Gift from God

February 28, 2022

Halo-halo, mumpung lagi tanggal merah, di hari terakhir bulan Februari gw pengen ceritain soal gift from God. Pos yang sempat tertunda karena beberapa kejadian, akhirnya bisa gw tayangkan juga. 🤣🤣 Padahal rencananya ditayangkan habis pos Selamat Natal dan Tahun Baru 2022. Tapi apa daya, baru bisa ditulis di akhir Februari 2022 gini. Telat banget yak!!!

Jadi apa sih ceritanya?? Ada yang penasaran ga? Kayanya engga ya? Please penasaran dong. #eh

Kalo ngomongin gift from God, ga dipungkiri kalau banyak banget berkat yang Tuhan kasih buat gw dan keluarga. Tapi berkat yang ini bener-bener di luar dugaan dan gw bersyukur bisa diberikan hadiah indah ini. Hadiah apakah itu? Tuhan memberikan gw dan Mr. Q keturunan. 🥰 

Usia pernikahan gw dan Mr. Q sudah 2 tahunan lebih. Kedua orang tua kami sudah was-was karena kami tak kunjung juga dapat keturunan. Padahal gw dan Mr. Q sebetulnya santuy-santuy aja karena memang gw sendiri belum mau terburu-buru untuk punya anak. Tanggung jawabnya besar cin untuk membesarkan dan merawat anak. Kalo Mr. Q ditanya soal keturunan juga jawabannya sama. Belum mau cepat-cepat punya anak. Yauda kami jadi santuy-santuy aja gitu. Punya anak juga kan bukan perlombaan. Jadi kenapa harus cepat-cepat kan??

Mulai menginjak di tahun kedua, semakin cukup berasa nih "tekanan" yang gw rasakan. Papa mertua mulai khawatir gitu takutnya gw dan Mr. Q susah punya anak. Apalgi adik ipar ngabarin kalau tengah hamil. Jadi papa mertua makin kepikiran sepertinya. Maklum adik ipar kan nikahnya baru di 2020, tapi sudah hamil duluan. Jadi bikin kepikiran sama kondisi gw dan Mr. Q gitu kan. Gw sendiri jadi keikutan parno juga. Apa jangan-jangan gw susah punya anak?? Tapi saat gw vaksin HPV, dokter kandungan melakukan USG untuk cek kondisi rahim gw saat itu. Hasilnya bagus. Malah dibilang subur banget. Jadi harusnya sih baek-baek aja untuk dapat keturunan. Cuma memang gw tau, gw ada "kendala" saat berhubungan intim.

Kalian pernah tau istilah vaginismus? Kalo ga tau, tanya sendiri aja dah sama mbah Google. Banyak kok penjelasannya di sana. Gw menduga gw mengidap vaginismus. Gw tau ini hal yang pribadi dan sensitif, tapi gw mau cerita di sini supaya para penderita vaginismus yang kebetulan baca pos gw ini jangan berkecil hati. Kalian bisa kok punya keturunan. (‾◡◝)  Penderita vaginismus sendiri sebetulnya ga banyak. Gw sudah cari-cari artikel soal ini, tapi dikit banget artikel terkait vaginismus di Indonesia. Treatment-nya apalagi!! Maklum ini kan hal sensitif dan personal. Jadi mungkin memang ga banyak cerita soal vaginismus ini dalam Bahasa Indonesia.

Untuk mengatasi masalah gw ini, gw coba untuk konsultasi ke dokter kandungan sekali dan diberikanlah salep gitu. Dokter bilang kalau cara ini ga mempan, coba konsultasi ke psikolog karena mungkin ada masalah sama mental gw. Rasa ketakutan berlebihan gitu misalnya? FYI, gw konsultasi ke dokter di RS Siloam Kebon Jeruk. Nama dokternya bahkan gw sudah lupa karena asal pilih yang available aja saat itu. Saat pemeriksaan fisik, gw mengalami kesakitan hebat sampai gw meneteskan air mata. Dokternya sampai bingung. Adek gw yang menemani gw saat konsultasi pun bingung liat gw. Gw rasa si dokter pun baru pertama kali menemukan pasien macam gw. Jadi makanya dibilang kalau pakai salep ga mempan, gw disuruh konsultasi ke psikolog. Dokter berpesan bahwa gw harus bisa punya keturunan. Lalu gw pun pulang dan mencoba untuk pakai salep dulu.

