, klub anak, taman bermain anak (outbound), lapangan tenis, pusat kebugaran, kids activity, dan spa. Saat gw menginap, Baby Z dan Ci F yang masih 5 tahun naik kuda poni yang merupakan salah satu kids activity di sini. Sayangnya untuk outbound ga bisa dimainkan karena tidak ada penjaganya. Aww, too bad. Padahal anak-anak Ko Fay pasti akan senang deh main outbound. Oia, tentu saja Baby Z senang nyemplung ke kolam renang! Ada kolam dangkal untuk anak-anak, juga kolam dewasa.

Di hari Sabtu pagi, gw manfaatin fasilitas gym yang disediakan. Di sana ada treadmillcycling machine, dan elliptical machine. Juga ada angkat beban dan dumbbell. Ruangan fitness ini dingin karena terdapat AC. Disediakan juga yoga mat, tissue towel, dan handuk. Juga water dispenser dengan paper cup agar bisa menghilangkan dahaga sehabis berolahraga. Gw cobain olahraga pakai treadmill 20 menit. Lumayan lah berkeringat dan biar badan gw tetap fit.

Di saat gw berolahraga, Mr. Q dan Baby Z lihat mini zoo dan bermain ban gantung. Di mini zoo bisa kasih makan hewan sesuai jadwal kasih makannya, pagi hari jam 9.30 dan sore hari jam 4 sore. Hewan-hewan di mini zoo ada kura-kura, kelinci, marmut, merpati, dan burung. Cukup menyenangkan kan untuk anak-anak! Lalu ada kolam pasir juga kalau mau mainan pasir. Lumayan latih sensory juga buat Baby Z. Eh tapi pasirnya sih bukan pasir putih buat bisa dimainin bikin istana pasir. Lebih ke tanah pasir buat outbound gitu. Yah tapi lumayan lah buat sensory bayik satu.

Saat menginap, gw ambil paket dengan breakfast. Makanannya ada banyak macam! Indonesian cuisine, western, dan Japanese. Hari pertama sih gw sarapan mi goreng, ayam mentega, telur balado, tempe oreg, dan kentang balado. Rasanya uenak! Baby Z pun suka mi goreng dan tempe oregnya. Lumayan makan banyak. Terus gw cobain juga lontong sayurnya. Sayang sekali untuk yang ini failed karena asiiiinn banget kuahnya! Terus lanjut gw cobain aneka sushi. Ada yang pedas bingit, ada yang crispy. Overall sih enak ya. Ga kaya sushi di hotel lain yang pernah gw coba karena isinya cuma timun dan alpukat doang dibalut nori. Yang ini sushinya enak. Penutupnya gw ambil es krim vanilla. Waah kenyang betul deh sarapan pagi gw. HAHAHA. 

Sarapan Pertama di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center 

Hari kedua, sarapannya masih mirip-mirip menunya. Yang berubah lontong sayur jadi soto ayam. Tapi somehow lagi-lagi kuahnya asin bingit! Terus mi gorengnya jadi mi goreng jawa yang menurut gw masih lebih enak kemarin. Lalu ada peyek ikan teri! Ini enak deh. Dan kali ini gw cobain omeletnya tapi malah plain kurang garam gitu. Yang enak sih tetep sushinya. ๐Ÿ˜ Gw ambil lagi di hari kedua. Haha. Lalu ada bubur mutiara tapi kurang manis. Jusnya kali ini ada jus semangka, cuma gw ga ambil karena biasanya rasa jus semangka tuh failed buat gw. Wkwkwk dan kata Sha yang nyobain, rasa jus semangkanya tawar, karena sepertinya tidak pakai gula. Gw sendiri sih lebih milih ambil jus jeruk lagi saja, ini rasanya ga pernah failed.

Overall, sarapannya oke sih buat gw yang bar-bar kuy kalo makan. ๐Ÿ˜‹ Cukup oke untuk diambil juga selama stay di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center.

Sebetulnya, di pagi hari jam 9 tuh ada cooking activity gitu untuk anak-anak. Berhubung Baby Z masih super cilik, jadi dia ga ikutan. Yang ikutan tentu saja duo F yang excited sudah nungguin dari pagi mau ikutan masak-masak! Ternyata diajarin bikin sosis goreng dibalut kentang gitu. Duo F happy bener dan bangga nunjukin hasil masakannya. ๐ŸคŸ๐Ÿป Di hari Sabtu sorenya sebetulnya ada crafting activity. Sayangnya kami terlambat ikut karena siangnya kami pergi ke Cimory Dairy Land untuk makan siang. ๐Ÿ˜… Selain aktivitas-aktivitas itu, ada kid's playground juga sih. Kecil ukurannya dan di dalam ruangan. Kalo ga ramai, ya lumayan buat bocah-bocah pada main. Hehehe.

Untuk ke tempat makan di dekat hotel ada beberapa pilihan resto sunda. Gw coba makan di Kluwih dan ga sangka tempatnya oke juga. Ada mini playground supaya si kecil bisa asik bermain selama nunggu makanan datang. Juga masih ada beberapa pilihan resto lainnya yang sepertinya enak-enak.

Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center juga menyediakan mobil antar jemput ke tempat golf. Ya namanya juga golf resort, jadi memang dekat dengan padang golf. Buat yang suka main golf, Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center bisa jadi pilihan bagus untuk bersantai.

Wah ternyata cukup panjang juga ya gw bikin review menginap di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center. ๐Ÿคฃ Next gw sudah book lagi nih bonus nginap satu malam gw di sini. Lumayan sih buat staycation cantik di tempat adem gini. Ada yang sudah pernah nginap juga di Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center?

