Pregnancy - Trimester I

March 23, 2022

Sebagian orang, tentu saja mengharapkan kehadiran sang buah hati. Salah satunya gw. Usia pernikahan yang sudah dua tahun lebih tentu membuat keluarga dan diri ini cukup was-was juga ya. Meski dari luar keliatan santuy aja, tapi kadang gw ini suka parno juga. Apalagi kan gw tau kalau gw ini menderita vaginismus. Jadi kadang kala gw takut penyakit gw ini membuat gw susah punya anak. Puji Tuhan, saat gw telat datang bulan lebih dari 2 minggu dan coba test pack, garis dua tanda gw positif hamil muncul. 🥰

Di pos ini, gw pengen bagiin pengalaman gw menjalani trimester I kehamilan. Itung-itung sebagai catatan pribadi juga sih supaya bisa dibaca dan dikenang di masa depan. Hehe. Hei Furisukabo masa depan, kamu beruntung karena bisa menjalani masa trimester I ini dengan cukup enak. Kenapa enak? Karena keluhan yang gw alami palingan cuma sakit pinggang. Mual dan muntah ga pernah gw alami. Pernah mual dan muntah itu pun karena gw masuk angin deh. Setelah minum satu tablet panadol biru, sembuh dari gejala pusing, mual, dan muntah. Yeay!

Berhubung ini pengalaman pertama gw hamil, tentu saja ada perasaan was-was dan parno aja takut kenapa-kenapa dengan kehamilan gw. Apalagi mama pas gw kasih tau kalo gw hamil, langsung memberikan petuah ini itu supaya jangan sampai gw keguguran dan tentu saja pantangan-pantangan yang harus gw lakukan pun diberikan. Yang awalnya gw biasa olahraga kardio, sejak hamil gw malah ga pernah olahraga sama sekali. Dasar pemalas yak! Wkwkw. Terus jalan kaki pun jadi ga secepat biasanya. Ga pernah lompat atau lari (eh pernah sih lari karena kelupaan dan reflek lari gitu). Terus juga menghindari angkat-angkat barang yang berat.

Untuk makanan, gw pantang makan kerang-kerangan (kepiting masih makan kok asal matang), makanan mentah, maupun setengah matang. Bye bye steak medium well. Hiks. Lalu gw juga ga makan makanan kaleng, serta ga sering makan mi instan. Oia, gw pun ga minum teh, apalagi kopi. Tapi coklat kadang masih makan. Kenapa teh, kopi, dan coklat? Karena mereka bertiga mengandung kafein. Untuk wanita hamil, kadar kafein ga boleh banyak-banyak. Kalau ga salah sehari tuh cuma boleh dua gelas kopi. Gw sendiri sih orang yang ga suka minum kopi karena badan gw menolak kopi (bikin gw ga enak badan). Jadi pantang kopi adalah suatu hal yang mudah buat gw. Kalau teh juga gw bukan orang yang suka ngeteh sore. Coklat pun sama. Biasa aja gitu. Tapi coklat emang lebih sering gw makan sih ketimbang teh dan kopi karena kan bisa ditemukan banyak makanan, seperti roti, minuman, snack, dan kue.

Sebetulnya kalau dari dokter kandungan gw sih cuma kasih info untuk pantang makanan mentah, makanan setengah matang, makanan kaleng, dan kerang-kerangan. Sisanya bebas untuk dimakan. Namun tetap ya pada porsi yang normal, jangan berlebihan. Yang berlebihan itu kan tidak baik.

Berhubung gw ga mengalami mual dan muntah, jadi sebetulnya gw enak-enak aja sih saat makan. Perubahan yang terjadi paling jadinya gw rutin sarapan. Maklum wanita hamil kan butuh banyak nutrisi, jadi gw mulai biasain sarapan lagi. Padahal sebelum-sebelumnya uda ga pernah sarapan.

Di trimester I ini, gw naik berat badan 2 kg. Bulan 1-2 malah nambahnya cuma sekilo deh. Menginjak bulan 3 baru nambah sekilo lagi. Terus gw kena covid di akhir trimester I. Cukup was-was tuh karena kan gw lagi hamil eh kena Covid. Gw langsung hubungi dokter kandungan gw via WA untuk konsultasi. Puji Tuhan dokter kandugan gw merespon dengan cukup cepat dan memberikan rujukan agar gw dirawat di RS Ciputra. Untungnya gejala covid yang gw alami termasuk gejala ringan. Demam, batuk, dan pilek, lalu selama gw dirawat di RS, gw dicek USG 2x dan dokter bilang kandungan gw sehat dan tidak ada masalah. Fiuh. Syukurlah. Gw hampir meneteskan air mata saat gw liat hasil USG di ruang isolasi Covid. Rasanya terharu gitu melihat perkembangan si baby ini. Awal kontrol kan baru bentuk bulat (embrio) terus kedua kali kontrol itu baru muncul tangan dan kaki gitu. Masih kaya alien. Nah saat gw di USG di ruang isolasi Covid, bentukannya sudah lebih sempurna. Apalagi dokter bisa menerka jenis kelaminnya juga. Uwooow. 🥰 Ga nyangka secepat itu kamu berkembang nak.