Tapi salep ini cuma gw pakai sekali karena memberikan sensasi panas yang ga nyaman. Terus gw coba konsultasi lagi ke dokter kandungan via applikasi online. Ada kali gw konsultasi ke 3 dokter sepertinya. Hal ini gw lakukan di usia pernikahan yang sudah setahun lebih. Solusi yang diberikan umumnya untuk melakukan pemeriksaan fisik, coba untuk memasukkan jari dengan rutin, dan coba senam kegel. Solusi senam kegel yang gw coba karena untuk cek fisik tuh rasanya males. Apalagi sedang pandemi gini, ke RS adalah hal yang sangat berisiko. Sedangkan kalau coba masukin jari, berasa "gimana" gitu. Makanya gw coba senam kegel aja dulu. Cukup rutin gw melakukan senam kegel ini. Hasilnya? Sedikit-sedikit gw mulai "sembuh". Tapi tetap saja ga sembuh total. Kalau orang pada umumnya melakukan hubungan intim adalah hal yang menyenangkan (bahkan sampai melakukannya di luar nikah), buat gw ini adalah penderitaan. ~(>_<。) Pada akhirnya, gw cuma berdoa sama Tuhan supaya gw diberikan kesembuhan atas kondisi gw ini dan gw minta supaya gw bisa punya keturunan. Gw bersyukur juga karena Mr. Q mau mengerti kondisi gw. Jadi dia ga memberikan tekanan yang membuat gw makin stress tapi dia memberikan support. Makasih ya Q. (✿◡‿◡)

Oia, kalau kalian pernah nonton series Sex Education yang ditayangkan oleh Netflix. Ada loh cerita soal penderita vaginismus di sini. Kalau dia sih treatment-nya dengan pakai alat gitu dengan ukuran yang beragam. Dicoba untuk dimasukkan dan dia coba "let it flow" gitu kaya seluncuran naik sepeda di turunan bukit. Biarin sepeda itu bawa kita dan lawan rasa takutnya. Kalau di cerita series itu sih, si penderita sembuh.

Singkat cerita, di pertengahan bulan November 2021, gw terlambat datang bulan. Kejadian ini sudah pernah terjadi. Telat seminggu tapi ternyata bukan hamil. Jadi gw coba tunggu saja dulu sampai telat dua minggu. Nah pas telat dua minggu, gw coba tes kehamilan sendiri, betapa terkejutnya gw dengan hasil yang ditunjukkan alat itu... Garis dua muncul yang berarti gw positif hamil. Gw ga percaya! Gw sampai baca petunjuk pemakaian alat berulang-ulang dan meyakinkan diri kalau hasilnya memang positif.

Gw lakukan tes saat sore hari, Mr. Q sudah pulang kerja. Jadi gw langsung kasih tau Mr. Q soal hasil tes itu. Kalian tau ga apa tanggapan dia? Dia cuma bilang "Oh, yauda. Mau gimana lagi?" Doeeng! Tanggapan yang ga sesuai ekspektasi. Gw langsung bilang "Iiiihhh kok gitu sih tanggapannya? Kaya yang pasrah gitu?" "Ya emang harus gimana sih?" Sambil ketawa-ketawa. Reaksinya tuh kaya yang mendapat kabar kalau hamilnya tuh karena ga sengaja gitu loh. Bukan reaksi bahagia karena menanti-nantikan keturunan. 🤣 Mungkin Mr. Q masih pada prinsipnya yang... kalau diberi keturunan syukur, engga juga ga apa-apa, masih bisa nanti. 🙄

Akhirnya tanggal 1 Desember 2021, setelah kira-kira usia kandungan mungkin sudah 3 mingguan, gw dan Mr. Q pergi ke dokter kandungan. Gw pilih ke RS Grand Family PIK dan dr. Mediana Sutopo sebagai dokter kandungannya karena gw mau diperiksa sama dokter cewe aja dulu. Takutnya nanti dicek transvaginal USG. Gw males aja kalau diperiksa sama dokter cowo. Kalau cek transvaginal USG kan musti buka-buka kemaluan gitu ya. Malesssss. Sesampainya di RS, kondisi RS sepi. Pasiennya malahan kayanya cuma ada 2 orang? Jadi setelah gw daftar, dilakukan pengecekan berat badan, diukur tekanan darah (tekanan darah gw 130 saat itu, cukup tinggi), dan dicatat info-info dasarnya, ga lama gw langsung dipanggil,

Di ruang konsultasi, gw diajak ngobrol sebentar. Ditanya soal tensi tinggi gw. Dokter nanya "Ini pas dites tegang ya? Tadi dari masuk langsung tensi ya? Harusnya tunggu dulu sebentar. Duduk-duduk dulu, baru tensi. Lain kali, coba jalan pelan-pelan dan duduk-duduk dulu, minum dulu biar hasil tensinya bagus. Harusnya ini sih tensinya ga tinggi." Setelah itu gw langsung diajak untuk pemeriksaan USG biasa. Di sini sudah konfirm ada bakal janin dan dinyatakan betul gw positif hamil. dr. Mediana memberikan selamat dan memberikan juga foto cetak USG-nya. Bentuknya masih bulat kecil gitu kaya buah alpukat dibelah dua. Masih embrio. Ga lupa dr. Mediana menjelaskan info-info dasar seperti pantangan makan mentah atau setengah matang, makanan kaleng, kerang-kerangan, dan lain sebagainya. Gw juga dibilang untuk datang kontrol satu bulan kemudian dan siapkan pertanyaan yang mau diajukan. dr. Mediana orang yang baik, informatif, dan saat gw ngetok ruangannya lagi untuk nanya satu pertanyaan lagi, dokter Mediana pun mempersilahkan gw masuk kembali untuk konsul. 🥰

