Series Review: Police in a Pod (2021)

May 31, 2022

Saat lagi terpapar Covid-19, salah satu kegiatan yang gw lakukan adalah maraton nonton series. Salah satu series yang gw tonton habis semasa gw Covid adalah Police in a Pod (2021). Maklum lagi sakit, pengen nonton yang ringan-ringan lucu gitu. Terus karena baca review Police in a Pod ini dari kak Eya, penasaranlah gw pengen ikutan nonton.

Police in a Pod - ハコヅメ ~たたかう!交番女子~

Sutradara

:

Shintaro Sugawara, Seiichi Nagumo, Akinori Ito

Penulis

:

Miko Yasu (manga), Nonji Nemoto

TV

:

NTV

Jenis Film

:

Drama, crime

Total Episode

:

9 episode

Tanggal Rilis

:

7 Juli 2021

Cast Police in a Pod

Sinopsis Police in a Pod - Hakozume: Tatakau! Koban Joshi

Seiko Fuji (Erika Toda) lulus dalam universitas kepolisian sebagai siswa top dan sekarang dia bekerja sebagai dektektif unggul. Untuk alasan tertentu, dia ditransfer ke Pos Polisi Machiyama (Machiyama Police Box). Rekannya adalah polisi baru (masih cupu), Mai Kawai (Mei Nagano).

Mai Kawai adalah orang yang naif dan memiliki kepribadian yang jujur. Dia menjadi polisi karena mengincar gaji yang tetap, namun meskipun dia masih baru, dia sudah berpikiran untuk keluar dari satuan kepolisian. Dia merasa tidak mendapatkan reward dari pekerjaannya sebagai polisi.

Saat dia hendak mengajukan surat pengunduran diri, Seiko Fuji datang dan menjadi rekan satu kantornya. Fuji dan Kawai pun bekerja bersama sebagai tim dan menjadi dekat. Kawai pun tidak jadi mengajukan pengunduran diri karena melihat sepak terjang rekan barunya tersebut. Namun, alasan apa yang membuat detektif hebat seperti Fuji pindah ke pos polisi kecil dan mengerjakan pekerjaan "remeh" di sana?

Review Police in a Pod - ハコヅメ ~たたかう!交番女子~

Suka banget sama kerja timnya Fuji dan Kawai. 😍 Ya tipe-tipe yang satu polisi expert, satu polisi cupu. Meski begitu, mereka berdua bisa saling membangun karakter masing-masing ke arah yang positif. Nonton dorama Police in a Pod ini tuh santai, ringan, tapi juga ada yang menegangkan. Terutama saat memecahkan kasus rumit. Judul aslinya dibaca Hakozome Tatakau! Koban Joshi ya guys. Panjang dan agak njlimet, jadi biar gampang sebut saja Hakozome saja. Dorama ini sendiri diadaptasi dari manga (komik) dengan bentukan karakter live action yang sama dengan komiknya. Fuji dengan rambut kuncir kudanya dan Kawai dengan rambut bobnya.

Dari dorama Hakozome ini, gw jadi tau kerjaan polisi di Jepang tuh bukan cuma nangkep penjahat ato pengedar narkoba saja! Tapi tugasnya patroli di daerah sekitar pos polisi, bantuin kasih tau jalan karena polisi di tiap pos dituntut untuk tau area sekitar situ ada apa saja dan harus hafal, bahkan kadang bantu nangkap anjing, sosialisasi ke anak-anak daerah situ tentang cara menyebrang jalan, dan lain sebagainya. Kesannya ramah dan mengayomi masyarakat sekali. Bahkan tiap ada penduduk sekitar yang lewat, bisa disapa nama. Jadi terkesan dekat kan? Meanwhile kalo di Indonesia, somehow polisi yang ada di pos polisi kok ya kesannya tuh ada untuk nilang pengendara motor yang ga bener. 😂 Mohon maafkan pendapat gw ini. Kalau pembaca gw ada yang polisi, mungkin bisa ceritain apakah kerjaannya di pos polisi itu sama kaya cerita di Hakozome ini?