Oia, saat gw kontrol ke dokter kandungan pertama kali, dokter menganjurkan untuk minum air jahe supaya mengurangi rasa mual. Lalu siap sedia biskuit di pinggir kasur supaya bisa cemil dikit-dikit. Untungnya gw ga ada mual sama sekali. Jadi gw makan normal sih, sarapan, makan siang, sore nyemil, dan makan malam. Air jahe juga kadang-kadang gw minum. Jahenya jahe instan gitu, gw beli di olshop langganan (yang punya temen kantor gw).

Satu hal lagi yang gw alami di trimester I ini, perut gw berasa kencang. Hal ini terjadi di akhir trimester I. Saat itu kan gw sedang covid, gw kira ini karena covid. Eh taunya karena hamil. 🤣 Ternyata orang hamil begini yak rasanya... Hehehe

Kalau orang bilang saat hamil itu bawaannya males dan pengen tidur, gw sih ga sebegitunya ya. Lebih cepet ngantuk iya sih. Gw pun berusaha supaya ga tidur larut malam karena tak bagus untuk perkembangan janin.

Sakit pinggang yang gw rasakan sih kaya ga ilang-ilang. Selalu sakit pinggang selama kehamilan trimester I. Dokter bilang sih dinikmati saja. Paling dicoba dengan banyak minum supaya mengurangi gejala ga enak selama kehamilan. Selain sakit pinggang, payudara gw juga terasa kurang nyaman dan lebih sensitif. Gejalanya mirip saat mau datang bulan. Biasanya kan payudara suka sakit dan sensitif gitu kan.

Satu lagi nih, selama trimester I ini, gw ga berhubungan intim dengan suami. Dokter pun melarang untuk berhubungan intim selama trimester I. Jadi mohon maaf ya Mr. Q. Puasa dulu 3 bulan 😘

Di trimester I ini, gw masih rutin pakai skin care selama ga mengandung bahan yang berbahaya untuk janin. Cuma pas gw covid, gw stop ga pakai skin care sama sekali karena pas ke RS, gw ga bawa rangkaian skin care gw. Wkwkw. Pulang-pulang dari RS, gw lanjut lagi rutin pakai skin care. Wajah gw selama trimester I sih ga ada perubahan yang gimana. Ga ada jerawat banyak yang timbul.

Kira-kira itu sih pengalaman trimester I kehamilan gw. Kalau kalian ada pertanyaan seputar pengalaman kehamilan gw ini, monggo bisa komen di kolom komentar. Gw akan dengan senang hati menjawabnya ^^ Tapi disclaimer dulu ya, gw bukan expert di bidang medis. Jadi jawaban gw ya based on pengetahuan yang gw punya aja. Hehe.

18 comments:

  1. Ci Frisca beruntung sekaliii trimester awal bisa dijalani dengan mulus 😍 nggak pakai acara mual itu kayak berkah banget nggak sih 😂. Soalnya aku sering dengar orang yang kena morning sickness apalagi yang parah banget terkadang sampai bikin berat badan turun dan menyiksa banget kayaknya 😅. Jadi kalau bisa melewati trimester I tanpa mual-mual tuh rezeki banget kayaknya hahaha.
    Btw, Cici selama hamil ini jadi doyan makan sesuatu yang tadinya nggak disuka, nggak? 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Lia... Puji Tuhan ya trimester awal bisa dijalani dengan mulus. Ga pake drama susah makan karena mual dan muntah. Kata temenku yang morning sickness, nyiksa banget karena jadi ga enak makan. Yaiya sih, pas aku masup angin aja sama sekali ga bisa masuk makanan karena mual dan muntah. Kebayang rasanya begini tiap hari. Ga heran kalo jadi turun berat badan.

      Berhubung aku ini bukan picky eater, aku ga ada spesifik gitu sih jadi doyan makan sesuatu.. Ga yang tiap hari makan ituuuu terus gitu. Biasa aja Liii hehe

      Delete
  2. Ya ampun baru tauuuu!!! Selamat ya pikaa, semoga sehat2 selalu ibu & debay-nya. Kalau gw di ATLAS biasa dipanggil tante, apakah anak lo akan memanggil gw "Oma" ? Cepat sekali waktu berlalu, ga kerasa ya :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh aduhh ada Pikeee 🙈 Jadi malu tulisan gw dibaca Pike wkwkwk Makasih Pikeeee. Pike juga sehat-sehat yaaakkk. Iya Pik, ntr lo dipanggil Oma sama anak gw wkwkwk Betul betul betul. Waktu tak terasa cepat berlalu ya. Perasaan baru kemaren ini kita latihan parkur bareng yak wkwkw

      Delete
  3. Ihiyyy gemesh banget baca jurnal kehamilan kayak ginii. Sehat terus ya bumil cantik! Ikut seneng karena aku pun bakal punya ponakan online yang baru lagi 😆

    Wah, asyik banget nih kalau trimester pertamanya mulusss. Emang katanya yang paling "rewel" itu tiga bulan pertama, ya. Badan si ibu adaptasi segala macem. Ayoo, Friss mumpung lagi hamil kamu bebas makan apa ajaaa biar si debay dapet banyak nutrisi dan makin sehat! 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehehe makasih cici Jane!!!