Sepulangnya gw dari konsultasi ini, gw ga langsung mengabarkan keluarga. Ceritanya mau bikin surprise gitu. Apalagi sebentar lagi hari anniversary papa mama mertua. Jadi ceritanya sebagai kado gitu untuk mereka. Kalau mama gw sendiri sih gw kasih kabar setelah beberapa hari. Yang gw kasih tau duluan malah si Flo, adek gw. Soalnya kalau diceritain ke mama, biasanya si mama malah khawatir ini itu. Jadi biar mama ga kepikiran yang ga perlu, nanti saja deh diceritainnya. Jangan tiru gw. 😆

Terus karena gw dan Mr. Q nunda kasih kabarnya, papa mertua ternyata minta tolong ke pendeta di gereja untuk secara khusus doain gw dan Mr. Q! Usai kebaktian tuh gw sekeluarga jadi ke pojokan gereja dan mulai didoakan. Isi doanya adalah supaya gw dan Mr. Q diberikan kesehatan dan keturunan! Mama mertua sampai meneteskan air mata saat didoakan itu. Dalam hati gw tuh jadi kaya yang lucu aja. Gw sudah hamil, tapi malah didoakan untuk segera punya keturunan. Kebayang ga sih perasaan gw saat itu? Jadi yang bersalah gitu nunda ngasih tau kabarnya, sampai papa tuh karena khawatir, minta tolong pak pendeta untuk khusus doain gw dan Mr. Q. Tapi juga lucu. 🤣🤣🤣 Pulang gereja, gw dan Mr. Q jadi senyum-senyum lucu gitu karena momen itu. Tapi ya mau gimana, emang kita berdua mau kasih surprise gitu.

Saat hari-H, gw dan Mr. Q sudah siapkan kado kecil berisi test pack dan cetakan USG. Nah kado kecil ini sudah Mr. Q tunjukkan duluan ke mama mertua pagi-pagi. Cuma papa mertua baru dikasihnya malam saat momen makan-makan bersama perayaan kecil-kecilan anniversary papa mama mertua. Terus pas papa buka kadonya, papa yang awalnya bingung dengan kadonya, jadi senyum-senyum pas tau kalau ini adalah hasil tes kandungan gw! 😂😂😂 Mama mertua pun jadi nanya "Saat didoakan itu, berarti sebetulnya sudah hamil dong ya?" Gw pun mengangguk dan jadi ketawa bersama 😂 Jadi tahun ini papa mama mertua bakal ketambahan dua cucu baru. Hihi. Eh malah beberapa hari lalu sudah lahir anak dari adik ipar. 🥰 Semoga saja nanti saat tiba hari lahiran, gw pun bisa melahirkan dengan selamat dan bayinya sehat-sehat. Amin.

21 comments:

  1. Terima kasih kak!! Amin-amin. Semoga kakak juga sehat-sehat selalu ya!! ^^

    ReplyDelete
  2. Huaaaa Ci Friscaaa selamat atas kehamilannyaaa!! Astagaaa, aku ikutan senang sekali membacanyaa, kebayang ekspresi papa mertua Cici waktu lihat hadiahnya yang awalnya bingung terus berubah jadi hepi banget 🤣 pasti lucu dan senang karena surprisenya berhasil hahahaha.
    Cii, semoga Cici dan dede baby sehat-sehat terus sampai nanti lahiran ya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih peri kecil Lia!!!! Iya dan momen itu divideokan oleh adik iparku. Jadi tiap liat lagi videonya bikin senyum2 juga liat reaksinya hehe

      Amiiinnn. Makasih Lia!! Semoga Lia juga sehat-sehat selalu yaak

      Delete
  3. Waaaa ikut senang dengarnyaa, selamat atas kehamilannya ya mbaak😍 Semoga di masa kehamilan ini mbak Frisca sehat selaluu, janinnya juga sehat-sehat sampai nanti lahir dan nggak ada masalah apapun🥰. Aku ikut senyam senyum sendiri ngebayangin moment pas mbak sama suamik dido'akan di gereja, adegannya udah kayak drama korea wkwkwk😂

    Sekali lagi omedetou untuk mbak Frisca!😍❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arigatou gozaimasu Awl-san!!! Amin...amin.. semoga Awl juga sehat-sehat selaluuu.