Selain karakter Fuji dan Kawai, ada juga duo detektif Minamoto dan Yamada dari semacam kantor polisi pusat gitu lah. Yaampun mereka berdua ini kocak deh. Gw juga suka interaksi mereka dengan Fuji dan Kawai. Malah kepengennya si Kawai ini jadian sama Minamoto. Jadi cerita romance dong nanti ya bukan action crime gitu. 🤣 Lalu kepala pos polisi Shuichi Igasaki juga lucu. Kepala yang kesannya selalu gabut tapi sebetulnya dia itu care banget sama bawahan-bawahannya dan merhatiin tindak tanduk masing-masing orang dengan baik. Pas di episode-episode akhir tuh kerasa deh sosok kebapakannya. 😍

Terus gw merasa sedih aja pas nonton di episode-episode akhir karena harus berpisah dengan sepak terjang Fuji dan Kawai. Hiks. Pengen dilanjut terus rasanya cerita mereka berdua. Namun ya ini kan dorama beda sama sinetron Indonesia yang kalau rating bagus akan dibuat terus episodenya sampai beratus-ratus atau beribu-ribu malah ya? Hehe.

Acting dari masing-masing orang menurut gw bagus. Meski sebetulnya penilaian gw ini ga bisa dibilang valid sih karena semua artis di dorama ini baru gw liat. Beda cerita sama artis drama Korea yang beberapa kali sudah gw tonton acting-nya.

Untuk OST dari Hakozome dibawakan oleh Milet dengan judul Ordinary Days dan kalian bisa dengerin dengan klik tautan di bawah ini.

Gw suka nada lagu di bait awalnya. Wk. Pas aja untuk scene dalam Hakozome alunan musiknya. Lalu lagu opening-nya dinyanyikan oleh Roi (ロイ-RöE-) berjudul YY. Lagunya asik dan easy listening buat gw. Hehe. Nih monggo didengerin.

Overall gw suka dengan dorama satu ini. Ga nyesel nontonnya. Tiap cerita berkesan dan ada aja adegan yang bikin ketawa. Yah katanya sih mangaka yang bikin cerita Hakozome ini adalah mantan perwira polisi juga. Jadi dia bikin manga kisah hidup polisi gitu. Kalau kalian pengen tonton yang ringan-ringan dan pengen diajak ketawa soal cerita polisi, bisa banget nih nonton dorama Hakozome: Tatakau! Koban Joshi atau Police in a Pod. Oia, situs resmi dari dorama ini bisa dikunjungi ke sini.

Rating dari IMDb untuk dorama Police in a Pod ini adalah 7,4/10. Wah lebih tinggi sedikit daripada dorama Heaven and Hell: Soul Exchange yang gw tonton sebelumnya. Tapi buat gw dorama ini layak untuk diberi bintang 8,5 dari 10. Ehehehe. Kalau kalian sudah pernah tonton dorama Police in a Pod ini belum?

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐✨(8,5/10)

4 comments:

  1. Kemarenan kayak denger bakal ada season kedua, tapi aku lupa udah fix atau baru rumor wkwk tapi rumor di perdoramaan mostly bener biasanya 😂 Seru yaa.. Btw si Kawai sama Minamoto memang pernah main film bareng jadi pasangan sebekum ini. Jadipas nonton aku juga berasa throwback 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo sampe beneran muncul season keduanya sih aku happy banget!!!! Suka sama ceritanya kak hehehe Semoga beneran muncul deh season 2-nya. Amin.

      Oia kak?? Waaah chemistry mereka emang sesuatu hihihi Nama doramanya apa tuh kak?

      Delete
  2. Nontonnya di mana sih mba kalo dorama gini, pusing aku nyarinya 😄. Selama ini cuma ngandelin Netflix dan Disney Hotstar yg kdg2 ada 🤣. Hrs nyari di website underground gitu Yaa?

    Tapi memang polisi Jepang mah baik2 bangetttt. Aku msh terkesan aja pas di sana nyari alamat gitu, dan bener2 dicariin Ampe ketemu 🤩🤩🤩. Masalahnya ada barrier komunikasi, yg mana dia ga bisa BHS Inggris, aku ga bisa BHS Jepang . Jadi dia nganterin sampe dpt alamatnya, dan mastiin itu bener. Duuh saluuut . Itu juga sih salah satu alasan kenapa aku ga pernah bosen ke Jepang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, cari di situs "uhuk" ga resmi 🙈 Soalnya sulit kak aksesnya buat nonton dorama huhuhuhu

      Iya kak betul! Aku juga pernah tuh tanya halte bus, dianterin sampe ke deket haltenya padahal lagi gerimis agak besar. Sungguh berdedikasi melayani masyarakat sekaleeehh. Kalo polisi Indonesia gimana ya kak? 🙈 Semoga begitu juga ya ehehe Dianterin pake motornya kalo perlu. Eh

      Delete

Powered by Blogger.