      Iya puji Tuhan enak nih melewati trimester pertama ini. Cuma sakit pinggang ajaa hehe. Nah iya ciii. Kalo uda menyusui apalagi sebulan setelah melahirkan, makananannya jadi lebih ga enak yak. Wkwkw Ga boleh MSG, cabe, yang aneh-aneh dah... Eh cc gitu ga si? Ciak po gitu? Apa biasa aja?

      Delete
  4. Alhamdulillah lancar saja kehamilan trimester pertama ya mbak, semoga saja seterusnya begitu sampai melahirkan.

    Memang kalo orang hamil kadang orang tua malah yang banyak ngasih petuah ini itu, istri saya waktu hamil juga begitu, ngga boleh makan terong, katanya takut anaknya kulitnya hitam, ngga boleh makan udang dll.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas Agus. Semoga aja lancar yaak sampai nanti proses melahirkan hehe

      Wah aku baru tau ga boleh makan terong biar kulitnya ga hitam hahaa 😂 Selama hamil kayanya aku ga pernah makan terong juga sih mas Agus. Buat pantangan udang juga... Emang kalo makan udang kenapa mas agus?

      Delete
    2. Katanya sih tidak boleh makan udang agar persalinan lancar, tapi aku cek di google cuma mitos sih.😂

      Delete
    3. mitosnya aneh uga ya mas Agus. Ah tapi emang yang namanya mitos suka aneh-aneh hehehe

      Delete
  5. Semoag dilancarkan yaaaa kehamilannya. Sampai nanti melahirkan semoga dikaruniai keturunan yang lucu-lucu dan sehat. Jadi inget pas dulu baru trimester pertama aja saya udah checkout Food Processor pas Belanja Online ACE. Dari dulu kalo makan gitu harus banget alus, dan pas hamil jadi kepikiran buat beli itu. Berguna juga pas nanti MPASI juga kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. Makasih banyak ya kak ^^

      Food Processor merk apa yang kak Ita beli?

      Delete
  6. Sehat terus bumil Cantik *ikutan Mba Jane☺️☺️
    Jujur. Nggak tahu kenapa aku senang banget baca cerita pengalaman orang yg sedang hamil. Jadi, makasih banyak Mba Fris buat ceritanya. Semoga bisa jadi pelajaran buat aku kelak ketika berkeluarga nanti...

    Cuss mba makan yang banyak yaaaa 😁 heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bayu.. jadi ngebayangin kalo semisal bisa hamil ya Bay? 😜 Ketika jadi calon bapak, banyak-banyak support istri ya. Apalagi kalo istrinya ngalamin morning sickness. Wah lebih butuh perhatian ekstra. Jangan dibikin tambah stress nanti si debay ikutan stress hehehe

      Makan sih ga perlu disuruh makan banyak, uda jadi lebih banyak dari sebelumnya karena laper mulu wkwkwk

      Delete
  7. Sehat2 kakaa, sampai dedek bayinya lahir. Alhamdulillah yaaa trimester 1 kata orang2 kan bakal sering mual-muntah, ternyata kakak engga. Semoga trimester selanjutnya juga engga deh. Saluuut kakak bisa melalui masa2 waktu covid + hamil. Pasti khawatir banget ya🥺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak buat doanya kak Mutiara ^^

      Iya khawatir banget waktu tau pas hamil (dan masih TM 1) eh kena covid. Tapi mencoba untuk ga ambil pusing dan stress biar imun ga makin turun. Puji Tuhan baby sehat-sehat dan bisa sembuh tanpa ada komplikasi kehamilan apapun. hehe

      Delete
  8. Waah kita sama mba, pas hamil ga ngerasain mual muntah. Akupun bersyukur kayak gitu juga 2x hamil, dan ttp ga mual muntah. Makan ttp lancar kayak biasa. Tapiiii ada bbrp makanan yg tadinya suka, malah jadi ga doyan, itu doang. Kalo kata orang tua, hamil kebo wkwkwkwk.

    Seneng ih bacanya, apalagi mengingat awal cerita ttg vaginismus dan lainnya. Puji Tuhan akhirnya kalian bisa mendapat momongan ❤️🤗. Sehat2 trus mba fris, semoga dilancarkan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantul kak Fanny!!! Toss duluuu ✋ Makanan apa tuh yang awalnya suka malah jadi ga doyan? So far sih kalo aku biasa-biasa aja sih sama semua makanan hahaha

      Amin amin. Makasih untuk doanya kak Fanny hehehe

      Delete

Powered by Blogger.