12 comments:

  1. Mayan mbk berkahir pekan dua malam di hotel bareng kluarga kecil, saya pun gitu kalo ada yg gratisan demennya bukan main,maklum namanya emak"wkkwkk, enaknya gitu ya banyak kegiatan jadi gak sekedar ngendep di kamar aja,fasilitasnya juga ok, soal makanan emang kadang sekelas hotel bintang empat pun ada yang agak kurang gmna gitu ya, ya gak semua paling satu dua aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi menghilangkan penat sejenak hehehe emak-emak memang senang cari yang gratis-gratis ye kan hehehehe Iya kirain bakalan enak-enak semua, tapi ternyata ada aja makanan yang hambar atau keasinan hahaha

      Delete
  2. Enak pemandangan dan fasilitasnya untuk staycation, Ci ๐Ÿ˜ walaupun belum SmartTV tapi banyak disediakan aktivitas seru gitu yaa~ menarik!! yang ada balcon malah lebih seru karena bisa duduk-duduk bengong pas sore ๐Ÿคฃ cuma kalau ada baby agak ngeri ya ๐Ÿ˜–. Hawanya di sana termasuk dingin atau masih sejuk-sejuk dikit, Ci? ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aktivitas serunya sebetulnya cuma buat anak-anak sih Li wkwkw kalo buat dewasa mah kaga ada ๐Ÿคฃ Palingan main golf, itupun musti punya alat golf sendiri kan hehehe
      Ga ngeri sih, soalnya pagernya aman kok ga bikin anak kecil nyelip terus jatoh. Udaranya termasuk dingin sejuk kalo siang hari. Pas malem makin dingin. Aku set AC 25 drajat, tapi suhu ruangnya 23 wkwkwkw Aku kedinginan malam-malam. Langsung tarik selimut. Apakah akunya aja yang jompo ya? Suhu 23 aja kedinginan wkwkwk

      Delete
  3. Grup Novotel memang nggak diragukan fasilitas dan kenyamanannya, kalau di luar pun percaya pada mereka. So greeny sekali pemandangan di balkonnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya so far nginap di hotel Novotel Bandung juga bagus, meski kalo yang di Bogor ini kan lebih ke resort ya, jadi banyak aktivitasnya untuk anak-anak. Iyaakk adem banget kan liat ke balkon hijau-hijau segerr...

      Delete
  4. Cakep banget hotelnya. Sekarang makin banyak ya hotel eco friendly yang gak nyediain air botolan. Bagus juga, cuma entah kenapa aku lebih nyaman minum langsung dari botol, hehe. Happy ya kalau nginep di hotel yang lengkap gini, ada failed di makanan keasinan jadi bisa termaafkan lah ya.

    Oya, kok sama sih lihat kolam yang kepikir jentik nyamuk xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya so far Ibis Style Trans Studio juga nerapin konsep begini juga. Tapi memang ada yang ga nyaman sih kalo pake teko dan gelas gini. That's why aku kalo nginap suka bawa botol minum sendiri, jadi langsung aja refill ke botol pribadi hehehe

      iya masih termaafkan meski makanannya keasinan. Atau next ga perlu beli paket sarapannya deh, cari makan sendiri hehehehe

      Iya kaaann?! Aku tuh langsung kepikiran bakal banyak nyamuk karena bener-bener banyak banget genangan air sebagai desain hotel ini plus kolam-kolam gituuu. Enak sih ngeliatnya kaya zen gitu, tapi yang kupikirin ya itu, banyak jentik nyamuk hahaha

      Delete
  5. novotel nggak perlu diragukan lagi soal kenyamanannya ya
    dulu aku ditawari jadi member Accor ehh malah aku tolak, karena waktu itu juga ga terlalu sering nginep.
    Dulu waktu masih kecil, taunya aku Novotel yang di surabaya, aku kira cuman ada di surabaya waktu itu.
    ternyata ada di kota-kota lain di Indo
    Dannn adem, tenang banget kalau liat Novotel ini , apalagi kalau di Bogor deket sama tempat wisata di daerah bogor atau puncak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaah padahal terima-terima aja kak kalo gratis hehehehe lumayan benefitnya dapet special rate hehehe makin tinggi level membershipnya, makin bagus benefitnya huehehehe

      Iyak Novotel ada di berbagai kota-kota besar sih setauku. Aku pun pernah nginap di Novotel Bandung.. nyaman juga walau masih lebih enakan di Bogor hehehe (iyalah harganya juga beda ๐Ÿ˜œ)

      Kalau dibilan dekat tempat wisata kayanya ga juga sih kak.. kayanya butuh waktu kurang dari sejam untuk pergi ke Cimory misalnya hehe

      Delete
  6. Chef nya ngebet kawin yaaa makanya keasinan mulu ๐Ÿคญ

    Kalo novotel yg bogor ini aku belum pernah nginep tapi pernah main2 kesana. Soalnya sempet staycation di Ibis style sebelahnya mbaaa. Naah bagi tamu Ibis style disediain shuttle utk main ke mini zoo. Makanya waktu itu ajakin anak2 main ke mini zoo sekalian.

    Okelah yaa kapan2 deh mau cobain novotelnya. Menarik pasti, secara makanan di sana biasanya memang enak. Apalagi tempatnya yg di bogor ini sejuuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tau tuh kak! Kenapa yang kuah-kuah asin melulu deehhh. Jadi sebel hahaha

      Oh dikasih shuttle ke mini zoo yang di novotelnya kak? Wah asik juga ya.

      Betul kak sejukkk. Enak jadinyaaa buat santai-santai hehe. Palagi kak Fanny suka yang dingin-dingin hehehe

      Delete

Powered by Blogger.