      Momen yang kocak memang itu. Aku jadi lucu sendiri gitu pas dalam hati ikutin doa dari pak pendeta. 😆

      Delete
  4. Selamat mbaa atas kehamilannya. Semoga dedeq bayi nya nanti sehat sehat..

    Dan setuju dengan pendapat mbak, punya anak, menikah, itu bukanlah balapan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiy Dodo. 😆

      Kadang suka ngerasa insecure karna belom nikah atau punya anak. Tapi sebetulnya kedua hal ini bukan hal yang perlu diburu-buru. Pasti Tuhan kasih waktu yang tepat buat kita. 😁

      Delete
  5. Frisca selamat yaaa.. Semoga mama+dede bayinya sehat selalu dan pas melahirkan nanti diberi keselamatan dan kemudahan 💖💖

    Aku ikutan ketawa pas cerita didoain khusus sama pendeta padahal udah hamil wkwkwkwk

    Btw tentang vaginismus ini temenku pernah cerita dia juga ngalamin hal serupa. Mungkin aku kasih link post ini ke dia yaa biar dia baca, anaknya rada ketakutan soal susah punya anak juga soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kak Eya. Amiiinnn. Kak Eya juga sehat selalu ya. ❤️

      Hahaha memang momen yang lucu itu kak. 🤭

      Boleh kak Eya. Aku sengaja cerita supaya orang yang mengalami hal serupa ga berkecil hati. Hehe. Tapi emang ada usaha tambahan aja supaya bisa dipenetrasi. Dan memang ga mudah kak. Butuh proses dan mengimaninya. Ceileh bahasa aku uda kaya motivator belum kak? Haha jadi malu. 😊

      Delete
  6. Huuuwwaaaa, Pikaaa.. Mixed feeling banget g bacanya.. 🤣🤣 Hebat Pika bisa ceritain kondisi vaginismusnya (barusan googling) dan akhirnya bisa punya anak.. Terharu g jadinya 🥲🥲 Sehat2 ya Pika sama dedenya, biar lahirannya aman dan selamat pas hari H nanti 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vaginismus emang jarang-jarang sih. Gw tau pun karena gw mengalaminya. Hehehe. Baru ketauannya juga ya karena menikah wkwkwk. Aneh uga nih bisa begini. 😅

      Mei-mei juga sehat-sehat yak!! Semoga dikabulkan mimpi-mimpinya ehehehe

      Delete
  7. Jangan-jangan papa dan mama mertua sudah baca artikel ini, gagal kasih surprise dong.😅

    Selamat ya mbak Friska sudah hamil dan mau punya anak, jaga kondisi tubuh apalagi ini anak pertama.

    Memang di Indonesia itu kalo sudah menikah terus belum punya anak kayak di tanyain terus ya, padahal punya anak kan rahasia Tuhan.

    Sama kalo belum kawin, ditanya terus kapan kawin.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga dong mas Agus wkwkw. Kan kejadiannya sudah di Desember kasih surprisenya ehehehe.

      Makasih mas Agus untuk ucapannya. 😆🥰

      Pertanyaan "kapan" di budaya kita tiada akhirnya mas Agus. Salah satunya ditanya kapan punya anak hahaha.. dan betul, kalo belum nikah, ditanya kapan nikahnya... 🤣

      Delete
    2. Tapi aku belum pernah ditanya kapan kawin sih, kapan kawin lagi.🤣

      Kabooorrrr 🚶🏃💨

      Delete
    3. Wadooow ini sih nanti kena damprat istri mas Agus!!! wkwkwkkw

      Delete
  8. Congrats mbak Friska... :)))
    Can't say better than that

    ReplyDelete
  9. Senang sekali bacanya Mba Friss.. semoga Mba Fris dan Dedek selalu sehatt ya... Aku sama kaya Awl ikut senyam senyum sendiri pas ngebaca bagian ngasih surprise ke keluarga.. 😁🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eheheh makasih ya Bayuuu 🥰🥰🥰

      Delete
  10. Aku baca postingan ini dulu karena mau tahu ttg vaginismus . Dan jadi seneeeeeeeng baca endingnya, kalo mba akhirnya positif hamil 🥳🎉. Selamaaaaat mba fris... Semoga dilancarkan sampai lahiran, ga ada masalah apa2. Aku bisa kebayang kalian berdua bingung tapi juga rasa mau ketawa pas didoakan supaya hamil 😄.. benar2 surprise yaaa jadinya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vaginismus emang penyakit yang jarang sih kak. Aku pun tau karena aku mengalaminya hehehe

      Iya pas momen didoakan itu aku bingung banget dan dalam hati jadi nahan ketawa juga hahaha

      Delete

Powered by Blogger.